Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Personal, Kloningan, dan Convert

Berbicara tentang template blogger memang tidak ada habisnya seperti seo, seo friendly, fast loading dan responsive. Kali ini kita akan membahas tentang perbedaan template blogger gratis, premium, personal, kloningan, dan convert.

Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Personal, Kloningan, dan Convert

Template yang bersih, clean, dominasi putih, fast loading (loading blog yang cepat), navigasi menu friendly, mobile dan responsive membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di blog kita dan tidak membuat sakit mata para pembaca.

Semua itu tentunya harus di dukung dengan konten atau artikel yang berkualitas, dimana konten berkualitas merupakan hal yang nomor yang wajib disediakan oleh admin blog untuk para pembaca.

Begitu pula dengan ciri khas atau karakteristik dari tema atau niche blog tersebut. Jika blog tersebut berisi artikel tentang majalah, ya gunakan template blog yang magazine...

...sedangkan jika tema blog tersebut merupakan personal atau pribadi, gunakanlah template blog yang sederhana dan biasa saja. Sesuaikan saja sesuai keinginan kamu.

Intinya... Se-SEO apapun sebuah template blogger apabila tidak didukung dengan konten berkualitas, sumber informasi yang diberikan tidak lengkap, struktur navigasi menu yang tidak jelas, maka akan ditinggalkan oleh pembaca blog untuk selamanya!

Baca juga: Contoh Blogger Templates yang baik di Mesin Pencari.

Desain atau tampilan blog itu kan sangat berperan penting ya.. Jadi, sebelum benar-benar memilih dan menentukan template blogger yang baik, gak ada salahnya kalo kamu harus mengetahui perbedaan template gratis, premium, personal dan kloningan.

Di bawah ini, ada beberapa poin seputar perbedaan, kelebihan dan keunggulan, serta kekurangan dan kelemahan dari template blogger gratis dan template blog premium.

Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Personal, Kloningan, dan Convert


#1. Karakteristik Template Blog Gratis

Template blog gratisan biasanya dibagikan secara gratis dan bisa di download di App BOX atau dimana saja sesuai keinginan si pembuat dan pengembang template.

Kelengkapan struktur data seperti kode CSS/HTML pada template blog gratisan tidak sebaik dan tidak sebagus template blog yang diperjualbelikan, dengan kata lain template blog premium.

Ada beberapa struktur data yang memang sengaja tidak dipasang dengan alasan template tersebut dibuat untuk 2 versi, satu untuk versi gratis dan satunya lagi untuk versi premium. Jadi jelas, ini memang sengaja dilakukan.

Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Personal, Kloningan, dan Convert

Namun, tidak melulu template blog gratis tersebut memang demikian. Ada beberapa template gratisan yang dibuat semaksimal mungkin dan dibagikan secara gratis. Yang pasti, template seperti sangat sulit untuk ditemukan.

Nah. Jika berbicara tentang perbandingan template blogger gratisan dan premium tentu ada, dong. Yang paling jelas adalah tampilan dan... ada atau tidaknya credit link di bagian footer template blog.

Jika Anda tidak tahu apa itu credit link, maka pengertian apa itu credit link dibagian footer template blog adalah sebuah kode yang terpasang di dalam template dalam bentuk link URL dimana link URL ini akan mengarah ke website si pembuat template blogger.

Baca juga: Cara Menghapus dan Menghilangkan Credit Link di Template Blogger.

#2. Karakteristik Template Blogger Premium

Template premium biasanya dibuat dengan tampilan yang super mewah dan sangat ringan, serta beberapa bagian dioptimalkan sedemikian rupa sehingga efeknya akan mempengaruhi SEO, entah itu SEO untuk mesin pencari dan untuk para pembaca.

Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Personal, Kloningan, dan Convert
Infografis SEO: SEO bukan hanya tentang template
Masih banyak faktor lainnya!

Ada yang cukup unik disini. Yang cukup membuat gress adalah perbandingan template blog itu dibagikan secara gratis, sedangkan template blogger itu dijual. Untuk memilikinya Anda harus membelinya dari si pembuat.

Biasanya, si pembuat template blog premium menyediakan rekening bank untuk transfer dana atas pembelian template yang dilakukan oleh blogger tersebut. Bisa saja melalui Paypal, Rekening Bank (BCA, Mandiri, BNI, BRI, dll), dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Kalau berbicara tentang keuntungan dan kerugian membeli template blogger premium, maka jawaban dari kekurangannya adalah itu berbayar. Keuntungannya adalah Anda akan mendapatkan pelayanan costumer yang lebih diutamakan dan bisa menjadi lebih dekat dengan admin atau si pembuat template blogger tersebut.

