5 Keuntungan Niche Blog: Blog pada Satu Topik Pembahasan

SECARA sederhana, pengertian apa itu niche blog adalah blog yang membahas hanya pada satu topik khusus saja, tanpa membahas topik lainnya.


5 Keuntungan Niche Blog: Blog pada Satu Topik Pembahasan

Hal ini berbeda dengan tema gado-gado, dimana konten yang disediakan biasanya sangat beragam. Misalnya unik, menarik, beberapa fakta, hiburan, wisata dan beragam pembahasan lainnya namun dalam satu website.

Jadi, disini sudah jelas bahwa perbedaan niche blog dan blog gado-gado memang berbeda. Yang membedakannya pada topik, bukan perbedaan pada tampilan template blog atau lainnya.

Keuntungan dan manfaat yang Anda peroleh apabila menerapkan satu tema pembahasan pada blog tentunya sangat banyak, salah satunya adalah Anda bisa fokus pada satu topik saja tanpa harus membahas konten yang berbeda dengan tema blog pada awal pertama kali.

5 Keuntungan Niche Blog: Blog pada Satu Topik Pembahasan


#1. Fokus pada Minat dan Hobi sehingga Menambah Wawasan dan Pengetahuan terkait Tema Blog, bahkan Bisa Saja menjadi Ahli atau Pakar dari Topik Blog Tersebut

Sebaik-baiknya niche blog adalah niche yang paling Anda kuasai, pahami, serta pada dasarnya memang niche tersebut merupakan minat dan hobi Anda.

Dari beragam alasan dan penyebab mengapa suatu blog gagal adalah ketidak-adanya minat dan hobi pada topik blog tersebut.

Disimpulkan disini adalah bukan tidak mungkin blog Anda akan gagal jika yang Anda tulis adalah konten dengan tema yang tidak Anda pahami dan tidak kuasai sama sekali.

Dengan fokus pada niche yang Anda sukai, tentunya Anda akan lebih mudah menulis artikel blog yang bagaimana, mempunyai ciri khas tersendiri entah itu dari gaya penulisannya atau lainnya, kaya akan informasi, dan bukan tidak mungkin suatu saat nanti Anda menjadi penulis hebat pada tema tersebut.

Saya yakin, lambat laun.. disini Anda juga akan menjadi lebih baik suatu saat nanti. Ilmu pengetahuan dan wawasan Anda yang terkait tema blog akan terus bertambah sehingga secara tidak sadar Anda sudah menjadi ahli dan pakar dari topik yang Anda kuasai.

#2. Blog akan Ramai, Menjadi Pusat Referensi, Mudah Diingat dan Dikenali serta Mampu Menarik Pengunjung Setia dan Bahkan Ada yang Berlangganan Artikel

Kalau berbicara tentang ramai pengunjung atau visitor blog, ini sebenarnya relatif karena tiap-tiap topik blog mempunyai pengunjung yang berbeda.

Nah, kalau dari gaya penulisan konten yang Anda buat memang benar-benar berkualitas, bukan tidak mungkin blog Anda akan ramai. Misalnya, otomotif yang dipakai oleh Iwanbanaran.com. Pengunjung blog tiap harinya adalah berkisar antara 60.000 sampai dengan 80.000, bahkan bisa melebihi yang saya sebutkan.

Iwanbanaran, atau biasa disebut dengan IWB lebih fokus ke gaya penulisannya yang bersahabat dengan para pembaca, orisinil atau originial tanpa copy paste konten dari blog lain.

Banyak orang yang menjadikan blog IWB ini sebagai pusat referensi, tempat berbagi informasi terkait otomotif, serta mudah di ingat oleh pengunjung karena yang dibahas memang pada satu topik, tentang otomotif!

Kesimpulannya adalah...

Semakin unik dan fresh konten yang dibuat sehingga menjadi tampak lebih berkualitas dari pada blog lainnya, disini Anda bisa merasakannya dengan pengunjung blog yang baru pertama kali datang dan kembali mengunjungi blog Anda, tempat referensi dan informasi, dan bahkan ada yang sampai berlangganan artikel blog Anda.


#3. Membuat dan Membangun Komunitas terkait Topik Blog sehingga Menarik Banyak Visitor Baru ke Blog

Karena pada dasarnya yang dibahas oleh blog Anda dan yang Anda kuasai (serta minat dan hobi) adalah hanya pada satu topik saja, disini Anda bisa membangun sebuah komunitas atau forum yang sebenarnya mampu menarik banyak pengunjung blog.

Disini saya gambarkan sebuah kasus yang terjadi. Berbekal pengalaman dan pengetahuan yang cukup luas tentang program periklanan google adsense, blogger bernama Indri Lidiawati membentuk sebuah forum komunitas google adsense dengan nama Forum IAPD.

