Cara Mendapatkan Long Tail Keyword yang Tepat & Berkualitas Tinggi

SETELAH beberapa kali membahas terkait LTK, kali ini tentang bagaimana cara mencari, memilih, mendapatkan dan menentukan long tail keyword yang tepat dan berkualitas tinggi.

Cara Mendapatkan Long Tail Keyword yang Tepat & Berkualitas Tinggi

Pengertian apa itu Long Tail Keyword (LTK) adalah kata kunci yang terdiri dari 4 kata atau lebih dari itu, sebagai contoh ialah Cara Membuat Artikel atau Posting Blog yang Menarik.

Long Tail Keyword tentu berbeda Short Tail Keyword (STK). Kalau LTK terdiri lebih dari 4 suku kata, sedangkan STK hanya terdiri dari dua suku kata saja.

Baca Juga: Pengertian Head, Body & LTK.

EFEK & TUJUAN MENERAPKAN LONG TAIL KEYWORD DI ARTIKEL BLOG

Content, still is king! Artikel adalah raja.....

Sebaik-baiknya artikel ialah artikel yang dipecah menjadi dua bagian, satu sisi untuk para pembaca (sudah pasti konten berkualitas)... dan artikel yang dibuat untuk mesin pencari.

Memasukkan kata kunci Long Tail Keyword di dalam posting blog sangat mempengaruhi hasil pencarian artikel blog Anda di SERP.

Cara Mendapatkan Long Tail Keyword yang Tepat & Berkualitas Tinggi

Jika LTK yang Anda bidik sudah benar dan tepat, bukan tidak mungkin peringkat konten Anda berada di halaman pertama (PageONE) dan di urutan pertama hasil pencarian SERP.

Efek dari LTK sendiri sebenarnya sudah saya bahas di posting sebelumnya, disini: EFEK Long Tail Keyword pada SEO artikel dan SEO website milik Anda.

Cara Mencari & Memilih Long Tail Keyword yang Tepat


#1. MEMANFAATKAN GOOGLE ADWORDS (KEYWORD TOOL / KEYWORD PLANNER)

Google AdWords, sejatinya adalah sebuah program periklanan yang difungsikan untuk mengiklankan produk, situs atau website milik Anda secara pribadi di pencarian Google.

Namun, bukan itu yang akan kita lakukan, melainkan memanfaatkan fitur-fitur keyword tools atau keyword planner yang ada di Google AdWords.

  1. Akses website https://adwords.google.com/ > Lakukan login dengan email Anda
  2. Pilih Tools > Keyword Planner
  3. Muncul kotak dialog "Search for New Keyword and Ad Group Ideas"
  4. Pada bilah menu Enter one or more of the following, masukkan kata kunci yang di target, misalnya Cara Sukses
  5. Jangan lupa, ubah Targeting ke Indonesia > klik tombol Get Ideas

Disini... Anda akan melihat beberapa kata kunci kueri lanjutan yang berkaitan langsung dengan keyword Cara Sukses seperti:

  • cara sukses berdagang
  • rahasia menjadi orang sukses
  • cara sukses di usia muda
  • sukses dan kaya
  • cara sukses bisnis online
  • cara sukses berbisnis
  • cara sukses dalam islam
  • cara sukses berbisnis pulsa

Nah, Anda akan diberi kueri-kueri lanjutan yang paling sering dicari, seperti jumlah pencarian perbulannya, nilai kompetitor atau tingkat persaingannya, serta nilai sugesti yang diberikan.

#2. MEMANFAATKAN PENELUSURAN YANG TERKAIT

Poin nomor 2 ini merupakan cara yang paling sederhana. Cukup memasukkan kata kunci yang Anda target, maka hasil penelusuran yang terkait akan ditampilkan. Lihat gambar:


#3. MENGGUNAKAN WEBSITE KEYWORDTOOL.IO

Keywordtools IO ini merupakan tools yang paling sering saya pakai untuk mendapatkan Long Tail Keyword.

Kata kunci yang ditampilkan, pada faktanya tidak terdaftar di Google Keyword Planner (GKP). Masuk ke halaman KTIO, disini: http://keywordtool.io/

Mengapa harus Menggunakan Long Tail Keyword?


Long tail keyword pada faktanya merupakan kata kunci yang memiliki tingkat pencarian yang kecil, akan tetapi memberikan pengunjung blog yang terbesar untuk Anda.

Mengapa demikian?

Para calon pengunjung atau pembaca blog, akan memasukkan kata kunci LTK ketika ingin mencari sebuah artikel. Bukan hanya sedekar 1 kata kunci (short tail keyword) saja, itu tidak mungkin. Sebagai contoh:

  1. Cara Sukses (short tail keyword)
  2. Cara Sukses Bisnis Rumahan yang Menguntungkan (long tail keyword)

Meski pun tingkat persaingannya rendah, secara tidak sengaja kita telah menargetkan kata kunci yang baik dan benar, serta tepat seperti yang apa pembaca inginkan.

Baca kembali poin EFEK TLK diatas....

Ciri-Ciri Long Tail Keyword Berkualitas


Ada beberapa ciri-ciri yang menggambarkan bahwa LTK yang Anda bidik merupakan LTK yang berkualitas dari pada yang lainnya.

Diantaranya memiliki tingkat persaingan yang mudah, volume pencarian tinggi, serta kueri lanjutan sesuai dengan pemikiran manusia pada normalnya.

KESIMPULAN

Saya sangat yakin, LTK yang Anda terapkan, baik itu di title tag, deskripsi blog maupun deskripsi artikel, maupun LTK yang disisipkan di dalam posting blog, akan mempengaruhi hasil SERP di search engine mana pun, baik itu Bing, Yahoo, Yandex, apalagi Google. Good luck!

0 Response to "Cara Mendapatkan Long Tail Keyword yang Tepat & Berkualitas Tinggi"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.