18 Fakta SEO Search Engine yang Benar, Bukan Mitos!

18 Fakta SEO Search Engine yang Benar, Bukan Mitos!
Fakta-fakta tentang SEO mesin pencari (Search Engine) yang benar, bukan mitos! terhadap web blog, situs atau website.

Pengertian apa itu SEO adalah suatu tindakan optimasi web blog, situs atau website terhadap mesin pencari Google, Bing, Yahoo, MSN, dan Yandex agar mendapatkan ranking yang bagus dan tinggi di SERPs.

Semakin bagus SEO sebuah situs, maka trafik organik pun semakin meningkat. Semakin meningkat trafik organik, tentu saja memperbaiki ranking situs kita di SERPs. Pada akhirnya, situs kita terkenal dan di kenal banyak orang, dan bahkan mampu mengalahkan para master SEO sekali pun! Why not? ;)

By the way.. Saya pernah mengulas definisi SEO menurut para ahli, silahkan disimak jika memang berkenan. Namun, kali ini yang kita bahas adalah soal fakta-fakta tentang SEO, entah itu menarik, aneh, unik atau apalah namanya.

Artikel ini berdasarkan pengalaman saya serta observasi yang saya lakukan secara pribadi. Jika dikatakan artikel ini adalah artikel copy & paste dari artikel orang lain, mohon maaf Anda salah orang hahaha.

18 Fakta SEO Search Engine yang Benar, Bukan Mitos!


#1. Teknik SEO itu Mudah

Bagi blogger yang sudah paham pasti mengatakan mudah. Toh, memang iya. Yang paling penting adalah membaca, gunakan nalar, masukkan ke pikiran, telaah lebih lanjut, observasi, lakukan cek atau test, dan itulah hasilnya.

Iqra', bacalah, begitulah ayat yang ada di dalam Al-Qur'an bagi umat muslim. Semua itu diawali dengan membaca. Tanpa membaca, kita tidak tahu apa-apa. Percaya apa yang saya katakan, bacalah.

#2. SEO Itu Sangat Luas

SEO itu mengikuti perkembangan bagaimana para pengguna menggunakan SE. Contohnya, pengguna SE saat ini didominasi via Smartphone, maka Google pun membuat algoritma MobileGeddon.

Setidaknya ada 200 faktor SEO yang menentukan ranking situs kita di SERPs. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Blogger template: Fast Loading, Responsive & Mobile Friendly
  2. Artikel, posting atau konten yang berkualitas
  3. Trafik organik, bounce rate, PA dan DA blog
  4. Internal Link dan Eksternal Link, dan masih banyak lagi.

#3. PageOne itu Penting, sedangkan Urutan Bebas

PageOne - halaman pertama - adalah wajib dan harus, sedangkan urutan dari 1 - 10 itu bebas. Kenapa? Karena ini berkaitan erat dengan trafik organik.

Baca Juga: Pengertian Trafik Organik dan Cara Mendapatkannya.

Semakin tinggi nilai trafik yang didapatkan hasil dari Organik, maka semakin meningkat pula ranking web blog kita di SERPs. Tentu ini akan sangat baik bagi perkembangan situs kita.

#4. Tinggi Trafik - Tinggi Penghasilan AdSense

Jika situs kita menggunakan program periklanan seperti Google AdSense maka satu hal yang harus kita sadari adalah bahwa semakin tinggi trafik maka semakin besar pula penghasilan AdSense kita.

Sebenarnya ada banyak cara bagaimana meningkatkan penghasilan Google AdSense, beberapa diantaranya triknya sudah pernah saya bahas, simak satu per satu dibawah ini:


#5. Hasil SEO adalah 2 Bulan Lamanya

SEO itu mudah, tapi masih mudah lagi Youtube jika dibandingkan diantara keduanya. Untuk hasil SEO yang sudah diterapkan, membutuhkan waktu setidaknya selama 2 bulan.

Jika tekniknya tepat dan benar 100% maka artikel blog kita bisa langsung PageOne. Tidak percaya? Salah satu blog saya pernah mengalaminya, hasilnya PageOne dan peringkat #2. Amazing ;)

#6. Page Authority & Domain Authority = Kualitas Situs!

Dulu kita mengenal Pagerank, sekarang diganti dengan Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) web blog, situs atau website. PA dan DA adalah gambaran kualitas situs kita.


#7. Dynamic Heading H1, H2, H3 dst = 100% SEO CHKME

Saya pernah buat artikel 100% SEO versi Chkme tidak mempengaruhi keberhasilan SEO, kenapa? Itu hasil observasi yang saya lakukan...

...dan benar, bahwasanya beberapa situs besar tidak memperdulikan 100% SEO ini.

#8. Pengunjung Tidak Pernah Scroll Halaman PageOne

Siapa pun Anda, entah itu saya, Anda, keluarga atau siapa saja, pasti malas meng-scroll halaman PageOne. Biasanya artikel 1-5 lah yang akan dilihat terlebih dahulu, jarang-jarang sampai ke bawah.

Maka dari itu, PageOne itu sangat penting, lagi pula hal ini juga berkaitan erat dengan trafik organik. Semakin bagus trafik yang didapatkan dari SE (organic), maka ranking situs juga semakin bagus di SERPs.

