2 Pengaruh Menghapus Akun Google+ bagi BLOG dan SEO

APA pengaruh dan dampak yang ditimbulkan apabila menghapus akun google plus bagi blog? Bagaimana pengaruhnya, terutama pada SEO blog?


2 Pengaruh Menghapus Akun Google+ bagi BLOG dan SEO

Sebagai seorang blogger yang menggunakan platform gratis Blogger, saya selalu mengutamakan produk dan layanan yang disediakan oleh Google, salah satunya adalah akun google+.

Dengan menggunakan akun google+, segalanya terlihat mudah dan gampang dalam menggunakan berbagai produk google.

Manfaat menggunakan akun google+ ini adalah akun Anda akan terintegrasi (terhubung) dengan layanan google, diantaranya adalah:

  1. Google Analytics
  2. Google Adwords (pengiklan/periklanan)
  3. Google Drive (tempat penyimpanan data gratis online)
  4. Google+ (jejaring sosial);
  5. Serta keamanannya pun juga turut diacungi 4 jempol karena dibawah pengawasan langsung oleh pihak Google.

Secara tidak langsung, disini Anda sudah diberitahukan bahwa dengan mempunyai satu akun google plus, maka Anda bisa menggunakan seluruh layanan dan produk google secara gratis tanpa biaya atau bayar sepeser pun!

Nah, yang menjadi permasalahan kali ini adalah bagaimana pengaruhnya apabila akun google Anda terhapus? Bisa jadi, Anda tidak sengaja melakukannya. Atau, barangkali pihak Google-lah yang menghapus akun Google+ Anda.

Dengan berbekal pengalaman dan tanya jawab, permasalahan ini pernah saya alami. Solusinya pun sudah saya temukan bagaimana menanggapi atau mengatasinya. Baik, kenali dulu efek yang ditimbulkan.

2 Pengaruh Menghapus Akun Google+ bagi BLOG dan SEO


Seperti yang sudah Anda baca pada bagian atas, satu akun maka akan terintegrasi dengan seluruh produk google yang telah Anda gunakan. Semuanya akan terhubung, dimulai dari foto, video, gambar, dll.

Apabila akun Anda terhapus atau dihapus, dan atau barangkali dihapus secara paksa oleh Google, maka seluruh gambar/foto dan video yang terhubung tersebut akan terhapus.

#1. KASUS PERMASALAHAN PERTAMA

Salah satu contoh kasus yang bisa saya gambarkan adalah akun Bang Jali SEO saya terdahulu. Secara sengaja, saya menghapusnya. Tujuannya hanya mengalihkan ke akun google terbaru, yaitu Algazali Blog.

Sebelumnya, akun yang akan dihapus tersebut terhubung ke blog ini.

Nah, ketika proses pemindahan berhasil dan kemudian saya menghapus akun BJS tersebut, saya lupa memindahkan beberapa data penting yang saling terintegrasi dengan produk Google.

Termasuk produk-produk yang berhubungan langsung dengan aplikasi-aplikasi Google Play di smartphone saya.

Efeknya?

Seluruh data dan file penting yang berhubungan dengan akun BJS tersebut ikut terhapus. Padahal, jelas-jelas sudah tertulis bahwasanya ada penjelasan terkait, "Apakah Anda Yakin akan Menghapus Akun Google+ Anda?".

Disini saya melakukan blunder, alias kesalahan! Saya tidak membaca ketentuan dan kebijakan yang diberlakukan oleh Google. Maka, tamatlah sudah semua data-data penting tersebut.

#2. KASUS PERMASALAHAN KEDUA

Nah, kasus kedua ini berdasarkan followers Anda. Jika saat ini akun Google+ Anda sudah mempunyai ribuan follower dengan jumlah View hingga jutaan, setelah menghapus akun tersebut maka Anda akan kehilangan followers dan total jumlah viewers.

Disini kerugiannya sangat amat besar. Apalagi jika Anda sudah terkenal, sudah banyak yang melakukan endorse, dan hal-hal yang menguntungkan lainnya.

Bagaimana Mengantisipasi atau Menghindari Kehilangan Data seperti Ini?

#1. Permasalahan Pertama

Sebelum Anda akan menghapus akun Google yang lama, pastikan bahwa Anda sudah terlebih dahulu memindahkan beberapa data-data penting ke akun terbaru tersebut.

