Komparasi New Johny Wuss V2 dan V3, Menang Siapa?

Begitu banyaknya peminat dengan template blogger New Johny Wuss series membuat saya melakukan perbandingan, adu atau komparasi, untuk menentukan antara kedua template blog ini, manakah yang paling SEO friendly antara New Johny Wuss V2 atau NJW Versi 3?

Komparasi New Johny Wuss V2 dan V3, Menang Siapa?

Sebenarnya, artikel kali ini tidak seperti biasa yang sering saya ulas di blog ini. Ini semua tentang mengadu kekuatan SEO di search engine mana pun, termasuk Google, Bing, Yahoo, dan Yandex.

Kenapa harus NJW versi 2 dan versi 3? Ada apa dengan V1, V4 dan V5?

Jangan tanya kenapa. Serius dah.. Jelas-jelas bahwa New Johny Wuss series merupakan template blog paling laris dan yang paling diminati oleh kalangan blogger.

Nah, bagaimana dengan New Johny Wuss v1, v4 dan v5? Mereka-mereka ini adalah seri template blogger premium. Sudah jelas lebih unggul, lebih keren dan lebih SEO dari template blog gratisan. Jadi, yang kita bahas disini adalah template blogger versi gratis alias free download!

Komparasi New Johny Wuss V2 dan V3, Menang Siapa?


Kedua template ini masih menggunakan "bahan dasar berkualitas" dari template blog Johny Wuss miliknya Maskolis yang sudah terkenal karena terbukti dan teruji dengan SEO dari template tersebut.

Kedua template ini pula memiliki perbedaan dalam tampilan situs/blog. New Johny Wuss v2 lebih cocok untuk bergaya majalah atau berita, sedangkan New Johny Wuss v3 lebih cendurung cocok ke niche blog pribadi atau personal karena artikel posting blog mengarah menurun/ke bawah.

Perbedaan New Johny Wuss V2 dan New Johny Wuss V3


#1. Mengenal seluk beluk - New Johny Wuss V2

Template ini sudah dimodifikasi ulang. Ada beberapa perbaikan seperti struktur data agar lolos test Google Richsnippets, pemasangan kode OpenID komentar dan Google Authorship untuk memasang link akun Google plus admin blog.

Komparasi New Johny Wuss V2 dan V3, Menang Siapa?

Kecepatan loading blog versi GTMetrix dari template ini adalah A (91%) untuk page speed grade dan C (77%) untuk page load time. Hasil skor tersebut terbilang lumayan mengingat ketika di test ada iklan google adsense yang terpasang.

Nah, apabila iklan google adsense tersebut dilepas, bakalan Wuss banget! Template ini juga mampu meningkatkan trafik blog, pagerank (PR) dan pageviews (PV).

#2. Mengenal seluk beluk - New Johny Wuss V3

New Johny Wuss v3 merupakan template blog redesign atau modifikasi ulang dari versi-versi sebelumnya. Template ini pula masih menggunakan "bahan dasar berkualitas" dari template blog Johny Wuss milik Maskolis.

Komparasi New Johny Wuss V2 dan V3, Menang Siapa?

Ada perbedaan tampilan situs/blog yang telah memakai template NJW v3 ini, yakni struktur data dari V3 ini lebih baik dan ada beberapa kode HTML yang di edit langsung untuk diperbaiki agar lebih optimal.

Perbedaan lainnya adalah:

  • Pada bagian Top Menu Bar yang mirip tampilan situs Facebook 
  • Search Box atau kotak pencarian yang dipindahkan ke sidebar widget dengan bentuk yang sedikit membesar dan terlihat lebih keren 
  • Adanya tombol yang mengarah ke Static Page yaitu Sitemap atau Daftar Isi artikel blog tersebut 
  • Sticky Top Menu (Header Bar) yang dibuat mirip dengan tampilan Facebook yang bisa melayang ketika di scroll ke halaman bawah. 

Pengalaman Saya Menggunakan New Johny Wuss series dalam Dunia Blogging

Jujur saja, saya pernah memakai kedua template blog ini. NJW versi 2 saya pakai di situs/blog saya yang beralamat SBT, sedangkan NJW versi 3 saya pakai untuk blog TS. Kedua blog ini adalah blog dummy milik saya. Niche-nya sama, yakni tentang blogging.

Saya akui NJW versi ketiga lebih unggul dibandingkan NJW versi kedua. Kenapa bisa demikian?

Menurut sang desainer, Contohblog, template blog NJW versi ketiga ini bisa dikatakan lebih SEO friendly ketimbang NJW kedua, begitu pula dengan kecepatan loading blog yang lebih OK dibandingkan V2.

Baca juga:


Well.... Bagaimana pendapat sobat?

2 Responses to "Komparasi New Johny Wuss V2 dan V3, Menang Siapa?"

  1. Saya pakai template punya maskolis yang gratisan, saya ingin pakai yang premium, apakah pengaruhnya dengan search engine kalau saya ganti? Terima kasih jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sila baca ini mas: http://tipsseokiller.blogspot.co.id/2015/08/perbedaan-template-gratis-premium-kloningan.html

      Template blog seo premium itu jauh lebih baik dari gratisan, dari segi apapun. Efeknya cukup bagus dibandingkan gratisan.

      Delete

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.