Pengertian Meta Tags: Title, Deskripsi, dan Verifikasi Blog Lengkap

APAKAH ada yang bertanya tentang pengertian apa itu META TAGS pada website? Pemahaman ini sangat penting bagi blogger mana pun yang baru saja bergabung ke dunia blogging.

Salah satu META TAGS SEO Friendly Terbaik
Milik Johny Wuss V2

Mungkin banyak blogger yang tidak mengetahui pengertian apa itu Meta Tags pada situs. Setidaknya, di artikel ini anda akan menemukan jawabannya.

Meta Tags adalah serangkaian kode HTML yang disematkan di dalam dokumen HTML. Pada dasarnya, fungsi Meta Tags adalah memperkenalkan sebuah situs/blog kepada pembaca blog dan mesin pencari (Search Engine - Google, Bing, Yahoo, dll).

Ada beberapa macam Meta Tags yang sangat penting bagi sebuah template blogger SEO friendly, yakni Meta Tag Title, Meta Tag Deskripsi, Meta Tag Keyword, dan Meta Tag Verification. Setiap Meta Tags tersebut memiliki fungsi tersendiri.

Pengertian Meta Tags: Title, Deskripsi, dan Verifikasi Blog Lengkap


#1. META TAG TITLE

Meta Tag Title jenis ini terdiri dari nama sebuah blog dan deskripsi singkat dari blog tersebut. <data:blog.title/> adalah nama blog anda, sedangkan <data:blog.pageName/> judul artikel anda.

Jika kita lihat secara lebih seksama, tentu ada penghubung seperti garis menurun atau terkadang garis lurus menyamping. Garis ini berfungsi sebagai pemisah antara nama blog dan judul artikel.

Jika anda ingin memodifikasi ulang penempatan antara nama blog dan judul artikel, silahkan modifikasi sendiri.

Anda bisa mengedit sendiri dengan memasukkan angka 1 atau 2 pada bagian Meta Tags yang terpisah dari garis tersebut, silahkan buka kategori artikel atau sebuah artikel, lihat tulisan pada Tab browser anda.

#2. META TAG DESKRIPSI

Meta Tag Desciptions jenis ini berfungsi untuk memberikan penjelasan tentang blog anda, dengan kata lain adalah identitas dari blog anda.

Dengan memasang Tag Deskripsi ini, anda telah memperkenalkan blog anda kepada pembaca dan mesin pencari.

<meta content='meta tag deskripsi sebanyak 150 karakter, sudah termasuk spasi' name='description'/>

Tag Deskripsi ini sebaiknya di isi dengan 150 karakter. Selebihnya tidak akan baik dari sisi SEO karena akan terpotong ketika deskripsi ini muncul di hasil halaman mesin pencari.

Saran saya adalah isilah sebanyak 150 karakter huruf, jangan lebih. Paling baik adalah 140 karakter huruf.

Beberapa template blogger SEO friendly yang pernah saya pakai, kebanyakan tidak memasangnya di dalam template blogger, melainkan di Setting Dashboard Blogger.

Cara pasang Meta Tags Deskripsi pada Dashboard Blogger:

  1. Buka BLOGGER
  2. Pilih Setting > Search Pereferences atau Preferensi Penelusuran
  3. Pada pilihan META TAGS > Descriptions > Aktifkan
  4. Silahkan isi dengan 150 karakter huruf (blog Anda tentang apa)
  5. Simpan, selesai

#3. META TAG KEYWORD

Meta Tag Keyword berfungsi sebagai penempatan kata kunci atau keyword blog yang anda target. Jika blog anda tentang teknologi, maka pasang dengan kata kunci.

Contoh meta tag keyword: "teknologi, brainware, software, hardware, tips teknologi".

Pastikan bahwa kata kunci yang anda target dipisahkan dengan tanda koma. Perlu diingat, fakta dari META TAG KEYWORD ini adalah jangan pernah memasang lebih dari 15 kata kunci, sebaik-baiknya adalah 8 kata kunci.

Dan ingat, cara pasang META TAG KEYWORD ini harus mendahulukan kata kunci yang terdiri dari SATU KATA, bukan dua kata yang terhubung karena spasi.

Bot Google atau robot Google akan mendahulukan membaca kata kunci yang terdiri dari SATU KATA (Lihat contoh di atas).

Berhubung penjelasan tentang Meta Tag Keyword, Google melalui Matt Cutts telah menjelaskan bahwa meta tag keyword tidak digunakan lagi karena hal tersebut sering disalahgunakan oleh para blogger.

#4. META TAG VERIFICATION

META TAG VERIFIKASI adalah Tag yang menghubungkan antara blog anda dengan sebuah mesin pencari, entah itu Google, Bing, Yahoo, mau pun Yandex.

Dengan memasang Tag verifikasi ini, maka blog anda akan terdaftar di mesin pencari tersebut, lalu situs/blog anda dan semua artikel anda akan terekam, teridentifikasi dan muncul di mesin pencari tersebut.

Contoh META TAG VERIFICATION:

  • Google: <meta content='h-blablablablabla_f-4mX_4puzM' name='google-site-verification'/>
  • Yahoo: <meta content='a2394871blablablablaf9c3' name='y_key'/>
  • Bing: <meta content='EF3208999BBLABLABLABLABLA96BF493B3B' name='msvalidate.01'/>

Untuk bagaimana cara memasang kode verifikasi ke dalam template blog tidak akan saya jelaskan berhubung artikel tersebut tidak pernah saya buat hehe. Anda bisa mencari tutorial memasang kode verifikasi blog ini di laman pencari browser anda.

Nah, ada beberapa fakta menarik lainnya yang berhasil saya temukan, yakni Google akan lebih mementingkan meta description dari pada meta tag keyword. Lha, seperti yang saya jelaskan di atas, Tag Keyword tidak berfungsi lagi.

AKHIRULL KALAM

Ketika artikel ini ditulis, jujur saja saya sedang membuat blog tentang teknologi. Beberapa buku catatan teknologi informatika dulu, saya buka habis-habisan untuk mempelajari kembali dasar ilmu komputer.

Akhirnya, saya menemukan pengertian META TAGS. Berhubung blog ini adalah blog tentang tips SEO dan pengalaman blogging, dan ada kaitan erat antara META TAGS dan SEO (Search Engine Optimization) blog, maka dari itu saya buatkan artikel ini untuk anda.

Baca Juga:


Itulah pengertian dari META TAGS itu sendiri. Ingat.. Meta tag ini sebenarnya tidak berfungsi lagi bagi Google, namun masih berfungsi di mesin pencari lainnya. Good luck!

6 Responses to "Pengertian Meta Tags: Title, Deskripsi, dan Verifikasi Blog Lengkap"

  1. manteb boss....alhamdulillah hari ini saya isi kolom sebagian dari petunjuk blog ini

    ReplyDelete
  2. banyak sekali pengulangan katanya :( saya mau ngutip ke dalem tugas tapi nggak jadi :(

    ReplyDelete

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.