Setelah proses pengalihan data dianggap berhasil, disini Anda sudah bisa menghapus akun lama tadi. Alangkah baiknya, sebelum benar-benar menghapus akun tadi, bacalah panduan ketentuan dan kebijakan tentang penghapusan akun Google+.

#2. Permasalahan Kedua

Ini menyangkut kasus kedua diatas. Sebelum menghapusnya, terlebih dahulu beritahukan kepada followers Anda bahwa Anda akan mengalihkan atau memindahkan hak pengguna akun Google+.

Caranya, Anda bisa post sebuah status dengan kalimat yang menyangkut pemberitahuan tentang pengalihan akun dan bahwasanya akun ini akan dihapus dalam waktu dekat. Bukan tidak mungkin, followers Anda akan mem-follow akun terbaru tersebut.

Apa Efek Menghapus Google Plus bagi Blog dan SEO?


Pengaruh yang ditimbulkan apabila blog Anda terhubung ke akun Google plus, sejatinya adalah turut mempengaruhi pengunjung dan pembaca blog, serta SEO blog itu sendiri. Percaya atau tidak, begitulah adanya.

#1. PENGARUH PENGUNJUNG SITUS

Followers akan melihat postingan terbaru Anda yang sudah Anda bagikan (share/sharing) di laman Post akun Google+ milik Anda dan akan muncul di beranda mereka.

Biasanya, mereka akan melihat dan membuka konten terbaru Anda. Disinilah pengaruh visitor itu berjalan. Bagaimana pun juga, visitor yang berasal dari media sosial (google plus) juga akan dianggap pengunjung oleh Google.

#2. PENGARUH SEO WEBSITE

Dofollow
Pada dasarnya, Google+ itu bersifat Dofollow (Backlink alami). Ketika Anda membagikannya di media sosial Google plus ini, maka sifatnya akan langsung Dofollow karena langsung menuju ke artikel blog.

Meningkatkan SERP Blog
Begini, jika followers Anda sudah banyak, katakanlah ada 1.000 orang dan apabila salah satu diantaranya membagikan konten blog Anda, bukan tidak mungkin followers dari akun yang membagikan konten blog Anda juga akan ikut membagikannya lagi, lagi, dan lagi.

Jika cara ini terbukti seperti yang saya katakan, maka akan meningkatkan SERP blog Anda.

Apabila akun lama dihapus sedangkan Anda tidak melakukan BACKUP DATA, maka semuanya akan hancur sedemikian rupa.

Backlink dofollow dan pengunjung blog yang biasanya "membludak", kini backlink menjadi hancur lebur dan blog Anda akan sepi dari pengunjung.

Bahkan, Google juga akan mengurangi dan bahkan menghilangkan nilai kredibilitas blog Anda dan Anda sendiri selaku pemilik blog tersebut.

KESIMPULAN

Disini, sebenarnya sangat banyak teori yang harus dijelaskan. Semuanya berdasarkan pengalaman saya dan laman sumber Google sendiri.

Harap dibaca disini: Saluran & Google PLUS dan Dampak Menghapus Google Plus.

Jadi, hanya inilah yang bisa Anda ambil hikmahnya. Semoga tulisan ini berguna bagi teman-teman blogger lainnya. Wassalam..

2 Responses to "2 Pengaruh Menghapus Akun Google+ bagi BLOG dan SEO"

  1. Barusan saya buat blog baru di blogspot, buat tutorial agar di screenshoot langkah2nya. Pas sudah selesai saya hapus google+, yg terjadi bukan hanya google+ yg terhapus tetapi juga alamat blogspot yg baru saja saya buat (belum ada postingan), dan saya ketik lagi alamat blogspot tsb di browser ternyata msh bisa didaftarkan kembali (tidak dihapus permanen), bagaimana penjelasannya kok bisa terhapus sama blognya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum menghapus akun google plus, biasanya ada peringatan seperti ini mas:

      "Apakah Anda yakin ingin menghapus akun google plus Anda? Semua perangkat yang terhubung ke akun google plus milik Anda juga akan ikut terhapus. Pastikan bahwa Anda telah mem-back up data-data yang Anda anggap penting."

      Itulah kenapa blog mas terhapus, karena jelas-jelas ada peringatan "semua perangkat yang terhubung ke akun google plus milik Anda juga akan ikut terhapus".

      Delete

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.