3 Cara Mengetahui Backlink Blog dengan Jumlah yang Akurat 100%

MASIH berhubungan dengan SEO, dalam beberapa tahun ini memang banyak yang berubah, tetapi.. dari sekian banyak perubahan yang terjadi, BACKLINK tetap menjadi salah satu faktor kuat yang menentukan kesuksesan sebuah blog di hasil pencarian mesin pencari.

3 Cara Mengetahui Backlink Blog dengan Jumlah yang Tepat & Akurat 100%

Jika sebelumnya blog Anda memiliki peringkat teratas berdasarkan jumlah backlink yang didapatkan oleh blog, sejak awal tahun 2015, tepat pembaharuan algoritma Google Penguin, itu semua berbalik arah menjadi seberapa banyak backlink kualitas yang masuk ke situs Anda.

Semisal... Seandainya sebuah blog memiliki backlink berkualitas dengan jumlah sebanyak 5 buah, itu akan sangat jauh lebih baik jika dibandingkan dengan jumlah backlink sebanyak 50 buah namun tidak berkualitas.

  • 5 Backlink Berkualitas: Sangat Baik
  • 50 Backlink tidak Berkualitas: Tetap dianggap Backlink biasa saja

Nah.. Yang menjadi pertanyaan kali ini adalah bagaimana cara mengecek backlink blog secara tepat dengan jumlah backlink yang diberikan merupakan informasi yang akurat? Hmm.. Simak baik-baik dibawah ini.

3 Cara Mengetahui Backlink Blog dengan Tepat 100%


Perlu diketahui, panduan pada artikel ini mengharuskan Anda untuk menggunakan tools tertentu yang telah saya pilih dan tentukan dengan berbagai alasan yang tidak bisa saya sebutkan.

#1. SEMRUSH

Dengan memanfaatkan tools SEMRush ini, Anda akan mendapatkan informasi seberapa banyak jumlah backlink yang tersemat di situs atau website Anda. Lebih dari itu, Anda juga bisa mengecek backlink blog pesaing Anda.

Memang, tools satu ini tidak gratis karena untuk menggunakannya Anda harus membeli dengan harga $149. Namun, jangan khawatir karena Anda bisa menggunakan versi trial dalam jangka waktu selama 14 hari.

Pada faktanya, SEMRush tools memiliki database yang luas serta terus diperbaharui tiap harinya, sehingga pemeriksaan backlink yang dilakukan pada blog menghasilkan jawaban yang akurat.

#2. AHREFS SITE EXPLORER & BACKLINK CHECKER

AHrefs adalah salah satu tools backlink checker blog terbaik yang pernah dibuat. Untuk menggunakannya, ada dua metode yang bisa Anda pilih, apakah ingin menggunakan AHrefs secara gratis atau berbayar (premium).

Terdapat perbedaan yang mencolok antara kedua versi ini, gratis dan berbayar. Tentu saja dari fitur yang ditampilkan.

Untuk versi gratis sendiri, Anda akan ditampilkan informasi terkait backlink & informasi terkait lainnya sebanyak 5 buah, sedangkan untuk versi berbayar, sudah pasti mendapatkan informasi dengan rincian yang sangat jauh lebih lengkap dari pada versi gratis.

#3. MOZ: RESEARCH TOOLS OSE

MOZ merupakan salah satu website yang memiliki ahli dan master SEO yang bernama Rand Fishkin, CO-Founder MOZ Blog membahas seputar panduan SEO bagi pemula.

Baca Juga: Pengertian SEO menurut ahli, Rand Fiskin.

Untuk mengecek backlink dari sebuah situs, caranya sangat mudah. Akses halaman Open Site Explorer: Link Research & Backlink Checker. Anda tinggal mengisi alamat URL blog. silahkan tekan tombol ENTER.

PERMASALAHAN & SOLUSI

Permasalahan yang sering terjadi bagi blogger-blogger yang mencoba menerapkan cara diatas namun hasil checker backlink blog yang dicoba mengalami kegagalan, kemungkinan terbesar ada dua penyebab, yang pertama adalah blog Anda baru saja dibuat dan yang kedua adalah adanya akhiran domain blogspot.co.id.

Untuk blog yang baru saja diciptakan, sudah dipastikan tidak memiliki backlink. Akan tetapi, permasalahan bagi domain blog gratis seperti blogspot.co.id, bisa diatasi dengan trik mengganti blogspot.co.id menjadi blogspot.com.

Baca Juga: Efek Perubahan Blogspot.com menjadi Blogspot.co.id.

KESIMPULAN

Jika Anda butuh kesimpulan, jawabannya adalah Anda bisa mengecek backlink blog dari kompetitor atau pesaing Anda. Apalagi jika Anda adalah salah satu blogger yang mengikuti kontes SEO, tentu pengecekan ini sangat penting untuk dilakukan.

Lebih dari itu, dengan pembaharuan algoritma Google Penguin pula, apabila sebelumnya Anda menerapkan SEO negatif, tentu 3 tools diatas sangat berperan penting.

Following the Penguin update, if you are hit with negative SEO, this will be a lifesaving tool for your site, as you can get all the link details along with a percentage breakdown of anchor text pointing to your site. - shoutmeloud.

Good luck & happy blogging!

Source: http://www.shoutmeloud.com/5-free-online-backlink-checker-tools.html

2 Responses to "3 Cara Mengetahui Backlink Blog dengan Jumlah yang Akurat 100%"

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.