4+ Cara Mendapatkan Sitelinks SE Google Mudah dan Cepat

Share:

FB Google+ Twitter

4+ Cara Mendapatkan Sitelinks SE Google Mudah dan Cepat
Apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan sitelinks di SE mana pun? Apa cara mendapatkan sitelinks SE Google dengan mudah dan cepat?

Sitelink merupakan sub2 link yang berada di bawah alamat domain web blog, situs atau website.

Sitelink berfungsi memudahkan user SE untuk langsung masuk ke laman tersebut tanpa harus pusing mencari2 lagi link terbanyak yang dikunjungi pada blog tersebut di waktu itu.

Sejatinya sitelink hanya menampilkan sub2 link yang memang paling banyak dikunjungi sehingga SE menetapkan mungkin sub2 link tersebut yang barangkali mungkin akan kita tuju, sehingga dimunculkanlah secara otomatis.

Faktor dan Penyebab Muncul Sitelinks di SERPs


Sitelink merupakan hadiah dari SE Google, Bing, Yahoo, MSN dan Yandex bagi web blog, situs atau website yang kita miliki. Nggak semua situs mendapatkan hadiah ini terkecuali sudah memenuhi ketentuan dan persyaratan yang telah ditentukan.

Beberapa faktor yang memungkinkan sitelinks akan muncul di situs kita yakni:

  1. Navigasi yang terstruktur dengan baik dan jelas dapat mudah dikenali dan di crawl oleh bot SE Google
  2. Trafik organik yang harus banyak dan tinggi dari normalnya
  3. Jumlah trafik hasil klik di posisi SERPs (kata lain, trafik organik) untuk beberapa keyword yang diketik
  4. Rasio kekuatan klik per tayang dari laman SERPs
  5. Halaman internal yang paling populer dan disering disisipkan akan muncul sebagai sitelinks
  6. Judul yang unik serta adanya deskripsi meta internal

Faktor2 diatas mungkin; atau tidak mungkin sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh SE Google untuk memicu hadirnya sitelinks di web blog. Ada pun beberapa permasalahan yang membuat sitelinks tidak kunjung hadir di web blog kita meliputi:

  1. Internal link yang hanya mengarah pada satu laman artikel
  2. Semua halaman memiliki judul dan deskripsi meta tag yang sama
  3. Isi konten yang sedikit, tidak informatif serta duplikat konten

Dari ketiga poin diatas kita bisa menyimpulkan untuk mendapatkan sitelinks dengan mudah maka kita harus meningkatkan kualitas dan memperluas internal link, mengusahakan membedakan judul dan deskripsi meta tag serta membuat konten yang berkualitas dan juga menghindari duplikat konten.

4+ Cara Mendapatkan Sitelinks SE Google Mudah dan Cepat


#1. Hirarki & Tautan Teks yang Jelas

Melalui pedoman webmaster, SE Google menyatakan "Buatlah situs berdasarkan hirarki dan tautan teks yang jelas", artinya kita harus membuat menu navigasi web blog yang jelas untuk membantu para pembaca memilah2 konten berdasarkan kategori serta memudahkan bot SE Google memahami topik di tiap2 laman.

Sebab SE Google tidak mampu memahami arti sub-halaman, baik dilakukan dengan analisa maupun mengamati perilaku pengunjung web blog tersebut.

"We only show sitelinks for results when we think they'll be useful to the user. If the structure of your site doesn't allow our algorithms to find good sitelinks, or we don't think that the sitelinks for your site are relevant for the user's query, we won't show them."

#2. Pemasaran Search Engine Marketing (SEM)

Sitelinks memang rahasia bagi seluruh kalangan blogger, bahkan semuanya hanya bisa menduga2. Disini pun teknik SEM harus diperhitungkan untuk "memperlihatkan" ke bot SE Google bahwa pengunjung telah melakukan pengalaman di web blog kita. Pembaca akan memilah2 artikel kita berdasarkan kategori, maka bot SE Google dipastikan mulai penyelidikan lebih lanjut tentang laman web blog kita.

Baca Juga: Arti dan Makna kata SEM.

Arti dari kasus demikian, dengan cara kita membagikan konten tsb ke sosial media tentu artikel tsb akan ramai pengunjung, kan? Sebagian besar pembaca akan terus mengklik berulang2 menu navigasi blog kita. Dengan begini bisa dikatakan kita telah memaksa bot SE Google untuk meng-crawl lebih lanjut terkait laman kita secara keseluruhan. Jadi dengan cara ini bisa dianggap kita memicu hadirnya sitelinks di situs kita.

