Penjelasan Kenapa Blogspot Com Menjadi Blogspot Co Id

Penjelasan Kenapa Blogspot Com Menjadi Blogspot Co IdPenjelasan kenapa blogspot com berubah menjadi blogspot co id? Apa alasan, penyebab, dampak bahaya dan buruk bagi situs/blog atas pergantian domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id ini?

Tepat pada hari ini, kamis - tanggal 3 September 2015, Google kembali perubahan algoritma mesin pencari. Perubahan tersebut yakni pergantian domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id (Indonesia). Hal ini baru saya sadari tadi siang, kamis (3/9/2015), adanya perubahan domain blogspot.

Setidaknya, hal tersebut telah saya ungkapkan pada teman-teman blogger lainnya di Forum Adsense Publisher Indonesia. Tidak ada jawaban dan penjelasan sama sekali tentang pergantian/perubahan domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id ini, tentu semuanya bertanya-tanya.

Bahkan, ada yang mengaku bahwa iklan google adsense tidak tampak, tidak muncul, hilang sama sekali di tampilan blog/situs blog! Mengerikan? Itu pasti bro dan sis sekalian....

Biasanya memiliki penghasilan adsense hingga jutaan rupiah, kini tidak lagi seperti itu dulu. Tapi... Entahlah.

Jujur saja, saya merasa kaget, terkejut, shock dan segalanya bercampur aduk. Saya tahu, ada dampak bahaya dan efek buruk apabila sebuah situs/blog melakukan pergantian atau perubahan nama domain.

Ada beberapa contoh dampak bahaya dan efek buruk dari merubah nama domain situs/blog ini, yakni alexa rank menjadi membengkak alias membesar, terjadinya duplikat konten dan hilangnya "domain age" atau umur domain blog.

Nah, dari beragam referensi yang saya temukan bahwa isu tentang pergantian nama domain situs/blog akhiran "blogspot" ini telah diperbincangkan dan direncanakan oleh Google pada tahun 2013 lalu.

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, pada faktanya permasalahan pergantian nama domain ini telah terjadi di beberapa bagian negara, sebut saja negara Australia dengan domain blogspot.com.au, Inggris dengan domain blogspot.co.uk dan masih ada beberapa negara lainnya yang telah melakukan perubahan domain blogspot ini.

Google menjelaskan pergantian atau perubahan nama domain ini, berikut penjelasannya:

If we receive a request to remove content that violates local law, that content may no longer be available to readers on local domains where those laws apply. Note: Country-specific domains is not a different blog address, but a domain redirect based on the country where you're currently located. - Support Google Blogger.

Dari penjelasan diatas, jelas sekali bahwa kebijakan terbaru Google tentang perubahan domain ini bertujuan untuk mengontrol keamanan suatu situs/blog.

Apabila blog tersebut melakukan pelanggaran, maka akan dihapus oleh Google. Penghapusan situs/blog ini berlaku pada nama domain blogspot untuk negara tersebut.

Apa dampak buruk dan bahaya dari perubahan domain blogspot ini?


#1. Alexa Rank Membesar

Alexa rank yang membesar sama halnya seperti blog yang baru saja dibuat. Akibat dari perubahan blogspot ini secara otomatis akan mempengaruhi nilai alexa rank pada suatu situs/blog.

#2. Iklan Google Adsense Tidak Ada, Tidak Muncul atau Menghilang

Seperti yang sudah saya utarakan diatas, saya mengadukan permasalahan ini ke teman-teman Forum Adsense Publisher Indonesia. Tidak ada jawaban sama sekali. Yang ada hanyalah iklan google adsense yang menghilang secara tiba-tiba.

Tidak ada kepastian mengenai iklan google adsense yang tidak muncul ini. Tidak ada salahnya menunggu 1x24 jam untuk memastikan apakah iklan google adsense benar-benar menghilang atau kembali muncul seperti semula.

#3. Duplikat Konten

Nah.. Dengan perubahan domain blogspot ini dipastikan menimbulkan permasalahan terbaru bagi kita sebagai kalangan blogger (blogosphere). Permasalahan tersebut adalah terjadinya duplikat konten.

Pengaruh untuk SEO dalam perubahan domain blogspot.co.id ini adalah katakanlah, jika ada 50 negara memiliki domain tersendiri seperti .com, .co.id, .com.au, .co.uk, dan sebagainya, berarti untuk satu artikel yang kita miliki akan ditemui di 50 domain yang berbeda. Bukankah itu sebab terjadinya duplikat konten?

