10 Kesalahan Blogger Pemula dalam Blogging yang Paling Dasar

BANYAK orang yang beranggapan bahwa SEO adalah hal yang rumit, terutama bagi blogger pemula. Benar, tidak ada yang salah, dimana pun letaknya. Namun, itu semua hanya berlaku bagi orang yang malas membaca.


Di dalam Alqur'an sendiri telah dijelaskan, bahwa IQRA'... Bacalah.... Dengan membaca, seluruh ilmu yang ada di dunia akan kita dapatkan dengan mudah.

10 Kesalahan Blogger Pemula dalam Blogging yang Paling Dasar

Saya sendiri sangat rajin membaca, maka bisa disimpulkan bahwa SEO itu adalah hal yang sangat mudah, paling gampang dan tentunya tidak rumit. Ingat, tidak rumit.

Berdasarkan pengalaman saya, dari yang awalnya hanya blogger pemula hingga menjadi blogger yang tidak begitu ahli tentang seo dan juga tidak bodoh tentang seo, berikut beberapa kesalahan blogger pemula yang wajib dihindari atau.... bisa dikatakan paling umum dan sering dilakukan tanpa disadari.

10 Kesalahan Blogger Pemula dalam Blogging yang Paling Dasar


#1. TIDAK BELAJAR SEO

Tidak mempelajari seo adalah kesalahan utama yang sering dilakukan oleh blogger pemula. Kemampuan untuk mengetahui, memahami dan menganalisa teknik seo itu sendiri sangat dibutuhkan apabila ingin memenangi hasil SERP di mesin pencari mana pun, termasuk Google, Bing, Yahoo dan Yandex.

Ada beberapa hal yang wajib Anda pelajari terlebih dahulu, diantaranya adalah:

  1. Mengerti ruang lingkup terkait seo
  2. Bagaimana cara menerapkannya dengan baik, benar dan efektif
  3. Cara menulis konten atau artikel dengan kekuatan seo (misalnya, LSI Keyword)
  4. Memahami pembaharuan algoritma search engine, misalnya Google Panda atau Mobilegeddon 2015
  5. Backlink, melakukan riset keyword (kata kunci yang ditarget oleh blog)
  6. Mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools dan berbagai ruang lingkup terkait seo itu sendiri

#2. MEMBUAT KONTEN YANG TIDAK BERKUALITAS

Konten atau artikel yang tidak berkualitas seringkali dianggap "cetek" oleh pembaca. Bahkan, pengaruhnya adalah blog Anda sepi dari pengunjung. Tidak akan dikunjungi lagi oleh pembaca karena kualitas konten tidak baik.

Apalagi jika konten yang ada di blog Anda adalah hasil dari copas atau copy paste dari blog lain. Waahhh, jangankan pembaca, Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia ini pun akan menghapus atau mem-banned blog Anda apabila terindikasi copas artikel.

#3. DESAIN TAMPILAN WEBSITE ATAU SITUS

Desain tampilan blog, situs atau website merupakan hal yang wajib Anda perhatikan. Di tahun 2016 ini, kita sedang mengikuti trend tampilan web design yang diantaranya adalah:

  • Kecepatan mengakses website atau fast loading ketika situs ditampilkan (atau dibuka)
  • Jenis teks atau FONT yang mudah dibaca
  • Teks berwarna hitam dan background berwarna putih
  • Telah mendukung fitur web desain mobile friendly dan responsive
  • Memasang widget-widget tertentu atau yang memang dibutuhkan saja;
  • Dan sebagainya

Pastikan pula bahwa Anda tidak menghabiskan banyak waktu untuk memodifikasi tampilan website. Itu hanya membuang-buang waktu Anda. Kalau hanya fokus pada tampilan situs, kapan Anda bisa menulis? Iya, kan?

#4. HANYA MENGANDALKAN SEO ON PAGE

SEO itu sendiri terbagi menjadi dua sifat, yakni seo on page dan seo off page. Perbedaannya adalah seo on page menerapkan seo namun fokusnya pada website, sedangkan seo off page adalah menerapkan seo namun seo yang diterapkan diluar jangkauan website.

Seo on page sendiri sudah saya jabarkan pada nomor satu diatas (lihat kembali no. 1 diatas). Namun, untuk seo off page sendiri, kurang lebih seperti berikut:

  1. Membagikan artikel di sosial media
  2. Melakukan blogwalking (jalan-jalan di blog besar dan meninggalkan komentar berkualitas)
  3. Mempromosikan blog di media sosial
  4. Melakukan social bookmarking
  5. Menjadi penulis di blog orang lain dengan harapan pemilik blog memberikan backlink gratis; dan sebagainya

Seo off page sebenarnya jauh lebih mudah dari pada seo on page. Cukup dengan membagikan artikel atau menjadi penulis pihak kedua, membangun seo off page sudah berhasil Anda terapkan.

