Rahasia SEO Blog: Peran Penting Dynamic Heading Tag Blog SEO

Rahasia SEO Blog: Peran Penting Dynamic Heading Tag Blog SEO
Bagaimana efek dynamic heading tag blog SEO untuk ranking artikel di SERPs serta web blog, situs atau website tersebut?

Salah satu ikhtiar memperkuat SEO adalah dengan mengubah tag heading default menjadi dynamic heading tag, tujuannya agar blog dan artikelnya mudah terindeks oleh mesin pencari.

Heading Tag (H1, H2, H3) adalah tag yang paling penting di dalam template blog. Ketiga elemen penting tersebut nantinya akan diindeks (crawl) - terutama Google untuk ditampilkan di SERPs.

Baca Juga: Cara Memilih dan Menentukan Long Tail Keyword Artikel.

Bagi blogger baru (newbie, baru ngeblog), Heading Tag merupakan Nama Blog dan Judul Blog di dalam posting, konten atau artikel. Heading Tag itu dikenali dengan sebutan kode H1, H2, H3, dst.

Google menyebutkan, Heading Tag (bisa disebut juga Header Tags) merupakan "pengenalan" kepada bot (crawler) untuk mengindeks sebuah konten dan blognya.

Secara default, web blog yang menggunakan platform Blogger menggunakan tag H1 untuk nama / judul blog, H2 untuk judul2 konten, dan H3 untuk widget2 blog serta related posts. Sebenarnya itu sudah sangat bagus namun kurang tepat, sehingga bisa dioptimalkan lagi sebaik mungkin agar lebih SEO-Friendly.

Dynamic Heading Tag SEO


Istilah lainnya dikenal dengan sebutan Heading Tags Dinamis, dimana ketika sebuah laman berpindah posisi maka tags2 akan berubah fungsinya.

Jika di homepage, maka H1 akan berada di Nama Blog, widget akan menggunakan tag H2, sedangkan untuk H3 kasusnya berbeda2; bisa saja H3 untuk artikel terbaru berdasarkan kategori / label di bagian Footer template atau H3 untuk widget2 tertentu.

Untuk di dalam konten, Heading Tags SEO akan mengalami perubahan secara otomatis. Tags H1 untuk Judul artikel, konten atau posting blog; H2 untuk Nama Blog dan widget2, dan tags H3 bisa saja kasusnya berbeda2 seperti untuk widget Related Posts, kolom komentar, atau "0 response for..." dst.

Baca Juga: Arti dan Makna SEO Friendly.

Pada umumnya, sebuah template blog SEO tentu sudah terpasang Heading Tags SEO atau tag heading dinamis. Intinya H1 itu sangat penting dan paling diutamakan, H2 penting, H3 biasa saja, H4 tidak penting, dan H5 anggap saja tidak ada.

Bagaimana dengan blog ini? Sudah tentu dong menggunakan Heading Tags SEO hehe.

HOMEPAGE:

  • <H1> Nama blog
  • <H2> Judul artikel

SINGLE POSTS:

  • <H1> Judul artikel
  • <H2> Nama blog dan widget blog di sidebar
  • <H3> Sub-Heading di dalam artikel
  • <H4> "0 response for..." dan widget related posts

Untuk mengetahui Tags Heading Dinamis, kita bisa menggunakan tools SEOquake yang tersedia secara gratis di peramban browser Google Chrome maupun Mozilla Firefox.*

Baca Juga: Perbandingan SEO: Short dan LTK.

Rahasia SEO Blog: Peran Penting Dynamic Heading Tag Blog SEO


Di dalam ilmu SEO, efek Tags Heading SEO ini sangat berperan penting, terutama dibagian single posts atau di dalam artikel.

Jika sebuah blog sudah menggunakan Tags Heading SEO maka judul artikel akan berada di tag H1. Itu artinya judul berada di tag yang paling diutamakan, itu juga artinya H1 itulah yang pertama kali yang akan di indeks oleh robot mesin pencari.

Untuk tag H2 biasanya akan digunakan untuk nama2 widget di sidebar dan footer blog. H3 untuk sub-heading artikel apabila ada ditambahkan, serta H3 juga untuk related posts dan lainnya.

Sebagaimana yang telah dijelaskan di artikel UX Experience Algorithm, H3 yang berlaku untuk sub-heading di dalam artikel sudah tidak berlaku lagi. Ada pun beberapa faktor yang mempengaruhi ranking artikel di SERPs yakni:

  1. Seberapa lama artikel dibaca
  2. Fast Loading, Mobile-Friendly dan Responsive
  3. Internal Link dan Eksternal Link
  4. Video di dalam artikel, dan masih banyak lagi

Baca Juga: Cara Mengecilkan Persentase Bounce Rate Blog.

Big thanks to Vertical Measures yang telah menjelaskan perihal ini, beliau mengatakan H2, H3, H4 dst memang penting tapi jauh lebih pentingnya lagi adalah Dynamic Heading Tags SEO untuk tag H1.*

Ditulis oleh:

Blogger pemula (/Newbie-Class) - senang menulis apa pun yang saya anggap menarik. Just another your blogging inspirations :)

Labels: SEO

Thanks for reading Rahasia SEO Blog: Peran Penting Dynamic Heading Tag Blog SEO. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

0 Comment for "Rahasia SEO Blog: Peran Penting Dynamic Heading Tag Blog SEO"

Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.

Back To Top