Kita tidak bisa memastikan permasalahan duplikat konten ini, berhubung Google lebih "paham" untuk permasalahan ini. Kita doakan semoga semuanya baik-baik saja.

#4. Hilangnya Umur Suatu Situs/Blog

Pergantian blogspot.com menjadi blogspot.co.id sama halnya seperti membuat blog baru. Sudah dipastikan, blog tersebut sudah termasuk blog yang baru saja dibuat. - Baca kembali poin nomor satu, Alexa Rank.

AKHIRUL KALAM

Untuk perubahan blogspot di beberapa negara yang saya jelaskan diatas tadi (Australia dan Inggris), jujur saja saya sudah tahu sejak awal tahun 2014 lalu.

Ngomong-ngomong, saya mulai aktif ngeblog kembali pada akhir tahun 2014 lalu. Oleh karena itu, jadi saya tidak terlalu memusingkannya, bahkan tidak tahu apa-apa sama sekali karena sudah ketertinggalan ilmu SEO sejak terakhir kali ngeblog di tahun 2009 (awal ngeblog ditahun 2008).

So, dipastikan seluruh para blogger yang ahli dalam dunia blogging (pakar, ahli dan master SEO) dipastikan sedang melakukan riset untuk mengetahui jawaban yang lebih rinci. Tenang saja!

5 Responses to "Penjelasan Kenapa Blogspot Com Menjadi Blogspot Co Id"

  1. untuk sekarang kayanya google mengembalikan blogspot indonesia ke .com lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, setelah redirect ke co id, kembali lagi ke com, dan kini kembali lagi co id.

      Delete
  2. hmm.. baiklah, sy coba urun pendapat ttg ini. Dan komentar bos Ace Maxs, juga jawaban yg punya blog, juga tidaklah tepat, karena sesungguh .co.id akan terus digunakan oleh Google, krn itu sudah merupakan kebijakan jangka panjang Google.

    Apa yg diuraikan di artikel ini, hampir semuanya saya tidak sependapat. Karena perpindahan (lebih tepatnya re-direct), ke domain country itu bukan hal yang aneh atau apa lah, krn banyak negara lain justru sudah memilikinya bertahun-tahun yang lalu. Nah, indonesia baru tahun ini kebagian. Artinya apa? artinya Google sudah memandang Indonesia sebagai pasar potensial bagi mereka, makanya mereka membuat TLD country utk Indonesia. Indonesia sudah diperhitungkan di mata Google. Harusnya itu jadi 'kebanggan' buat kita org Indonesia.

    Dari dulu pun, ketika masih menggunakan blogspot.com. bila blog kita dibuka di jepang misalnya, maka otomatis dialihkan ke blogspot.jp, jika dibuka di inggris, maka jadi blogspot.co.uk, dst.

    begitupula sebaliknya, blog yg dibuat org bule, jika kita di indonesia, akan otomatis berubah co.id. jadi sama sekali tidak ada yg istimewa atau dikuatirkan ttg hal ini.

    Tentang dampak buruk yg disebutkan dalam artikel ini, juga tidak terbukti sama sekali:
    1. Alexa membesar
    Saat ini, rank alexa tidak berpengaruh langsung terhadap aspek suatu blog.
    2. Iklan adsense tetap akan tampil, karena itu bukan dianggap sebagai TLD, ttp tetap konten host.
    3. Duplikat konten? Tidak akan muncul duplikat konten, karena semunya hanya redirect.

    So, menurut sy, gak perlu cari jawaban apapun dengan kejadian ini. krn itu memang sudah jadi arah kebijakan bisnis Google, dan sy kira ga ada pengaruh apapun dg blog kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siipp..benar apa yang bos gee katakan.. sebenarnya permasalahan apa yang di tulis ini tepat pada hari kejadian itu pula. Nah, oleh karena itu pembahasannya tentang pada saat itu juga, belum ada informasi yang pasti.

      Menurut beberapa informasi yang saya dapatkan di atas, juga berasal dari forum IAPD tempat kita berbagi info seputar adsense, serta beberapa tambahan dari info-info blog teman lainnya.

      Nah, dengan adanya komentar dari bos gee..sekarang sudah lengkap bahwa pengaruh pergantian blogspot co id itu tidak ada sama sekali seperti yang bos gee katakan di atas. Karena ini soal kebijakan bisnis Google.

      Thanks Bos Gee.

      Delete

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).