Nama Domain Blog: Tanda Minus, Huruf, Angka, dan Pengulangan Kata

DALAM menentukan nama domain blog yang SEO nan keren, perlu "kecerdikan" unik karena nama domain blog setidaknya mengandung kata kunci sesuai dengan niche blog yang Anda miliki.

Nama Domain Blog: Tanda Minus, Huruf, Angka, dan Pengulangan Kata

Misalnya saja nama blog ini SEO KILLER dengan alamat tipsseokiller.blogspot.com.

Blog ini dibuat khusus untuk membahas seputar SEO dan template blogger SEO killer. Dengan kata lain, niche blog ini adalah niche SEO.

Dalam kasus ini, Anda ingin mendaftarkan URL blog dengan link adsense.blogspot.com. Namun, Anda tidak dapat dan tidak bisa menggunakan link tersebut sama sekali karena sudah dipakai oleh orang lain.

Karena situasi ini, anda dipaksa untuk menggunakan tanda minus, huruf double, pengulangan kata, dan bahkan menambahkan huruf atau numerik yang tidak begitu penting pada nama domain blog.

Yang menjadi pertanyaannya adalah... Apa dampak dan efek buruk dari sisi SEO pada website apabila situs tersebut menggunakan domain tanda minus, huruf, atau pengulangan kata di nama domainnya?

Nama Domain Blog: Tanda Minus, Huruf, Angka, dan Pengulangan Kata


#1. Karakter Tanda Minus pada Nama Domain Blog

Ada yang mengatakan bahwa tanda minus pada nama domain blog mempengaruhi SEO website tersebut di hasil pencarian mesin pencari. Benar atau salah? Jawabannya adalah salah.

Tanda minus pada dasarnya tidak mempengaruhi SEO, namun dari sisi pengunjung atau pembaca, mungkin mereka akan kesulitan untuk mengakses kembali website Anda karena lupa memasang tanda minus di nama domain blog Anda.

Ada pengecualian disini. Apabila nama blog Anda sudah terkenal di mesin pencari, misalnya cukup memasukkan kata Males Banget dan ENTER, Anda akan menemukan website MalesBanget.com di halaman pertama dan di posisi pertama.

Lebih dari itu... Bisa dikatakan pula bahwa ini jalan keluar atau solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan nama domain blog atau hanya sekedar mempermudah pembaca untuk mengingat nama blog yang kita miliki.

Pada faktanya ada begitu banyak situs atau blog luar negeri sukses yang menggunakan tanda minus sebagai pemisah. Silahkan googling kalau tidak percaya.

#2. Huruf Double pada Nama Domain Blog

Tidak ada pengaruh dominan penggunaan huruf double pada nama domain blog. Saya contohkan kembali blog ini, blog yang saya miliki ini menggunakan huruf "s" double tepat di tengah-tengah.

Sebenarnya tidak ada permasalahan yang perlu kita pikirkan sama sekali tentang penggunaan huruf double pada nama domain blog dari segi SEO.

Buktinya, beberapa artikel saya ada diantaranya yang berada di urutan pertama dan paling tidak berada di halaman pertama SERP google.

Begitu pula dengan blog-blog lainnya yang membahas misalnya seputar SEO, banyak diantaranya yang "menyimpang" atau tidak membuat patokan bahwa URL nama domain blog harus kata kunci sesuai niche blog. Beberapa diantaranya berhasil berada di urutan pertama Google

#3. Pengulangan Kata pada Nama Domain Blog

Saya belum mendapatkan informasi apa pengaruh pengulangan kata pada nama domain blog. Beberapa rekan blogger mengatakan bahwa tidak ada pengaruh dominan SEO, sehingga tidak perlu dipermasalahkan.

#4. Angka pada Nama Domain Blog

Beberapa situs/blog yang saya temukan beberapa kali menggunakan angka pada nama domain blog, salah satu contohnya adalah pertamax7.com, blog tentang otomotif.

Apa pengaruhnya? Saya belum mendapatkan info ini. Mungkin anda tahu? Anda bisa membantu menjelaskannya pada kolom komentar.

KESIMPULAN

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari artikel ini adalah bahwa nama domain blog tidak serta merta harus sama dengan topik blog. Alangkah baiknya jika disesuaikan, namun tidak masalah jika tidak sesuai.


Permasalahan ini sering dialami baik itu blogger pemula yang baru saja membuat blog atau blogger yang sudah lama ngeblog yang ingin membuat blog terbaru.

Ingat, ngeblog itu gampang dan mudah sekali. Yang membuat semuanya terasa sulit adalah bagaimana Anda menyikapi masalah yang sedang Anda hadapi. Jangan diambil pusing. Bagaimana menurut Anda tentang artikel ini? Cocok? :D

2 Responses to "Nama Domain Blog: Tanda Minus, Huruf, Angka, dan Pengulangan Kata"

  1. Dari segi seo untuk alternatif domain yg memang sudah meriset kata kunci utk domain kebetulan domain tersebut low competitor dan sudh di gunakan olh org memang alternatif bsa di tambahkan angka di belakangnya atau tanda (-) untk memisahkan kata2nya..

    krena dari mesin pencari yg akan di baca hanya hurufnya sja

    Alangkah baiknya diusahakan memilih domain .com/.net/.org

    Utk awal pemilihan domain jg jng salah pilih apakh domain tersebut sudh pernh di gunkn sblmnya/blm.

    Di cek juga history domain trsbt tkutnya setelah kita pakai sblmnya pernh bermslh..

    Klo bs cari yg pas di cek never register...

    Utamakan memilih domain jg lbh baik harus memikiki nice keyword

    Khusus buyer keyword u/ toko online ex: jual...com etc

    Bs juga menggunakan brands produk u/ memiliki ciri khas..

    Usahakan sebelum membuat suatu produk/postingan di riset kata kunci terlebih dahulu..

    Seperti itulah gambaran u/ memilih suatu domain baru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mas atas informasi tambahannya. Sangat berguna loh.

      Delete

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.