Pengertian RANKBRAIN Algoritma Terbaru Google dan EFEKNYA

PENGERTIAN apa itu algoritma RANKBRAIN adalah algoritma yang mampu menampilkan kueri lanjutan, rujukan atau saran bagi pengguna mesin pencarinya.

Algoritma ini bukanlah sebagai pengganti algoritma terdahulu, akan tetapi merupakan bagian dari algoritma HUMMINGBIRD.

Pada dasarnya, algoritma terbaru dari google ini merupakan salah satu dari ratusan parameter yang digunakan oleh algoritma Google untuk menyusun hasil pencarian di search engine.

Dengan menggunakan sistem AI Advanced - Machine Learning yang disebutkan oleh Google lebih dari sekedar kecerdasan buatan, algoritma terbaru ini akan terus mempelajari bagaimana pengguna mengetikkan kata kunci di kolom pencarian.

Ketika pengguna mengetikkan kata kunci yang di target, setelah itu Google akan merekamnya dan menyimpannya di database kepemilikan Google...

...sehingga apabila diketikkan ulang maka akan muncul kata-kata atau kueri lanjutan, rujukan, atau saran yang sebelumnya pernah dimasukkan oleh pengguna mesin pencari GOOGLE.

Sebagai contoh, lihat gambar dibawah ini:

Pengertian RANKBRAIN Algoritma Terbaru Google dan EFEKNYA

Pada gambar diatas, itulah salah satu contoh kasus yang bisa saya gambarkan. Pada garis yang saya beri warna merah (kotak berwarna merah), terdapat kalimat lanjutan, rujukan, atau saran.

Memang, kadangkala kalimat lanjutan ini tidak semuanya tepat dan bahkan tidak relevan sama sekali dengan apa yang ingin kita cari.

Akan tetapi, dengan adanya algoritma terbaru RANKBRAIN ini, setidaknya kita bisa tahu bahwa Bagaimana keadaan Mike Tyson sekarang atau Mike Tyson Bangkrut.

EFEK ALGORITMA RANKBRAIN PADA SITUS


Pada faktanya, algoritma terbaru dari google ini sebenarnya memberikan dampak dan efek yang cukup mempengaruhi pengunjung blog Anda. Anda bisa melihat gambar dibawah ini sebagai contoh kasusnya:

Pengertian RANKBRAIN Algoritma Terbaru Google dan EFEKNYA

Ketika calon pengunjung atau pembaca blog Anda mengetikkan keyword yang ditarget, maka hasil penelusuran yang dihasilkan oleh search engine adalah seperti tampak pada gambar diatas.

Hal ini sangat mempengaruhi visitor blog Anda. Fitur tersebut akan menampilkan secara singkat, padat, dan jelas tentang apa yang target pengunjung cari pada saat itu.

Untung-untungan apabila blog Anda berada di urutan kedua atau ketiga karena kemungkinan kecil adalah halaman blog Anda akan dibuka dan dikunjungi karena visitor menganggap masih kekurangan informasi yang sedang dicari.

FAKTA MENARIK ALGORITMA RANKBRAIN


Pada faktanya, penerapan cara kerja algoritma seperti RANKBRAIN ini sudah lama dilakukan. BENAR, namun ada yang menjadi perbedaannya. Dimanakah perbedaannya?

Perbedaan yang paling mencolok adalah relevan atau tidaknya kalimat lanjutan atau rujukan yang dihasilkan oleh mesin pencari. Hal ini sangat wajar karena Google memperbaharui dan memperbaiki hasil penelusuran yang dihasilkan.

Greg Corrado, a senior research scientist Google - RankBrain uses artificial intelligence to embed vast amounts of written language into mathematical entities - called vectors - that the computer can understand. If RankBrain sees a word or phrase it isn’t familiar with, the machine can make a guess as to what words or phrases might have a similar meaning and filter the result accordingly, making it more effective at handling never-before-seen search queries.

Mari saya jelaskan sedikit lebih mendalam agar lebih mudah dimengerti. Disini, ada dua kasus contoh yang bisa saya gambarkan secara sederhana, bahkan paling sederhana dari keseluruhan contoh.

Dulu, mesin pencari Google tidak mampu meneruskan kata yang sobat ketik dengan kata target "Watch". Terdapat dua kata yang sama namun memiliki perbedaan makna, yakni "Watch" dan "Watch ing" (ing: kata bantuan dalam bahasa inggris Watching).

Dengan adanya pengembangan dan perbaikan dari algoritma ini, maka mesin pencari secara bertahap akan mulai pintar dan lebih mudah memahami maksud dari apa yang pengguna cari saat itu.

KESIMPULAN

Tidak ada yang bisa memastikan dan kebenaran dari pengaruh yang diberikan atas pembaharuan algoritma ini.

CEO Google, Eric Schmidt (2001 - 2011) pernah menjelaskan, bahwa terdapat 200 faktor SEO yang mempengaruhi ranking suatu blog.

Kini, kita memasuki akhir tahun 2016, bukan tidak mungkin sudah ada lebih dari 200 faktor SEO yang sudah diterapkan.

Setahu saya, sedikitnya hanya 3 orang yang paham betul terkait 200 faktor SEO tersebut, salah satunya adalah Matt Cutts, yakni kepala Webmaster Spam Google.

From emailing with Google, I gather RankBrain is mainly used as a way to interpret the searches that people submit to find pages that might not have the exact words that were searched for. - Search Engine Land.

Source:
http://searchengineland.com/meet-rankbrain-google-search-results-234386
http://searchengineland.com/faq-all-about-the-new-google-rankbrain-algorithm-234440


Semoga artikel penjelasan algoritma RANKBRAIN ini bisa berguna bagi Anda wahai blogger! Happy blogging!

0 Response to "Pengertian RANKBRAIN Algoritma Terbaru Google dan EFEKNYA"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.