Perbedaan Mobile Friendly & Responsive pada Blog

JIKA sampai disini Anda belum mengerti jika ditanyakan tentang perbedaan mobile friendly dan responsive, ketahuilah pada dasarnya artinya sama, yakni menyesuaikan tampilan smartphone.

Pengertian Mobile Friendly & Responsive pada Blog

Pengertian mobile friendly dan responsive adalah menyesuaikan tampilan desain template blogger dengan perangkat pengunjung yakni smartphone, tablet, dan beberapa gadget lainnya. Apa pun perangkatnya, desain template akan menyesuaikannya.

Terdapat beberapa kode HTML unik yang terpasang di template blog yang sudah mendukung fitur mobile friendly dan responsive ini. Jujur, saya kurang begitu mengerti tentang ini.

Namun, jika Anda ingin mempelajarinya, silahkan belajar secara otodidak atau belajar dari orang yang lebih paham tentang kode template blogger.

Perlu diketahui adalah saat ini kita sedang memasuki era Algoritma Mobilgeddon dimana algoritma google ini lebih mementingkan blog yang sudah mendukung mobile & responsive di hasil laman pencari google.

Efek Algoritma Mobilegeddon Terhadap Blog


Salah satu dampak mengapa trafik pengunjung blog Anda menurun adalah template blog yang Anda pasang dan gunakan di blog Anda tidak mendukung fitur mobile friendly.

Google yang kita kenal mendominasi hasil pencarian secara online, lebih mengistimewakan blog yang telah ramah pengunjung (user friendly), dengan kata lain telah memasang fitur mobile friendly.

Pengertian Mobile Friendly & Responsive pada Blog

Jadi, kesimpulannya disini adalah pengunjung blog yang berasal dari pemakai smartphone tidak akan menemukan blog yang sering dikunjungi, sedangkan yang muncul adalah blog yang telah menerapkan fitur mobile friendly. Beginilah cara kerjanya.

Jika dibandingkan dengan hasil pencarian melalui komputer atau laptop (desktop or PC), maka algoritma ini tidak bekerja. Namun, jika hasil pencariannya dilakukan menggunakan mobile, maka blog-blog yang telah menggunakan fitur mobile friendly-lah yang akan muncul di halaman pertama dan di urutan pertama!

Solusi Menghindari Efek Algoritma Mobilegeddon


Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari efek algoritma ini adalah menggunakan template blogger yang sudah mendukung mobile friendly dan responsive.

Sudah semestinya suatu blog menggunakan fitur ini. Tidak ada cara lain selain memasangkannya di template blog Anda.

Atau Anda bisa menggunakan salah satu template blogger yang saya bagikan, tentunya template blog tersebut merupakan karya orang lain dan sudah pasti rekomendasi dari saya :) Template Blog Seo.

Bagaimana pun juga, Google akan selalu berpihak kepada pengunjung blog. Bagi google, kenyamanan pengunjung adalah nomor satu, dan juga di dukung konten yang berkualitas.

Cara Mengetahui Blog apakah Mobile Friendly atau Tidak


Ada banyak situs online yang bisa Anda kunjungi untuk menguji atau mengetes apakah template blog Anda sudah terpasang fitur mobile friendly atau tidak. Kunjungi website dibawah ini untuk melakukan pengecekan:

Jika tampilan website Anda sudah mendukung kedua fitur ini, selamat! Bahwasanya blog Anda akan menjadi prioritas utama mesin pencari GOOGLE dari pada situs yang tidak menggunakannya. Wassalam.

0 Response to "Perbedaan Mobile Friendly & Responsive pada Blog"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.