11 Cara Menulis Konten Berkualitas agar Disukai Google ala Algazali Officials

SEBENARNYA cukup menggelitik ketika saya menulis seperti judul diatas, pakai acara "ala algazali officials" pula haha.... Tapi, mau gimana lagi yakan. Setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda, punya tips dan trik yang berbeda-beda. Makanya saya bikin cara menulis konten berkualitas agar disukai google ala algazali officials.

11 Cara Menulis Konten Berkualitas agar Disukai Google ala Algazali Officials

Menulis artikel di blog itu sebenarnya rada-rada rumit. Namun, kalau sudah terbiasa, menulis konten berkualitas akan jauh lebih mudah karena Anda sudah terbiasa melakukannya. Ada 10 poin penting yang wajib Anda perhatikan, ialah:

  1. Konten panjang & bermanfaat
  2. Kata kunci atau keyword yang di target berdasarkan LSI Keyword
  3. Mengulang judul (boleh sama atau hampir sama) dengan keyword yang di target, dengan cara memanfaatkan Sub Heading (H2)
  4. Memasang deskripsi artikel dengan tepat berdasarkan LSI Keyword pula
  5. Mengulangi judul artikel di akhir artikel, baik secara manual maupun otomatis (otomatis karena sudah terpasang di dalam template blogger, tampak di artikel ini dengan akhiran "terima kasih sudah membaca artikel ini....")
  6. Adanya fitur "0 response" terhadap artikel
  7. Memasang link internal yang relevan atau saling berkaitan dengan pembahasan konten
  8. Cukup memasang kata kunci di awal, pertengahan dan akhir artikel cukup sekali saja
  9. Menambahkan gambar & video yang relevan dengan isi artikel
  10. Melakukan custom permalink atau URL posting tepat sebelum dipublikasikan
  11. Menggunakan template blogger seo premium, berkualitas terbaik dari pada yang lainnya
  12. Memasang judul di gambar, Title Text & Alt Text (Properties)

Cukup banyak, kan? Itu hanya di dalam posting. Belum lagi Anda harus berurusan dengan yang namanya template blogger. Untuk lebih lengkapnya, sila di simak baik-baik dibawah ini karena akan dibahas satu per satu.

11 Cara Menulis Artikel Berkualitas untuk Google ala Algazali Officials


#1. KONTEN PANJANG & BERKUALITAS

Kalau boleh jujur, panjang atau tidaknya sebuah artikel, menurut saya pribadi itu tidak penting. Yang penting, bagaimana caranya Anda bisa memberikan kepuasan kepada pengunjung ketika membaca artikel tersebut.

Kepuasan pembaca biasanya digambarkan ketika pembaca meninggalkan komentar di artikel berkualitas tadi. Mereka tidak segan-segan berterima kasih karena pembahasan yang diulas jauh lebih lengkap dan lebih baik dari konten sejenis yang ada di blog orang lain.

Faktanya.... Google menyukai konten panjang, sedangkan pengunjung menyukai konten yang singkat, padat dan jelas. Nah... sangat dilema ketika Anda dihadapkan dengan dua fakta barusan.

#2. KATA KUNCI ATAU KEYWORD BERDASARKAN LSI KEYWORD

Kata kunci yang di target di dalam artikel berdasarkan LSI keyword, pada faktanya berhubungan langsung dengan algoritma google terbaru, yakni algoritma rankbrain. Pembahasannya sudah pernah dibahas di blog ini, pengertian rankbrain: algoritma terbaru google dan efeknya.

LSI keyword secara sederhana bisa diartikan sebagai kueri atau kata kunci lanjutan. Untuk menerapkannya sangat mudah, yang paling penting ada paham bagaimana terkait komunikasi bahasa indonesia yang baik dan benar.

Misalnya, dalam membuat judul artikel seperti Membuat Kue.

