5 Cara Membuat Blog menjadi Ramah Mesin Pencari Google & User Friendly

SEBENARNYA artikel cara membuat blog menjadi ramah mesin pencari google dan user friendly bagi pengunjung (visitor blog) ini tidak jauh berbeda dengan konten arti dan makna kata dari SEO friendly (User Friendly) yang pernah saya tulis.

Yang membedakannya hanyalah penjelasannya yang sedikit kurang lengkap.

Di artikel ini, Anda akan disediakan sebuah konten yang lengkap terkait membuat blog menjadi ramah mesin pencari, terutama search engine Google mengingat blogger (blogspot) adalah milik Google.

5 Cara Membuat Blog menjadi Ramah Mesin Pencari Google & User Friendly

Pada dasarnya, Google bukanlah satu-satunya mesin pencari. Akan tetapi, karena Google-lah raja mesin pencari dengan persaingan keyword yang sangat ketat, maka membuat blog menjadi ramah mesin pencari sudah seharusnya diterapkan ketika awal memulai ngeblog (aktivitas blogging).

Pengertian yang dimaksud dengan ramah search engine disini adalah structured data testing tools tidak mengalami, inilah yang paling utama...

...Kemudian User Friendly disini adalah terbagi menjadi beberapa bagian, salah satunya yakni Fast Loading atau blog memiliki loading blog yang cepat. Lebih lengkapnya dibawah ini.

5 Cara Membuat Blog menjadi Ramah Mesin Pencari Google & User Friendly


#1. Mobile Friendly & Responsive

Semenjak Google menerapkan dan memberlakukan algoritma terbarunya yakni Algoritma Mobilegeddon pada tanggal 21 April 2015 lalu, secara tidak langsung algoritma ini akan lebih memfokuskan blog yang sudah mendukung fitur mobile friendly dan responsive.

Solusinya? Anda bisa mengunjungi dan memilih salah satu template blogger gratis yang telah tersedia dan sudah dibagikan.

Kumpulan template blog SEO ini adalah karya blogger terkenal dan terbaik yang saya publikasikan sendiri. Cek saja dibagian navigasi menu blog ini, baik template blog gratis maupun berbayar.

Cek blog Anda apakah sudah mendukung fitur mobile friendly dan responsive disini: Responsinator dan Mobile Friendly Google.

#2. Konten Berkualitas

Konten berkualitas adalah bagian dari User Friendly dimana yang dimaksudkan disini adalah mudah dibaca dan mudah dipahami, serta adanya gambar dan video yang relevan atau saling berhubungan.

Bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas? Disini, Membuat Artikel yang Berkualitas Menurut Google.

#3. Internal Link (Navigasi Menu & Widget)

Internal Link merupakan bagian dari User Friendly dimana hal ini pun turut mempengaruhi nilai persentase Bounce Rate blog. Jika blog sobat adalah blog gado-gado, ada beberapa hal yang harus sobat lakukan, diantaranya adalah:

  • Memiliki navigasi menu yang jelas
  • Setiap artikel terbagi menjadi beberapa kategori
  • Bila perlu pasang widget artikel terbaru berdasarkan per label
  • Pasang beberapa widget dukungan seperti Arsip, Related Posts, Popular Post, dan Label
  • Pasang link berupa Anchor Text atau suatu kalimat yang berisi link tautan dimana link tautan ini masih berhubungan dengan artikel tersebut (link tautan yang relevan)

#4. Fast Loading (Loading Blog yang Cepat)

Fast loading adalah loading blog. Loading blog ini mempengaruhi pengunjung blog sobat. Jika loading blog terlalu lama dan berat, dipastikan blog akan ditinggalkan begitu saja.

Namun, apabila konten yang disediakan berkualitas dan loading blog tergolong cepat (kurang dari 3 detik), bukan tidak mungkin sobat telah meninggalkan kesan bahwa blog sobat memang layak dan berkualitas.

Bagaimana cara mengecek dan mempercepat loading blog? 

  1. Gunakan CSS Compressor, Css Drive dan JavaScript Compressor untuk mengetahui Script mana yang tidak terpakai
  2. Manfaatkan fitur Structured Data Testing Tools Google untuk mengecek bahwa struktur data blog sobat tidak mengalami masalah
  3. Mengecilkan ukuran gambar dengan menggunakan tools Image Optimizer

Silahkan cek kecepatan loading blog sobat di Page Speed Insights atau GT Metrix.

#5. Tampilan Blog (Template Blogger)

Selain telah mendukung fitur responsive dan mobile friendly, tampilan blog yang simple, elegan, serta minimalis sehingga membuat pengunjung tertarik adalah salah satu bagian dari User Friendly.

Good luck & happy blogging!

0 Response to "5 Cara Membuat Blog menjadi Ramah Mesin Pencari Google & User Friendly"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.