3 EFEK Mengganti Template Blogger, Fakta!

Share:

FB Google+ Twitter

3 EFEK Mengganti Template Blogger, Fakta!
Diberbagai forum blogger, saya banyak nemuin tanya jawab bagaimana efek, dampak dan pengaruh mengganti atau mengubah template blog (blogger / wordpress).

Bukannya saya ahli dibidang template tapi beberapa jawaban yang diberikan sangat salah dan menyimpang dari kenyataan. Sebab saya sudah melakukan observasi langsung dari pengalaman pribadi soal mengganti template berulang kali.

Di forum tersebut saya sudah mencoba menjelaskan bagaimana pengaruhnya tapi tidak ditanggapi, mungkin dikiranya saya membual padahal niatnya ingin membantu memberi jawaban :(

Baca Juga: Bagaimana Jika Tag H1 lebih dari Satu Buah?

Melalui kejadian tersebut saya mencoba mengulas beberapa hal penting yang menyangkut efek mengganti atau mengubah template bagi web blog, situs atau website baik dari sisi SEO maupun di ranking SERPs diberbagai SE Google, Bing, MSN, Yahoo dan Yandex sekaligus.

3 EFEK Mengganti Template Blogger, Fakta!


#1. Tampilan Berubah

Hehehe siapa pun juga mengiyakan ini. Mutlak sih mengubah template sama aja mengubah tampilan. Namun itu nggak salah sama sekali, tergantung niat dan selera tampilan. Tapi usahakan juga dengan topik. Menurut saya topik pribadi nggak cocok pakai template bergaya majalah.

#2. Positis / Negatif Tag Meta SEO yang Berubah

Dari sisi SEO perubahan tag meta sama saja artinya mengenalkan identitas terbaru web blog kita terhadap SE. SE (Search Engine) mana pun akan mengenali web blog tersebut sebagai web terbaru yang baru saja didaftarkan ulang di SE tersebut. Namun pengaruhnya tidak sama seperti mengganti domain, sebab mengganti domain sama saja seperti "terlahir kembali". Mengganti domain itu fatal, mengganti tag meta itu relatif.

Kenapa saya bilang relatif ? Setiap tag meta memiliki keunikan dan perbedaan masing2. Pembuatnya juga berbeda2. Jika dirasa tag meta di template lama kurang bagus SEO-nya, silahkan re-place (timpa) saja dengan tag meta baru tanpa mengubah tampilan. Namun sah2 saja kalau mau menggantinya secara keseluruhan (tampilan disertai tag meta-nya).

Sejauh ini tag meta terbaik sepanjang masa yang pernah saya pakai adalah tag meta yang saya gunakan sekarang, CB Style blogger template. Disisi lainnya ada tag meta EVOmag punya Sugeng Riyadi yang tidak kalah bagus SEO-nya. New Johny Wuss V2 dan New Thesis SEO V3 pun juga tidak kalah ngeri di SERPs meski pun template blog tersebut dibagikan secara gratis :)

Silahkan ganti template tapi pertahankan tag metanya (re-place) kalau tag meta itulah yang terbaik.

Baca Juga: Ciri2 Template Blog High CTR Google AdSense.

#3. Ranking Web Blog Berubah di SERPs

Perubahan tag meta (terkecuali tag meta yang sama) adalah tindakan pengenalan identitas web blog kita di mesin pencari. Jika yakin tag meta baru yang akan dipasangkan tersebut jauh lebih baik, alangkah baiknya memang perlu diganti dengan yang baru tersebut. Jika tidak maka kebalikan dari itu, pertahankan tag metanya.

Content still is king tapi jangan lupa dengan efek tag meta. Tag meta-lah yang menjadi otak dari judul "content still is king" tersebut.

Ciri2 template blogger (atau pun wordpress) SEO friendly:

  1. Mobile, responsive dan fast loading
  2. Tag Meta SEO killer
  3. Lolos Validator HTML dan CSS Validation Service
  4. Dynamic heading tag (h1, h2, h3) in all page
  5. Nilai atau skor SEO 100% versi CHKME
  6. Validated Structured Data
  7. Advance SEO
  8. Compatible with major browsers (IE8+, Mozilla, Chrome, Safari, Opera)
  9. Masih sangat banyak lagi

Dari penjelasan diatas silahkan mengubah atau mengganti template sebab itu tidak masalah. Masalahnya adalah hati2 dalam memilih dan menggunakan tag meta. Jangan salah pilih karena tag meta mempengaruhi ranking artikel di SERPs serta ranking dari web blog atau situs itu sendiri.


Beberapa tools yang mungkin diperlukan pembaca:

https://jigsaw.w3.org/css-validator/
https://search.google.com/structured-data/testing-tool?hl=id
http://chkme.com/
http://www.responsinator.com/
https://gtmetrix.com/

Labels: Desain Blogger, Template Blog SEO

Thanks for reading 3 EFEK Mengganti Template Blogger, Fakta!. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

12 Responses to "3 EFEK Mengganti Template Blogger, Fakta!"

  1. masalahnya nubi kek saya kan ganti template karena ingin yang lebih seo+bagus+fastload, saya gatau mana meta tag, meta keyword, struktur data yang baguss trus gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau pakai template blog yang siap pakai, gunakan jasa buat template blogger dari para ahli mas.

      Kalo tidak mau repot, beli saja template blogger premium.

      Delete
  2. Terimakasih gan.. jadi gak ragu lagi ganti template :)

    ReplyDelete
  3. Nice article. Fakta nya org takut ganti template mmg karena itu. Kl punya pengetahuan ttg template mungkin nggak perlu ganti cukup di edit dan di costumasi lagi. Kl yg blm punya keahlian oprek template itu yg biasanya ngeri ganti template. :) Iklan nya mna mas bos... kok nggak ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bingits. Blog ini sudah saya daftarkan ke adsense, di tolak karena konten tidak memadai.

      Mau memperbanyak akun adsense nih, untuk persiapan apabila di adsense banned suatu saat nanti. Cadangan mas :D

      Delete
  4. thanks gan, bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat gan hehe

      Delete
  5. Saya masih ragu yaaa, apakah template saya yg bikin trafik pengunjung saya sedikit. Tapi makasih yaa atas informasinya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ada begitu banyak pengaruh gan untuk memenangkan SERP (sehingga menghasilkan trafik tinggi - organik), template blog salah satunya.

      Kalau template blog tidak mendukung, coba difokuskan pada artikel yang di buat se-seo mungkin dan kaya akan informasi.

      Delete
  6. Ga masalah kok ganti template ke visitor. Dulu pernah ganti template di blog gw gpp, asalkan deskripsi blog (yg ada ditemplate sama dgn yg baru. Meta tag juga. Web ane androisme.web.id

    ReplyDelete

If you find any errors in this article, please comment.