2 Pengaruh Menghapus Akun Google+ bagi BLOG dan SEO

2 Pengaruh Menghapus Akun Google+ bagi BLOG dan SEO
Bagaimana dan apa pengaruh serta dampak apabila menghapus akun Google Plus bagi blog? Bagaimana efeknya terhadap SEO blogger (blogspot) kita nantinya?

Sebagai salah satu pengguna Media Sosial, saya selalu mengutamakan produk Google, seperti E-Mail untuk aplikasi sosial media Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya. Untuk ngeblog pun, saya menggunakan E-Mail Google Plus.


Beberapa manfaat menggunakan Google Plus adalah akun kita akan ter-integrasi (terhubung/sinkron) dengan berbagai produk dan layanan Google, diantaranya yakni:

  • Google Analytics
  • Google Adwords (pengiklan/periklanan)
  • Google AdSense
  • Google Drive (tempat penyimpanan data gratis online)
  • Google+ (jejaring sosial); dan
  • Serta keamanannya pun juga turut diacungi 4 jempol karena dibawah pengawasan langsung oleh pihak Google.

Secara tidak langsung Anda sudah diberitahukan bahwa dengan mempunyai satu akun google plus, maka Anda bisa menggunakan seluruh layanan dan produk Google secara gratis tanpa biaya sedikit pun.


Permasalahannya adalah bagaimana jika akun Google Plus tersebut terhapus baik di sengaja maupun tidak sengaja? Apa dan bagaimana efek serta pengaruhnya bagi web blog atau situs kita? Bagaimana pula dengan SEO nantinya?

2 Pengaruh Menghapus Akun Google+ bagi BLOG dan SEO


Seperti yang sudah Anda baca pada bagian atas, satu akun maka akan terintegrasi dengan seluruh produk Google yang telah Anda gunakan seperti Foto, Video, Gambar dan lainnya.

Jika akun Google terhapus atau dihapus secara sepihak oleh Google, maka seluruh gambar atau video yang saling ter-integrasi tersebut akan terhapus secara otomatis.

#1. Kehilangan Data-Data Penting

Sebelum menggunakan akun Google+ Algazali Officials, saya pernah menggunakan akun Google+ yang saya jadikan penulis utama di blog ini.

Setelah proses pemindahan Author blog dari akun Google+ lama ke akun Google+ Algazali Officials selesai, akun Google Plus yang lama saya hapus. Maka apa yang terjadi? Seluruh gambar di web blog atau situs saya menghilang! Bukan itu saja, melainkan penyimpanan "Saved" game-game yang ada di Playstore juga ikut menghilang.

By the way, Alhamdulillah akun sosial media seperti Instagram, Facebook dan Twitter masih aman, hanya saja status konfirmasinya berubah menjadi tidak/belum dikonfirmasi.
Bagaimana solusinya agar data-data tersebut hilang?

Sebenarnya kita diberikan Opsi oleh Google apakah akun Google Plus dihapus secara tidak sengaja atau sebab lainnya. Kita diberi waktu (sekitar 24 jam) untuk mengkonfirmasi kembali apakah akun tersebut memang benar-benar diniatkan untuk dihapus.

Jika tidak sengaja menghapusnya, kita masih tetap bisa kok mengembalikannya. Data-datanya juga aman, tidak ada perubahan sama sekali. Namun, jika waktu "Konfirmasi" yang telah ditentukan tersebut melewati batas, data-data akan hilang secara permanen.

#2. Followers dan Viewers yang Hilang Permanen

Syukur-syukur waktu itu akun saya masih newbie, alias followers dan viewersnya juga sedikit. Kalau hilang pun, bagi saya itu bukan masalah besar. Masalah kecil pun tidak masalah bagi saya.

Tapi bagaimana dengan akun Google Plus yang dihapus atau terhapus memiliki jumlah Followers dan Viewers yang sangat banyak? Contohnya, Followers mencapai ribuan dan Viewers yang sudah memiliki trafik jutaan? Tentu sakit hati!

Rugi besar! Disitulah letak kredibilitas akun Google Plus kita!

