Wawancara Blog: Gee Jhon, Pendiri Situs Portal Uang dan Erudisi

Setelah merilis artikel yang tidak biasa yakni mengadu kekuatan SEO Johny Wuss, kali ini admin bakal membahas wawancara. Ya, wawancara dengan blogger kondangan, Gee John: Pendiri Website Erudisi.COM dan Portal-Uang.COM.

Gee John, atau panggilan akrabnya adalah Bos Gee berhasil membuat saya cukup terkejut dan kagum dengan dirinya.

Saya pernah membaca postingan artikel yang beliau publikasikan di Portal Uang bahwa beliau memutuskan untuk melepaskan profesi sebagai pekerja di salah satu perkantoran dan lebih memilih untuk 100% bekerja penuh dari internet atau kerja online.

Mengenai website Erudisi.COM, apa itu Erudisi.COM?

Erudisi.COM adalah sebuah situs yang menyediakan artikel apa saja, baik itu pengalaman, pengetahuan, keberhasilan, kegagalan, opini dan apapun yang dirasakan bermanfaat untuk dibagikan kepada orang banyak.

Wawancara Blog: Gee Jhon, Pendiri Situs Erudisi.Com dan Portal Uang

Situs ini memiliki visi dan misi yakni membantu siapapun untuk mendapatkan jawaban dari beragam permasalahan, juga turut mencerdaskan masyarakat luas dengan memberikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Wawancara Blog: Gee Jhon, Pendiri Situs Erudisi.Com dan Portal Uang

Wawancara Blogger Kondangan: Gee John (Portal Uang dan Erudisi)


#1. Bisa diceritakan sedikit bos, kapan pertama kali bos gee mengenal blog dan kapan mulai ngeblog?

Pertama kali buat blog? Tahun 2008. Tapi cuma iseng-iseng aja, karena saat itu kerjaan utama saya freelancer desain, jadi iseng-iseng buat blog di blogger. Gak keurus karena sama sekali gak serius.

Setelah melupakan blog selama 2 tahun, tahun 2010 mulai tertarik bikin blog lagi, blog pertama saya, pake TLD dengan alamat geekreatif.com (sekarang sudah gak aktif). Isinya adalah portfolio desain-desain saya dan tips tentang desain logo. Sama saja gak keurus juga.

Nah, baru tahun 2012, saya mulai berpikir serius membuat blog, mulai dari belajar html, css, dan seterusnya... Pokoknya saya perdalam ilmu tentang blogging itu sendiri.

Saya buat beberapa blog (sekitar 7 blog kalo gak salah), dari sekian banyak blog, hanya 2 blog yg saya anggap "cukup berhasil". Saat itu, saya sudah bisa PO dari adsense pertama kalinya.

Selama 8 bulan, sejak ikutan adsense setelah beberapa kali PO, setahun kemudian, di tahun 2013, saya berniat membagikan pengalaman tersebut, jadilah blog Portal Uang. Sejak saat itu, benar-benar jadi kecanduan ngeblog. Itu seingat saya.

#2. Dari sekian banyak blog, hanya 2 yang keurus. nah, selain Portal Uang, nama blog yang satunya lagi apa bos?

Yang saya maksud 2 blog yang cukup berhasil tersebut adalah sebelum membuat Portal Uang. Portal Uang itu adalah mungkin blog ke - 10 atau lebih mungkin.

Tapi kalo mau dihitung blog yang seriusnya, Portal Uang adalah blog ke-5 saya. 2 blog tersebut saat ini sudah tidak aktif lagi, hanya 2 blog dengan bahasa inggris yang masih berjalan.

Alamatnya? Hehe.. biarlah itu jadi rahasia saya. Karena saya menggunakan NAMA pena berbeda pada kedua blog tesebut, juga blog-blog lainnya.

Hanya Portal Uang, Sukses-Freelancer, dan Erudisi yang menggunakan nama GeeJhon, dan saya ingin dikenal sebagai GeeJhon dengan blog-blog tersebut.

Untuk blog lainnya, biarlah.... itu jadi "rahasia abadi" karena berbagai alasan, saya gak bisa memberitahukannya.

