Contoh Template Blogger yang Baik di Search Engine (Mesin Pencari)

Halo sobat SEO KILLER. Kali ini admin akan mencoba mengulas ciri-ciri dan contoh template blogger yang baik di search engine atau mesin pencari seperti google, bing, yahoo, maupun yandex.

Contoh Template Blogger yang Baik di Search Engine (Mesin Pencari)

Begitu banyaknya template blogger gratis siap di download, membuat konsumen merasa kebingungan. Oleh karena itu, lahirlah artikel ciri-ciri template blogger yang baik di search engine ini.

Saat ini, tahun 2015, Google sedang menerapkan algoritma mobilegeddon dimana algoritma ini lebih mengutamakan blog yang sudah mendukung mobile friendly. Mengapa google menerapkan algoritma mobilegeddon?

Karena saat ini pengguna smartphone semakin berkembang pesat, sehingga artikel apapun yang dicari kemungkinan terbesar melalui smartphone/gadget. Dari sinilah awal mula diterapkannya algoritma mobilegeddon.

Sebuah template blog yang baik, tidak serta merta harus memiliki tampilan template blogger yang keren. Padahal, yang paling utamanya adalah template blog tersebut sudah mendukung kecepatan loading blog yang cepat (fast loading).

Dari sini, bisa kita artikan bahwasanya template blogger fast loading biasanya identik dengan template blog yang simple, sederhana, clean dan bersih. Berbeda halnya jika template blog tersebut berbentuk majalah, biasanya sedikit lambat. Hal ini karena banyaknya kode script yang ditanam pada template majalah tersebut.

Timbul-lah pertanyaan.. Apakah ciri-ciri template blogger yang baik di search engine itu harus simple, clean dan bersih? Dan apakah template blogger majalah (loading blog lambat) tidak baik?

Baik, sama-sama baik lah. Tidak ada yang perlu dirisaukan. Saat ini, banyak juga template blogger berbentuk majalah yang memiliki loading blog yang cepat (fast loading), sudah mendukung SEO friendly, responsive, dan mobile friendly.

Nah, bagaimana cara menentukan atau memilih template blogger yang tepat? Jawabannya cuma satu, gunakan fitur layanan gratis testing tools!

Sebelum akan menentukan atau memilih template blog yang akan kita gunakan atau kita pasang di template, ada baiknya jika sobat melewati tahap-tahap testing tools template blogger ini.

GT Metrix
Mengukur kecepatan akses loading SITUS

Contoh Template Blogger yang Baik di Search Engine (Mesin Pencari)

Standart kecepatan loading blog adalah skor B (86%).
Jika dibawah skor B, silahkan ganti template.

Facebook Debugger
Mengecek Open Graph SITUS

Contoh Template Blogger yang Baik di Search Engine (Mesin Pencari)

Pastikan template tersebut sudah mendukung facebook debugger, dimana ketika artikel dibagikan di facebook, terdapat gambar, judul dan alinea pertama pada artikel (posting) blog tersebut.

CHKME
Mengecek score SEO blogger templates

Contoh Template Blogger yang Baik di Search Engine (Mesin Pencari)

SEO merupakan bagian dari blogging. SEO sangat berpengaruh besar terhadap blog. Jika SEO dibawah KKM atau dibawah 80%, perbaiki kesalahan yang dijelaskan oleh CHKME.

Troy
Am I Responsive Design
Mengecek tampilan website - Mobile Friendly & Responsive

Contoh Template Blogger yang Baik di Search Engine (Mesin Pencari)

Gunakan tools ini untuk melihat dan memastikan bagaimana bentuk tampilan blog kita apabila ada di layar smartphone pengguna yang sedang membuka blog kita dari gadgetnya.

Jika tidak responsive (mobile friendly), silahkan konsultasi sama pakar, ahli atau maste yang mengerti tentang hal ini. Jika tidak, ganti template lain.

Webmaster Structured Data Testing
Mengukur struktur data blogger templates

Contoh Template Blogger yang Baik di Search Engine (Mesin Pencari)

Sebaik-baiknya template blogger adalah template yang memiliki struktur data yang baik dan benar. Jika semuanya baik-baik saja tanpa ada kesalahan, sangat memungkinkan blog dan artikel cepat di indeks oleh mesin pencari (Google). Jika ada error atau kesalahan XML, perbaiki segera. Jika tidak bisa, ganti template blogger lain.

Setelah memastikan bahwa ciri-ciri template blogger yang baik di search engine sudah ada di template blogger pilihan yang akan sobat download, downloadlah!

2 Responses to "Contoh Template Blogger yang Baik di Search Engine (Mesin Pencari)"

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.