Cara Membuat Daftar Isi Blog (Sitemap) Sederhana dengan Aman

DAFTAR isi blog, sitemap blog, atau indeks artikel pada situs sangat penting untuk dipasangkan di blog. Tujuannya sangat sederhana, yakni mempermudah pengunjung blog untuk memilah-milah artikel yang telah kita tulis.

Cara Membuat Daftar Isi Blog (Sitemap) Sederhana dengan Aman

Bahkan, Google sendiri menyarankan kepada kita, sebagai admin website, untuk membuat sitemap blog. Menurut beberapa para pakar dan ahli master seo, pemasangan daftar isi juga sangat baik untuk optimasi search engine.

Cara Membuat Daftar Isi Blog (Sitemap) Sederhana


1. Buat terlebih dahulu halaman statis atau static page dengan judul Sitemap atau Daftar Isi. Pastikan bahwa Anda membuat judulnya terlebih dahulu untuk menghindari kesalahan link URL ketika dipublikasikan.

2. Copy dan paste kode dibawah ini tepat dibagian HTML (bukan compose).

<div style="background-color: none; height: 500px; margin: auto; overflow: auto; padding: 3px; text-align: left; width: 100%;">
<script src="http://bloggergubug.googlecode.com/files/daftarisi.js"></script><script src="http://www.ariefghozaly.com/feeds/posts/default?max-results=999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script></div>

3. Simpan & publikasikan halaman statis tersebut. BERES!

PERHATIAN

Pastikan bahwa Anda telah mengubah link URL yang berwarna merah diatas dengan link URL blog milik Anda sendiri.

KESIMPULAN

Kode diatas sangat aman untuk digunakan karena kode tersebut diciptakan tanpa adanya sisipan link yang berbahaya, serta penerapan pemasangannya pun sangat mudah untuk dilakukan.

Simple, putih dan bersih, bahkan daftar isinya pun berdasarkan kategori atau per label. Good luck & happy blogging!

3 Responses to "Cara Membuat Daftar Isi Blog (Sitemap) Sederhana dengan Aman"

  1. Bagus itu mas, tapi sayang sepertinya kode yang di host di delet sama yang punya, jadi gak fungsi lagi script nya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus banget malah mas. Untuk kode yang dihapus, bukan dihapus sama yang punya mas. Tapi ada kebijakan terbaru google, saya lupa, intinya kita wajib memindahkan penyimpanan kode-kode tersebut ke tempat yang sudah disediakan, sedangkan pada host tersebut akan dihapus.

      Informasinya ada tuh di contohblog, coba tanyain ke laman Q&A nanti di jawab kok. Saya lupa rincian penjelasannya gimana hehehe.

      Delete
    2. Oh pantes, banyak blog sekarang sitemap nya pada gak fungsi. Hehe..

      Delete

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.