Saat ini berarti saya mengelola 7 blog, tapi yang 4 blog menggunakan nama pena berbeda-beda. Alasan utama saya gak bisa sebutkan alamat blognya, karena saya ingin tetap dikenal dengan NAMA LAIN itu, di blog-blog tersebut.

#3. Bisa dijelaskan sedikit bos, situs PORTAL UANG itu tentang apa dan ERUDISI itu tentang apa?

Portal Uang jelas tentang, internet marketing secara luas, membangun blog yang menghasilkan uang. Jika harus disingkat, maka : cara mendapatkan uang dari internet.

Untuk Erudisi, Erudisi sendiri tidak punya satu niche tunggal. BahKan bisa dikatakan nichenya tidak terbatas karena sesuai dengan visi misi erudisi adalah:

  • Visi: "Menjadi sumber referensi terlengkap di Indonesia, yang membantu siapapun mendapat jawaban, memecahkan masalah, belajar hal baru dan menemukan inspirasi."
  • Misi: "Ikut mencerdaskan masyarakat luas dengan memberi informasi yang dapat dipertanggungjawabkan."

#4. Bukankah sebuah situs yang memiliki beragam niche seperti ERUDISI itu membutuhkan banyak penulis?

Iya betul, betapa repotnya jika dikerjakan sendirian. Maka dari itu, erudisi membuka peluang kepada siapapun untuk ikut berkontribusi membuat konten di erudisi.

#5. Apa sih keuntungan yang diterima oleh si penulis apabila menjadi penulis untuk situs ERUDISI?

Kita menjalankan program yang biasa dikenal dalam dunia blooger dengan istilah, Ads Revenue Sharing. Ads Revenue Sharing adalah berbagi pendapatan dari penghasilan iklan yang tampil di blog. Dalam hal ini, erudisi baru menjalankan satu program periklanan, yaitu google Adsense.

Nah, jadi penulis erudisi bisa memperoleh share pendapatan adsense sebesar 70% dari total yang dihasilkan oleh konten yang dibuat oleh masing2 penulis.

Ke depan, tidak hanya adsense, bisa juga program periklanan lainnya, bisnis afiliasi, penjualan produk dsb. Kita akan sesuaikan dengan perkembangan erudisi itu sendiri.

Jadi potensi pendapatan yang bisa diraih penulis, akan lebih luas, tidak hanya dari adsense saja. Bahkan, saya bercita-cita, 3 tahun dari sekarang, penulis tetap erudisi, tidak hanya mendapat share dari iklan, melainkan juga bisa menikmati berbagai reward, seperti misalnya tunjangan tetap bagi penulis setiap bulannya. Itu cita2 saya.

#6. Sampai saat ini, sudah ada berapa penulis online yang berkontribusi pada situs ERUDISI?

Total baru 33 orang, meski pun memang blm semuanya berkontribusi secara maksimal.

#7. Bagaimana caranya untuk bisa bergabung atau berkontribusi sebagai penulis di situs Erudisi.Com? Apakah ada persyaratan khusus?

Cara bergabung dengan situs erudisi cukup dengan menghubungi saya, lalu kita bicarakan berbagai hal secara langsung, jika semua sepakat, nanti akan diberi akses ke erudisi sebagai penulis.

Syarat? Tidak ada syarat khusus apapun, yang penting, punya komitmen untuk berkontribusi secara aktif di erudisi.

Jika pun ada, yaitu masalah kuantitas konten, sangat tidak memberatkan, yaitu hanya minimal 3 artikel / bulan. Tapi tentu saja, itu hanyalah syarat minimal, jika kerjanya minimal, hasilnya juga akan minimal bukan?

#8. Sebagai orang nomor satu di situs Erudisi.Com, ada begitu banyak pekerjaan yang menjadi tanggung jawab bos Gee.. baik itu mengelola situs, me-manage para penulis yang berkontribusi, berbagi penghasilan dan hal-hal lainnya. Tentu ada cara, tips dan trik yang bisa bos Gee share disini tentang bagaimana menangani poin2 yang saya sebutkan diatas.

