Pengaruh Jika Blog tidak Menerapkan Teknik SEO

Pengaruh Jika Blog tidak Menerapkan Teknik SEO
Bagaimana dampak, efek dan pengaruh jika blog tidak menggunakan atau menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) bagi situs? Adakah hubungannya bagi ranking blog di SERPs?

Seperti yang kita tahu, SEO adalah suatu teknik untuk mengoptimalkan web blog, situs atau website kita di SERPs. Caranya sangat banyak, dan teknik SEO yang paling dasar adalah menambahkan deskripsi artikel dibagian setting Blogger.

Yang paling sulit mungkin pembuatan template blogger agar tampak SEO Friendly, User Friendly, Fast Loading, Responsive dan Mobile Friendly. Yang pasti, yang berhubungan dengan kode template blogger memang tampak sulit.

Baca Juga: Kenapa Google Plus adalah Backlink Terbaik dan Berkualitas?

Dari pertanyaan diatas tadi, setidaknya ada 2 jawaban yang bisa kita wajib, #1 untuk meningkatkan ranking blog di SERPs, dan yang ke #2 adalah tidak penting dengan alasan tertentu atau sebab lainnya.

Pengaruh Jika Blog tidak Menerapkan Teknik SEO


Apa pengaruh jika blog tidak menerapkan teknik SEO? Pengaruhnya adalah tentu saja artikel blog kita akan kesulitan mendapatkan ranking teratas di SERPs, baik itu Google, Bing, Yahoo, MSN maupun Yandex sekali pun.

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Trafik Organik.

Jika tujuannya ingin mendapatkan trafik organik, maka sudah seharusnya menerapkan teknik SEO di situs. Sebab, trafik organik-lah yang menentukan dan salah satu faktor tinggi dan rendahnya kualitas blog kita di SERPs. Semakin bagus dan tinggi trafik organik, maka semakin bagus ranking website kita di SERPs.

Blogger mana pun, yang tidak menerapkan teknik SEO, dipastikan situsnya akan kesepian. Namun, tidak perlu khawatir sebab kita bisa mengandalkan kekuatan Media Sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest dan lainnya. Tul, kan?

Permasalahannya adalah Media Sosial tidak Mempengaruhi Ranking Blog! Itu kata Matt Cutts, kepada Spam Google. Kesimpulannya, trafik memang tinggi dikarenakan mengandalkan pengaruh Sosial Media, namun seperti yang Matt Cutts katakan, Media Sosial tidak Mempengaruhi Ranking Blog! Seolah-olah tampak percuma bagi search engine Google.

Bagaimana dengan Bing, MSN, Yahoo dan Yandex? Apakah trafik dari media sosial mempengaruhi ranking? Saya belum tahu.

Baca Juga: Pengertian Trafik Organik dan Cara Mendapatkannya.

Ingat, ada perbedaan antara trafik organik dengan trafik media sosial. Trafik Organik adalah trafik yang kita dapatkan langsung dari pengunjung yang mengetik "keyword" di Search Engine, misalnya dia mengetik "Pengertian SEO Friendly", dia masuk ke artikel, maka itulah yang dinamakan trafik organik. Jika trafik media sosial, hanya mengandalkan kunjungan trafik yang berasal dari pengaruh Media Sosial itu sendiri.

Faktor Kualitas SEO Web Blog, Situs, Website


Setidaknya ada 200 lebih faktor dari teknik SEO, diantaranya adalah:

  1. Google Webmaster Tools adalah bagian dari SEO
  2. Settingan Blogger (Dasar, Pos, Komentar, Preferensi Penelusuran, dll)
  3. Pendaftaran blog di Google, Bing, Yahoo, MSN, Yandex
  4. Adanya tautan Internal Link dan Eksternal Link
  5. Settingan Template Blogger & WordPress (Meta tag, deskripsi blog, title tag, dll)
  6. Template Blogger sudah seharusnya Fast Loading, Responsive, dan Mobile Friendly; dengan kata lain sudah SEO Friendly
  7. Menurunlkan nilai atau skor dari Bounce Rate web blog; dan
  8. Melakukan riset terhadap kata kunci (keyword) yang di target
  9. Topik blog, setidaknya Niche blog; dan bukan blog gado-gado; dan
  10. Masih banyak lagi yang tidak bisa kita sebut satu per satu.

Itu dia pembahasan kita bagaimana dampak, efek dan pengaruh jika blog tidak menerapkan teknik SEO bagi situs, serta hubungannya dengan ranking blog di SERPs seperti di Google, Bing, Yahoo, MSN, dan Yandex sekali pun.*

» Terima kasih sudah mau membaca konten Pengaruh Jika Blog tidak Menerapkan Teknik SEO. Jika dirasa sangat berguna, mungkin bisa di share oleh para pembaca :)

1 Response to "Pengaruh Jika Blog tidak Menerapkan Teknik SEO"

  1. Terimakasih sudah berbagi pengalamannya tentang SEO, cukup memberi pandangan lain terkait penting tidaknya menerapkan teknik SEO pada blog. Salam dari newbie on Anwariz

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar sesuai dengan topik artikel.
Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.