EFEK Outbound Link: Benarkah Mempengaruhi Kualitas SEO pada Blog?

SEBELUM membahas ke inti permasalahan outbound link mempengaruhi kualitas seo pada blog, ada baiknya jika memahami terlebih dahulu terkait apa itu outbound link dan inbound link, serta perbedaan antara keduanya.

Outbound Link Mempengaruhi Kualitas SEO pada Blog

Pengertian apa itu outbound link adalah link yang keluar mengarah ke situs lainnya, dengan kata lain Anda memberikan backlink gratis ke situs yang dituju. Ini berbeda halnya dengan inbound link.

Perbedaan antara outbound link dan inbound link adalah kalau outbound link memberikan backlink (disebut juga dengan eksternal link), sedangkan inbound link bisa dikatakan backlink untuk kita, ialah link yang dari luar mengarah ke situs kita.

Pengaruh Outbound Link: Kualitas SEO pada Blog


Faktanya, pengaruh yang diberikan pada website kita atas outbound link yang telah kita lakukan adalah meningkatkan kualitas ranking website kita di search engine.

Mengapa demikian?

Seperti yang dijelaskan oleh Panduanim atas pengakuan John Mueller, Google Webmaster Trends Analyts, konsep WEB pada dasarnya saling berhubungan satu dengan yang lainnya. A menghubungkan ke B... B ke C... C ke D... dan seterusnya.

Hubungan atau kaitan link tersebut akan mendasari search engine Google untuk menilai sebuah situs apakah layak ranking blognya ditingkatkan atau tidak sama sekali.

Jika dijelaskan secara sederhana, link keluar yang mengarah ke blog orang lain (outbound link) akan dipercayai sebagai sumber artikel terpercaya.

Logikanya, jika Anda adalah seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas kuliah, tentu harus mengutip informasi yang Anda dapatkan dibagian akhir tugas kuliah. Begitulah.

KESIMPULAN

Meski pun memberikan kesan yang baik terhadap search engine Google, perlu diketahui bahwa untuk menerapkan cara outbound link, perhatikan bahwa outbound link harus relevan dan tidak boleh menerapkan outbound link dalam jumlah yang banyak dalam satu halaman halaman karena itu tidak wajar.

Yang jelas, apabila link yang Anda buat tidak menganggu dan tidak terlalu banyak, maka dipastikan bahwa itu sangat membantu pembaca atau pengunjung blog Anda. Good luck & happy blogging!

Sumber: The Google Leaked Panda 2016 Do & Don't List.

0 Response to "EFEK Outbound Link: Benarkah Mempengaruhi Kualitas SEO pada Blog?"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.