Namun, dari beragam informasi yang saya temukan, membagikan konten di sosmed sangat berbahaya. Saya tidak tahu pasti. Sumber informasinya pun saya lupa.

Menurut hasil observasi yang saya lakukan, tidak ada pengaruh atau efek sama sekali, tuh. Mitos kali ya hihihi.

#5. MENGGANTI NAMA DOMAIN BLOG

Mengganti nama domain blog sangat mudah dilakukan, namun efeknya sangat membahayakan trafik pengunjung blog Anda. Bisa dikatakan, mengubah nama domain blog akan sangat merugikan bagi Anda secara pribadi. Popularitas blog Anda selama ini, BUYARRRR...

Sebuah blog dengan nama domain blog yang sudah terkenal, akan lebih mudah dikunjungi oleh para pengunjung dan pembaca setia blog Anda, serta mesin pencari pun akan lebih mudah menampilkan blog Anda di hasil SERP.

Namun, apabila Anda mengubah sedikit saja nama domain blog, bukan tidak mungkin trafik akan turun drastis. Mesin pencari akan menilai bahwa blog yang baru saja diganti nama domain akan dianggap sebagai blog baru. Bahkan, popularitas blog pun akan menghilang.

#6. SEO ITU SANGAT LUAS

Sebagai informasi terkait ruang lingkup seo itu sendiri, pada faktanya adalah seo itu sangat luas. Perkembangan algoritma search engine akan terus diperbaharui.

Jika algoritma sudah berubah sedikit saja, maka blog tersebut harus menyesuaikan bagaimana dengan pembaharuan algoritma search engine, terutama search engine Google.

Seperti pada kasus di tahun 2015 lalu, secara tiba-tiba Google mengeluarkan informasi bahwa algoritma telah diperbaharui, yakni algoritma Mobilgeddon. Algoritma ini akan lebih mengistimewakan blog yang telah mendukung fitur responsive, fast loading dan mobile friendly di SERP google.

Semua blogger berlomba-lomba memodifikasi agar tampilan situsnya mendukung ketiga fitur diatas secara totalitas, serta menganalisa dan melakukan riset secara teliti tanpa melakukan kesalahan sedikit pun ketika modifikasi blog dilakukan.

#7. TIDAK BELAJAR DARI PAKAR, AHLI DAN MASTER SEO

Belajarlah dari para ahli, pakar dan master seo dimana pun Anda berada, baik dari para ahli seo yang ada di Indonesia maupun Internasional seperti membaca-baca artikel yang dibuat dan dipublikasikan di blog mereka.

#8. PENENTUAN TOPIK BLOG ATAU TEMA PEMBAHASAN

Topik atau niche blog apa yang akan dibahas menjadi kendala utama oleh blogger pemula. Blogger yang baru saja berkecimpung di dunia blogging, akan dihadapkan oleh pertanyaan, "Blog Anda akan membahas apa?".

Sebaik-baiknya tema pembahasan blog adalah satu topik saja, jangan gado-gado, terkecuali jika blog Anda adalah blog dengan tema majalah atau hiburan dengan beragam kategori pembahasan.

Pastikan pula, dalam memilih dan menentukan niche blog harus disesuaikan dengan hobi dan minat (passion) Anda. Semua itu sangat penting. Sangat penting....

#9. KOMENTAR SPAM

Blogger pemula sering meninggalkan komentar spam di mana pun mereka berada. Sederhananya, mereka memikirkan dengan melakukan komentar spam seperti meninggalkan link URL blognya maka akan mendapatkan backlink.

Padahal tidak demikian.

Ada cara yang lebih baik jika ingin membangun backlink blog secara berkualitas, diantaranya adalah:

  • Blogwalking dan meninggalkan komentar berkualitas
  • Menjadi penulis tamu di blog besar dan memasangkan alamat URL blog Anda (jika diizinkan);
  • Dan sebagainya

#10. PUNYA PEMIKIRAN SENDIRI? LAYANGKAN DI KOLOM KOMENTAR

Jika Anda punya pernyataan menyangkut tentang kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula, silahkan tambahkan di kolom komentar.

Tiap orang beda pemikiran. Itulah mengapa pada nomor 10 ini saya memberikan kesempatan bagi Anda untuk ikut berpatisipasi dalam artikel ini. Well done, good luck!

0 Response to "10 Kesalahan Blogger Pemula dalam Blogging yang Paling Dasar"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.