Pengaruh Jika Blog Tidak Menerapkan Teknik SEO

BERAWAL dari adu debat yang "tidak sehat" di forum IAPD, dengan terpaksa saya menulis konten berjudul pengaruh jika blog tidak menggunakan teknik seo serta bagaimana efek dan dampaknya.

Pengaruh Jika Blog Tidak Menerapkan Teknik SEO

Sebut saja namanya Bunga. Perdebatan yang saya lakukan dengan si Bunga ini memang tidak ada habis-habisnya.

Bunga mengatakan bahwa SEO itu tidak wajib, saya pun mengatakan demikian. Saya menambahkan sedikit bahwa SEO itu kebutuhan, dengan kata lain tergantung kebutuhan blogger tersebut apakah ingin menerapkannya atau tidak.

Saya tidak tahu jelas bagaimana maksud dari si Bunga. Tiba-tiba Bunga menyerang saya dengan menanyakan pertanyaan jebakan...

"Nah kan dijawab Seo ga wajib kan? Kenapa dibilang wajib? kebutuhan sape mas?"

Saya merasa cukup bingung dengan pertanyaan ini. Sejak awal saya tidak mengatakan bahwa SEO itu penting. Seandainya pun jika ada yang bertanya, jawaban yang saya berikan tentu relatif.

Yakni.... Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Jadi, bisa di tarik kesimpulan disini adalah ada dua jawaban. Jawaban pertama, penting apabila ingin meningkatkan kualitas Blog di SERP. Jawaban kedua, tidak penting dengan alasan tertentu.

Nah, mari memperdalam makna dari jawaban kedua, yaitu seo tidak penting.

Setidaknya, hanya ada dua alasan dan penyebab mengapa blog tidak perlu menerapkan teknik SEO, yakni blog pribadi yang tidak mementingkan pengunjung dan penghasilan google adsense.

Pentingkah Teknik SEO untuk Blog?


RELATIF. Jika Anda ingin meningkatkan kualitas blog di halaman pencarian (SERP), meningkatkan visitor blog, dan menginginkan blog berada di halaman pertama, maka gunakan teknik seo!

Jika tujuan ngeblog Anda bukan mencari pengunjung yang berkaitan langsung dengan pendapatan google adsense, maka seo itu tidak perlu diterapkan. Namun, sah-sah saja jika tetap melakukannya.

Pengaruh Jika Blog Tidak Menerapkan Teknik SEO


Pada dasarnya, SEO itu terbagi menjadi dua bagian, yakni seo on page dan seo off page. Seo on page penerapannya dilakukan pada template blogger, konfigurasi settingan blogger/wordpress, gaya penulisan konten, keyword yang di target, dan seterusnya.

Sedangkan untuk seo off page lebih mengarah ke dunia nyata, misalnya memasarkan atau memperkenalkan blog Anda, entah dengan cara membuat grup dengan menyesuaikan tema blog Anda, membuat fanspage blog di Facebook, memperkenalkan blog kepada teman, dan seterusnya.

Nah, dari sini sudah jelas bahwa dengan menggunakan teknik seo maka blog Anda akan ramai dikunjungi oleh para pembaca.

Jawabannya adalah blog Anda akan sepi dari pengunjung, bahkan tidak ada yang mengunjunginya atau membaca konten yang Anda tulis.

Memang tampak sia-sia konten yang telah Anda tulis, tapi kalau berbicara dengan minat dan hobi tentu lain lagi ceritanya.

Beberapa Diantara Faktor 200+ Teknik SEO

  • Google webmaster itu adalah bagian dari SEO
  • Melakukan pemetaan situs
  • Memperbaiki kesalahan atau error pada GWT juga merupakan bagian dari seo
  • Meningkatkan pengunjung blog
  • Melakukan pendaftaran blog di mesin pencari seperti Google, Bing, Yandes, dan seterusnya
  • Mencari dan mendapatkan backlink yang berkualitas
  • Menautkan internal link, link tertaut, dan link-link lainnya
  • Konfigurasi di settingan Blogger/Wordpress misalnya title tag, deskripsi blog, dan masih banyak lagi

Nah, bagaimana jika ada beberapa blogger yang mengaku bahwasanya blogger tersebut tidak pernah menerapkan teknik seo?

Satu hal yang harus Anda ketahui, meski pun Anda hanya melakukan settingan blogger seperti memasang deskripsi blog, secara tidak sadar Anda telah melakukan teknik seo.

Satu hal lagi yang harus Anda pahami adalah SEO bukan hanya sekedar melakukan riset kata kunci, akan tetapi ada begitu banyak faktor yang mempengaruhinya. Good luck!

1 Response to "Pengaruh Jika Blog Tidak Menerapkan Teknik SEO"

  1. Terimakasih sudah berbagi pengalamannya tentang SEO, cukup memberi pandangan lain terkait penting tidaknya menerapkan teknik SEO pada blog. Salam dari newbie on Anwariz

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.