Bahkan, keuntungan lainnya adalah Anda bisa menghapus credit link dibagian footer template blogger tanpa harus melakukan izin terlebih dahulu, tidak seperti template blog gratisan dimana penghapusan credit link HARAM untuk dilakukan.

Baca juga: 5 Tips sebelum Membeli Blogger Template Premium.

#3. Karakteristik Template Blogger Pribadi/Personal

Template blog personal itu terbatas dunia dan akhirat. Anda tidak akan menemukannya dimana-mana. Nah, gimana sih? Maksudnya, template blog pribadi adalah template yang Anda buat sendiri.

Kalau Anda ingin memilikinya maka Anda harus membuatnya. Jadi, cukup jelas bahwasanya untuk mendapatkan template ini Anda harus membuatnya terlebih dahulu.

Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Personal, Kloningan, dan Convert

Sudah pasti Anda harus mengetahui tentang beberapa bagian dari template blogger, seperti kode-kode yang sangat membingungkan bagi blogger pemula seperti saya. Hehehe.

#4. Karakteristik Template Blogger Kloningan (Clone/Clonning)

Secara sederhana, pengertian dari clone, clonning, atau kloningan adalah salah satu aktivitas untuk menyamakan suatu produk.

Dari pembahasan template ini, maka pengertiannya adalah membuat template blog baru namun dari sisi tampilan hampir mirip dengan template blogger lain yang dijadikan sebagai target kloningan.

Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Personal, Kloningan, dan Convert
Situs Mashable.com terkena dampak
blogger template Clone/Clonning!

Salah satu contoh kasus yang bisa saya gambarkan adalah template blogger premium Mas Sugeng, yakni EVO MAGZ template blogger. Cukup banyak template blogger yang hampir mirip dengan template ini Mas Sugeng ini.

Sebenarnya aktivitas seperti ini tidak baik dilakukan baik itu blogger pemula maupun blogger senior. Apalagi jika sampai mendownload template blogger gratis, mengubah atau mengeditnya serta menghilangkan credit link, terus mengakui bahwasanya itulah template yang dibuatnya.

Pada faktanya, aktivitas kloning tidak dianggap dan tidak didukung oleh blogger mana pun. Kesannya seperti identik dengan menjiplak karya orang lain, tidak profesional, dan tidak kreatif.

#5. Karakteristik Template Blogger Convert

Pengertian convert adalah membuat sebuah template namun platform yang digunakan berbeda. Misalnya, template blogger GENESIS SEO yang pernah saya pakai.

Sejatinya... Template GENESIS SEO tersebut merupakan template Wordpress yang terkenal paling SEO sejagad yang telah diakui oleh blogger profesional, serta telah banyak digunakan oleh kalangan blogosphere dari seluruh dunia untuk website-nya.

Mungkin karena ingin menyaingi Genesis SEO versi Wordpress, membuat para blogger senior yang bermain di platform BLOGGER membuat Genesis SEO versi untuk platform Blogger.

Apakah ini sebuah penjiplakan karya orang lain? Tidak. Tidak sama sekali. Bahkan, Google telah menjelaskan bahwa template yang dibuat hasil dari convert tidak melanggar ketentuan dan kebijakan Google. Alasannya jelas karena platform tersebut berbeda.

KESIMPULAN

Dari kelima karakteristik diatas, apa yang dapat Anda simpulkan? Dari zaman dulu sampai sekarang admin terus yang ambil kesimpulan. Sesekali boleh dong pembaca yang ambil kesimpulan :D

6 Responses to "Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Personal, Kloningan, dan Convert"

  1. Yah Jelas terlihat bedanya hehehee

    ReplyDelete
  2. Saya baru tau Kalo template itu ternyata bisa diconvert. Gmna caranya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu penguasaan CSS, HTML dan XML mas. Saya juga kurang mengerti, ini sedang belajar secara ototidak mas hehe

      Delete
  3. Kalau kita Menggunakan Template Clone Ada Masalah gak sama Googlenya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada gan, aman. Kecuali agan yang meng-kloning template itu, bisa-bisa dilaporin ke google kalau memang si pembuat template asli itu merasa terganggu.

      Delete

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.