Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Personal, Kloningan & Convert

Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Personal, Kloningan & Convert
Hingga kini masih banyak para blogger newbie yang bertanya, apa perbedaan template blogger gratis, premium (berbayar), personal, kloningan dan convert?

Dan bahkan masih banyak yang mempermasalahkan terkait SEO, User Friendly, SEO Friendly, Fast Loading, Responsive, Mobile Friendly, AMP dan masih banyak lagi di dalam sebuah template blog.

Sebenarnya, template itu memang penting, namun diatas itu semua yang paling penting adalah artikel, konten atau posting blog. Content still is king! Konten adalah raja. Konten harus berkualitas! Bentuk dan tampilan template adalah nomor #2.

Ciri khas dan karakteristik suatu web blog, situs atau pun website terlihat dari bagaimana tampilan situsnya. Jika topiknya tentang kehidupan pribadi kita, maka gunakan template blog sederhana.

Namun, jika niche-nya tentang berita dan informasi yang memiliki banyak label atau kategori, maka wajib menggunakan template blog yang mendukung banyak kategori. Ya, begitulah kira-kira.

Sederhananya seperti ini, percuma kita membuat atau memiliki template blogger terbaik dan terbaru sekali pun apabila artikelnya tidak berkualitas. Itu semua bullshit, man.

Desain atau tampilan blog itu kan sangat berperan penting ya.. Jadi, sebelum benar-benar memilih dan menentukan template blogger yang baik, gak ada salahnya kalo Anda mengetahui perbedaan template gratis, premium, personal dan kloningan.

Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Personal, Kloningan & Convert


#1. Template Blog Gratis

Jenis ini mudah ditemukan, setelah di download maka template blog gratis siap dipakai. Struktur data template blognya tidak sebaik & sebagus template blog premium (berbayar).

Singkatnya, untuk mendapatkan template blog gratis itu tidak perlu membayar, free download alias gratis, credit link yang tidak boleh dihapus, tidak support dari desainer, dan tidak ada konsultasi.


Namun, harus dicatat, tidak semua template blog gratis itu jelek. Ada juga yang bagus, bahkan lebih bagus dari template blog premium sekali pun. Saya tahu yang mana-mana saja.

Silahkan tinggalkan komentar Anda, beritahukan siapa pembuat dan pengembangnya, dan biarkan saya memilih salah satu dari banyak template yang dibuat oleh orang tersebut.

#2. Template Blog Berbayar (Premium)

Template blog berbayar itu harus dibeli, tidak gratis download, dipersilahkan atau boleh menghapus credit link, tidak adanya sisipan link (inject link), dukungan support atau konsultasi permasalahan terhadap template, SEO yang dioptimalkan, tampilannya yang cukup bagus, dan banyak lagi.


Perbedaan Template Blog Gratis dan Premium

Untuk perbandingan antara perbedaan template blog gratis dan berbayar, kita bisa merujuk beberapa poin, diantaranya adalah:

  • Free download blogger template: No Support & Encrypted File
  • Premium blogger template: One time payment for unlimited domains, Edit color scheme, Remove credits, Lifetime premium support, Regular updates, dan masih banyak lagi.


#3. Template Blog Pribadi (Personal)

Bisa dikatakan, template jenis blog pribadi ini sangat langka dan terbatas dunia akhirat. Anda tidak akan menemukannya dimana pun juga kecuali Anda sendiri. Why? Karena Anda-lah pembuatnya!

Gunakan saja default blogger template, sering-sering baca tutorial desain blog, silahkan atur atau gonta-ganti settingan kode CSS, HTML, Javascript, jQuery dan lainnya.

#4. Template Blog Kloingan (Clone or Clonning)

Pengertian apa itu kloning adalah menyamakan suatu produk. Sederhananya, ada sebuah template A yang sengaja dibuat untuk menyamai template B, baik dari sisi jenis font, huruf, sidebar, footer, ukuran tampilan, dsb.

Contoh kasus yang bisa kita gambarkan adalah template blog Mas Sugeng, yakni Evo Magz. Ada banyak kok template yang dibuat hampir mirip dengan Evo Magz.

Ada juga tuh yang saya temuin, sudah membeli atau download gratis sebuah template, credit link dihilangkan. Edit tampilan bagian sana dan sini, terus mengaku-ngaku template itu atas hak miliknya. Wah, luar biasa sekali.

#5. Template Blog Convert

Convert dalam bentuk verba adalah mengubah, merubah & menukarkan. Pemahaman disini adalah sebuah template yang sengaja dibuat, baik dari sisi dan tampilannya, namun yang membedakannya adalah PLATFORM.

Nah, salah satu contoh kasus silahkan baca disini, template blog Genesis SEO yang pernah saya pakai. Pertanyaannya, apakah ini melanggar dan mencuri hak karya orang lain? Tidak.

Google telah menjelaskan bahwa template yang dibuat hasil dari convert tidak melanggar ketentuan dan kebijakan Google. Alasannya jelas karena platform tersebut berbeda.*

6 Responses to "Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Personal, Kloningan & Convert"

  1. Yah Jelas terlihat bedanya hehehee

    ReplyDelete
  2. Saya baru tau Kalo template itu ternyata bisa diconvert. Gmna caranya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu penguasaan CSS, HTML dan XML mas. Saya juga kurang mengerti, ini sedang belajar secara ototidak mas hehe

      Delete
  3. Kalau kita Menggunakan Template Clone Ada Masalah gak sama Googlenya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada gan, aman. Kecuali agan yang meng-kloning template itu, bisa-bisa dilaporin ke google kalau memang si pembuat template asli itu merasa terganggu.

      Delete

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.