Tips? Buat jadwal, lalu ikuti dengan konsisten. Saya kira cuma itu. Untuk tips lainnya, dalam mengelola blog multi author, pernah saya sampaikan dalam satu artikel: Cara membangun blog dengan banyak penulis.

#9. Nah, untuk situs PORTAL UANG, apakah ada kesempatan untuk bisa menulis juga bos?

Dulu sempat saya membuka program adsense revenue sharing juga di Portal Uang. Tapi sejak meluncurkan erudisi, jadi tidak lagi.

Sekarang jika ada yang mau berkontribusi, atau sekedar menulis sebagai penulis tamu, saya persilakan sepenuhnya untuk menjadi keluarga besar di erudisi.com.

#10. Kalau bos gee tidak keberatan, bisa tidak dibocorkan sedikit statistik situs portal uang dan erudisi saat ini, misalnya jumlah visitor, pageviews dan lainnya?

Untuk erudisi, baru mencapai 4,6k / hari rata2. Portal Uang, gak jauh2 dari 8.5k. Dulu sempat mencapai 17k, tapi karena kesibukan di erudisi selama 3 bulan terakhir, trafik PU turun cukup drastis, karena relatif jarang update.

Rank alexa Portal Uang sempat menyentuh angka 30ribuan, tapi saat ini membengkak lagi ke angka 70rban. Sedangkan erudisi, baru bisa di angka 150rban, tapi itu saya anggap cukup bagus bagi website yang baru berumur 3 bulanan.

#11. Untuk optimasi SEO sendiri, bos Gee belajarnya dari mana?

Wah, saya gak pernah merasa belajar SEO secara khusus, bahkan dari dulu, saya paling malas belajar SEO. Bahkan bisa dikatakan, saya membangun blog-blog saya, termasuk Portal Uang, saya bangun TANPA SEO.

Saya pernah menyampaikan hal ini agak panjang lebar di satu artikel Portal Uang, Blogging tanpa SEO tidak masalah.

#12. Saya pernah membaca sebuah artikel bos Gee di Portal Uang yang menjelaskan bahwa bos Gee benar-benar telah meninggalkan dunia pekerjaan perkantoran, lalu fokus ke mencari uang melalui Internet. Apakah itu benar bos? Bisa dijelaskan sedikit terkait apa alasannya?

Iya benar, dan itu saya lakukan sejak 2008. Tapi bukan sebagai blogger, saya baru dapat hasil (uang) dari blog untuk pertama kalinya adalah di tahun 2012.

Blogger, bisa dikatakan kerjaan sampingan saja, kerja utama saya tetap sebagai desainer grafis, logo specialist di berbagai marketplace freelancer, terutama di upWOrk (dulu bernama oDesk).

#13. Menurut bos Gee sendiri, apa suka dan duka dari ngeblog itu? Mungkin ada pesan-pesan bos Gee untuk teman-teman blogger lainnya?

Sukanya adalah karena memang saya suka, jadi ini sangat relatif. Ngeblog itu, lebih kepada passion. Saya berani bertaruh, orang tidak akan sukses ngeblog, JIKA UANG adalah SATU-SATUNYA motivasi.

Butuh lebih dari sekedar ingin mendapatkan uang untuk sukses ngeblog. Karena jika "saya ngeblog karena ingin dapat uang", bisa jadi alasan bagus, pasti semua blogger bisa sukses, nyatanya tidak bukan?

Dukanya adalah ini masih berhubungan dengan passion tadi. Jika dilakukan dengan CINTA, tidak terasa sebagai DUKA, akan tetapi sebagai tantangan yang mengasyikkan, saya sangat sering membicarakan hal ini dengan blogger pemula.

Yang berpikir bahwa cukup punya motivasi dapat uang, bisa membuatnya jadi blogger berhasil. Saya katakan 100% tidak akan.

Jadi? Gimana? Dengan berat hati, saya sampaikan bahwa memang ngeblog bukan untuk semua orang.

Disini bukan masalah pintar atau bodoh, tidak ada istilah itu. Tapi memang banyak sekali hal atau tugas seorang blogger yang tidak semua orang suka melakukannya, misalnya saja duduk berjam-jam di depan komputer!

