Peraturan Google: Kebijakan Artikel, Posting & Batasan Konten Blogger

Peraturan Google: Kebijakan Artikel, Posting & Batasan Konten Blogger
Apa-apa saja peraturan Google terkait ketentuan & kebijakan artikel, posting dan batasan konten blogspot di Blogger? Bagaimana terkait Hak Cipta, Informasi Pribadi dan Rahasia, Spam, Aktifitas, dan Virus?

Blogger adalah platform ngeblog yang paling banyak digunakan sampai saat ini. Setidaknya, ada 3 alasan kenapa orang ngeblog menggunakan Blogger, yakni bebas hosting, alamat dan SEO Friendly bagi search engine Google.

Google menerangkan bahwa kita diberi "Kebebasan Berbicara", akan tetapi Google juga menekankan bahwa ada kebijakan yang diterapkan dan wajib diikuti oleh seluruh pengguna blogspot (Blogger).

Baca Juga: Pengertian SEO Friendly.

Adapun tujuannya adalah menghentikan, mencegah atau mengatasi tindakan (ekspresi) yang berlebihan yang bisa saja dianggap berlebihan, menyalahi aturan, dan hal-hal yang dianggap melawan persyaratan hukum ketertiban dan hukum suatu negara.

Peraturan Google: Kebijakan Artikel, Posting & Batasan Konten Blogger


#1. Konten Dewasa (Pelecehan)

Jangan membuat blog dengan isi, konten, atau kandungan "Konten Dewasa". Konten Dewasa seperti gambar, artikel, dan video tidak diperbolehkan.

#2. Keselamatan Anak

Tidak diperbolehkannya suatu blogspot (Blogger) mengisinya dengan artikel, posting, atau konten yang berkaitan terhadap keselamatan anak, seperti galeri gambar anak-anak bernada "Dewasa" dan citra kekerasan terhadap anak.

Baca Juga: Hal-Hal yang Paling di Benci Seorang Blogger Profesional.

#3. Perkataan Mendorong Kebencian

Walaupun Google menerapkan "Kebebasan Berbicara" bukan berarti kita boleh mendukung, mendorong atau membenarkan kejahatan seperti Ras, Etnis, Agama, Disabilitas, Usia, Kewarganegaraan, Jenis Kelamin, Status Veteran, Seksualitas, dan berbagai hal yang mengacu akan kebencian.

#4. Konten Kasar

Kita juga tidak diperbolehkan memposting gambar atau video seperti bekas luka tembak, lokasi kecelakaan dan korban jiwa tanpa konteks atau komentar tambahan; atau akan dikenakan pelanggaran terhadap aturan Google.

#5. Kekerasan

Jangan sampai menulis artikel, gambar atau video yang mengancam seseorang atau suatu kelompok. Jangan menulis artikel yang mengajak atau mendorong orang atau satu kelompok untuk melakukan kekerasan. Hentikan gerakan provokator!

#6. Hak Cipta

Google sangat menghargai yang namanya Hak Cipta. Apabila ada yang melanggar, silahkan ajukan gugatan atau keberatan terhadap konten tersebut melalui Google DCMA.


#7. Informasi Pribadi & Rahasia

Beberapa informasi pribadi dan rahasia milik orang lain juga tidak diperbolehkan untuk dipublikasikan, diantaranya adalah seperti:

  • Nomor kartu Kredit
  • Nomor Jaminan Sosial
  • Nomor Telepon
  • Nomor Surat Izin Mengemudi; dan
  • Masih banyak lagi.

Menurut saya, ada pengecualian disini, yakni tidak masalah sebab atas persetujuan orang tersebut seperti donasi terhadap suatu lembaga kemanusiaan atau bantuan kemanusiaan.

#8. Meniru Identitas Orang Lain

Kita dilarang menipu, membohongi, mengelabui atau membingungkan para pengunjung dan pembaca situs seperti meniru menjadi orang lain, dan ini sangat dilarang Google.

#9. Aktifitas Ilegal

Google melarang kita untuk mendorong atau mengajak para pembaca untuk melakukan hal-hal yang bersifat ilegal atau negatif, seperti mengajak orang lain untuk mabuk disaat membawa kendaraan.

Dan juga jangan sampai menggunakan blogspot (Blogger) untuk mempromosikan atau menjual barang-barang ilegal seperti Narkotika, tembaka, alkohol, obat-obatan Non-Izin, kembang api, senjata atau alat perangkat kesehatan (medis).

Jika melanggar, konten, web blog atau situs akan dihapus secara sepihak oleh Google. Dalam beberapa hal pun, Google juga berhak melaporkan Anda kepada pihak yang berwajib.

Baca Juga: 11 Macam Topik (Niche) sebuah Web Blog, Situs atau Website.

#10. Spam

Salah satu contoh adalah menggunakan teknik Black Hat SEO untuk menarik banyak pengunjung agar peringkat blog naik secara drastis, Google melarang ini. Kita dilarang melakukan aktifitas Spam!

Melakukan copy & paste artikel blog orang lain juga merupakan salah satu tindakan Spam yang dianggap Google, apalagi sampai ke tujuan untuk menghasilkan uang atau keuntungan secara pribadi.

#11. Malware atau Virus

Jangan membuat blogspot (Blogger) sebagai biang menularkan virus, iklan pop-up, berusaha untuk merusak peranti lunak tanpa izin dari pembaca, dan mempengaruhi pembaca dengan kode berbahaya.

Penegakan terhadap Penyalahgunaan Blogger


Kita boleh melaporkan suatu tindakan yang dicurigai, yakni dengan mengunjungi laman web Melaporkan Konten yang tidak Pantas. Dengan sigap, konten tersebut akan ditinjau apakah memang melanggar atau tidak.

  1. Beberapa tindakan yang akan Google lakukan apabila kita melanggar adalah:
  2. Blog akan dikirimkan ke interstitial "konten dewasa"
  3. Blog akan dikirimkan ke interstitial saat hanya pengarang blog yang dapat mengakses konten 
  4. Artikel, Konten, Posting akan dihapus secara sepihak
  5. Mematikan akses pengarang ke Account Blogger-nya
  6. Mematikan akses pengarang; dan
  7. Melaporkan pengguna tersebut ke pihak yang berwajib.

Apabila suatu saat blog Anda pernah mengalami hal-hal demikian, jangan pernah mengulanginya lagi, apalagi sampai membuat blog baru namun melakukan kesalahan yang sama.

Beberapa poin diatas bisa kita gunakan untuk acuan apabila sewaktu-waktu akun Google AdSense di banned, blog dihapus atau artikel menghilang secara mendadak. Semoga berguna.*

1 Response to "Peraturan Google: Kebijakan Artikel, Posting & Batasan Konten Blogger"

  1. terimakasih gan atas infonya mengenai kebijakan google.. jadi saya lebih tau dan berhati-hati atas apa yang saya posting.. trims

    ReplyDelete

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.