Algoritma MobileGeddon: Algoritma Terbaru Google 21 April 2015!


Pada tanggal 21 April 2015 lalu, algoritma MobileGeddon resmi dipublikasikan, diresmikan, dan diberlakukan bagi semua blogger di seluruh dunia dan harus menerapkannya di blog pribadi. Itulah yang tertulis di laman Google Webmaster Central.

Pada dasarnya, sebuah web blog, situs atau website yang sudah menerapkan atau menggunakan fitur Mobile Friendly akan lebih "diperhatikan" di search engine Google. Lebih SEO Friendly, begitu kata para ahli dan master SEO katakan.

Baca Juga: Pengertian AdSense Ready & Template Blog SEO.

Sebuah template blogger yang sudah terpasang fitur Mobile & Responsive, dan blog juga telah mendukung algoritma MobileGeddon ini, Google melalui Bot-nya secara otomatis akan mengindeks dan memberikan peringkat (ranking) yang bagus di SERPs bagi situs tersebut.

Starting April 21, we will be expanding our use of mobile-friendliness as a ranking signal. This change will affect mobile searches in all languages worldwide and will have a significant impact in our search results. Consequently, users will find it easier to get relevant, high quality search results that are optimized for their devices.

Adapun awal mula dan sejarah lahirnya algoritma MobileGeddon ini disebabkan karena banyak pengunjung yang mengakses situs via smartphone, tidak banyak lagi yang menggunakan PC, Komputer atau Laptop seperti dulu-dulu.

Dengan adanya Mobile dan Responsive, situs kita akan User Friendly; yakni membuat para pembaca tidak kesulitan untuk membaca artikel-artikel yang ada di blog kita. Apalagi dengan dukungan algoritma Google terbaru ini, blog yang sudah Mobile dan Responsive pun akan lebih mudah memenangkan SERP's Google.

Dampak, Efek dan Pengaruh Algoritma MobileGeddon Google

Sebuah web blog, situs atau website, yang tidak menggunakan dan memanfaatkan algoritma ini, sudah pasti akan terlempar jauh-jauh dari Pageone. Artinya, peringkat (ranking) blog akan menurun secara drastis!

Sebaik-baiknya artikel yang kita buat, konten sudah berkualitas, pengaruhnya juga akan tetap sama apabila template blog (tampilan) tidak mendukung Mobile dan Responsive.

Algoritma MobileGeddon: Algoritma Terbaru Google 21 April 2015!


Sebenarnya Google sudah jauh-jauh hari mempersiapkan hal ini semua. Sebab, hampir semua pengguna Internet kini memanfaatkan smartphone yang mereka miliki, termasuk kita, bukan? Seolah-olah perangkat PC tidak berguna lagi, terkecuali ketika membuat tugas kuliah, tugas kantor, main game, dan kepentingan lainnya.

Demi kenyamanan para penggunanya, Google pun akhirnya melahirkan algoritma MobileGeddon yang secara tidak langsung memberikan pengaruh ranking blog kita di SERPs nantinya. Luar biasa lho pengaruhnya ;)

Baca Juga: Perbedaan Template Blog Gratis, Premium, Kloningan, Convert.

Cara Menghadapi Algoritma MobileGeddon

Bagaimana cara menghadapi dan mengatasi algoritma MobileGeddon dari Google ini? Tidak sulit, yang perlu kita lakukan adalah membuat, membeli atau download template blogger gratis yang telah mendapatkan dukungan Mobile Friendly dan Responsive.

Lagi pula, ada begitu banyak situs-situs yang menyediakan template blog gratis. Jika itu tidak mungkin karena template blog yang sekarang Anda sudah nyaman digunakan, usahakan untuk membuatnya menjadi dapat dukungan Mobile Friendly dan Responsive.

Cara Mengecek Template Blog Sudah Mobile & Responsive

Untuk cara mengecek apakah template blog (tampilan) sudah mendapatkan dukungan fitur Mobile dan Responsive, kita bisa menggunakan beberapa tools gratis checker Mobile Site. Namun, tentu saja yang terbaik adalah milik Google!

https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

Jika sudah mendukung, alhamdulillah kita boleh berlega hati. Jika tidak, ada 2 opsi yang bisa dipilih. Download template blog baru atau mengeditnya dengan susah payah bagi yang belum paham. Bagaimana?

https://developers.google.com/webmasters/mobile-sites/get-started?utm_source=wmc-blog&utm_medium=referral&utm_campaign=mobile-friendly
https://search.google.com/search-console/mobile-friendly?utm_source=mft&utm_medium=redirect&utm_campaign=mft-redirect
https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-usability?utm_source=wmc-blog&utm_medium=referral&utm_campaign=mobile-friendly
https://firebase.google.com/docs/app-indexing/?utm_source=wmc-blog&utm_medium=referral&utm_campaign=mobile-friendly

Nb: Artikel Algoritma MobileGeddon: Algoritma Terbaru Google 21 April 2015! ini sebenarnya sudah pernah dibuat beberapa tahun yang lalu, mengingat posisinya yang kurang bagus di SERPs, maka dibuat dan diperbaiki lagi sedemikan rupa hingga SEO Friendly dan menempati halaman pertama Google.*

0 Response to "Algoritma MobileGeddon: Algoritma Terbaru Google 21 April 2015!"

Post a Comment

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).