Arti dan Makna Kata Friendly dari SEO Friendly Blog

Arti dan Makna Kata Friendly dari SEO Friendly Blog
Apa pengertian, arti dan makna kata friendly dari SEO friendly pada web blog, situs, atau pun website? Apa fungsi, tujuan dan manfaatnya?

Apa itu SEO Friendly adalah suatu optimasi yang dilakukan oleh blogger untuk mengoptimalkan web blog, situs atau website yang mereka miliki, sedangkan "Friendly" dari SEO Friendly adalah baik, bagus dan bersahabat dengan search engine Google, Bing, Yahoo dan Yandex sekali pun.

Sederhananya, pemahaman terhadap "Friendly" itu adalah berkualitas dimata mesin pencari; artikel atau blog akan lebih mudah menempati halaman pertama search engine berdasarkan keyword yang diketik oleh calon trafik organik.

Berdasarkan pengetahuan saya, "Friendly" itu berkaitan langsung dengan artikel, widget blog, jumlah komentar berkualitas di situs kita, tampilan situs dan navigasi menu yang jelas.

Arti dan Makna Kata Friendly dari SEO Friendly Blog


#1. Artikel SEO Friendly

Yang di maksud disini bukan tentang keyword density atau pun kepadatan kata kunci. Tapi ini berkaitan erat dengan Head Keyword, Body Keyword & Long Tail Keyword, pengaruh kata sinonim, internal link, eksternal link dst.

Ada beberapa kriteria artikel, konten atau posting blog dianggap "Friendly", yakni:

  1. Pageone, ini mutlak karena artikel tsb memang "Friendly"
  2. Keyword: Head, Body dan Long Tail
  3. Pengaruh kata Sinonim terhadap SEO artikel
  4. Internal link & eksternal link
  5. Kaya akan informasi yang bermanfaat
  6. Alt & tag gambar dengan keyword
  7. Sub-Heading (H2) untuk judul artikel (pengulangan sekali saja); dan
  8. Anda mau menambahkannya?

Jika ke 8 poin diatas, atau mungkin lebih dari itu, kemungkinan terbesar 90% artikel bakal pasti "Friendly" terhadap search engine mana pun.

Sebagai salah satu contoh, kita bisa merujuk ke laman Wikipedia dimana kita akan menemukan banyak link Internal dan Eksternal dalam satu konten. Kenapa? Anchor Text ini juga mempengaruhi SEO Friendly sebuah artikel.

#2. Komentar Berkualitas di Situs

Komentar yang masuk ke web blog kita juga secara tidak langsung akan di crawl oleh bot Google. Jika artikelnya berkualitas seperti memberikan opini, pendapat atau saran, kemungkinan juga akan berdampak dan berefek ke SEO Friendly.

Tidak percaya? Baiklah. Kita bisa merujuk lagi ke blog Mas Sugeng, semua komentar yang masuk ke dalam artikelnya akan terdeteksi (crawled) oleh bot Google, semua komentar! Itu memudahkan untuk menuju Pageone sebab semua komentarnya berisi keyword - tanpa disadari.

Jadi, perhatikan komentar yang masuk ke situs. Jika komentarnya biasa-biasa saja, biarkan saja. Jika komentarnya berisi opini dan pendapat yang turut menyertakan keyword (tanpa disadari), Anda wajib mensyukurinya.

#3. Widget Web Blog

Kasusnya sama seperti komentar diatas, loh. Widgets seperti Popular Post, Related Posts, Recent Post dan widgets lainnya juga mempengaruhi kualitas SEO Friendly web blog itu sendiri.

Lebih bagus lagi apabila topik blog tersebut hanya niche blog, bukan blog gado-gado. Jadi, crawling yang terjadi hanya pada satu topik pembahasan, dan ini bagus untuk SEO situs tersebut.

Kenapa? Karena faktanya, kalau sebuah website bertemakan niche blog (satu topik), misalnya tentang SEO, maka seluruh artikel yang berkaitan dengan SEO akan di crawl oleh bot search engine, apalagi terjadi pengulangan suatu kata dalam satu artikel.

Contohnya seperti ini, Anda sedang mengunjungi sebuah blog "Pengertian", di widget mana pun Anda akan menemukan artikel yang satu topik sama semua, semua artikel itu berawalan kata "pengertian", maka terjadilah pengulangan kata "Pengertian" secara tidak langsung berdasarkan seberapa banyak widget yang terpasang.

Maka dari itu, terjadilah pengulangan kata dari "pengertian" tersebut, dan itu memperkuat keyword yang sedang dibahas. Inilah Friendly dari SEO Friendly blog itu.

#4. Blogger Template SEO

Salah satu template blog yang disukai mesin pencari, terutama Google adalah memiliki fitur Mobile Friendly, Responsive, Fast Loading dan Dynamic Heading Tag yang bagus (H1, H2, dan H3).

Untuk mendapatkan "Friendly" tersebut, usahakan untuk memilih, download dan menggunakan template blog yang mendukung fitur-fitur diatas, yang paling penting Mobile Friendly, Responsive dan Fast Loading.

Update: Arti dan Makna kata Friendly dari SEO Friendly Situs


SEO Friendly adalah ramah mesin pencari atau baik bagi search engine, istilah lainnya adalah SEO ready dan optimized untuk mesin pencari Google, Bing, Yahoo maupun Yandex.

Jika dijelaskan secara lebih mendalam, SEO friendly terdiri dari dua kata yang memiliki arti dan makna yang berbeda. Mari kita lihat satu per satu:

  • SEO adalah singkatan dari search engine optimization yakni suatu teknik yang apabila digunakan dan diterapkan di blog kita, maka blog akan lebih mudah dan cepat terindeks di mesin pencari, bahkan kalau diterapkan dengan benar dan tepat, hasilnya tentu saja menempati halaman pertama dan di urutan pertama di Search Engine Result Page (SERP); dan
  • Friendly yang dimaksud adalah ramah dan baik terhadap search engine.

