5 Data dan Fakta Situs/Website Revolusi Mental yang Mengejutkan

Mungkin Anda yang sedang membaca artikel ini pernah mendengar atau membaca informasi ini diberbagai situs yang memuat berita dan informasi terkini, katakanlah VivaNews, Kompas, dan sebagainya. Btw, admin mendapatkan informasi ini melalui forum Kaskus. Ini dia 5 Data dan Fakta Situs/Website Revolusi Mental yang Mengejutkan

5 Data dan Fakta Situs/Website Revolusi Mental yang Mengejutkan

#1. Dana Pembangunan Website Rp 149 Miliar?

Menurut hasil googling.... Situs/website yang diresmikan oleh Puan ini memiliki peranan dari Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dilakukan oleh Kemenko PMK, dimana gerakan ini juga menjadi visi dari Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla saat pilpres dulu.

Well.. Meskipun demikian, program revolusi mental ini belum terlaksana sepenuhnya. Ada beberapa data dan fakta yang cukup mengejutkan dimana jumlah anggaran yang dikeluarkan hanya untuk website revolusi mental ini yang tergolong fantastis, yakni 140 miliar.

Itu pun dirasa Puan sangat kurang, hingga pada akhirnya Puan meminta lagi sebanyak 19 miliar! Padahal, dana tersebut merupakan pagu APBN 2015 dari 153,3 miliar rupiah dimana membengkak menjadi 172,3 miliar rupiha. Ya dong, netizen heboh.

#2. Puan: Program REVOLUSI MENTAL akan sangat MENGEJUTKAN

Mengejutkan yang bagaimana? Ketika ditanya, dana sebesar itu akan dijadikan iklan, dialog publik, film, dan masih banyak lagi. Apakah mungkin salah satunya untuk pembuatan website atau situs Revolusi Mental ini?

Ketika ditanya soal rincian program apa yang akan dijalankan oleh para wartawan pun, Puan berkilah bahwa program tersebut akan menjadi kejutan bagi masyarakat Indonesia, dengan kata lain Puan tidak memberi rincian program yang akan diluncurkan!

#3. Puan Minta Tambah dan DPR pun SETUJU dana DITAMBAH

Sampai saat ini tidak diketahui bagaimana rincian program apa yang akan dijalankan. Masalahnya, pihak DPR pun menerima dan setuju untuk penambahan dana yang diminta oleh Puan sendiri.

Yap, pertanyaan inilah yang harus dijawab oleh DPR yang menyetujui penambahan dana dan Puan sebagai ketua program Revolusi Mental.

Puan sendiri mengatakan bahwa ia akan membuat program komunikasi publik yang secara teknik yang akan dilakukan oleh Kemenkominfo. Pengalokasian dana ini nantinya akan menyerap 130 miliaran. Mangkanya, Puan mengusulkan Rp 149 miliar ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Coba Anda bayangkan, teknis komunikasi publik yang seperti apa dan bagaimana yang akan dilakukan oleh Kemenkominfo kalau bukan salah satunya adalah website Revolusi Mental pada nantinya?

#4. Website Diresmikan dan Penuh Hujatan Netizen

Ingat ini, semakin berkembangnya teknologi maka seluruh netizen pun akan mencoba untuk mencari tahu dan belajar bagaimana cara menggunakan teknologi. Nah, hal inilah yang terjadi pada situs revolusi mental.

Website ini pada dasarnya menggunakan domain dan hosting yang sangat murah. Untuk domain sendiri, dana yang digunakan adalah sebesar Rp 60 ribu hingga Rp 120 ribu per bulan, situs domain secara hibah, kapasitas website yang terbatas, desain tampilan web yang menjiplak situs Barack Obama, serta overload pula.

#5. Website Revolusi Mental tidak Bisa Diakses Pula

Sudah anggaran yang dikeluarkan untuk website sangat mahal, eh malah tidak bisa diakses. Bagaimana coba? Coba bayangkan, jangan suruh admin untuk membayangkannya karena tidak sanggup untuk memikirkannya heuheu.

