5 Cara Menemukan Long Tail Keyword yang Berkualitas Tinggi

5 Cara Menemukan Long Tail Keyword yang Berkualitas Tinggi
Apa pengertian long tail keyword? Bagaimana cara memilih dan menemukan long tail keyword yang berkualitas dan bernilai tinggi?

Di artikel sebelumnya, saya bahas dampak & pengaruh long tail keyword pada SEO artikel di situs milik kita, dan kali ini tentang bagaimana menentukan long tail keyword yang tepat dan benar.

Apa itu long tail keyword?

Pengertian long tail keyword adalah keyword turunan bersumber langsung dari keyword utama.

Long tail keyword ini merupakan kata kunci yang terdiri lebih dari satu kata, tidak seperti short tail keyword yang artinya hanya fokus pada kata satu "kata kunci" saja.

Contoh: Kata kunci utama adalah "Mie", maka long tail keyword yang akan digunakan nantinya terdiri dari beberapa kata kunci, seperti:

  • Cara membuat mie
  • Cara agar mie lembut
  • Awal mula dan sejarah mie; dan
  • Akan lebih banyak dari itu.

Lalu bagaimana cara menggunakan long tail keyword? Tahap apa-apa sajakah yang harus kita lakukan terlebih dahulu sebelum memilih dan menentukan long tail keyword nanti?

Baca Juga: Perbandingan SEO short tail & long tail keyword.

Memahami "Pergerakan" Bot-Google terhadap Long Tail Keyword

Kita harus memahami bahwa SEO artikel itu sudah basi, seperti memasang kata kunci di awal, tengah dan akhir artikel...

...kepadatan kata kunci (keyword density); atau memasang judul kedua kalinya di tengah artikel dengan sub-heading (h2).

Pada faktanya, Google kini telah berkembang, ada beberapa teknik yang dijadikan oleh bot-google untuk memastikan apakah suatu artikel pantas di Pageone atau tidak, yakni:

  1. (Durasi waktu) Seberapa lama pembaca "berada" di blog kita
  2. Berapa kali artikel kita di pilah-pilah dari satu ke lainnya (Pageviews/Bouncerate)
  3. Seberapa banyak artikel kita direkomendasi; dan
  4. Human Friendly - Berhubungan dengan template web blog, situs atau website

"Human Friendly" ini memiliki arti yang sangat luas seperti Fast Loading, Mobile Friendly, Responsive, artikel enak dibaca, tampilan situs tidak bikin sakit mata pengunjung, dan banyak lagi.

5 Cara Menemukan Long Tail Keyword yang Berkualitas Tinggi


Setidaknya ada beberapa situs atau tools yang membantu kegiatan kita untuk menemukan berbagai hal yang berkaitan dengan "long tail keyword", tutorialnya seperti berikut.

#1. Google Adwords

  1. Masuk ke Google Adwords terlebih dahulu
  2. Tools > Keyword Planner
  3. Klik menu "Search for new keyword and ad group ideas"

Sampai disini silahkan masukkan kata kunci utama yang di target pada kolom "Your product or service", targeting-nya pilih Indonesia.

Silahkan tekan tombol "Get Ideas" maka hasilnya akan terlihat.

Melalui perhitungan yang ditampilkan Adwords, kita akan melihat nilai atau persentase persaingan dari satu kata kunci long tail keyword dengan lainnya di SERPs.

#2. Ubersuggest

Saya rasa Ubersuggest lebih baik dibandingkan yang lainnya karena menampilkan kata kunci long tail keyword yang tidak terlihat, langka dan jarang digunakan.

Yap, Ubersuggest kini telah dialihkan ke situs keywordtool.

#3. Google Webmaster Tools atau Google Analytics

Jika web blog, situs atau website kita sudah memiliki trafik yang cukup tinggi, secara tidak langsung beberapa keyword akan tercatat di GWT maupun Google Analytics.

  1. Masuk ke GWT atau Google Analytics
  2. Search Traffic > Search Queries

Salah satu sifat kedua situs ini adalah mencatat beberapa long tail keyword yang berhasil mengarahkan keyword tersebut ke artikel kita.

#4. Menemukan Long Tail Keyword di Kolom Penelusuran

Manfaatkan kolom pencarian "penelusuran yang terkait dengan #keyword" pada hasil SERPs yang ditampilkan.

Misalnya kita mengetik bisnis usaha di kolom Google, maka yang muncul di hasil penelusuran yang terkait dengan "bisnis usaha" adalah:

  • Bisnis usaha kecil yang menguntungkan
  • Bisnis usaha online
  • Bisnis usaha modal kecil
  • Bisnis usaha rumahan

Itu adalah sekumpulan atau daftar long tail keyword dari keyword "bisnis usaha".

Setidaknya catatlah di notepad karena nantinya kumpulan long tail keyword tersebut akan kita maksimalkan di dalam artikel yang akan kita buat.


#5. Logika & Realistis Pemikiran Manusia

Kita harus memaksakan otak kita untuk bekerja ekstra lebih keras untuk menebak-nebak long tail keyword apa yang pantas untuk dipasangkan di dalam artikel.

Sejak awal ngeblog, tutorial ke empat inilah yang saya gunakan, sesekali bantuan tools diatas. Sifatnya luas, tidak terbatas. Kita juga tidak terpaku dengan kata kunci yang ditampilkan dari tiga tools diatas.

Yang pasti, otak kita akan diperas untuk menebak-nebak, kira-kira pengunjung tersebut akan mengetik long tail keyword seperti ini atau tidak, dan ini, dan itu, dan banyak lagi.*

0 Response to "5 Cara Menemukan Long Tail Keyword yang Berkualitas Tinggi"

Post a Comment

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).