Cara Membuat Widget Artikel Terbaru Berdasarkan Label atau Kategori Tertentu

Bagaimana cara membuat artikel terbaru (recent posts) berdasarkan label atau kategori tertentu di blog, situs atau website pribadi?

Recent Post atau Artikel Terbaru adalah widget daftar artikel yang baru saja dibuat, sedangkan Label atau Kategori adalah berdasarkan label-label yang dipasangkan sebelumnya. Jadi, maksudnya adalah artikel baru saja diposting akan tampil di salah satu widget berdasarkan kategori tersebut.

Baca Juga: Tips Penting sebelum Menulis Artikel SEO Friendly.

Dengan adanya widget artikel terbaru berdasarkan kategori/label tertentu, tentu ini merupakan bagian User Friendly. Artinya ramah terhadap pengunjung atau memanjakan para pembaca blog kita.

Saya yakin, inilah salah satu faktor Bounce Reate blog menjadi mengecil. Ketahuilah bahwa semakin kecil nilai persentase bounce rate, maka semakin tampak bahwa blog Anda memang berkualitas.

Jika Anda bingung, maka akan saya tampilkan salah satu contoh gambar yang dimaksud:

Cara Membuat Artikel TERBARU Berdasarkan Label atau Kategori

Anda bisa melihat pada gambar di atas, terdapat 2 widget berdasarkan label yakni "Recent Posts #1" dan "Recent Posts #2".

Baca Juga: Pengertian User Friendly & SEO Friendly.

Pada Recent Posts pertama, semua artikel yang baru saja dipublikasikan adalah terkait tentang Recent Posts pertama itu sendiri (berdasarkan kategori artikel). Begitu pula dengan widget kedua, kedua widget ini akan menampilkan artikel berdasarkan labelnya saja.

Cara Membuat Widget Artikel Terbaru Berdasarkan Label atau Kategori Tertentu


1. Buka Layout Blogger > Add Widget di salah satu letak
2. Cari widget "Feed" dan masukkan alamat seperti dibawah ini:

http://domain.blogspot.co.id/feeds/posts/default/-/Contoh%20Kategori

3. Jika sudah, simpan template blogger. Selesai!

Perhatikan angka berwarna biru diatas, yakni "%20" maksudnya adalah tanda spasi (space) atau pemisah pada nama kategori/label yang terdiri dari 2 kata maupun lebih dari itu. Jika kata kategorinya satu, seperti "SEO", maka cukup SEO saja.
Kita juga bisa menyetel atau setting bagaimana tampilan Recent Posts nantinya, apakah Snippet ditampilkan, Thumbnail Image ditampilkan atau tidak, dan lainnya. Disesuaikan saja kemauan kita.

0 Response to "Cara Membuat Widget Artikel Terbaru Berdasarkan Label atau Kategori Tertentu"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.