Ada yang mengatakan bahwa situs ini diserang hacker atau diretas oleh hacker. Percaya, percaya, dan percaya? Percaya saja. Entah bagaimana kelanjutan dari website revolusi mental ini. Entah dibiarkan begitu saja atau entah diapakan.

5 Data dan Fakta Situs/Website Revolusi Mental yang Mengejutkan

CERITA LAINNYA

Seperti yang dilansir oleh Viva.co.id, Roy Suryo yang kita kenal sempat menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, turut menyindir situs revolusi mental ini,

"Sebuah situs yang di host secara asal-asalan akan mudah dibobol (dijebol) atau down. Hanya saja kabarnya menelan ratusan miliar? Masya Allah, Gusti Allah tidak tidur! Kalau anggaran Rp140 miliar hanya untuk website tentu sangat tidak rasional, tetapi kalau ini termasuk pelatihan, pembuatan ruangan, gedung, beli tanah di kawasan elite dan sebagainya, bisa masuk akal," ujar Roy Suryo seperti yang dilansir oleh Viva.

Apa sih data dan fakta dari website Revolusi Mental ini?

1. Kita lihat dari anggarannya terlebih dahulu. Situs ini dibuat dengan menghabiskan dana sebanyak 140 miliar rupiah. Padahal, situs ini menggunakan layanan hosting dari IDwebhost, dimana penyewaan hosting ini hanya 100 ribu rupiah! Saya salah satu orang yang pernah menjadi konsumen IDwebhost.

2. Dua hari setelah launching atau diluncurkan, situs ini diretas (dibobol) oleh hacker.

3. Tampilan atau desain situs/website dari RevolusiMental.Go.Id ini merupakan hasil jiplak dari website Presiden Amerika Serikat, BarrackObama.Com. Terlihat sekali bahwa sang desainer situs tersebut mengintip lalu mengcopast coding situs BarrackObama tersebut.

4. Semenjak artikel ini dirilis, seperti yang dilansir oleh Sulsel.PojokSatu.Id menjelaskan bahwa, pihaknya belum bisa menghubungi Achmad Gunawan. Doi merupakan orang yang membuat website RevolusiMental tersebut.

5. Saya pernah menyewa hosting di IDwebhost dengan harga 80 ribu (dulu, sekarang 110ribu). Lah, ini kok bisa-bisanya menghabiskan dana 140 miliar????

6. Dan akan bertambah lagi! (mungkin akan bertambah lagi data dan fakta tentang situs Revolusi Mental ini seiring berjalannya waktu demi waktu).

KESIMPULAN

Dari penjelasan diatas yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi, jelas sekali bahwa ini merupakan proyek "asal-asalan" dan "terselubung" karena anggaran yang dikeluarkan pemerintah untuk membuat sebuah situs RevolusiMental ini sangatlah besar dan tidak masuk akal!

Padahal bro dan sis sekalian.... Dengan anggaran yang sebanyak itu, banyak hal yang bisa kita lakukan dan kita manfaatkan bagi masyarakat Indonesia lainnya. Misalnya...

Dana tersebut bisa dialokasikan ke berbagai daerah yang masih ketertinggalan dari dunia luar,
Membangun infrastruktur untuk memudahkan masyarakat dari berbagai kebutuhan dan keperluan sehari-hari seperti jembatan, mengaspal jalanan, membangun posko bagi yang sedang terkena musibah; dan lain-lain.

Punya pendapat, opini, kritik dan saran tentang data dan fakta situs/website revolusi mental ini?

3 Responses to "5 Data dan Fakta Situs/Website Revolusi Mental yang Mengejutkan"

  1. Wah, kebetulan ane juga baru menyelesaikan postingan tentang ini ni gan....

    ReplyDelete
  2. mau dong hosting tempat mu gan, heuhue, punya ane udh abis masa lakunya

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.