Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Clone dan Convert

Share:

FB Google+ Twitter

Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Clone dan Convert
Bagaimana ciri2, kriteria dan perbedaan template blogger gratis, premium (berbayar), personal / pribadi, Clone dan Convert?

Jawaban singkatnya, template blog gratis itu bisa kita download begitu saja. Fiturnya juga biasa saja, tidak lebih tapi banyak kekurangannya. Sedangkan template premium (berbayar) sudah pasti sangat puas dan itu benar-benar memang milik kita tanpa Credit Link di Footer.

Perbedaannya lagi adalah di template gratis kita gak boleh menghapus credit link, sedangkan di template berbayar sudah pasti bebas mau ngapain saja. Mau hapus credit link? Ok nggak masalah.

Baca Juga: Arti dan Makna Kata SEO Friendly.

Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Clone dan Convert


#1. Template Gratis dan Berbayar

Secara khusus saya mengulas 2 jenis template sekaligus: Free & Premium.

Free Download: Encrypted File & No Support

Premium: One time payment, Lifetime premium support, Lifetime template updates, Unlimited Domains, Remove footer credits dan masih banyak lagi.

Intinya yang gratis itu gak bisa menghapus credit link dibagian footer template (paling bawah, link ke desainer atau pembuat template), sedangkan yang berbayar itu sudah pasti banyak dukungan.

Apalagi mendapatkan dukungan "No Encrypted Scripts" serta dukungan pembaharuan dari setiap ditemukannya error atau bug pada template berbayar.

Di dalam template, tepatnya di HTML code, sangat jelas ada banyak begitu perbedaan. Di template gratis banyak kode yang tidak penting, bahkan error. Kalau di template berbayar, semua itu dihilangkan. Yang tertinggal hanya kode-kode penting yang menunjang penampilan template dan ke-seo-an dari template tsb.

Sebenarnya kalau ditanyakan lebih dalam dan detail, ada puluhan perbedaan yang gak bisa dijelaskan karena itu sebenarnya rahasia dari desainer.

Misalnya nih, kita menghapus credit link. Setelah di "Save Template" biasanya blog kita akan restart terus menerus. Memang ada teknik begituan dan sangat mudah diakali. Tapi ya itu, semuanya rahasia.

Untuk menghormati desainer template, saya rasa itu tidak perlu dibahas. Cukup jadi konsumsi pribadi saja. Kalau mau tahu, tanya saja sama ahlinya atau belajar secara otodidak.


#2. Perbedaan Template Blog Personal, Kloningan & Convert

2.1. Personal

Template ini tergolong sangat langka sebab dibuat untuk diri sendiri. Siapa yang buat? Kita sendiri. Cara membuatnya juga mudah asal mau belajar, apalagi otodidak dan itu lebih bagus saya rasa.

Silahkan pelajari atau sering2 baca tutorial desain blog seperti gonta-ganti kode CSS, Javascript, jQuery, Font dan lainnya. Lama2 pasti kok. Saya juga gitu, otodidak.

2.2 Clone / KLONING / KLONINGAN

Clone/Clonning (Bahasa Inggris) atau kloning adalah template yang dibuat hampir mirip seperti aslinya. Istilah kerennya yaitu "bajakan".

Cara membuatnya juga sangat mudah, bermodalkan sedikit pengetahuan kode-kode HTML, "inspect halaman" dari browser serta membuka HTML dari laman tersebut (CTRL + U) maka semuanya pun muncul.

Baca Juga: Arti dan Maksud User Friendly

2.3. Convert

Convert ini kasusnya berbeda platform. Misalkan ada sebuah template WordPress, pasti dibuat template yang serupa dan sama persis namun menggunakan platform Blogger.

Google sendiri menerangkan bahwa ini tidak melanggar ketentuan dan kebijakan Google. Alasannya karena platform tersebut berbeda. Jadi bebas mau ngapain saja.*

Labels: Template Blog SEO, Tips Blogging

Thanks for reading Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Clone dan Convert. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

6 Responses to "Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Clone dan Convert"

  1. Yah Jelas terlihat bedanya hehehee

    ReplyDelete
  2. Saya baru tau Kalo template itu ternyata bisa diconvert. Gmna caranya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu penguasaan CSS, HTML dan XML mas. Saya juga kurang mengerti, ini sedang belajar secara ototidak mas hehe

      Delete
  3. Kalau kita Menggunakan Template Clone Ada Masalah gak sama Googlenya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada gan, aman. Kecuali agan yang meng-kloning template itu, bisa-bisa dilaporin ke google kalau memang si pembuat template asli itu merasa terganggu.

      Delete

If you find any errors in this article, please comment.