1. Cara Buat Kue
2. Cara Membuat Kue

Mana yang lebih tepat? Sudah pasti nomor dua. Ya, nomor dua merupakan kata kunci terbaik jika dibandingkan dengan nomor satu. Kata MEM dari kata Mem-bantu, - kata bantu, pada faktanya mempengaruhi hasil pencarian SERP artikel di mesin pencari Google.

Itu contoh sederhana pada judul. Bagaimana jika diterapkan di dalam artikel? Caranya hampir sama dengan menargetkan kata kunci seperti Long Tail Keyword.

Keyword yang di target merupakan keyword yang panjang. Semuanya harus tampak relevan sesuai kueri lanjutan berdasarkan bahasa indonesia secara baku dan berdasarkan algoritma rankbrain.

#3. MENGULANGI JUDUL (BOLEH SAMA ATAU HAMPIR SAMA) DENGAN KEYWORD YANG DITARGET, MEMANFAATKAN SUB HEADING H2

Untuk mengulangi judul konten, boleh sama atau hampir sama. Sering kali saya tidak menyamakannya, tujuannya sederhana.... agar tidak tampak spam atau mengulangi kata kunci secara membabi-buta. Kalau terbiasa melakukan spam, bisa-bisa blog Anda dihapus oleh Google.

Maka, pastikan bahwa Anda mengulangi judul konten dengan memanfaatkan fitur Sub Heading H2 pada isi artikel.

#4. MEMASANG DESKRIPSI ARTIKEL DENGAN TEPAT BERDASARKAN LSI KEYWORD

Pembahasan nomor 4 ini hampir sama dengan nomor 2 diatas. Yang paling penting, pengisian deskripsi artikel harus cocok dan sesuai dengan isi pembahasan artikel. Tidak boleh salah sama sekali.

Pengisian deskripsi pun boleh Anda pasang dengan berbagai LSI keyword yang bisa ditarget. Yang pasti, tidak boleh melebihi 150 karakter atau huruf yang telah ditentukan. Jika lebih, bagaimana? Boleehhh... Kadang-kadang pun, saya mengisi deskripsi artikel melebihi kapasitas 150 karakter hehe.

#5. MENGULANGI JUDUL DI BAGIAN AKHIR ARTIKEL

Pengulangan judul artikel itu bisa diterapkan dengan dua cara yang berbeda. Yang pertama, membuat "terima kasih sudah membaca artikel dengan judul blablabla..." secara manual atau menulis langsung di dalam artikel. ....yang kedua, membuat kalimat serupa secara otomatis.

Untuk pembuatan otomatis, pembuatannya pun harus dilakukan di dalam template blogger. Ada beberapa tag kondisional yang perlu ditambahkan, dan biasanya... fitur seperti ini sudah terpasang di dalam template blogger premium. Saya kurang mengerti bagaimana pemasangannya. Hehehe.

Sebagai contoh, Anda bisa melihat dibagian akhir artikel ini. Lihat gambar dibawah ini:

11 Cara Menulis Konten Berkualitas agar Disukai Google ala Algazali Officials

#6. ADANYA "0 RESPONSE JUDUL ARTIKEL" DIATAS KOLOM KOMENTAR

Tahukah Anda bahwa tulisan seperti "0 response" dengan tambahan judul artikel sebenarnya memperkuat dan meningkatkan SEO pada artikel? Coba Anda diagnosis menggunakan SEOquake. "0 response" dengan judul artikel seringkali di beri tag dengan H4.

11 Cara Menulis Konten Berkualitas agar Disukai Google ala Algazali Officials

Bayangkan... Jika judul artikel sudah dipasangkan pada H1 (single post), H2 pada subheading, judul artikel pada akhir artikel, serta judul artikel diulang kembali pada "0 response", bukankah itu memperkuat SEO artikel?

#7. MEMASANG LINK INTERNAL RELEVAN (BERKAITAN)

Internal link merupakan salah satu faktor SEO dari 200 faktor SEO google yang ada. Perhatikan situs Wikipedia, situs tersebut memasang begitu banyak internal link dalam satu artikel. Fakta pun berbicara, bahwa internal link di dalam artikel turut menaikkan kualitas SEO pada artikel.