Seperti yang sudah dikatakan di poin kedua diatas, yakni baik dan ramah terhadap mesin pencari, apabila dijelaskan lebih mendalam tentu akan membahas beberapa faktor dan penyebab mengapa sebuah blog mudah tampil dihalaman SERP, diantaranya adalah:

#1. Struktur Meta Tag, Deskripsi Tag, Title Tag dan Verifikasi Tag

Tag-tag ini sangat penting dan wajib disertakan di dalam template blogger. Pada dasarnya, kumpulan kode HTML inilah yang nantinya akan mempengaruhi blog kita di halaman SERP.

<meta content='MohvV_LBCTs7zs' name='google-site-verification'/>
<meta content='004C6769C3A1' name='msvalidate.01'/>
<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;index&quot;} and data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<title><data:blog.pageTitle/> | Tips &amp; Trik SEO, Free Template Blog Premium, Tutorial Smartphone &amp; Internet</title>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;item&quot;,&quot;static_page&quot;}'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;index&quot;} and data:blog.pageName == &quot;&quot;'>
<title>Tips &amp; Trik SEO, Free Template Blog Premium, Tutorial Smartphone &amp; Internet | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;error_page&quot;}'>
<title>Page Not Found | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | Tips &amp; Trik SEO, Free Template Blog Premium, Tutorial Smartphone &amp; Internet</title>

Itu hanya beberapa kode HTML tag-tag yang saya ambil langsung dari template blog ini. Baca Juga: Pengertian Meta Tags, Title & Verification.

#2. Dynamic Heading Tag Blog

Tentu saja bahwa tag dynamic heading di blog mempengaruhi situs kita dihalaman SERP. Misalnya saja, letak tag H1 akan ditempatkan di nama blog tepat dihalaman homepage, akan tetapi ketika kita sudah berada di dalam single post (artikel yang dibaca), maka H1 tadi akan beralih ke judul artikel blog dan nama blog akan diarahkan secara otomatis ke tag H2.

H1 sifatnya sangat penting, H2 penting, H3 biasa saja, H4 tidak terlalu penting dan seterusnya. Intinya, tag H1 adalah tag yang paling penting dan tag itulah yang akan pertama kali diperhatikan oleh search engine ketika meng-crawl halaman blog yang kita miliki.

#3. Template Blog: Mobile Friendly, Responsive, Fast Loading & Breadcrumb

Ke-4 fitur ini juga dijadikan sebagai salah satu faktor dan penyebab mengapa sebuah blog lebih mudah tampil di halaman pageone dan diurutan pertama pula. Kita bahas satu per satu.

Mobile Friendly & Responsive: Salah satu fitur yang memungkinkan para pengunjung blog bisa mengakses situs kita dimana tampilan situs akan mengikuti bagaimana bentuk tampilan smartphone yang digunakan oleh para pembaca - Baca ini: Algoritma Mobilegeddon.

Fast Loading: Google juga telah menjelaskan bahwa blog yang lambat dan tidak memiliki loading blog yang cepat, akan terdepak atau terlempar di halaman kedua, ketiga dan seterusnya. Baca Juga: 1 Alasan Pasti kenapa Loading Blog itu Penting.

Breadcrumb: Breadcrumb jika dijelaskan secara sederhana adalah sebuah label atau kategori yang saling berkaitan. Sebagai contoh, apabila saat ini kita berada di label Smartphone, tentu ada label sebelumnya yang berkaitan smartphone, yakni Teknologi.

Teknologi > Smartphone > Cara Flashing Smartphone.

Nah, penempatan breadcrumb ini seringkali ditempatkan di bawa judul posting blog untuk lebih mudah di crawl dan di lihat oleh para pembaca blog. Jadi, ke 4 fitur diatas apabila sudah terpasang di dalam satu template blog, gunakan sekarang juga.

#4. Artikel yang Berkualitas

Artikel yang berkualitas tentu saja berkaitan erat dengan bagaimana cara membuat artikel untuk mesin pencari, misalnya saja pengaruh kata sinonim di dalam posting blog.

#5. Banyak Widgets untuk di Crawl

Semakin banyak widget semakin kuat blog kita di SERP. Segala judul artikel yang terpasang di widget seperti Popular Posts, Recent Comment, Random Post, Recent Posts dll akan terbaca (di-crawl) oleh mesin pencari.

Pada akhirnya, inilah yang dijadikan sebagai salah satu faktor ranking blog kita di SERP.

Kesimpulan

Sampai artikel ini ditulis, hanya itu saja yang saya mengerti tentang Arti dan Makna Kata Friendly dari SEO Friendly Blog.

Jujur saja, banyak blog yang membahas tentang SEO tapi tidak pernah menjelaskan tentang arti dan makna dari kata "Friendly" itu sendiri.

5 Responses to "Arti dan Makna Kata Friendly dari SEO Friendly Blog"

  1. Bermanfaat sekali sob artikel nya. Selalu aja ada ide nilis. Berarti Algazali ini orang nya kreatif. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya lebih kreatif, sedangkan mas nino adalah orang yang lebih memahami seo. Buktinya saya kalah di kontes seo kemarin, dan artikel mas nino lebih tinggi peringkatnya hehehe

      Delete
  2. Terima kasih saya mendapatkan artikel ini, aku lagi belajar dengan para master sangat bermanfaat, admin belajarngeblogyes.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. waw mantaf juga artikel ini ada 3 tingakat diatas .... keren gan pencarian arti seo , seo kiler ada di atas

    ReplyDelete

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.