5 Cara Membuat KONTEN yang BERKUALITAS Menurut Google

KONTEN berkualitas adalah raja, konten is the KING! Itulah yang dikatakan oleh BLOGGER senior baik dalam negeri maupun luar negeri!

5 Cara Membuat KONTEN yang BERKUALITAS Menurut Google

Secara sederhana, pengertian atau yang dimaksud dengan yang namanya konten berkualitas adalah penyajiannya yang bermanfaat, baik dan benar, mempunyai kredibilitas, topik yang dibahas mendalam dan sangat detail, dan bernilai tinggi bagi pembaca blog.

Itulah yang dimaksud dengan artikel atau postingan yang berbobot.

Tahukah Anda mengapa selama ini blog Anda sepi dari pengunjung sedangkan konten yang telah Anda posting sudah mencapai ratusan, bahkan ribuan? Penyebabnya adalah konten yang Anda buat tidak berkualitas.

Pada dasarnya, konten akan mempengaruhi kegagalan atau keberhasilan suatu blog. Cara penulisan artikel pun akan menentukan perbedaan satu blog dengan blog lainnya, dan juga penentu peringkat di SERP.

Jika artikel yang Anda tulis memang berguna dan bermanfaat, maka kemungkinan terbesar adalah pembaca kembeli berkunjung ke blog Anda.

Bahkan, banyak orang yang "berbondong-bondong" mengunjungi blog sobat. Agar tidak repot, mereka tidak sungkan untuk berlangganan artikel. Atau, setidaknya melakukan BOOKMARK.

Apakah itu yang Anda idam-idamkan selama ini?

Jika betul, bagaimana cara menulis konten yang berkualitas bagi pembaca dan pengunjung blog yang benar dan baik sehingga sudah layak dianggap bahwa konten tersebut memang benar-benar berkualitas?

5 Cara Membuat KONTEN yang BERKUALITAS Menurut Google


#1. KAYA AKAN INFORMASI DAN INFORMATIF

Konten yang berkualitas akan selalu menyajikan tulisan yang kaya akan informasi dan berguna bagi pembaca.

Jika Anda menjelaskan suatu tempat restoran, jangan lupa sertakan pula jam buka, kontak, menu, dan lokasi restoran tersebut.

#2. BERNILAI DARI SITUS LAIN

Jika persaingan niche blog yang Anda terapkan saat ini sangat kuat, maka tulislah konten yang lebih bernilai dan berguna dari pada situs lainnya.

Contoh ini telah dijelaskan oleh Google,

"Jika Anda menulis cara melatih anjing, pastikan artikel Anda memberikan nilai lebih atau perspektif yang berbeda dibanding sejumlah artikel di web terkait pelatihan anjing."

Begitulah Google memberikan contoh.

#3. KREDIBILITAS (KEPERCAYAAN)

Kredibilitas yang dimaksud disini adalah adanya link kutipan, data dan fakta, tautan, testimoni asli atau sumber informasi terpercaya yang sobat dapatkan.

Begini, jika Anda adalah orang yang awam teknologi, tidak mungkin 'kan Anda membahas permasalahan dan perbaikan seperti komputer dan laptop?

Lebih dari itu, pasangkan widget akun google plus Anda jika dirasa memang perlu atau Anda bisa memasang Kotak Author (Author Box) yang berguna meningkatkan reputasi dan kepercayaan situs blog.

#4. BERKUALITAS TINGGI (HIGH QUALITY)

Cara penyajian konten yang berkualitas pun harus diterapkan sedini mungkin. Yang dimaksud disini adalah artikel yang unik, spesifik, dan berkualitas tinggi. Pastikan konten yang sobat buat belum pernah atau belum banyak diposting di banyak blog.

#5. USER EXPERIENCE (Pengalaman Pengguna)

Yang dimaksud disini adalah tulislah konten untuk pembaca blog, bukan untuk mesin telusur atau search engine. Hal ini telah ditekankan oleh Google.

Lebih dari itu, penulisannya pun harus berwarna dan terasa hidup dengan beberapa penambahan seperti gambar, video, atau diri sobat sendiri.

KESALAHAN ATAU HAL-HAL YANG WAJIB DIHINDARI KETIKA MENULIS

  • Kesalahan tautan atau adanya link yang rusak
  • Informasi salah atau tidak benar
  • Adanya kesalahan dalam penggunaan dan tata bahasa
  • Jumlah iklan yang berlebihan sehingga hal ini mempengaruhi loading blog dan menganggu pandangan pembaca (tidak user friendly)
  • Jauhi komentar spam pada blog Anda

Seperti yang Google jelaskan,

"Ingat, yang terpenting adalah membuat konten kualitas tinggi dan memberikan pengalaman baik bagi pemirsa!".

Sumber Referensi: Google 1.4: Menulis Konten yang BERMANFAAT.

5 Cara Membuat KONTEN yang BERKUALITAS Menurut Google

#1. ARTIKEL MERUPAKAN KONTEN ORIGINAL (ORISINIL)

Tulisan asli dan bukan plagiat (copy paste) merupakan kunci keberhasilan suatu blog.

Apalagi penulisannya berdasarkan pengalaman dan benar-benar terjadi atau terbukti keberhasilannya apabila membahas seputar tips dan trik.

#2. HINDARI PENGGUNAAN BAHASA DAERAH

Dengan beragam keunikan dan budaya yang ada di Indonesia, tiap-tiap daerah memiliki gaya bahasa daerah yang berbeda. Hindari penggunaan gaya bahasa daerah Anda. Begitu pula dengan bahasa gaul.

Pada dasarnya, bahasa gaul kebanyakan tidak termasuk ke kamus KBBI. Pastikan semua bahasa yang Anda gunakan sudah tercantum di kamus KBBI dan merupakan bahasa umum.

#3. TANYA JAWAB (INTERAKSI)

Cara lain yang membuat blog Anda ramai dari pengunjung adalah biasakanlah untuk bertanya di akhir tulisan, misalnya "Bagaimana menurut anda, apakah Anda setuju?"

Melakukan interaksi antara penulis dan pembaca blog merupakan salah satu teknik bagaimana membuat blog Anda berbeda dan unik dibandingkan dengan blog yang lainnya yang membahas tema serupa.
Well... Saya tunggu tanggapan Anda atas artikel ini! Semoga berguna, wassalam.

0 Response to "5 Cara Membuat KONTEN yang BERKUALITAS Menurut Google"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.