5 Keuntungan Niche Blog: Situs Satu Topik Pembahasan

5 Keuntungan Niche Blog: Situs Satu Topik Pembahasan
Bagaimana dan apa keuntungan serta kerugian web blog, situs atau website menggunakan Niche blog? Yakni sebuah blog yang fokus pada satu topik atau tema pembahasan?

Niche blog adalah blog dengan isi artikel, ruang lingkup konten, tema atau posting blog yang khusus membahas mengenai satu topik tertentu, seperti sepak bola, fashion, kesehatan, SEO, dan masih banyak lagi.

Ada perbedaan antara Niche blog dan General blog, Niche blog adalah blog dengan satu topik. Ini soal minat (Interest), Hobi (Hobby) dan Keahlian (Expertise), sedangkan General blog adalah blog dengan banyak topik dalam satu situs.


Pertanyaannya adalah apa keuntungan dan kerugian dalam mengelola Niche blog? Bagaimana ke depan nantinya? Apakah bakal ramai dikunjungi? Untuk soal Pageviews, seberapa banyak hasilnya nanti?

5 Keuntungan Niche Blog: Situs Satu Topik Pembahasan


#1. SEO Friendly Mengutamakan Niche Blog

Blog dengan satu topik atau tema pembahasan akan lebih mudah disukai Search Engine seperti Google, Bing, Yahoo, MSN, dll. Hal ini dikarenakan Bot lebih mudah melakukan Indexing dan Crawling.

Pada akhirnya blog tsb akan dikelompokkan ke dalam kelompok topik khusus pula. Lagi pula, blog tsb akan lebih mudah dikenali karena deskripsi dan title tag (Meta tags) tentang satu topik saja.

#2. Membangun Kompetensi

Blog dengan satu tema pembahasan juga akan menunjukkan bagaimana dan sebesar apa kompetensi blogger itu di bidang tersebut. Kalau kita bahas SEO - kemungkinan kita akan disebut blogger yang ahli di bidang tersebut.

Secara tidak langsung pula, kita telah membangun "brand" kita dan dianggap sebagai "pakar", atau paling tidak dianggap "Concern" di bidang tersebut. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku bagi blogger Copas yang suka mencuri artikel situs milik orang lain.


#3. Memang Sesuai dengan Passion

Passion adalah bakat, ketertarikan, dan minat kita terhadap apa yang kita bahas. Niche blog terkait dengan Passion, sebab tanpa Passion semuanya tidak akan berarti apa-apa, bahkan Anda dengan mudahnya meninggalkan blog tersebut.

Jika sudah cocok antara Passion dengan topik blog, mau bosan atau kehabisan ide pun, bagaimana pun juga kita akan tetap menemukan ide tulisan terbaru. Percayalah, bro!

Artinya, salah satu kelebihan Niche blog adalah kita tidak kehabisan ide sama sekali!

#4. Web Blog, Situs atau Website Rujukan

Blog kita memang Niche blog, namun apakah sudah menjadi bahan rujukan, referensi, mudah dikenal dan diingat, serta mampu menarik pengunjung blog? Percayalah, jika konsisten ngeblog, blog kita akan mendapatkan "penghargaan" itu semua!

Kita boleh merujuk ke IWB, salah satu website yang fokus pada dunia Otomotif. Situs IWB setidaknya menghasilkan trafik mencapai 60.000 sampai 80.000. Menjadi bahan rujukan, referensi, dan berhasil menarik berlangganan yang banyak.

Yang paling penting dari itu semua adalah minat (Interest), Hobi (Hobby) dan Keahlian (Expertise) kita sendiri terhadap dunia blogging tersebut. Sesuaikan saja yaaa!

#5. Pengaruh SEO Friendly dan User Friendly

Pengaruh SEOnya sangat banyak, sama seperti pada No. 1 diatas. Untuk User Friendly, setidaknya kita telah memanjakan para pengunjung, dipastikan mereka akan memilah-milah banyak artikel kita - faktor tinggi dan rendahnya Pageviews blog (Bounce Rate).

Kita juga wajib menambahkan beberapa widget penting seperti Popular Post, Related Post, Recent Post berdasarkan label dan beberapa widget penting lainnya yang menampilkan artikel blog kita.*

0 Response to "5 Keuntungan Niche Blog: Situs Satu Topik Pembahasan"

Post a Comment

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).