Terjadi Duplikat Konten karena Perubahan Blogspot Co Id

Pengertian Apa itu Duplikat Konten? Duplikat konten adalah dua atau tiga halaman suatu web yang apabila di klik akan mengarah pada satu halaman saja.

Terjadi Duplikat Konten karena Perubahan Blogspot Co Id

Mengapa terjadinya sebuah duplikat konten adalah karena adanya aktivitas copy paste artikel posting blog yang kita miliki oleh orang lain tanpa adanya editing terlebih dahulu, istilah lainnya adalah copas artikel secara utuh!

Lebih dari itu, sebab terjadinya duplikat konten lainnya adalah karena artikel tersebut memiliki title dan deskripsi yang sama, dan seandainya title artikel tersebut namun deskripsinya berbeda, tetap saja hal tersebut dianggap duplikat konten.

Contoh kasus duplikat konten:

  • http://tipsseokiller.blogspot.com/daftar-isi.html
  • http://tipsseokiller.blogspot.com/daftar-isi.html?page=2&list=10
  • http://tipsseokiller.blogspot.com/daftar-isi.html?page=3&list=10

Jika anda melihat link di atas tentu berbeda, bukan? Padahal, ketiga link di atas akan mengarah pada satu konten saja. Ini salah satu yang ciri-ciri duplikat konten.

Sebelumnya saya pernah menjelaskan bahwa ada beberapa efek atau dampak yang ditimbulkan karena perubahan atau peralihan blogspot.com menjadi blogspot co id. Silahkan buka di artikel ini, Penjelasan perubahan Blogspot Com Menjadi Blogspot Co Id.

Di artikel tersebut saya telah menjelaskan bahwa akan terjadinya duplikat konten sebab perubahan domain blogspot ini. Dan faktanya adalah hal tersebut benar. No pic, Hoax!

Terjadi Duplikat Konten karena Perubahan Blogspot Co Id

Google sendiri menjelaskan bahwa duplikat konten ini wajib dihindari. Mengapa demikian? Algoritma mesin pencari, termasuk Google, sangat tidak menyukai dengan terjadinya duplikat konten.

Robot mesin pencari akan kebingungan untuk menentukan link artikel manakah yang dijadikan acuan untuk di indeks.

Google juga telah menjelaskan bahwa terjadinya duplikat konten tentu melanggar pedoman google webmaster atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sneaky Redirect (bertujuan untuk hal-hal yang bersifat licik).

Maksudnya adalah untuk mengelabui atau upaya membohongi pengunjung blog dan mesin pencari. Dampak buruk bagi blog adalah blog anda bisa-bisa terkena sanksi Penalty Google.

Nah, masalahnya adalah perubahan Co Id ini dilakukan oleh pihak Google. Istilah ini dikenal dengan Redirect Country Domain. Menurut saya, kasus seperti ini tidak perlu di bawa khawatir. Yang pasti, pelakuknya adalah Google dan biarkan saja Google yang mengurus.

Bagaimana cara mengatasi duplikat konten?

Mengatasi atau menghindari terjadinya duplikat konten atau artikel pada blog yakni usahakan untuk membuat konten dengan title dan deskripsi yang berbeda sehingga tidak terjadinya kesamaan pada tiap-tiap artikel blog.

Terjadi Duplikat Konten karena Perubahan Blogspot Co Id


Dari penjelasan di atas sudah terbukti bahwa terjadinya peralihan blogspot.com menjadi blogspot.co.id menyebabkan terjadinya duplikat konten.

Dengan berbagai alasan, dan tentunya untuk menghindari duplikat konten karena efek perubahan akhiran domain ini, maka tidak salahnya untuk melakukan Redirect secara otomatis.

Langkah-langkah:

1. Buka template blogger
2. Cari kode <head>
3. Copy kode di bawah ini dan Paste tepat di bawah <head>

<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>

Jika mengalami kegagalan, coba kode di bawah ini:

<script type="text/javascript">
      var blog = document.location.hostname.split(".");
      if (blog[blog.length - 1] != "com") {
        var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr";
        window.location.replace(ncr + document.location.pathname);</script>


Referensi: Pengalaman dan kode HTML via STRUKTURKODE.

Itulah sedikit uraian tentang terjadi duplikat konten karena perubahan blogspot co id. Jika terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon dikoreksi kembali.

3 Responses to "Terjadi Duplikat Konten karena Perubahan Blogspot Co Id"

  1. gan...kapan kira kira berapa lama kode di atas ngaruhnyah
    supaya kaga duplikat konten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah mencoba, kurang lebih 2 hari mas.

      Delete
  2. gara-gara blogspot redirect ke .co.id jadi banyak duplikat konten -_- http://herdinprsty.blogspot.com

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.