Cara Membuat Gambar untuk Header H1 Blog agar Situs Lebih Menarik

APAPUN tema, topik atau niche blog yang dibahas oleh suatu website, sebuah situs memiliki keunikan tersendiri. Baik dari tampilan, pembahasannya, serta bagaimana penulisan artikel yang ditulis. Nah, gambar untuk header blog pun juga turut menjadi keunikan tersendiri bagi sebuah website.

Misalnya..seperti blog ini. Anda bisa melihat gambar yang terpasang di header H1 blog ini. Keren, kan?

Cara Membuat Gambar untuk Header H1 Blog agar Situs Lebih Menarik

Bagaimana kalau gambar tersebut saya hapus atau dihilangkan? Sangat tidak menarik! Terlihat jelas TITLE dan Meta Description yang terpasang.

Cara Membuat Gambar untuk Header H1 Blog agar Situs Lebih Menarik

Cara Membuat Gambar untuk Header H1 Blog


#1. MENYEDIAKAN GAMBAR .PNG 300 x 90

Yang pertama sekali yang perlu Anda siapkan adalah gambar persegi panjang dengan jenis format .PNG, dengan ukuran lebar 300px dan tinggi 90px. Saya sediakan, deh.

Diatas ini adalah gambar persegi panjang
dengan ukuran, lebar: 300px & tinggi: 90px

Nah.. Memang tidak terlihat. Tapi coba tulisan ini di blok. Anda akan melihat sebuah gambar persegi panjang tepat dibagian atas pada paragraf ini.

Simpan gambar ini komputer atau laptop Anda. Jangan sampai dihapus karena akan digunakan pada tahap nomor 3 nantinya...

#2. MENCARI & MEMASANG LOGO UNIK

Selanjutnya adalah mencari dan memasang logo unik yang akan dipasangkan tepat disamping kiri nama blog Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mencari di iconfinder.

Cara Membuat Gambar untuk Header H1 Blog agar Situs Lebih Menarik

Logo-logo yang disediakan sangat menarik, banyak pilihan. Tiap-tiap gambar memiliki format khusus, seperti SVG, PNG dan JPG. Pilih PNG karena format gambar PNG adalah tanpa latar belakang (background).

#3. MENGEDIT GAMBAR HEADER BLOG

Nah...kalau masalah ini sih, relatif ya. Saya sendiri pakai PHOTOSCAPE untuk mengedit gambar header blog ini. Seperti mempersiapkan gambar 300x90 PNG, lalu memasangkan logo, serta menambahkan nama blog tepat dibagian sisi kanan.

Jika semua proses pengeditan gambar sudah selesai dilakukan, sekarang saatnya simpan gambar tersebut di komputer atau laptop.

#4. CARA MEMASANG GAMBAR DI H1 BLOG

Untuk pemasangannya sendiri, masuk ke Layout Blogger > pilih EDIT pada kotak nama atau judul blog > selanjutnya akan tampak gambar seperti dibawah ini. Pengaturan pemasangannya pun harus sesuai dengan gambar dibawah ini.

Cara Membuat Gambar untuk Header H1 Blog agar Situs Lebih Menarik

BERES.

KESIMPULAN

Cukup mudah sebenarnya jika Anda membaca poin-poin diatas secara seksama. Untuk logo sendiri, boleh Anda pasang atau tidak sama sekali. Untuk gambar berukuran 300 x 90 sendiri, sebaiknya menggunakan gambar dengan format PNG.

Mengapa harus gambar dengan format PNG? Perlu diketahui... Sifat dari gambar .PNG ini adalah tanpa adanya latarbelakang atau background. Ini yang membuat bahwa format .PNG adalah format paling menarik dan terbaik dari pada lainnya.

Jika Anda merasa kebingungan, silahkan tanyakan di kolom komentar ya. Good luck & happy blogging!

0 Response to "Cara Membuat Gambar untuk Header H1 Blog agar Situs Lebih Menarik"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.