#9. Google Plus adalah Backlink Terbaik dan Berkualitas

Kenapa? Silahkan disimak disini, Google+ Backlink Berkualitas!

#10. Google Merajai Hasil Pencarian Pengguna

Pengguna internet mana pun memprioritaskan "Google" untuk mencari hal-hal penting, misalnya terdengar percakapan 2 orang, "Pengertian ekonomi apa sih?", lalu di jawab, "Googling saja..."

Itu salah satu contoh kasus. Mungkin Anda pun pernah mendengar atau berucap demikian? Lebih dari itu, Google juga menjadi rujukan para pengguna internet. Sebelum buka Facebook, biasanya pasti membuka Google terlebih dahulu.

Dan bahkan, halaman Default peramban browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome dan lainnya, pasti memilih Google untuk jadi halaman awal default dari salah satu browser tersebut.

#11. Jasa SEO Itu Penting? Tidak, Bro!

Poin #1 diatas saya katakan Iqra', bacalah. SEO itu tidak perlu di sewa atau di pakai karena kita bisa melakukannya. Bukan menggurui, memusuhi atau apa pun namanya, tidak.

Dari pada menghabiskan banyak uang untuk menyewa jasa SEO kenapa tidak mencobanya sendiri? Betul, gak? Mana tahu, setelah paham SEO, malah Anda sendiri yang bisa membuka jasa SEO bagi blogger pemula. Why Not?

#12. SEO Artikel Berkualitas

Wah kalau bahas soal cara membuat artikel SEO yang berkualitas, membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Salah satunya adalah judul artikel dan paragraf pertama.

Judul konten dan paragraf pertama setidaknya berisi keyword-keyword yang penting yang menyangkut terkait isi artikel apa yang akan dibahas nantinya.

(Pembahasan ini sangat luas, saya "close" saja).

#13. 10 Link URL Teratas (PageOne) Rawan Klik - Trafik Organik

Tiap-tiap page atau halaman di Google, terdiri dari 10 link URL situs yang memuat sebuah artikel. Ke-10 link URL artikel ini sangat rawan di klik sehingga menghasilkan trafik organik. Bagus!

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Trafik Organik.

#14. SEO Itu Berkaitan tentang Bisnis

Terlepas dari persoalan sewa-menyewa jasa SEO, sebenarnya SEO itu berkaitan erat dengan bisnis. Jika kita adalah pebisnis online, kita bisa mengoptimalkan SEO agar meraih banyak omset via web blog, situs atau website yang kita buat sebagai "Toko Online".

Tentunya, beberapa trik-trik yang harus dioptimalkan adalah:

  • SEO Offpage (Sosial Media)
  • SEO Onpage (Trafik Organik)
  • Template Blog (Dukungan tampilan)
  • Profil (Tentang Saya, Kontak, Alamat, dll)
  • Dan masih banyak lagi.

#15. Google Raja-nya Search Engine (SE)

Poin ini terkait #10 diatas, yakni bahwa penggunaan mesin pencari paling banyak digunakan per harinya adalah Google. Statistiknya ada di bawah, terdiri Bing, Baidu, Yahoo, AOL, Ask, dan lainnya.

  • Google: 4.464.000.000 Hasil Pencarian
  • Bing: 873.964.000 Hasil Pencarian
  • Baidu :583.520.803 Hasil Pencarian
  • Yahoo: 536.101.505 Hasil Pencarian
  • AOL, Ask & lainnya: 128.427.264 Hasil Pencarian

#16. Smartphone Pilihan Utama Pencarian

Berdasarkan statistik yang dikeluarkan Google - maaf sumbernya lupa, pengguna internet dunia saat ini mengakses internet menggunakan smartphone sebesar 70% dibandingkan PC yakni 30%.

Karena hal tersebut, Google mengeluarkan algoritma MobileGeddon ditahun 2015 lalu. Pembahasannya sudah saya jelaskan diartikel tersebut.

#17. Template Blog Itu Penting 100%

Dari sekian banyak faktor SEO, setidaknya ada 200, salah satunya adalah template blog. Apapun platform yang kita gunakan, entah itu Blogger atau Wordpress, template berperan penting!

Beberapa kriteria template blog yang disukai Search Engine (SE) adalah:

  • Fast Loading
  • Mobile Friendly dan Responsive
  • User Friendly (nyaman membaca teks artikel)
  • SEO Ready
  • Widget dukungan (artikel terbaru berdasarkan label/kategori, dan ini berkaitan erat dengan Bounce Rate situs)
  • Dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Mengecilkan/Menurunkan Bounce Rate Blog.

#18. Bagaimana Menurut Anda?

Cukup lelah mengumpulkan banyak informasi fakta-fakta terkait SEO ini. 95% adalah hasil observasi pribadi, 5% lagi dikutip dari berbagai sumber informasi.

Maka, bagaimana menurut Anda? Mungkin ada informasi yang dianggap kurang dimengerti, kurang jelas atau apapun itu. Saya ingin teman-teman juga berkontribusi di artikel ini dengan mengomentarinya. Tertarik? ;)

0 Response to "18 Fakta SEO Search Engine yang Benar, Bukan Mitos!"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.