4 Keuntungan Niche Blog: Situs Khusus dengan Satu Topik

Share:

FB Google+ Twitter

4 Keuntungan Niche Blog: Situs Khusus dengan Satu Topik
Apakah keuntungan dari niche blog yang khusus membahas satu topik dari sebuah web blog, situs atau website?

Pengertian apa itu niche blog adalah web blog yang hanya berisi konten, isi artikel atau posting yang hanya membahas satu tema saja, tidak seperti blog gado2 yang banyak menggunakan label atau kategori banyak layaknya sebuah majalah online.

Niche berkaitan erat dengan minat (interest), hobi (hobby) dan keahlian (expertise) karena ruang lingkup kontennya hanya itu2 saja. Pertanyaannya apa untung dan rugi membuat niche blog? Bagaimana dengan trafik pengunjung dan pembacanya?

Baca Juga: Niche Blog yang Dilarang & Digunakan secara Hati2.

4 Keuntungan Niche Blog: Situs Khusus dengan Satu Topik


#1. Niche Blog = SEO Friendly A+

Bot SE mana pun akan lebih mengutamakan web blog yang hanya menggunakan satu topik khusus. Sebabnya karena mudah dikenali, di indeks atau pun di crawl oleh bot SE. Lagi pula, niche blog hanya fokus pada satu keyword yakni kata kunci apa yang di target, contohnya blog tentang kesehatan atau olahraga.

Pada awalnya mungkin akan kesulitan meraih ranking terbaik di SERPs namun suatu saat nanti akan dikelompokkan ke dalam kelompok web blog, situs atau website secara khusus - tergantung keyword apa yang ditarget.

#2. Membangun Kompetensi

Niche blog adalah tentang siapa blogger tersebut. Jika dirasa artikelnya bagus2 dan menarik, bisa saja dianggap pakar atau setidaknya "concern" dibidang tersebut. Lebih dari itu pula, keuntungan niche blog bisa membangun dan menciptakan "brand" tersendiri secara publik.

Baca Juga: Macam2 Jenis Topik Web Blog, Situs atau Website.

#3. Penyesuaian dengan Passion

Ngeblog bukan soal tulis menulis karena di dalam aktifitas ini ada yang dinamakan passion. Passion merupakan ketertarikan atau minat kita dalam suatu bidang. Jika dirasa kita minat membahas topik olahraga, maka blog itu berisi artikel tentang olahraga.

Jika topik sudah sesuai dengan passion maka tidak ada alasan untuk kehabisan ide, meninggalkan blog tersebut dengan alasan bosan atau sebab2 yang dianggap tabu lainnya.

#4. Blog Rujukan banyak Orang

Salah satu contoh website yang cukup terkenal adalah IWB - IwanBanaran(dot)com. IWB merupakan salah satu web yang menggunakan satu topik, khusus di bidang otomotif. Trafiknya sendiri mencapai 60.000 sampai 80.000 per hari. Situs IWB sendiri sudah menjadi lahan rujukan dan referensi sehingga menghasilkan banyak langganan pembaca.

Bukan tidak mungkin sih kalau blog kita bakal menjadi web blog rujukan bagi banyak orang yang ada di Indonesia maupun luar negeri :)

Baca Juga: Kenapa Page-One tidak Penting?

Kerugian Niche Blog

Kerugian web dengan satu topik bisa saja kasusnya berbeda2 seperti kehabisan ide (biasanya gara2 tidak sesuai dengan passion). Mungkin trafiknya sendiri bisa saja sedikit atau banyak, tergantung topik apa yang digunakan.

Kalau olahraga sudah pasti banyak, kalau hanya definisi2 tertentu seperti kamusslang(dot)com pasti mempunyai batas tertentu. Punya pendapat nggak sih?

Labels: Tips SEO

Thanks for reading 4 Keuntungan Niche Blog: Situs Khusus dengan Satu Topik. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

0 Response to "4 Keuntungan Niche Blog: Situs Khusus dengan Satu Topik"

Post a Comment

If you find any errors in this article, please comment.