#3. Membuat Navigasi Menu

Untuk template yang belum memiliki navigasi, sebaiknya buat dari sekarang. Navigasi yang terstruktur dengan baik menggunakan tag HTML5 <nav>. Gunakan CSS untuk menu gaya, Mobile Friendly dan Responsive; terserah menu-nya horizontal atau vertikal. Tambahkan warna, border atau simbol (ikon) apabila memungkinkan.

Usahakan juga membuat dan memasangkan menu navigasi berdasarkan label/kategori yang penting2 saja. Paling banyak 7 buah label, lebih dari itu tidak baik. Pastikan menu navigasi masuk akal, tidak perlu membabi-buta memasangkan kategori.

#4. Domain yang Unik dan Berbeda

Domain yang berbeda seperti nama yang belum pernah diketikkan di SERPs pada umumnya juga memicu sitelinks. Jika domain blog seperti [teknologi].blogspot.com tentu itu tidak baik karena nama domain "teknologi" sudah terlalu sering dimasukkan di kolom pencarian SERPs SE Google.

Jadi upayakan membuat domain yang berbeda2 dan kalau bisa belum pernah diketikkan sama sekali di SERPs. Contoh kasus yang bisa saya ambil adalah [hipwee].com. Jadi upayakan untuk membuat domain yang Non-Generik di SERPs.

#5. Tingginya Rasio Klik

Rasio klik berkaitan erat dengan Bounce Rate yakni kepuasan dan pengalaman pembaca ketika membaca2 konten di web blog tersebut. Jadi upayakan memasukkan internal link 3 buah per konten, related posts, popular post serta judul artikel yang unik untuk meningkatkan ketertarikan pembaca membuka artikel tersebut.

Faktanya algoritma SE Google mampu memahami bagaimana tingkah laku para pengunjung yang datang ke web blog kita. Tingkatkan lagi internal link sebaik mungkin, masukkan link2 yang berkaitan dengan isi konten tersebut, contohnya seperti situs Wikipedia. Di Wikipedia kita menemukan banyak banget internal link, kan? Nah seperti itu.

#6. Template Blog (Blogger/WordPress) SEO Friendly

Banyak yang bilang template blog juga memicu hadirnya sitelinks SE Google, benarkah? Yasss, saya akui itu benar. SEO Friendly terdiri dari meta tag yang sangat bagus, Mobile dan Responsive, Fast Loading dan tentunya sudah pasti User Friendly.

Sekedar sharing, dibawah ini ada tag meta SEO killer yang saya bagikan secara gratis. Silahkan dipasangkan di web blog, situs atau website kalian. Meta tag dibawah ini sudah sangat dioptimalkan dan digunakan banyak blogger lain diluar sana, terbukti sangat tangguh di SERPs.

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html b:version='2' class='v2' expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>

<head>
<!--[if lt IE 9]>
<script src="http://html5shiv.googlecode.com/svn/trunk/html5.js"> </script>
<![endif]-->
<meta content='---------------' name='google-site-verification'/>
<link href='https://plus.google.com/000000000/' rel='author'/>
<link href='https://plus.google.com/000000000/posts' rel='publisher'/>
<meta content='width=device-width,initial-scale=1,minimum-scale=1,maximum-scale=1' name='viewport'/>
<meta content='text/html;charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/>
<meta content='IE=edge,chrome=1' http-equiv='X-UA-Compatible'/>
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>

<!-- Judul Blogger dioptimalkan -->
<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;index&quot;} and data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<title><data:blog.pageTitle/> | Tips dan Trik SEO &amp; Blogger Terbaru Update</title>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;item&quot;,&quot;static_page&quot;}'>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;index&quot;} and data:blog.pageName == &quot;&quot;'>
<title>All Posts - <data:blog.title/> | Tips dan Trik SEO &amp; Blogger Terbaru Update</title>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;error_page&quot;}'>
<title>Page Not Found - <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | Tips dan Trik SEO &amp; Blogger Terbaru Update</title>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:if>

<!-- Meta keywords otomatis halaman depan, statis, dan postingan -->
<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;index&quot;} and data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<meta expr:content='data:blog.title' name='keywords'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;item&quot;,&quot;static_page&quot;}'>
<meta expr:content='data:blog.pageName' name='keywords'/>
</b:if>

