3 Pengaruh Mengganti Template Blogger yang Sebenarnya

3 Pengaruh Mengganti Template Blogger yang Sebenarnya
Bagaimana dampak, pengaruh dan efek mengganti atau mengubah template blogger? Apakah berakibat mempengaruhi trafik, pengunjung atau visitor web blog, situs atau website kita nantinya?

Niat saya tidak ingin menyerang blogger lain yang menuliskan artikel yang sama seperti ini, sebab banyak blogger yang mengatakan informasi seperti ini tapi salah, kurang tepat dan kadang asal-asal, yang penting trafik organik (pageone).

Tapi apa yang saya bahas disini memang fakta, yang sebenar-benarnya terjadi, dan bagaimana itu terjadi. Apalagi berdasarkan pengalaman saya selama ngeblog beberapa tahun ini dalam soal mengganti-ganti template blogger.

3 Pengaruh Mengganti Template Blogger yang Sebenarnya


#1. Tampilan Blog Berubah

Mutlak, kan? Mengganti template A dengan B tentunya sudah pasti tampilan blog juga ikutan berubah. Apa yang salah? Tidak ada kok, toh yang kita bahas soal "pengaruh"-nya. Tul, gak?

#2. Setelah Meta Tag Berubah

Meta tag sebuah template A dan B itu berbeda, pembuatnya juga berbeda, kadang walau pun pembuatnya sama tapi bisa saja meta tag-nya juga sama. Ya, disesuaikan saja.

#3. Perubahan Ranking (Peringkat) Blog

Meta tag itu berperan penting terhadap ranking blog kita di SERPs nantinya, itu pun di dukung setelah konten berkualitas dan SEO Friendly dari template blogger tersebut.

Yang paling penting, apabila ingin mengubah template blog, pastikan Meta tag-nya juga sama seperti yang dulu! Apabila Meta tag yang baru ini (B) jauh lebih SEO dibandingkan Meta tag (A) sebelumnya, maka gunakan saja yang Meta tag B tersebut.

3 Pengaruh Mengganti Template Blogger yang Sebenarnya

Persoalan Template Blogger SEO


Sudah saya bahas disini, pengertian "SEO" dari template blogger. Arti dan maknanya adalah template blog yang SEO Friendly sudah pasti Mobile Friendly, Responsive dan Mobile Friendly. Detailnya:

  1. Adanya kode link 'rel=canonical' untuk menghindari duplikat konten
  2. Fast Loading, Responsive & Mobile Friendly
  3. Aman dari warning Validator HTML dan CSS Validation Services
  4. Lolos dari pengecekan Webmaster Richsnippet Testing Tools
  5. Dinaymic Heading Tag yang baik: H1, H2 dan H3 (100% skor SEO)
  6. Adanya fitur Breadcrumb; dan Masih banyak lagi.

Yang paling penting adalah jangan mengubah template blog lama yang sebenarnya bagus di SERPs dengan template baru yang sebenarnya kualitas SEO-nya dibawah itu (buruk). Masih mending yang pertama sekali tapi bagus di SERPs. Iya, kan?

12 Responses to "3 Pengaruh Mengganti Template Blogger yang Sebenarnya"

  1. masalahnya nubi kek saya kan ganti template karena ingin yang lebih seo+bagus+fastload, saya gatau mana meta tag, meta keyword, struktur data yang baguss trus gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau pakai template blog yang siap pakai, gunakan jasa buat template blogger dari para ahli mas.

      Kalo tidak mau repot, beli saja template blogger premium.

      Delete
  2. Terimakasih gan.. jadi gak ragu lagi ganti template :)

    ReplyDelete
  3. Nice article. Fakta nya org takut ganti template mmg karena itu. Kl punya pengetahuan ttg template mungkin nggak perlu ganti cukup di edit dan di costumasi lagi. Kl yg blm punya keahlian oprek template itu yg biasanya ngeri ganti template. :) Iklan nya mna mas bos... kok nggak ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bingits. Blog ini sudah saya daftarkan ke adsense, di tolak karena konten tidak memadai.

      Mau memperbanyak akun adsense nih, untuk persiapan apabila di adsense banned suatu saat nanti. Cadangan mas :D

      Delete
  4. thanks gan, bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat gan hehe

      Delete
  5. Saya masih ragu yaaa, apakah template saya yg bikin trafik pengunjung saya sedikit. Tapi makasih yaa atas informasinya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ada begitu banyak pengaruh gan untuk memenangkan SERP (sehingga menghasilkan trafik tinggi - organik), template blog salah satunya.

      Kalau template blog tidak mendukung, coba difokuskan pada artikel yang di buat se-seo mungkin dan kaya akan informasi.

      Delete
  6. Ga masalah kok ganti template ke visitor. Dulu pernah ganti template di blog gw gpp, asalkan deskripsi blog (yg ada ditemplate sama dgn yg baru. Meta tag juga. Web ane androisme.web.id

    ReplyDelete

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).