Jadi, kembali kepada gairah. Jika kita menyukai ngeblog, tidak memikirkan uang, atau paling tidak uang bukanlah motivasi satu-satunya dalam membangun blog, saya jamin ia bisa berhasil. Sebaliknya, jika ia menempatkan UANG di urutan pertama, maka hampir 99% pasti dia akan gagal.

Kenapa? Karena memang dapat uang itu sulit! Sebulan, 2 bulan, 3 bulan, ternyata belum juga menghasilkan. Jika UANG adalah motivasi utamanya, maka dia akan segera berhenti. Itu penyebab utamanya. Sudah berapa juta blog yg mati hanya gara2 hal tersebut, disetiap tahunnya.

Berbeda halnya ketika dia melakukan, kembali ke pondasi dan nafas dari blogging itu sendiri, yaitu BERBAGI, maka dia akan tahan banting, meski di 1 tahun pertama tidak dapat sepeserpun. Itu yg membedakan antara blogger berhasil dan tidak.

Saya sendiri seperti yang saya sampaikan, bisa PO pertama kali dapat $100 pertama dari adsense butuh 8 bulan! Sedangkan dari kerjaan sebagai freelancer, saya bisa dapat $100 hanya dalam 1 jam! Tapi karena saya suka, saya terus jalan. Bahkan kalo dihitung sejak pertama buat blog, berarti butuh 4 tahun untuk dapat hasil dari blog. itu pengalaman saya.

Wawancara Blog: Gee Jhon, Pendiri Situs Erudisi.Com dan Portal Uang

Kesimpulan ADMIN - Pengamatan dan Pengalaman

Begitu banyaknya artikel seputar penjelasan, konsultasi, tips dan trik google adsense yang dipublikasikan di situs Portal Uang menjadikan situs tersebut sebagai tempat dan wadah utama bagi saya pribadi untuk menimba ilmu pengetahuan tentang google adsense.

Saya yakin 100%, situs Portal Uang adalah satu-satunya situs yang menyediakan artikel tentang internet marketing paling lengkap dan paling mudah untuk kita ikuti dan terapkan.

Itu menurut saya secara pribadi.

Untuk mengunjungi kedua website tersebut, Anda bisa mengklik untuk mengakses salah satu atau kedua dari website yang dimaksud, yakni Website Portal Uang dan Website Erudisi.

Nah, ada solusi tepat bagi teman-teman blogger lainnya dimana diantara kalian mengalami kegagalan ketika mendaftarkan situs/blog ke periklanan google adsense. Yaitu, ikut berkontribusi pada situs Erudisi.Com.

Mengapa demikian? Ada sebuah kutipan LEGENDARIS yang diucapkan oleh bos Gee kepada saya,

"....dari pada capek ngeblog tapi gak menghasilkan apa-apa, mending jadi penulis di Erudisi.Com dan bisa merasakan penghasilan dari google adsense."
Bagaimana? Kalau bukan sekarang, kapan lagi 'kan?

12 Responses to "Wawancara Blog: Gee Jhon, Pendiri Situs Portal Uang dan Erudisi"

  1. Panjang dan berisi tulisan nya. Saking berisinya, saya ampe bingung milih artikel mna yg perlu sya baca lebih dulu. hehe

    ReplyDelete
  2. hoho
    tambah satu lagi referensi pengetahuan tentang internet marketing dan google adsense...mantab
    https://jobiness.com/

    ReplyDelete
  3. berkat situs bos gee saya banyak dapat ilmu dan informasi. Bener, ngeblog yang penting passion bukan ngarap duit.

    ReplyDelete
  4. Waaahh jadi makin semangat ngeblog setelah baca kisahnya om John... Terimakasih telah menginspirasi.

    ReplyDelete
  5. Wah memang mantep dah mas gejon ini saya juga sering baca portaluang, tapi akhir-akhir ini udah jarang update kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu saya kurang tahu mas, saya sudah pensiun menjadi penulis di Portal Uang. Konten2nya bagus2 semua mas.

      Delete

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.