Pengertian Domain Authority dan Page Authority pada Website

SETELAH sebelumnya memposting artikel 5 template blogger SEO high CTR adsense & responsive, kali ini saya akan membahas tentang pengertian apa itu Domain Authority dan Page Authority pada website. Istilah lainnya sering disebut dengan sebutan PA dan DA Blog.


Pengertian Domain Authority dan Page Authority pada Website

Perlu Anda ketahui, saat ini mesin pencari Google tidak memanfaatkan PAGERANK lagi, dengan kata lain PAGERANK (PR) sudah mati. Seperti yang diketahui, PR inilah yang dijadikan acuan atau penilaian apakah situs tersebut berkualitas atau tidak sama sekali.

Sebagai informasi kelanjutan lainnya adalah bahwasanya META TAG Keyword tidak berfungsi lagi bagi SEO onpage Google bagi yang menerapkannya. Sila baca artikel ini, META TAG Keyword sudah tidak berguna lagi.

***

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab mengapa blog orang lain begitu mudah berada di halaman pertama dan urutan pertama merupakan salah satu faktor dari tinggi atau tidaknya nilai skor DA dan PA blog tersebut?

Sederhananya, apabila DA dan PA blog Anda memiliki nilai yang tinggi, maka setidaknya blog Anda akan lebih mudah tampil di halaman pertama. Sejauh ini, nilai tertinggi dari DA dan PA suatu blog adalah bernilai 100 (berskala 1 banding 100).

Pengertian DA dan PA Blog


#1. PENGERTIAN Domain Authority (DA)

Definisi apa itu Domain Authority atau otoritas domain adalah acuan untuk melihat seberapa kuat dari sebuah nama domain blog tersebut.

Jika Anda menggunakan platform blogger (blogspot), maka DA yang akan diberi adalah sebesar 50 (paling tinggi 100).

Karena pada dasarnya Anda menggunakan hosting blogger (blogspot), maka nilai DA-nya pun akan tinggi, yakni 50 skor.

Apabila Anda menggantinya dengan custom domain (Top Level Domain seperti dot com, dot net, dll) maka nilai DA-nya akan berkurang. Begitu pula dengan platform Wordpress.

Namun, seiring perkembangan situs itu sendiri, nilai DA ini pun akan ikut naik.

Untuk menyimpulkan suatu nilai dari DA blog, maka usia domain, popularitas domain, dan jumlah postingan blog merupakan faktornya.

Semakin tua usia blog, popularitasnya sudah terkenal, dan jumlah postingannya sudah begitu banyak, maka kemungkinan terbesar adalah DA blog akan meningkat secara alami.

Bagaimana cara meningkatkan nilai DA blog?

Gunakan ketiga referensi diatas, seperti menjaga domain blog dengan cara tidak mengubah nama domain blog, blog sudah termasuk ke golongan blog terkenal, dan artikel yang dipublikasikan sudah cukup banyak.

#2. PENGERTIAN Page Authority (PA)

Definisi apa itu Page Authority atau otoritas halaman adalah suatu penilaian yang dilakukan pada tiap-tiap halaman blog tersebut. Dalam penerapan teknik SEO yang benar dan tepat, maka nilai PA blog akan meningkat.

Satu hal yang harus Anda ketahui adalah nilai PA ini jauh lebih penting dari pada nilai DA.

Pada dasarnya, kecil atau besarnya nilai PA suatu blog adalah bagaimana cara Anda menerapkan teknik-teknik SEO, apakah sudah benar dan tepat, dan bahkan tidak jarang sampai ke over teknik yang dianggap SPAM oleh GOOGLE.

Bagaimana cara meningkatkan nilai PA blog?

#1. Content Is a King! Konten adalah Raja!

Disinilah peran SEO artikel blog itu berjalan. Disini Anda harus membuat konten yang berkualitas, menarik, dan fresh (fresh atau terbaru jika memungkinkan), serta berisi kata kunci yang ditarget dengan tepat dan benar (relevan).

#2. Memiliki Backlink yang Kuat

Backlink memang tidak begitu berpengaruh apabila backlink-nya berasal dari blog yang biasa-biasa saja. Akan tetapi, jika backlink berasal dari situs yang luar biasa besar seperti Wikipedia, disinilah backlink itu akan bekerja.

Semakin banyak backlink berkualitas yang menuju ke blog Anda, bukan tidak mungkin nilai PA blog Anda akan semakin meningkat.

#3. Bounce Rate Blog

Bounce rate blog adalah acuan yang menjelaskan apakah pengunjung betah untuk berlama-lama di blog Anda atau tidak.

Jika nilai persentase bounce rate blog Anda adalah kecil, maka artinya adalah blog Anda memang membuat pembaca ingin berlama-lama di blog Anda.

Disinilah peran konten berkualitas dan internal link saling bekerja sama. Peran konten berkualitas akan membuat pembaca merasa takjub dengan informasi yang bermanfaat, mereka tidak akan segan untuk membuka artikel-artikel lainnya.

Internal link yang dimaksud adalah memasukkan anchor text pada artikel tersebut, anchor text yang dimaksud adalah suatu kalimat yang sudah berisi sebuah link, link ini akan tertuju ke artikel yang membahas dengan kategori serupa, dengan kata lain konten yang relevan.

Sebagai bahan referensi lebih lanjut, Anda bisa melihat halaman Wikipedia, begitu banyak link (anchor text) yang terpasang di dalam satu artikel yang dirilis. Bahkan, tiap kata pun sudah terpasang anchor text.

APA SOLUSINYA JIKA ANDA TIDAK INGIN BERSUSAH PAYAH?

Gunakan saja widget related posts, popular post dan arsip blog. Dengan begitu, pengunjung pun akan merasa betah dan lebih mudah memilah-milah artikel di setiap sudut halamannya! Ingat, semakin betah pembaca "berdiam diri" di blog sobat, maka bounce rate blog akan semakin meningkat.

Sebagai catatan, Bounce Rate blog ini berhubungan langsung dengan poin nomor satu di atas, yakni Content Is a King!

BAGAIMANA CARA MENGECEK NILAI SKOR PA & PA BLOG?

Untuk bagaimana cara mengecek skor PA dan DA suatu situs, Anda bisa menggunakan tools gratis yang diberikan oleh Moz. Moz Research Tools OSE atau Moz SEO Toolbar.

Pengertian Domain Authority dan Page Authority pada Website

Gambar diatas adalah informasi terkait tentang blog ini, dimana Anda bisa melihat nilai Domain Authority-nya adalah 91 dan nilai Page Authority adalah 30. Lumayan bagus ternyata. Bagaimana dengan website Anda?

0 Response to "Pengertian Domain Authority dan Page Authority pada Website"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.