3 Jenis Teknik SEO: White, Black dan Gray Hat SEO

3 Jenis Teknik SEO: White, Black dan Gray Hat SEO
Pengertian,perbedaan dan macam-macam teknik SEO: White Hat SEO, Black Hat SEO dan Gray Hat SEO.

SEO adalah optimasi ranking web blog, situs atau website di SERPs. Berbagai cara bisa kita lakukan, tapi jika salah melakukan tekniknya, kita bisa dianggap spam oleh Search Engine seperti Google, MSN, Bing, Yahoo dan bahkan Yandex sekali pun.

Baca Juga: Jenis-Jenis Meta tag yang Dipahami Google.

Perbedaan diantara ketiga teknik diatas melingkupi tekniknya, caranya, tools-nya, penulisan artikel, konten atau posting blognya, backlink, meta tag, keyword, duplikat konten dan masih banyak lagi.

3 Jenis Teknik SEO: White, Black dan Gray Hat SEO


#1. Pengertian White Hat SEO (WHS)

Teknik ini adalah yang paling aman, dan dianjurkan oleh Google. Caranya sangat mudah, hanya basic, dasar-dasarnya saja. Beberapa contoh teknik White Hat SEO adalah:

  • Mendaftarkan blog ke berbagai search engine
  • Mengoptimasi Internal Link
  • Membuat atau menulis artike, konten, posting blog yang berkualitas
  • Menghindari spam: Keyword Spammer, Stuffing, Invisible Text, dll
  • Template Blog SEO Friendly: Fast Loading, Mobile Friendly dan Responsive
  • Membangun Outbound Link dan Backlink seperti ke Facebook, Instagram, Pinterest, Path, dl; dan
  • Masih banyak lagi.

#2. Pengertian Black Hat SEO (BHS)

Teknik ini sangat berbahaya, metode dan tekniknya juga dianggap spam oleh berbagai mesin pencari mana pun. Sangat dilarang oleh para webmaster, dan tidak dianjurkan untuk digunakan.

Baca Juga: 7 Faktor yang Mempengaruhi Trafik Organik.

Kebanyakan blogger menggunakan teknik ini untuk mempercepat proses naik peringkat di SERPs. Meskipun persaingan keyword yang di target memiliki persaingan yang sangat kuat, kebanyakan teknik ini berhasil. Tekniknya diantaranya adalah:

  • Keyword Stuffing - Memadatkan kata kunci, spam keyword!
  • Invisible Text - Menghilangkan tulisan mengikuti background, biasanya tulisan kata-kata keyword
  • Doorway atau Cloaked Pages - Memanipulasi halaman web dan keyword, pengunjung masuk ke laman kolom "pencarian" web tersebut yang menampilkan banyak artikel dalam satu laman web; dan
  • Scraper Pages (Web Scraper & Auto Generated Page) - Aplikasi terselubung untuk Copy & Paste ribuan artikel di berbagai situs, dan secara otomatis menerbitkannya di dalam blog tersebut.

Baca Juga: Pengertian Auto Generated Content Blog.

#3. Pengertian Gray Hat SEO (BHS)

Teknik ini gabungan dari WHS dan BHS, yakni memadukan, gabungan, atau menyatukan kedua teknik tersebut. Caranya mudah tapi web blog kita rawan di hapus oleh Google (Blogger/Blogspot).

Baca Juga: Google Plus adalah Backlink Terbaik!

Beberapa tekniknya adalah Cloacking, Paid Links, Duplicate Content dan masih banyak lagi. Teknik ini tidak dianjurkan sebab masih rawan dihapus Google, apalagi blog saya juga pernah dihapus karena menggunakan teknik ini.*

1 Response to "3 Jenis Teknik SEO: White, Black dan Gray Hat SEO"

  1. Mas saya mau tanya nih. Jadi ada sebuah situs beralamat : subdomain.domainnya.com nah di situs itu semua postingan saya dan kawan lain juga ada di sana entah diposting manual atau robot dan tanpa sumber juga, artikel sama persis cuma beda penutup sedikit. Itu website apa ya mas klo yg seperti itu ?

    ReplyDelete

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.