Penjelasan Kenapa Blogspot Com Menjadi Blogspot Co Id

Penjelasan Kenapa Blogspot Com Menjadi Blogspot Co Id
Kenapa blogspot com menjadi blogspot co id? Apa alasan, penyebab, dampak serta pengarh bahaya atau buruk bagi web blog, situs atau website atas pergantian domain [namablog].blogspot.com menjadi [namablog].blogspot.id?

Tepat pada hari ini, kamis - tanggal 3 September 2015, Google kembali mengupdate algoritma mesin pencari. Perubahan tersebut yakni pergantian domain [namablog].blogspot.com menjadi [namablog].blogspot.co.id (Indonesia). Hal ini baru saya sadari tadi siang, kamis (3/9/2015), adanya perubahan domain blogspot.

Dari berbagai informasi yang beredar, semua blog yang masih menggunakan domain gratisan (blogspot) kehilangan unit iklan Google Adsense (tidak muncul/menghilang), Alexa Rank membesar, terjadinya duplikat konten, dan hilangnya jejak sejarah umur suatu blog yang terekam di Arsip Google.

Baca Juga: Pengertian Apa itu ccTLD Blog.

Berikut ini beberapa fakta dari perubahan [namablog].blogspot.com ke [namablog].blogspot.id yang bersumber langsung dari laman resmi Google!

Penjelasan Kenapa Blogspot Com Menjadi Blogspot Co Id


Pada laman yang menerangkan perubahan domain gratisan mengikuti domain negara, istilah lainnya "Redirect Blogspot to Country Specific URLs" merupakan bentuk pendekatan Google terhadap konten ekspresi bebas dan kontroversial.

Pada dasarnya, apabila sebuah konten melanggar hukum setempat baik yang dilaporkan atau berdasarkan laporan bot-google, maka konten tersebut tidak akan ditampilkan di negara tersebut sehingga memang tidak ada yang baca sama sekali dari negara yang dimaksud.

Nb: Domain khusus peralihan ini bukan alamat blog yang berbeda ya guys, hanya saja melainkan pengalihan domain berdasarkan negara tempat dimana kita berada pada saat itu.

Pengaruh Perubahan Domain Blogspot


#1. Domain Khusus

Untuk domain TLD tidak akan mengalami atau terpengaruh oleh perubahan ini. Sangat aman dari berbagai pengaruh, efek atau dampak bahaya dan buruk yang ditimbulkan.

#2. Domain Blogspot

Pada dasarnya tidak ada perbedaan sama sekali yang terlihat di blog, akan tetapi pembaca dapat melihat domain khusus yang tertulis di URLs pada browser mereka tergantung pada lokasi mereka.

Walau pun domain [namablog].blogspot.com berubah mengikuti domain suatu negara, para penulis atau pemilik web blog, situs atau website akan tetap mengelola dan mengedit konten dari situs resmi blogger.com.

#3. Berefek Negatif untuk SEO

Secara khusus, perubahan domain blogspot ini mempengaruhi bot-google atau crawler untuk menemukan suatu konten yang memiliki domain yang berbeda-beda. Yang pasti blogger akan terus berusaha meminimalkan konsekuensi negatif dari penghostingan konten blogspot di beberapa domain.

Google menjelaskan pergantian atau perubahan nama domain ini:

If we receive a request to remove content that violates local law, that content may no longer be available to readers on local domains where those laws apply. Note: Country-specific domains is not a different blog address, but a domain redirect based on the country where you're currently located.

Pandangan Saya secara Pribadi

Menurut saya setidaknya ada 4 imbas yang harus kita terima yakni Alexa Rank yang membesar, hilangnya iklan Google Adsense, terjadinya duplikat konten di hasil SERPs, dan terhapusnya jejak rekam umur suatu blog.

Untuk alexa rank saya tidak tahu. Namun iklan Google Adsense sudah bisa ditampilkan. Duplikat konten sendiri sedang terus diusahakan untuk diperbaiki oleh pihak blogger. Tetapi imbasnya umur suatu blog memang hilang karena perubahan domain sama halnya seperti membuat blog baru.


Source:
https://support.google.com/blogger/answer/2402711?hl=en
https://googleblog.blogspot.co.id/2007/11/free-expression-and-controversial.html
https://support.google.com/blogger/answer/2402711?hl=id

Ditulis oleh:

Labels: Blogger

Thanks for reading Penjelasan Kenapa Blogspot Com Menjadi Blogspot Co Id. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

5 Comment for "Penjelasan Kenapa Blogspot Com Menjadi Blogspot Co Id"

untuk sekarang kayanya google mengembalikan blogspot indonesia ke .com lagi

hmm.. baiklah, sy coba urun pendapat ttg ini. Dan komentar bos Ace Maxs, juga jawaban yg punya blog, juga tidaklah tepat, karena sesungguh .co.id akan terus digunakan oleh Google, krn itu sudah merupakan kebijakan jangka panjang Google.

Apa yg diuraikan di artikel ini, hampir semuanya saya tidak sependapat. Karena perpindahan (lebih tepatnya re-direct), ke domain country itu bukan hal yang aneh atau apa lah, krn banyak negara lain justru sudah memilikinya bertahun-tahun yang lalu. Nah, indonesia baru tahun ini kebagian. Artinya apa? artinya Google sudah memandang Indonesia sebagai pasar potensial bagi mereka, makanya mereka membuat TLD country utk Indonesia. Indonesia sudah diperhitungkan di mata Google. Harusnya itu jadi 'kebanggan' buat kita org Indonesia.

Dari dulu pun, ketika masih menggunakan blogspot.com. bila blog kita dibuka di jepang misalnya, maka otomatis dialihkan ke blogspot.jp, jika dibuka di inggris, maka jadi blogspot.co.uk, dst.

begitupula sebaliknya, blog yg dibuat org bule, jika kita di indonesia, akan otomatis berubah co.id. jadi sama sekali tidak ada yg istimewa atau dikuatirkan ttg hal ini.

Tentang dampak buruk yg disebutkan dalam artikel ini, juga tidak terbukti sama sekali:
1. Alexa membesar
Saat ini, rank alexa tidak berpengaruh langsung terhadap aspek suatu blog.
2. Iklan adsense tetap akan tampil, karena itu bukan dianggap sebagai TLD, ttp tetap konten host.
3. Duplikat konten? Tidak akan muncul duplikat konten, karena semunya hanya redirect.

So, menurut sy, gak perlu cari jawaban apapun dengan kejadian ini. krn itu memang sudah jadi arah kebijakan bisnis Google, dan sy kira ga ada pengaruh apapun dg blog kita.

Iya gan, setelah redirect ke co id, kembali lagi ke com, dan kini kembali lagi co id.

Siipp..benar apa yang bos gee katakan.. sebenarnya permasalahan apa yang di tulis ini tepat pada hari kejadian itu pula. Nah, oleh karena itu pembahasannya tentang pada saat itu juga, belum ada informasi yang pasti.

Menurut beberapa informasi yang saya dapatkan di atas, juga berasal dari forum IAPD tempat kita berbagi info seputar adsense, serta beberapa tambahan dari info-info blog teman lainnya.

Nah, dengan adanya komentar dari bos gee..sekarang sudah lengkap bahwa pengaruh pergantian blogspot co id itu tidak ada sama sekali seperti yang bos gee katakan di atas. Karena ini soal kebijakan bisnis Google.

Thanks Bos Gee.

Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.

Back To Top