7 Cara Cepat Mendapatkan Sitelink Google dengan Mudah

7 Cara Cepat Mendapatkan Sitelink Google dengan MudahBagaimana cara cepat mendapatkan sitelink Google dengan mudah? Apa itu sitelink dari Google untuk web blog, situs atau website? Apa guna dan manfaat dari sitelink Google bagi blog?

Pengertian apa itu Sitelink adalah tautan situs berupa sub-link yang muncul dibawah nama URL situs kita, tujuannya adalah memudahkan para penggunanya untuk langsung masuk ke halaman sub-link yang ditampilkan tanpa harus pusing terlebih dahulu mencari dan melihat bagaimana bentuk sistem navigasi situs kita.

Baca Juga: Artikel di Edit, Apakah Harus Re-Fetch as Google Ulang?

Sitelink bisa dianggap sebagai hadiah dan apresiasi dari Google untuk kita, tentu tidak semua website mendapatkannya dengan mudah terkecuali sudah memenuhi persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan oleh Google.

Persyaratan dan ketentuan yang bagaimana? Nanti kita bahas.

Sebenarnya untuk memperoleh sitelink Google masih menjadi rahasia bagi kalangan blogger, sebab Google-lah yang mengatur dan menentukan situs-situs mana saja yang berhak mendapatkannya.

7 Cara Cepat Mendapatkan Sitelink Google dengan Mudah


Kalau kita mengetik tutorial cara mudah dan cepat mendapatkan sitelink di Google, semua pembahasannya hampir sama. Saya tidak mengatakan itu salah, tapi betul. Tapi ada beberapa yang perlu dijelaskan.

#1. Kata Kunci yang Relevan

Untuk memperoleh sitelink Google, kita wajib memiliki web blog, situs atau website yang memang sangat relevan terhadap kata kunci (keyword) tersebut, seolah-olah kitalah yang memiliki "kata kunci" tersebut.

Baca Juga: Pengertian Keyword on Domain Blog.

Maka, bagaimana? Jika kita menggunakan bersaing dengan keyword "teknologi", jangan harap kita akan mudah mendapatkannya sebab persaingan terhadap keyword tersebut sangat kuat.

Berbeda halnya jika kita membahas suatu hal yang tidak pernah di tulis oleh web blog lainnya, kemungkinan kata kunci tersebut akan menjadi milik kita dan tentunya kita akan lebih mudah mendapatkan sitelink dari Google.

Google mengatakan via Sitelink Google,

"We only show sitelinks for results when we think they'll be useful to the user. If the structure of your site doesn't allow our algorithms to find good sitelinks, or we don't think that the sitelinks for your site are relevant for the user's query, we won't show them."

Jelas, apabila struktur situs kita tidak mengizinkan algoritma untuk meng-crawl halaman web, tidak menemukan tautan situs yang baik, atau tautan situs tidak relevan dengan kueri pengguna, maka sitelink tidak akan bisa ditampilkan.

Arti dan maksudnya adalah penyebab sitelink blog belum didapatkan karena kueri pengguna tidak cocok atau tidak relevan.

#2. Niche Blog Berperan Penting

Berdasarkan pengamatan dan observasi yang saya lakukan, untuk mendapatkannya tentu harus menguasi Niche blog, dan setidaknya menjauhi tipe blog seperti blog gado-gado yang banyak membahas topik.

Mitos atau fakta? Beberapa mungkin beranggapan ini mitos, hoax atau bohong sebab banyak blogger yang beranggapan ada juga blog bergaya majalah atau berita mendapatkan sitelink.

Baca Juga: Keuntungan Niche Blog.

Oke, akan tetapi itu membutuhkan waktu yang sangat lama, persaingannya juga kuat. Solusinya buatlah blog dengan satu topik yang bebas dari persaingan keyword yang kuat.

#3. Meningkatkan Internal Link di Artikel, Turunkan Eksternal Link!

Internal links atau tautan situs internal adalah sebuah hyperlink atau "anchor text" yang sengaja dipasang untuk bertujuan agar artikel User Friendly dan meningkatkan Pageviews suatu web blog, situs atau website.

Kita boleh memasangkan banyak Internal Link dalam suatu artikel, setidaknya jangan melampuai batas, jangan sampai dianggap spam oleh Google. Mungkin 3 atau 4 internal link untuk sebuah artikel.

Baca Juga: Cara Menurunkan/Mengecilkan Bounce Rate Blog.

Kalau Internal Link adalah tautan link yang saling berkaitan, sedangkan eksternal link adalah tautan link yang memang berkaitan akan tetapi link yang didapatkan sumbernya dari luar website kita. Sederhananya, kita memberikan backlink kepada blog orang lain.

Sebenarnya sih boleh, tapi jangan sampai terlalu banyak. Apalagi sampai melampaui batas, seolah-olah kesannya artikel-artikel yang ada di dalam blog kita adalah hasil Copas dari situs lain.