11 Cara Menulis Konten Berkualitas agar Disukai Google ala Algazali Officials

#8. MEMASANG KATA KUNCI DIAWAL, PERTENGAHAN & AKHIR ARTIKEL SEKALI SAJA

Untuk memasangkannya pun, Anda harus mengetahui LSI Keyword yang Anda target berdasasrkan isi artikel tersebut. Tidak perlu membabi-buta untuk memasukkan kata kunci berdasarkan LSI Keyword.

Pengulangannya pun cukup dilakukan hanya satu kali, tepat di awal artikel, di tengah artikel dan di bagian akhir artikel. Setiap pemasangannya pun, pastikan menggunakan LSI keyword yang berbeda-beda namun tetap relevan untuk memperkuat kualitas SEO artikel.

#9. MENAMBAHKAN GAMBAR & VIDEO YANG RELEVAN

Tahukah Anda bahwa gambar dan video yang relevan memperkuat seo artikel? Apalagi gambar yang dimasukkan ke dalam artikel merupakan gambar dengan kualitas tinggi (HD)?

Faktanya.. Semakin tinggi kualitas gambar yang Anda masukkan ke dalam artikel, semakin mudah artikel berada di halaman pertama (pageone) dan berada di urutan pertama pada hasil pencarian SERP google.

#10. MELAKUKAN CUSTOM PERMALINK URL POSTING

Sebelum mempublikasikan artikel, pastikan bahwa Anda sudah melakukan custom permalink URL posting dengan kata kunci yang Anda target.

Misalnya, judul posting yang akan dibuat adalah Pengertian JV AdSense:
(http://tipsseokiller.blogspot.co.id/2016/04/pengertian-jv-adsense.html).

Maka, untuk melakukan custom permalink yang dibutuhkan, cukup di edit seperti gambaran berikut:
http://tipsseokiller.blogspot.co.id/2016/04/apa-itu-jv-adsense.html.

Terlihat perbedaan yang mencolok pada kata pengertian dan apa itu di permalink custom. Meski pun berbeda, tujuannya tetap satu. Saya yakin, Anda paham apa yang saya maksud.

#11. MENGGUNAKAN TEMPLATE BLOGGER SEO PREMIUM

Jika Anda cukup memiliki modal, cobalah untuk membeli template blogger premium. Pastikan template blog yang Anda beli sesuai dengan tema atau topik pembahasan blog Anda (niche blog).

Template blog untuk seri premium atau berbayar biasanya memiliki fitur yang lebih SEO, baik itu dari sisi meta tags, responsive, kecepatan loading blog, dan bagaimana desain atau tampilan website pada nantinya.

Template blog yang baik dan berkualitas merupakan salah satu faktor bagaimana cara Anda memenangkan hasil pencarian SERP artikel yang Anda buat. Percayalah!

#12. MEMASANG JUDUL DI GAMBAR: TITLE TEXT & ALT TEXT

11 Cara Menulis Konten Berkualitas agar Disukai Google ala Algazali Officials

KESIMPULAN

Dari sekian banyak poin-poin yang dibahas, cuma ada dua hal yang memang benar-benar dan wajib Anda perhatikan. Menggunakan LSI Keyword yang paling relevan dan menggunakan template blogger terbaik. Good luck!

2 Responses to "11 Cara Menulis Konten Berkualitas agar Disukai Google ala Algazali Officials"

  1. apakah tidak masalah memasang banyak internal link dalam satu post mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu pasti juga mas, tapi yang pernah saya baca itu paling banyak 4, minimal 2 buah internal link.

      Kalau eksternal link sebaiknya tidak lebih dari 2 buah, takutnya dianggap spam.

      Kalau mas dapet informasi yang lebih pasti, boleh dikoreksi kok mas.

      Delete

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.