2 Alasan Pasti Kenapa Kecepatan Loading Blog itu Penting

2 Alasan Pasti Kenapa Kecepatan Loading Blog itu Penting
Kenapa dan apa alasan kecepatan loading web blog, situs maupun website itu penting? Apa hubungannya dengan SEO dan pengunjung blog? Fast loading template blog, fitur yang terlupakan.

Blogger mana pun mungkin tidak mengetahui hal ini sama sekali, dan bahkan artikel ini tergolong sedikit pengunjung dikarenakan banyak blogger yang tidak pernah tahu dan bertanya, "Kenapa template blog itu harus cepat (fast loading)?" Toh, memang iya kan? Padahal artikel ini PageOne.

Sebenarnya, ada dampak buruk dan efek bahaya apabila web blog, situs atau pun website tidak memiliki fitur fast loading. Pertama, SEO; dan yang kedua adalah User Friendly.

Alasan Loading Blog Lambat Dampak Buruk bagi SEO Friendly

Setidaknya ada 200 faktor SEO terhadap sebuah situs, dan yang paling utama adalah konten berkualitas. Ini mutlak. Ditambah lagi dengan Head Keyword, Body Keyword & Long Tail Keyword. Masih banyak lagi.

Salah satu diantaranya adalah kecepatan akses blog itu berpengaruh juga terhadap SEO. Sumbernya? Banyak tuh yang sudah menjelaskan di Google. Cari saja dengan keyword, "200 faktor SEO Google" di search engine.

Mesin pencari akan lebih memprioritaskan sebuah web blog atau website yang memiliki kecepatan loading blog yang cukup cepat untuk diakses atau untuk memuat halaman web blog.

Alasan Loading Blog Lambat Dampak Buruk bagi User Friendly

Nah, kalau ini mutlak, dan saya sendiri juga rasanya malas untuk mengunjungi situs yang memiliki loading blog yang lambat. Bukan tanpa alasan, jaringan saya 3G dan 4G, untuk memuat laman situs tersebut saja membutuhkan waktu 1 menit.

Loading situs yang lambat biasanya seperti situs berita, majalah dan informasi yang memiliki banyak kategori atau label. Artikel di dalam homepage pun kadang mencapai 20 artikel. Sangat berat, lambat, lemot dan lamban! Widget bahkan lebih dari 5 buah!

Apalagi ketika kita sedang final di kampus, hehehe, saya sering googling cari jawaban. Alhasil, situs yang dikunjungi pun membutuhkan waktu selama 1 menit penuh, sedangkan saya membutuhkan jawaban yang cepat.

Yaaa pada akhirnya saya keluar dari situs tersebut dan memilih situs lainnya, barangkali ada yang kecepatan akses situs yang lebih cepat dan mendukung kegiatan saya sewaktu itu.

2 Alasan Pasti Kenapa Kecepatan Loading Blog itu Penting


Nah, sudah dapat kesimpulannya, gaes? Kalau Anda mengerti dengan apa yang saya jelaskan diatas, sudah pasti ada alasan kenapa kecepatan loading blog itu penting.

Untuk cara mengecek kecepatan loading suatu blog, silahkan akses GT Metrix dan Page Speed Insights (Google). Tinggal memasukkan URL blog kita, enter dan hasilnya akan keluar.

Kecepatan loading blog yang baik adalah diatas 75% (C). Apabila kecepatannya diatas 75% (B) maka itu sudah cukup dan mendukung SEO Friendly dan User Friendly. Nah, itulah kenapa kecepatan akses website itu sangat penting untuk zaman sekarang.

4 Responses to "2 Alasan Pasti Kenapa Kecepatan Loading Blog itu Penting"

  1. kalo Yslow score nya dapat C apa yang perlu dibenahi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti bakal ada penjelasannya gan, coba di lihat ada beberapa kode error atau tanda merah, tinggal di klik saja :)

      Delete
  2. Thanks Gan tipsnya akhirnya jadi tau apa aja yg buat blog kita berat ^^


    lumayan bisa ngurang speednya jadi 3.3
    pertama di coba speed blognya berat banget 6.2 wkwkwk...

    ReplyDelete

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.