Belum lagi soal Eksternal Link tersebut mengarah ke blog yang apakah baik atau tidak baik, bisa saja kan blog yang kita berikan "backlink" tersebut sebenarnya memiliki reputasi yang buruk di mata Google? Berbahaya juga, kan?

#4. Update Artikel, Konten atau Posting secara Berskala

Google bilang, kita wajib mengupdate artikel, konten atau posting blog secara berskala, tujuannya untuk "memamerkan" kepada bot-google bahwa blog kita memang aktif.

Baca Juga: Cara Membuat Artikel yang Berkualitas.

Apalagi konten yang kita buat adalah real, fresh content, artikel unik, belum pernah ada yang buat dan berdasarkan pengalaman. Pasti sangat mudah menguasai keyword tsb, apalagi keywordnya relevan dengan artikel-artikel lainnya. Niche blog ;)

#5. Template Blogger, Apakah Harus SEO Friendly?

Ya, harus SEO agar artikel lebih mudah menempati Page-One. Fitur SEO dari sebuah template blogger yang wajib ada adalah SEO Friendly, Fast Loading, Responsive dan Mobile Friendly.

Diluar kendali apakah keywordnya sedikit atau banyak yang dipasangkan di dalam artikel blog, ke - 4 fitur tersebut harus ada di dalam sebuah template blog agar konten blog kita lebih mudah mencapai hasil yang maksimal.

Baca Juga: Tips Membeli Template Blogger Premium.

Ingat, guys... Tampilan blog yang bagus bukan berarti bagus pula di SERPs, kadang template blog yang jelek tampilannya memiliki fitur SEO yang sangat luar biasa tangguh di SERPs.

#6. Fakta Sitelink Google: Tidak Ada Hubungan dengan Umur Domain!

Tidak ada kaitan sitelink Google muncul dengan mudah atau tidaknya di suatu web blog, situs atau website berkaitan erat dengan umur domain, tidak ada!

Setidaknya ini berdasarkan beberapa pengalaman blogger senior. Ada yang mendapatkannya dalam hitungan 1 bulan, dan bahkan ada yang bertahun-tahun belum mendapatkan sitelink dari Google. Kenapa? Karena ini soal Relevan Keyword.

#7. Apakah Harus Menggunakan Domain TLD?

Tidak, kenapa? Karena banyak blog yang masih menggunakan blogspot.com namun telah mendapatkan sitelink dari Google. Why? Karena itu tadi, relevan terhadap keyword yang di bidik.

Baca Juga: Cara Menghapus/Menghilangkan Sitelink Google.

Namun, dibandingkan domain .com, .net, .org, .id dan domain gratisan, saya rasa domain gratisan (blogspot) perlu ekstra kerja yang lebih keras dibandingkan blog yang sudah di custom domain untuk memperoleh sitelink Google.

Itulah 7 cara cepat dan mudah mendapatkan sitelink dari Google, bagaimana cara mendapatkannya, pengertian apa itu sitelink Google, dan apa tujuan serta manfaat sitelink Google bagi sebuah blog.*

10 Responses to "7 Cara Cepat Mendapatkan Sitelink Google dengan Mudah"

  1. Oh, gitu yah bro, kalo punyaku di browser google chrome ada sitelinknya, tapi kalo di mozila kadang ngga muncul tapi kadang juga muncul. ngga jelas pokoknya lah... Bhahah.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau kenapa mas, tapi rasanya saya kurang srek juga sama mozilla firefox.

      Sebagian javascript yang terpasang di template blogger tidak terbaca di mozilla, akhirul kalam tampilannya berantakan :D

      Delete
  2. mantabs, saya pernah menemukan trik membuat sitelink ini kang, tapi lagi-lagi saya gagal faham. alhamdulillah sekarang paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau begitu mas, senang membantu :)

      Delete
  3. Mantap... dan saya sudah mendapatkan link yang di uraikan di atas..

    ReplyDelete
  4. Saya cek di browser saya baik Chrome dan browser bawaan Android kok gak ada pake Keyword tersebut sob? Coba gunakan browser yang fresh sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keyword yang bagaimana mas nino? Keyword blog saya "seo killer" atau "seo killer tips".

      Saya pake 3 browser mas, Google Chrome, Mozilla Firefox dan Internet Explorer ;)

      Delete
    2. Saya menggunakan kedua keyword tersebut dan tidak tampil. Sepertinya browser mas Al nyimpen cookie. Coba hapus data, karena terkadang data masih ada walaupun cookie dan cache sudah dibersihkan, alangkah lebih baik uninstall browser terlebih dahulu atau minta orang lain cek sitelink nya sob. :)

      Delete
    3. Iya mas, kalau itu saya tahu. SS itu gak sengaja, aneh kok sitelink muncul. Yaudah saya capture saja, mana tau dibutuhkan sebagai tutorial artikel blog ;)

      Delete

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).