Cara Membuat Artikel TERBARU Berdasarkan Label atau Kategori

BAGAIMANA cara membuat artikel terbaru (recent posts) berdasarkan label atau kategori di blog, situs atau website pribadi?

Recent posts merupakan artikel terbaru sedangkan label adalah kategori dari artikel tersebut. Jadi, maksudnya adalah artikel baru saja diposting akan tampil di salah satu widget berdasarkan kategori tersebut.

Dengan adanya widget yang terpasang pada blog Anda seperti ini, bisa dikatakan ini merupakan USER FRIENDLY, yakni ramah bagi pengunjung atau pembaca blog Anda.

Saya yakin, inilah salah satu faktor BOUNCE RATE blog menjadi mengecil. Ketahuilah bahwa semakin kecil nilai persentase bounce rate, maka semakin tampak bahwa blog Anda memang berkualitas.

Jika Anda bingung, maka akan saya tampilkan salah satu contoh gambar yang dimaksud:

Cara Membuat Artikel TERBARU Berdasarkan Label atau Kategori

Anda bisa melihat pada gambar di atas, terdapat 2 widget berdasarkan label yakni Recent Posts #1 dan Recent Posts #2.

Pada Recent Posts pertama, semua artikel yang baru saja dipublikasikan adalah terkait tentang Recent Posts pertama itu sendiri (berdasarkan kategori artikel). Begitu pula dengan widget kedua, kedua widget ini akan menampilkan artikel berdasarkan labelnya saja.

Cara Membuat Artikel TERBARU Berdasarkan Label atau Kategori


  1. Buka Layout BLOGGER > Add Widget
  2. Cari widget Feed dan masukkan alamat ini: http://NamaBlogAnda.blogspot.co.id/feeds/posts/default/-/Contoh%20Kategori
  3. SIMPAN & BERES

Jangan lupa hapus alamat blog dan label yang berwarna merah di atas. Angka %20 merupakan tanda SPACE atau pemisah pada kategori apabila kategori terdiri dari dua kata yang saling berhubungan. Jika kategori hanya terdiri dari satu kata, cukup masukkan satu kata saja.

Secara sederhana, tampilan recent posts diatas sebenarnya tampil secara DEFAULT dan bukan hasil MODIFIKASI, terlihat tidak menggunakan gambar thumnail dan snippet (kata kutip).

Selain tidak SEO FRIENDLY, adanya gambar thumbnail dan snippet hanya memberatkan loading blog. Good luck!

0 Response to "Cara Membuat Artikel TERBARU Berdasarkan Label atau Kategori"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.