Followers yang banyak menandakan bahwa kita sudah cukup terkenal, apalagi dengan adanya Followers yang tergolong banyak, mereka juga bisa terus mengikuti perkembangan artikel terbaru blog kita, dan soal Viewers bagi saya adalah soal kredibilitas, semakin tinggi view-nya semakin menarik dan berkualitas pula profil akun Google Plus kita.


Bagaimana solusinya agar Followers dan Viewers tetap bertahan banyak?

Untuk Viewers saya rasa tidak bisa, terkecuali bagi Followers sebab kita bisa mengatakan kepada mereka bahwa kita akan mengalihkan akun Google Plus kita. Tentu mereka akan mem-follow ulang akun Google Plus terbaru kita, dan otomatis Viewers pun akan ikutan naik drastis.

Apa Efek Menghapus Google Plus bagi Blog dan SEO?


Pengaruh yang ditimbulkan apabila blog Anda terhubung ke akun Google Plus, sebenarnya turut mempengaruhi pengunjung dan pembaca blog setia kita, serta SEO blog itu sendiri. Percaya atau tidak, begitulah adanya.

#1. Pengaruh terhadap Trafik Blog atau Situs

Followers akan melihat postingan terbaru Anda yang sudah Anda bagikan (share/sharing) di laman Post akun Google+ milik Anda dan akan muncul di beranda mereka. Biasanya juga mereka akan melihat dan membuka konten terbaru Anda. Begitu, kan?

Disinilah pengaruh visitor itu berjalan. Bagaimana pun juga, visitor yang berasal dari media sosial (Google Plus) juga akan dianggap pengunjung oleh Google. Jika followers menghilang, semuanya akan kembali menjadi 0 (Nol).

#2. Pengaruh terhadap SEO Blog atau Situs

Pada dasarnya, Google+ itu bersifat Dofollow (Backlink alami). Ketika Anda membagikannya di media sosial Google plus ini, maka sifatnya akan langsung Dofollow karena langsung menuju ke artikel blog.

Pengaruh lainnya adalah meningkatkan SERPs blog. Contoh kita memiliki followers, salah satunya share/sharing salah satu konten di Google+ kita, semakin banyak yang share maka semakin meningkat ranking blog kita.

Matt Cutts sih bilang kalau Media Sosial tidak Mempengaruhi Ranking Situs, tapi saya agak ragu disini. Sebab, menurut beberapa pengamatan saya, banyak juga situs-situs yang awalnya kelas "Newbie" tapi dalam waktu cepat bisa menguasai SERPs dengan mudah, padahal awalnya bermodalkan share/sharing artikel di Facebook. Why Not, Matt?

Kesimpulan

Dari sekian banyak pembahasan, tentu kita menemui banyak teori yang bisa kita ambil. Toh, lagi pula semua pembahasan diatas juga berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya selama ini, serta di dukung laman sumber Google sendiri. Jadi apabila hal-hal diatas sudah terjadi, ambil saja hikmahnya. Semoga tulisan ini berguna.*

2 Responses to "2 Pengaruh Menghapus Akun Google+ bagi BLOG dan SEO"

  1. Barusan saya buat blog baru di blogspot, buat tutorial agar di screenshoot langkah2nya. Pas sudah selesai saya hapus google+, yg terjadi bukan hanya google+ yg terhapus tetapi juga alamat blogspot yg baru saja saya buat (belum ada postingan), dan saya ketik lagi alamat blogspot tsb di browser ternyata msh bisa didaftarkan kembali (tidak dihapus permanen), bagaimana penjelasannya kok bisa terhapus sama blognya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum menghapus akun google plus, biasanya ada peringatan seperti ini mas:

      "Apakah Anda yakin ingin menghapus akun google plus Anda? Semua perangkat yang terhubung ke akun google plus milik Anda juga akan ikut terhapus. Pastikan bahwa Anda telah mem-back up data-data yang Anda anggap penting."

      Itulah kenapa blog mas terhapus, karena jelas-jelas ada peringatan "semua perangkat yang terhubung ke akun google plus milik Anda juga akan ikut terhapus".

      Delete

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.