6 Tips Membeli Template Blogger Premium: Panduan Sempurna

6 Tips Membeli Template Blogger Premium: Panduan Sempurna
Kalau kita mau saja membaca artikel pengertian template blog gratis, premium, kloningan dll, tentu kita akan mendapatkan informasi bahwa terdapat perbedaan diantara template blog tersebut.

Misalnya saja sebuah template blog gratis, dimana kita bisa mendownloadnya secara gratis, bukan? Masalahnya, ketika meng-klik tombol demo dan menginstall kode template tersebut ke dalam blog milik kita, kok ada bagian yang tidak sesuai dengan demo ya?

Pada faktanya, perlu ditekankan disini adalah demo yang diperlihatkan tersebut merupakan demo hasil dari template blog Premium, bukan versi gratis. Itu teknik penjualan tempalte blog, strategi & pemasaran manajemen.

Andaikata kita suka dengan demo yang ditampilkan hasil dari template blogger premium tersebut, sebelum membeli pun, ada beberapa aturan, cara dan tips yang perlu diperhitungkan apabila ingin membeli template blog premium itu tadi.

6 Tips Membeli Template Blogger Premium: Panduan Sempurna


Beberapa orang mungkin menganggap remeh tentang tampilan website yang digunakan. Padahal, beberapa faktor bagaimana mesin pencari menilai suatu website adalah berkaitan langsung dengan template yang digunakan.

Bisa saja penilaian tersebut melalui meta tags yang terpasang, bagaimana penampilan yang akan ditampilkan apakah sudah mendukung mobile friendly dan responsive, warna tampilan, jenis font dan warna huruf, serta kecepatan akses loading situs, dan masih banyak lagi.

Perbedaan yang paling mencolok adalah ada beberapa meta tag tambahan pada template blog premium untuk meningkatkan kualitas SEO pada template blogger tersebut, sedangkan pada template gratis masih dalam bentuk standart SEO sewajarnya dan meninggalkan jejak berupa link dalam bentuk credit link pada bagian footer tampilan blog.

Credit link ini biasanya beralamatkan blog sang pembuat atau desainer template tersebut.

Bagi saya secara pribadi, sebenarnya permasalahan ini relatif. Mau pake template gratis tidak masalah, yang penting credit link dibagian footer template tidak dihapus. Kalau merasa terganggu dengan credit link ini, maka solusi terbaiknya adalah membeli template premium.

Nah, berawal dari pemikiran dari situ dan beberapa kali saya juga pernah membeli template blogger, maka ada baiknya jika kita menyimak tulisan ini baik-baik.

#1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Kita

1 hal yang paling penting yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana pengunjung dan pembaca menilai tampilan website kita. Maka solusi dari saya adalah:

  • Pilih template sesuaikan keinginan dan sesuai tema blog, kalau blognya tentang berita maka belilah template blogger bergaya magazine. Jika blog membahas tema biasa, gunakan template sesederhana mungkin
  • Kebersihan suatu tampilan website merupakan nilai tambahan bagi Anda! Website dengan tampilan yang bersih, background berwarna putih dan tulisan berwarna hitam merupakan bagian seo friendly, serta tidak menggunakan warna yang mencolok di mata pembaca

Kesimpulannya sangat sederhana. Jika Anda membahas tentang berita dan informasi terkini, belilah template yang memang diciptakan dan menampilkan website dalam bentuk majalah, koran online, berita dan informasi, serta sejenisnya. Jika blog personal atau pribadi, maka belilah template sederhana saja.

#2. Sesuaikan dengan Budget Kita

Setiap orang memiliki latar belakang hidup yang berbeda-beda. Ini bukan tentang si KAYA atau si MISKIN. Jika Anda seorang pelajar maka alangkah baiknya jika Anda mengumpulkan uang dari jajan perharinya.

Ini mutlak, loh.. Cobalah untuk usaha mandiri sejak dini. Nggak mahal kok, palingan cuma 150 ribu rupiah. Kalau yang paling mahal itu bisa mencapai 500 ribu rupiah dan biasanya, yang menjual pun orang bule (atau situs luar negeri).

#3. Berhati-hati Membeli Template Blogger Premium

Penipuan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Sebaiknya kita harus berhati-hati ketika ingin membeli template. Ini tentang uang kita, budget kita dan pengeluaran yang kita keluarkan untuk membeli template.

Saya punya rekomendasi untuk kita yang ingin membeli template blogger premium. Silahkan bertanya di kolom komentar karena nantinya akan saya jawab secepat mungkin. Kapan lagi, coba?

