10 Kesalahan ini Sering Dilakukan oleh Blogger Pemula

10 Kesalahan ini Sering Dilakukan oleh Blogger Pemula
Untuk blogger pemula - blogger newbie, tanpa disadari atau tidak disengaja sering melakukan kesalahan ngeblog. Apa-apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula?

Ngeblog adalah soal Passion, tidak semua orang bisa dan mampu melalui aktivitas ngeblog. Jenuh, suntuk, bosan dan kehabisan ide adalah hal yang lumrah. Hanya "Passion"-lah obat penawar yang terbukti ampuh dan teruji.

Kesalahan yang akan dibahas tampak memang sederhana, tapi sangat sering dilakukan, entah itu sengaja maupun tidak sengaja yang dilakukan blogger newbie. Setidaknya ada 5 kesalahan yang akan kita bahas disini.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rasa Malas Ngeblog.

10 Kesalahan ini Sering Dilakukan oleh Blogger Pemula


#1. Salah Menentukan Topik atau Tema

Topik ini soal Passion, yakni hobi, minat dan ketertarikan kita terhadap suatu topik. Jangan sembarangan memilik tema artikel.

Topik pun terbagi menjadi 2 bagian, niche blog dan blog gado-gado. Niche blog adalah fokus pada satu topik, sedangkan "gado-gado" adalah membahas banyak topik dalam satu situs.

Baca Juga:


Jadi, re-write adalah solusi terbaik yang bisa kita lakukan. Perhatikan pula, jangan sampai kalimat-kalimat tersebut sama, tambahkan sedikit "bumbu-bumbu" penyedap, lebih mudah dimengerti dan lainnya yang dianggap penting.

#2. Artikel Copy & Paste milik Orang

Copas bukan hanya dilakukan blogger newbie, kadang blogger yang sudah lama ngeblog pun masih melakukan copy - paste artikel blog milik orang lain.

Tanpa disadari sebenarnya kita telah membahayakan web blog, situs atau website kita. Bisa saja si pemilik artikel melaporkan artikel tersebut ke Google DCMA. Dampak dan efeknya tentu ranking artikel blog kita akan menurun, dan bahkan bisa sampai de-index oleh Google. Mau? Tidak, kan? Solusinya mudah!

Baca Juga: Cara Melaporkan Artikel Copas ke Google DMCA.

Ada perbedaan antara copy - paste dan menulis ulang.

Copy - paste (Copas) adalah mengkopi seluruh artikel dan biasanya disertai sumber dan terkadang pula tanpa sumber (baca: pencurian konten), sedangkan menulis ulang (re-write) adalah memuat artikel yang sama, namun ada perbedaan terhadap gaya tulisan, bacaan, dan lainnya serta disertai sumber informasi yang jelas.

#3. Suka Spam (Spamming/Spammer)

Biasanya berkomentar di situs orang lain dengan cara meninggalkan alamat URL situs miliknya, tujuannya agar mendapatkan backlink. Benarkah demikian? Salah. Itu spam, kata Google.

Lagi pula, tidak semua author situs suka dengan cara Anda berkomentar seperti itu. Saya sendiri juga paling anti hal-hal yang demikian. Kesannya nyampah, loh... :)

Bagi saya, situs kita perlu dimoderasi komentar. Komentar yang tidak berkualitas dihapus saja, sedangkan komentar yang berkualitas wajib dipublikasikan.

#4. Gonta-Ganti Template Blogger (atau WordPress Theme)

Saya gak bisa menyalahkan Anda kalau Anda rajin mengganti template blog, satu template per harinya, per minggunya atau per bulannya, sebab saya juga pernah melewati masa-masa itu. Suram!

Gonta-ganti template berbahaya bagi perkembangan situs. Bot - Search Engine akan kebingungan untuk mengenali situs kita karena meta tag template sering berubah-ubah. Alhasil, ranking situs pun tidak kunjung naik.

Baca Juga: Dampak & Efek Mengganti Template Blogger.

Konsisten-lah memilih dan menentukan template! Jangan ubah-ubah. Jika memungkinkan, pesanlah sebuah template blog ke desainer yang profesional, bisa dipercaya dan terkenal akan pelayanannya bagus.

#5. Memasang Widget secara Berlebihan

Gak bisa juga menyalahkan blogger newbie, karena pada dasarnya mereka gak ngerti terkait Fast Loading itu penting.

Baca Juga: 7 Widget Blog yang Tidak Penting.

#6. Mengganti Alamat URL Web Blog, Situs atau Website

Berkaitan erat dengan Domain Authority dan Page Authority, yakni kepopuleran dan terkenalnya sebuah alamat web blog, situs atau website. Istilah lainnya "domain", baik itu gratisan maupun custom domain (berbayar).

Informasi selengkapnya silahkan buka Internal Link diatas, terkait Domain tersebut. Semuanya dibahas secara tuntas. Yang penting, jangan pernah mengubah alamat URL situs kita, sekali pun jangan!

#7. Hanya Fokus pada SEO Google

Meski pun mesin Search Engine (SE) terbaik adalah Google, perlu disadari juga bahwa SE itu banyak, bukan hanya Google. Ada MSN, Yahoo, Yandex, BING dan lainnya.

Jangan fokus hanya pada Google, cobalah untuk menyeimbangkan dengan SE lainnya.

#8. Tidak Belajar Teknik Optimasi SEO Search Engine (SE)

Tergantung ya, kalau memang niatnya mengejar trafik organik, kepengen diakui sebagai master blogger, atau memang fokus pada SEO itu, ya wajib dong menerapkan teknik SEO.

Kalau untuk blog khusus pribadi, sebaiknya tidak perlu belajar teknik SEO. Sah-sah saja kalau memang mau mempelajarinya, toh tidak ada UU yang melarang hal tersebut ;)

#9. Mata Duitan: Fokus ke Uang, bukan Passion!

Lagi dan lagi soal Passion. Ngeblog bakal gagal kalau hanya mikirin soal uang, bukan fokus ke Passion.

#10. Jarang Bertanya atau Diskusi dengan Blogger Senior

Kita sebagai blogger newbie biasanya bingung pada beberapa hal. Jangan malu bertanya, main-mainlah ke forum SEO atau forum-forum yang fokus di bidang "Ngeblog".

Bertanyalah dengan sopan, jangan spam! Insya Allah pertanyaan akan dijawab oleh blogger yang sudah paham terkait permasalahan yang kita alami tersebut.

0 Response to "10 Kesalahan ini Sering Dilakukan oleh Blogger Pemula"

Post a Comment

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).