3 Cara Mendapatkan SITELINK BLOG - Tautan Situs yang Diberikan Google

UNTUK bagaimana cara mendapatkan sitelink blog itu, sebenarnya mudah. Perlu diketahui, tidak semua blog mendapatkan sitelink ini. Btw... Istilah kerennya adalah tautan situs web.

Tautan situs adalah tautan yang diberikan oleh Google kepada pemilik blog. Pemberian ini bukan asal-asalan, karena untuk mendapatkannya kita harus melalui proses yang amat panjang. Bisa dikatakan, sitelink ini merupakan "hadiah" dari Google.

3 Cara Mendapatkan SITELINK BLOG - Tautan Situs yang Diberikan Google

Sitelink ini biasanya berupa kumpulan link URL yang tersusun dan mengarah ke bawah domain blog pada hasil penelusuran mesin pencari Google (SERP).

Sebenarnya, pengertian sitelink itu apa, sih?

Pengertian Sitelink


Persoalan pertama adalah apa itu sitelink blog. Bagi yang belum mengerti, pengertian sitelink adalah tautan situs, link-link, atau sub-link yang muncul di bawah nama domain blog Anda.

Dikutip langsung melalui laman resmi Google Webmaster: Sitelink,

The links shown below some of Google's search results, called sitelinks, are meant to help users navigate your site. Our systems analyze the link structure of your site to find shortcuts that will save users time and allow them to quickly find the information they're looking for.

Intinya, apa itu sitelink adalah tautan situs, yakni berfungsi untuk membantu pengunjung menavigasi situs kita sehingga lebih menghemat waktu dan mudah menemukan informasi yang dicari dengan cepat.

Setidaknya, terdapat beberapa macam sitelink yang sering kita temukan. Ada link yang menurun dengan total jumlah sebanyak 2 buah link, 4 link, 8 link, bahkan ada yang mencapai 10 sitelink.

Dengan tampilan sitelink yang cukup unik dan menarik ini pun, memberi kesan bahwa blog kita merupaka blog profesional, bahkan memberi peluang bagi Anda untuk memperoleh banyak visitor.

3 Cara Mendapatkan SITELINK BLOG


Seperti yang sudah diterangkan diatas, sitelink ini merupakan "hadiah" istimewa yang diberikan oleh blog, situs atau web yang sudah dianggap berkualitas.

3 Cara Mendapatkan SITELINK BLOG - Tautan Situs yang Diberikan Google

Ada beberapa poin terkait cara mudah mendapatkan sitelink blog, memperleh dan menampilkannya di hasil halaman Google. Pembahasan ini terbagi menjadi 5 poin penting, berikut uraiannya.

#1. Menyesuaikan Kueri Pengguna yang Relevan

  • "We only show sitelinks for results when we think they'll be useful to the user. If the structure of your site doesn't allow our algorithms to find good sitelinks, or we don't think that the sitelinks for your site are relevant for the user's query, we won't show them."

Pada penjelasan diatas, apabila struktur situs kita tidak mengizinkan algoritma untuk meng-crawl halaman web, tidak menemukan tautan situs yang baik, atau tautan situs tidak relevan dengan kueri pengguna, maka sitelink tidak akan bisa ditampilkan.

Bisa dijabarkan disini bahwa penyebab sitelink blog belum didapatkan karena kueri pengguna tidak cocok atau tidak relevan.

Bagaimana mengakalinya? Tentu saja kita harus menggunakan satu topik blog, niche blog - bukan blog gado-gado. Yang pasti, kueri yang diketikkan pengguna haruslah relevan.

Mitos atau Fakta? Rumit. Tidak ada yang tahu sama sekali. Beberapa blog yang menggunakan niche blog gado-gado, juga tetap mendapatkan sitelink. Mungkin yang dinilai adalah trafik? Bisa jadi.

#2. Meningkatkan Penggunaan Internal Links

Tautan internal situs atau Internal Links adalah sebuah hyperlink yang secara sengaja dipasangkan pada halaman artikel (posting) blog untuk meningkatkan Pageviews blog.

Untuk mendapatkan sitelink blog, kita harus memasangkan hyperlink sebanyak mungkin. Mungkin tiga buah - dan bisa saja mencapai 6 buah untuk per artikelnya.

Pemasangannya pun harus relevan dan sesuai. Tidak boleh sembarangan. Selengkapnya disini, 6 Cara Menurunkan Persentase Bounce Rate Blog (Baca poin kedua).

#3. UPDATE Posting Blog

Meng-update tulisan blog secara berskala itu sangat penting. Dengan begitu, Google-Bot akan menilai bahwa blog kita memang aktif, selalu menyediakan artikel menarik, fresh content, dll. Mungkin, seperti itu.

Baca Juga: 9 Penyebab Sitelinks Blog tidak Tampil.

Solusi terbaiknya ya itu, terus menulis secara berskala. Jika perlu, satu hari memposting satu buah artikel. Jika memungkinkan, satu hari membuat 5 artikel. Yang penting, update...

Fakta Sitelink Blog


Pada dasarnya, untuk mendapatkan sitelink blog ini, kita harus berhadapan langsung dengan algoritma yang mengatur sitelink ini. Saya tidak tahu algoritma apa itu.

Algoritma ini bekerja secara otomatis. Algoritma ini bekerja dengan cara menjelajahi seluruh halaman blog kita.

Jika struktur blog baik, kueri yang digunakan cocok (saling berkaitan erat), situs berkualitas, ramai pengunjung, kemungkinan besar akan memperoleh sitelink blog. Good luck!

6 Responses to "3 Cara Mendapatkan SITELINK BLOG - Tautan Situs yang Diberikan Google"

  1. Oh, gitu yah bro, kalo punyaku di browser google chrome ada sitelinknya, tapi kalo di mozila kadang ngga muncul tapi kadang juga muncul. ngga jelas pokoknya lah... Bhahah.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau kenapa mas, tapi rasanya saya kurang srek juga sama mozilla firefox.

      Sebagian javascript yang terpasang di template blogger tidak terbaca di mozilla, akhirul kalam tampilannya berantakan :D

      Delete
  2. mantabs, saya pernah menemukan trik membuat sitelink ini kang, tapi lagi-lagi saya gagal faham. alhamdulillah sekarang paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau begitu mas, senang membantu :)

      Delete
  3. Mantap... dan saya sudah mendapatkan link yang di uraikan di atas..

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.