Forum Indonesian Publisher Adsense Indonesian (IAPD) dibuat bagi blogger-blogger pemula yang baru saja berkecimpung di dunia adsense, tempat berbagi pengalaman adsense, bagaimana menerapkan teknik SEO blog, dan beragam hal terkait aktivitas blogging.

Biasanya, bagi mereka yang merasa kurang terkait informasi yang diberikan, blogger-blogger ini akan mencoba masuk ke blog milik mba Indri dengan harapan agar mendapatkan lebih banyak referensi dan informasi terkait perihal adsense.

Nah, kesimpulannya adalah pada dasarnya Anda memang menguasai topik yang dibahas, membangun sebuah komunitas, dan secara tidak langsung menarik banyak pengunjung blog.

Dan.....bukan tidak mungkin pula suatu saat nanti terbentuklah suatu forum yang nyata, yakni pertemuan antara blogger-blogger yang ada di forum tersebut seperti makan bersama, ngumpul bareng, puasa bersama, dan aktifitas positif lainnya dimana Anda yang mempunyai forum tersebut menjadi ketua atau pemimpin dari kelompok tersebut. Wiih!

#3. Pengaruh SEO: Mudah untuk Mengoptimasi dan Mengoptimalkan Teknik SEO Blog dan User Friendly

Dalam teknik seo dan user friendly yang saya pahami, mengusung niche blog itu merupakan suatu kelebihan pada blog tersebut.

Pengaruh SEO: 

Pengaruh yang diberikan dari segi SEO adalah blog Anda akan mudah dipindai oleh mesin pencari karena dasarnya hanya membahas satu topik saja.

Misalnya seperti pada title tags, meta tags keyword (baca: meta tags tidak penting lagi) dan meta deskripsi blog...

Di title tag dan meta tag tersebut tertulis bagaimana kata kunci yang Anda target serta deskripsi blognya yang bagaimana. Apabila relevan atau nyambung, maka blog Anda akan lebih mudah di optimasi.

Pengaruh User Friendly:

Sedangkan pengaruh yang diberikan dari sisi User Friendly adalah pengunjung akan lebih betah berlama-lama di blog Anda.

Sebagai contoh adalah blog dengan niche tutorial komputer. Apabila kontennya berkualitas serta penulisan judul yang menarik, bukan tidak mungkin akan membuat pengunjung betah berlama-lama di blog Anda.

Baca Juga: Arti dan Makna Kata dari SEO Friendly.

Hal ini bisa Anda tingkatkan kualitasnya apabila memasang beberapa widget dukungan seperti Arsip blog, Popular atau artikel terpopuler, artikel terbaru di halaman single post, dan beberapa widget berdasarkan kategori artikel.


Pengaruh Bounce Rate:

Pengaruh visitor yang berlama-lama di blog juga akan turut mempengaruhi Bounce Rate dari blog itu sendiri.

Penjelasan Bounce Rate blog ini sederhananya adalah semakin kecil tingkat persentase nilai bounce rate, maka disitulah telah tersimpulkan bahwa blog Anda memang mampu membuat pengunjung blog betah untuk berlama-lama di blog Anda.

Jika bounce rate blog membesar, maka pengunjung disini bisa disimpulkan tidak betah berada lama di blog Anda. Anda bisa mengeceknya di Google Analytics.

#4. Mudah di Monetisasi Iklan (Google Adsense dan Menarik Para Pengiklan)

Dalam penilaian google adsense, sebuah blog yang memiliki satu topik saja lebih mudah diterima google adsense. Nah, untung-untungan apabila blog Anda memang mampu menarik para pengiklan.

Contohnya adalah kembali lagi ke blog IWB yang membahas satu topik saja, yakni Otomotif. Saya yakin, dengan banyaknya pengunjung yang diterima, blog IWB kebanjiran para pengiklan yang ingin mengiklankan produknya, sebut saja produk Honda.

Terlihat dari sisi samping baik itu bagian kiri dan kanan, terdapat banner dengan ukuran yang cukup besar yang bertulisan produk Honda. Bisa Anda bayangkan, sudah terima penghasilan google adsense tiap bulan, plus ada tambahan uang dari para pengiklan? Banyak, cuy!

#5. Silahkan Tambahkan Sendiri di Kolom Komentar yang disediakan

Nomor 5 ini sengaja saya berikan ke Anda karena saya yakin setiap orang memiliki pandangan dan pengalaman yang berbeda bagi yang telah merasakannya.

Saya harap Anda mencoba untuk mengisinya sendiri. Good luck!

0 Response to "5 Keuntungan Niche Blog: Blog pada Satu Topik Pembahasan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.