4 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas Menurut Google

4 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas Menurut Google
Bagaimana cara membuat artikel, konten atau posting blog yang berkualitas menurut Google? Because, Content Still is King!

Artikel yang berkualitas adalah konten yang penyajiannya bagus, bermanfaat, memiliki kredilibitas, topik yang detail, dan bernilai tinggi.

Pada dasarnya, konten akan mempengaruhi kegagalan atau keberhasilan suatu blog. Cara penulisan artikel pun akan menentukan perbedaan satu blog dengan blog lainnya, dan juga penentuan pada peringkat di SERPs.

Jika artikel yang Anda tulis memang berguna dan bermanfaat, maka kemungkinan terbesar adalah pembaca kembeli berkunjung ke blog Anda. Kemungkinan juga akan berlangganan via RSS Feed. Setidaknya Bookmark. Why Not?

4 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas Menurut Google


#1. Kaya Akan Informasi

Salah satu ciri-ciri atau kriteria artikel berkualitas tentu saja kaya akan informasi. Contohnya kita membuat sebuah artikel mengenai restoran, maka jangan lupa untuk menambahkan informasi seperti jam buka dan tutup, kontak, menu dsb.

Bagaimana jika artikel tersebut membahas soal topik SEO, teknologi dan lainnya? Sisipkan internal link yang berkaitan langsung dengan artikel tersebut. Kalau kita membahas pengertian trafik organik, sertakan pula internal link seperti pengertian SEO dalam satu artikel tersebut.

#2. Bernilai dari Situs Lain

Salah satu topik paling keras dan laku, serta paling kuat di SERPs adalah soal teknologi. Tidak mudah bersaing dengan blog papan atas. Lantas kita wajib lebih bernilai dari pada blog pesaing lainnya.

Bagaimana? Tulislah konten atau posting blog yang lebih bernilai dari blog pesaing, dan memang dibuat berguna dan bermanfaat bagi para pengunjung web blog.


Lebih luas lagi, artikel tersebut harus unik, spesifik dan berkualitas tinggi. Pastikan juga bahwa konten yang akan di buat tidak pernah di tulis sebelumnya di web blog lainnya - Berkualitas Tinggi.

Jangan pernah coba-coba mengcopas tulisan orang lain, selain di benci oleh blogger lainnya, tentu juga artikel tersebut belum benar dan sesuai dengan apa yang dibahas. Artinya artikel harus konten original content!

#3. Kredilibitas

Arti dan makna kredibilitas adalah kepercayaan atau tingkat kepercayaan pembaca terhadap artikel-artikel yang ada di situs, web blog atau pun website kita.

Cara mendapatkan kredilibitas sebuah artikel di blog? Sangat mudah. Dari mana sumber isi artikelnya, maka sertakan sumber informasi tersebut. Bisa menggunakan Outbound Link jika memungkinkan atau hanya sekedar link biasa. Sesuaikan saja.

Di laman About Me, tulis kepribadian Anda, tempat tinggal atau alamat, dan beberapa hal lainnya yang dianggap penting. Atau bisa juga memasangkan kotak Author (Author Box) di sidebar (samping), awal atau bagian akhir artikel.

#4. User Experience

User Experience adalah pengalaman pengguna, maksudnya bagaimana pengalaman para pembaca ketika mengunjungi blog kita, apakah mereka merasa nyaman dengan tampilan, informasinya jelas, artikelnya bagus, dan lainnya.

Google juga menerangkan bahwa tulislah artikel untuk pembaca, bukan untuk Search Engine. Saya rasa pun, template blog juga berpengaruh besar, seperti Fast Loading, Responsive dan Mobile Friendly.

Kesalahan dalam Penulisan Artikel


Adalah hal yang manusiawi apabila melakukan kesalahan, termasuk beberapa kesalahan dalam membuat artikel di blog, dan ini wajib kita waspadai, diantaranya adalah:

  • Kesalahan tautan link atau link yang rusak
  • Kesalahan dalam penggunaan bahasa; dan atau tata bahasa
  • Informasi yang diberikan salah, atau kurang tepat
  • Jumlah iklan yang berlebihan sehingga tidak User Friendly
  • Hindari komentar spam di web blog kita dengan melakukan moderasi komentar yang masuk
  • Menggunakan bahasa daerah, gaul, kekinian dsb.

Dan satu lagi, pastikan bahwa Anda juga mengajak para pembaca untuk memberikan saran, opini, kritik atau opini mereka. Kita bisa bertanya, "Bagaimana menurut Anda, apakah Anda setuju?" dibagian akhir artikel. Setuju tidak?

2 Responses to "4 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas Menurut Google"

  1. iya gan , google sendiri mengatakan sebuah konten yang baik ketika pengunjung sanggup membaca artikel tersebut mulai dari awal hingga pada tahap kesimpulan . ini artinya memanjakan pengunjung . dan terbukti saya membaca artikel anda mulai dari awal hingga akhir . nice share..

    ReplyDelete
  2. Ini sama dengan kasus para bloggers yang sering ditolak google adsense , itu karena artikel yang mereka buat tidak berkualitas . saya lebih fokus pada poin 2 , yakni penggunaan bahasa daerah , banyak juga bloggers yang menggunakan bahasa gaul . semua itu harus diperhitungkan . selebihnya , salam kenal..

    ReplyDelete

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.