Penyebab Blog Terhapus Tiba-Tiba tanpa Pemberitahuan

Penyebab Blog Terhapus Tiba-Tiba tanpa Pemberitahuan
Apa alasan dan penyebab kenapa blog blogspot terhapus atau menghilang secara mendadak tanpa pemberitahuan?

Nah barangkali penyebabnya ialah kita melanggar terms of service-nya Google, ini bisa dimaklumi.

Namun bagaimana mungkin blogspot blogger terhapus mendadak sedangkan kita sendiri tidak melanggar ketentuan dan kebijakan Google?

Baca Juga: ELEMEN Blog Blogspot yang tidak Penting Dipasang

Pengalaman Saya

Ok saya curhat sedikit. Saya pernah memiliki blog, URL-nya atau domainnya sendiri atas nama saya. Masalahnya juga sama, blog saya hilang tanpa alasan.

Otomatis saya kebingungan karena saya sendiri yakin tidak melakukan pelanggaran. Saya melaporkan ke berbagai pihak yang lebih berkompeten di bidang blogger, tidak ada jawaban yang memuaskan sama sekali.

Lalu saya melaporkan kehilangan blog ini di laman resmi Google.

Memang ada tanggapan dan respon yang diberikan oleh blogger lainnya tapi langkah2 yang diberikan sangat rumit. Setidaknya ada 6 link yang diberi rujukan untuk mempelajari lebih lanjut.

Setelah saya baca, saya kebingungan sendiri hahaha. Akhirul kalam, saya ambil jalan tengah yakni memikirkan dengan apa yang telah saya lakukan sebelumnya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan dari SE Google

Setelah saya pikir matang2 ada apa dengan blog saya dan mengapa blog bisa hilang adalah...

Saya menghapus akun Google+ milik saya pribadi yang terhubung dengan blog tersebut, dan menghapusnya secara tidak sengaja!

Sangat disayangkan sekali karena waktu itu saya tidak membaca pedoman komunitas blogger yang menyatakan bahwa apabila akun Google+ dihapus, itu sama saja semua produk dan layanan yang diberikan oleh Google untuk kita juga akan ikut terhapus.

Yang sangat disayangkannya lagi adalah saya baru menyadari kehilangan blog gara2 menghapus akun Google+ setelah masa tenggang pengembalian akun Google+ yang sudah dihapus.

  1. Umur Blog: 5 Bulan
  2. Niche: Teknologi
  3. Domain: Top Level Domain (.com), Rumahweb.com
  4. Artikel: 300 Posting blog
  5. Organic Traffic: 800 per hari (pageview-nya saya lupa)

Baca Juga: Dampak dan Kerugian Fitur Featured Snippets bagi Blog

Penyebab Blog Terhapus Tiba-Tiba tanpa Pemberitahuan


Berdasarkan pengalaman saya diatas, penyebabnya bukan dihapus oleh Google karena kita melanggar; melainkan kesalahan kita sendiri karena menghapus akun Google+.

Sebelum menghapus akun Google+ kita akan diberi peringatan:

"Apabila Anda menghapus akun google milik Anda, maka seluruh layanan yang berhubungan dengan akun google juga akan ikut terhapus. Apakah Anda yakin menghapus akun google?"

Begonya lagi adalah saya baru menyadari bahwa akun Google+ itulah yang menjadi admin utama dari blog saya tersebut. Saya lupa mengganti atau mengubah akun Google+ yang menjadi admin blog tersebut ke akun Google+ lainnya.

Baca Juga: Benarkah Content is Still King itu?

Nah jadikanlah artikel ini sebagai pengalaman bersama. Tidak masalah blog saya terhapus. Sebelum melakukan sesuatu tolong dipikirkan lagi konsekuensinya bagaimana. Ok gudlak!

Ditulis oleh:

Blogger pemula (/Newbie-Class) - senang menulis apa pun yang saya anggap menarik. Just another your blogging inspirations :)

Labels: Blogger, Tips Blogging

Thanks for reading Penyebab Blog Terhapus Tiba-Tiba tanpa Pemberitahuan. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

0 Comment for "Penyebab Blog Terhapus Tiba-Tiba tanpa Pemberitahuan"

Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.

Back To Top