Rankbrain: Pengertian Algoritma Terbaru Google Rankbrain

Rankbrain: Pengertian Algoritma Terbaru Google Rankbrain
Pengertian apa itu algoritma rankbrain adalah algoritma yang menampilkan kueri lanjutan, rujukan atau saran bagi user SE Google.

Algoritma ini bukan pengganti dari suatu algoritma terdahulu, melainkan pengembangan dari algoritma Hummingbird.

Pada dasarnya algoritma rankbrain ini merupakan parameter yang digunakan SE Google untuk menyusun hasil pencarian berdasarkan apa yang dicari oleh calon pengunjung.

Oh yaaa... Algoritma rankbrain ini pun menggunakan bantuan sistem AI Advanced (Machine Learning) yang disebutkan oleh pihak Google lebih dari sekedar kecerdasan buatan yakni akan terus mempelajari bagaimana para pengguna SE Google ketika memasukkan kata kunci (keyword) pencarian di kolom pencarian SE Google nantinya.

Baca Juga: New Google Update Penguin 2016.

Sebagai contoh terhadap pengembangan algoritma rankbrain ini, saya mencoba mengetik keyword "Penyebab titanic tenggelam", setidaknya ada lebih dari 5 kueri lanjutan yang ditampilkan di SERPs seperti:

  • lokasi tenggelamnya kapal titanic
  • tenggelamnya titanic menurut surah yasin yang mengejutkan dunia
  • titanic tenggelam karena kesombongan
  • penjelasan kenapa kapal titanic bisa tenggelam
  • asal usul kapal titanic
  • video titanic tenggelam
  • titanic tenggelam asli
  • gunung es yang ditabrak kapal titanic

Dari keyword yang saya cari tersebut, ternyata ada kata "gunung es" yang ditampilkan di kueri lanjutan. Berarti pada kasus tenggelamnya kapal titanic terdapat adanya unsur yang disebabkan oleh gunung es. Ya begitulah kira2 cara kerja algoritma rankbrain ini.

Baca Juga: Pengertian dan Tugas seorang Webmaster SE (Search Engine).

EFEK Algoritma Rankbrain bagi Web Blog, Situs atau Website


Melalui tulisan diatas saya rasa sudah cukup dipahami. Nah bagaimana dampak atau pengaruh algoritma rankbrain ini? Sebenarnya algoritma ini memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap trafik organik blog kita.

Melalui algoritma ini ada kesinambungan antara long tail keyword dan trafik organik. Semakin bagus pemilihan dan penempatan LTK maka semakin tinggi trafik organik. Semakin tinggi trafik organik maka itu semakin bagus perangkingan blog kita di SERPs. Page-One adalah jawabannya!

Baca Juga: Algoritma MobileGeddon 2015.

Fakta Menarik Algoritma Rankbrain


Faktanya algoritma rankbrain ini sudah lama dilakukan, Namun ada perbedaan yang sangat mencolok. Greg Corrado, salah satu senior di SE Google mengatakan:

RankBrain uses artificial intelligence to embed vast amounts of written language into mathematical entities - called vectors - that the computer can understand. If RankBrain sees a word or phrase it isn’t familiar with, the machine can make a guess as to what words or phrases might have a similar meaning and filter the result accordingly, making it more effective at handling never-before-seen search queries.

Disini, ada dua kasus contoh yang bisa saya gambarkan secara sederhana, bahkan paling sederhana dari keseluruhan contoh. Dulu SE Google tidak mampu meneruskan kata kunci dari "watch", sedangkan kata "watch" bisa menggunakan "ing" diakhirnya yang artinya "sedang menonton" (watch: menonton, ing: sedang).

CEO Google, Eric Schmidt (2001 - 2011) pernah menjelaskan bahwa terdapat 200 faktor SEO yang mempengaruhi ranking suatu blog. Setahu saya sedikitnya hanya 3 orang yang paham betul terkait 200 faktor SEO tersebut, salah satunya adalah Matt Cutts yakni kepala Webmaster Spam Google.

From emailing with Google, I gather RankBrain is mainly used as a way to interpret the searches that people submit to find pages that might not have the exact words that were searched for. - Search Engine Land.

Baca Juga: Pengertian Auto Generated Content (AGC).

Source:

http://searchengineland.com/meet-rankbrain-google-search-results-234386
http://searchengineland.com/faq-all-about-the-new-google-rankbrain-algorithm-234440

Ditulis oleh:

Labels: Algoritma

Thanks for reading Rankbrain: Pengertian Algoritma Terbaru Google Rankbrain. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

0 Comment for "Rankbrain: Pengertian Algoritma Terbaru Google Rankbrain"

Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.

Back To Top