Pengertian Head Keyword, Body Keyword & Long Tail Keyword pada SEO Blog

KALAU saja Anda sering blogwalking di blog-blog yang membahas SEO blogger maupun wordpress, pasti Anda pernah membaca pertanyaan dari penulis untuk pembaca, "Pilih kata kunci yang terdiri dari satu kata... atau memilih long tail keyword?".

Pengertian Head Keyword, Body Keyword & Long Tail Keyword pada SEO Blog

Pernah ditanyakan seperti itu atau tidak yaaa? Hehe.

Jika belum, sebaiknya kita mempelajari terkait istilah Head Keyword, Body Keyword dan Long Tail Keyword itu sendiri. Ini sangat penting karena berkaitan langsung dengan materi SEO.

Pengertian Head Keyword, Body Keyword & Long Tail Keyword


#1. APA ITU HEAD KEYWORD

Head Keyword adalah kata kunci target yang terdiri dari satu kata, misalnya HIJAB. Untuk menerapkannya, tergantung platform apa yang Anda gunakan.

Kalau untuk Blogger sendiri, Anda harus menambahkan kode HTML di dalam template blogger, seperti:

<meta content='hijab,jilbab,mukenah' name='keywords'/>

.....sedangkan untuk Wordpress, jujur saja saya kurang mengerti karena tidak pernah bermain WP. Namun, hasil dari observasi yang dilakukan secara pribadi, pemasangan keyword yang terdiri dari satu kata ini cukup mudah untuk dilakukan di WP; hanya dengan bantuan YOAST tools ketika menulis artikel.

#2. APA ITU BODY KEYWORD

Body Keyword adalah kata kunci tertarget yang terdiri dari 2 kata hingga 3 kata. Bisa dikatakan, body keyword merupakan semi-LTK atau hampir menyerupai Long Tail Keyword.

#3. APA ITU LONG TAIL KEYWORD

LTK atau singkatan dari Long Tail Keyword adalah kata kunci yang terdiri dari 4 kata atau lebih dari itu, sebagai contoh ialah cara menggunakan hijab yang baik dan benar.

Pada faktanya, LTK sering kali disisipkan di dalam artikel atau posting blog. Tujuannya untuk mengejar LSI keyword yang berhubungan langsung dengan algoritma RANKBRAIN yang pernah dibahas.

KESIMPULAN

Meski pun tujuannya sama, yang membedakannya adalah bagaimana cara menerapkannya. Untuk LTK sendiri, setahu saya, tidak bisa diterapkan di YOAST tools karena YOAST sendiri hanya menyediakan 1 kata kunci yang di target. Lain cerita kalau sudah diterapkan di dalam posting blog.

Itu sepengatahuan saya karena saya sendiri pernah menjadi penulis di Erudisi, salah satu website yang menggunakan platform Wordpress.

Yang pasti, ketiga istilah ini berfungsi meningkatkan kualitas SEO pada blog, situs atau pun website milik Anda. Yang paling penting, jangan sampai mengulangi keyword yang di target sampai membabi-buta karena akan dianggap spam oleh search engine.

0 Response to "Pengertian Head Keyword, Body Keyword & Long Tail Keyword pada SEO Blog"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.