#4. Menyesuaikan dengan Template dengan Topik Blog

Jelas... Jangan sampai kita salah membeli template blogger. Salah satu contoh kasus yang bisa saya gambarkan adalah jangan membeli template dengan tampilan majalah, sedangkan tema blog kita adalah khusus untuk blog pribadi.

Ini masalah cocok atau tidak cocok dengan tema blog kita. Menurut saya sih begitu, lain lagi ceritanya dan alasannya bagi kita. Jadi, sesuaikan saja. Itu hanya masukan saja dari saya untuk pembaca.

#5. Template Blog Harus Mendapatkan Update (Pembaharuan)

Beberapa kali saya pernah dikecawakan oleh penjual template blogger, hal ini berdasarkan pengalaman saya dimana ketika saya ingin mendapatkan versi update atau pembaharuan atas Bug atau Error yang telah diperbaiki, malah tidak mendapatkan versi update template blog premium.

Bisa saya simpulkan disini adalah alasannya ada dua, yakni:

  • Permintaan versi update tidak sesuai dengan email kita ketika pertama kali dibeli (kesalahan kita)
  • Penjual template blogger premium tidak mau tahu tanpa alasan yang jelas

Jadi, apa yang bisa kita simpulkan disini? Entahlah...

#6. Tambahkan di Kolom Komentar Blog Ini

Saya yakin setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda-beda tentang tips sebelum membeli template blogger premium, seperti pendapat, komentar, atau kesalahan dalam penulisan saya di dalam di artikel ini.

Di nomor 6 ini, saya berharap agar pembaca mencoba mengulas sedikit pengetahuannya tentang artikel kali ini di kolom komentar yang telah disediakan.

Nah, bagaimana pendapat Anda yang baru saja membaca artikel ini? Saya sendiri menulis artikel ini berdasarkan pengalaman sendiri karena pernah beberapa kali membeli template blogger premium.*

18 Responses to "6 Tips Membeli Template Blogger Premium: Panduan Sempurna"

  1. Ini template yg dipakai namanya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Roni. Dulu saya menggunakan Genesis SEO, sekarang menggunakan CBStyle produk CONTOHBLOG yang didapatkan secara premium.

      Delete
  2. rekomondasi tempat beli template premium dimana gan?

    ReplyDelete
  3. Tempat beli template premium dimana ya ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget, misalnya nih:

      1. Bamz
      2. Contohblog
      3. Arlina Design
      4. Masyadi
      5. Mas sugeng
      6. Templatoid

      Dan masih banyak lagi...

      Delete
  4. Min dimana tmpat beli template blog yang premium desainnya minimalis girly untuk blog sendiri yang premium. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu kalau itu. Mungkin bisa di pesan sesuai keinginan, biasanya untuk biaya yang ditentukan berkisar 100 - 150 rb per template blogger. Kalo wordpress, lebih mahal bisa sampai jutaan. Itu setahu saya.

      Delete
  5. Mohon pencerahanya Gan .... saya sering gonta-ganti templete ... Mohon masukanya untuk templete yang saya pakai sekarang Gan .. kalau udah sip kemungkinan tidak akan ganti lagi...www.andysupriyanto.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diganti saja dengan yang lebih fast loading. Agak keberatan gan.

      Delete
    2. Iya Gan memang agak lambat loadingnya kenapa ya.....Terima kasih Gan sarannya sangat membantu.....

      Delete
    3. Template blogger bertema majalah memang begitu, terlalu banyak javascript, css dan kode-kode lainnya untuk mendukung tampilan bertema magazine style sehingga mempengaruhi kecepatan loading blog.

      Delete
  6. Maaf gan mau tanya nich siapa tahu ada yang bisa membantu (hehee, ngarep),
    Saya menerapkan template untuk aplikasi android (lifestyle) seperti aplikasi yang berisi gambar-gambar design ideas tetapi kenapa iklannya mengganggu pihak ke tiga (muncul iklan menutupi layar handphone setelah keluar dari aplikasi tersebut), karena masalah template atau masalah apa ya gan?
    mohon solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sebelumnya gan.. Ana masih belum mudeng maksud pertanyaannya gimana.

      Coba di ganti2 dulu templatenya gan, kali aja templatenya yang bermasalah.

      Delete
  7. saya mau tanya, kalau mau membeli template buat tempat download anime/game itu dimana ya yang bagus ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini saya kurang tahu gan, tapi agan bisa memesan sendiri kok. Saran saya di... kompiajaib(dot)com.

      Delete
  8. Minta informasinya, sy mau beli templet yang 150 ribu, yang bagus dan nyaman ( tidak ada masalah dikemudian hari) kira-kira dimann?

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://tipsseokiller.blogspot.co.id/2015/12/premium-blogger-tempate.html

      Delete
  9. Thenks infonya mas. sangat membantu.

    ReplyDelete

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.