<!-- Noindex halaman pencarian, label, dan arsip -->
<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;archive&quot;} or data:blog.searchLabel or data:blog.searchQuery'>
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>

<!-- Facebook Open Graph Tag -->
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:title'/>
<meta content='article' property='og:type'/>
<b:else/>
<meta expr:content='data:blog.pageTitle' property='og:title'/>
<meta content='website' property='og:type'/>
</b:if>
<meta expr:content='data:blog.canonicalUrl' property='og:url'/>
<b:if cond='data:blog.postImageUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postImageUrl' property='og:image'/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postThumbnailUrl' property='og:image'/>
<b:else/>
<meta content='http://1.bp.blogspot.com/-7vDs5hMaDho/U268E2ecF4I/AAAAAAAADY8/RBHVTTuJrxc/s1600/no-image.png' property='og:image'/>
</b:if>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' property='og:description'/>
</b:if>
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:site_name'/>
<meta content='000000000' property='fb:admins'/>

<b:skin><![CDATA[/**/

#7. Fakta Umur Domain untuk Sitelinks

Nggak ada kaitan sitelinks SE Google dengan umur domain sebuah web blog. Baik umur domainnya baru dibikin 2 bulan yang lalu, bisa saja sitelinks muncul begitu saja tanpa ada bantuan pihak ketiga. Saya membenarkan ini, toh sudah banyak hoax ini yang bertebaran di situs lain.

#8. Top Level Domain?

Nggak perlu bikin top level domain seperti dotcom, dotnet, dotid, dotorg dan domain TLD lainnya. Sitelinks tidak ada hubungannya dengan domain versi berbayar. Selama 7 kriteria sitelinks diatas diterapkan di web blog kita, poin No 8 ini tidak berpengaruh sama sekali.

Itulah lebih dari 4 cara cepat dan mudah mendapatkan sitelinks dari SE Google, bagaimana cara mendapatkannya, pengertian apa itu sitelink Google serta apa tujuan, penyebab dan manfaat sitelinks SE Google bagi sebuah blog.

Baca Juga: Cara Menghapus dan Menghilangkan Sitelinks Google.

Source:

Arief Ghozaly, lulusan IT-SMK berdasarkan pengalaman SEO;
Jonathan Hochman, lulusan IT-Yale, SEO Master;
https://support.google.com/webmasters/answer/47334?hl=en.*

Labels: Tips SEO

Thanks for reading 4+ Cara Mendapatkan Sitelinks SE Google Mudah dan Cepat. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

10 Responses to "4+ Cara Mendapatkan Sitelinks SE Google Mudah dan Cepat"

  1. Oh, gitu yah bro, kalo punyaku di browser google chrome ada sitelinknya, tapi kalo di mozila kadang ngga muncul tapi kadang juga muncul. ngga jelas pokoknya lah... Bhahah.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau kenapa mas, tapi rasanya saya kurang srek juga sama mozilla firefox.

      Sebagian javascript yang terpasang di template blogger tidak terbaca di mozilla, akhirul kalam tampilannya berantakan :D

      Delete
  2. mantabs, saya pernah menemukan trik membuat sitelink ini kang, tapi lagi-lagi saya gagal faham. alhamdulillah sekarang paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau begitu mas, senang membantu :)

      Delete
  3. Mantap... dan saya sudah mendapatkan link yang di uraikan di atas..

    ReplyDelete
  4. Saya cek di browser saya baik Chrome dan browser bawaan Android kok gak ada pake Keyword tersebut sob? Coba gunakan browser yang fresh sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keyword yang bagaimana mas nino? Keyword blog saya "seo killer" atau "seo killer tips".

      Saya pake 3 browser mas, Google Chrome, Mozilla Firefox dan Internet Explorer ;)

      Delete
    2. Saya menggunakan kedua keyword tersebut dan tidak tampil. Sepertinya browser mas Al nyimpen cookie. Coba hapus data, karena terkadang data masih ada walaupun cookie dan cache sudah dibersihkan, alangkah lebih baik uninstall browser terlebih dahulu atau minta orang lain cek sitelink nya sob. :)

      Delete
    3. Iya mas, kalau itu saya tahu. SS itu gak sengaja, aneh kok sitelink muncul. Yaudah saya capture saja, mana tau dibutuhkan sebagai tutorial artikel blog ;)

      Delete

If you find any errors in this article, please comment.