Penyebab Blog Terhapus secara Tiba-tiba tanpa Ada Pemberitahuan

BLOG kita terhapus secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan? Lalu, apa alasan dan penyebab mengapa blog blogspot terhapus atau menghilang secara mendadak di search engine Google, Bing, Yahoo maupun Yandex?

Penyebab Blog Terhapus secara Tiba-tiba tanpa Ada Pemberitahuan

Barangkali kita melakukan pelanggaran terhadap TOS Google yang sudah ditentukan. Namun, bukan itu yang kita bahas, melainkan penyebabnya adalah kita menghapus akun google plus yang terhubung langsung sebagai admin di situs tersebut!

PENGALAMAN SAYA

Ini pengalaman saya beberapa bulan yang lalu. Blog kesayangan saya, algazali blog, secara tiba-tiba tidak bisa di akses dengan berbagai cara apapun. Saya kebingungan, saya melaporkan ke berbagai pihak yang lebih paham tentang blogger blogspot, namun jawabannya tidak membantu.

Lalu, saya melaporkan kehilangan blog ini di laman resmi Google. Memang, ada tanggapan dan respon yang diberikan oleh blogger lainnya, tapi langkah-langkah diberikan sangat rumit. Setidaknya, ada 6 link yang diberi rujukan untuk mempelajari lebih lanjut.

Setelah saya baca, saya kebingungan sendiri hahaha. Akhirul kalam, saya ambil jalan tengah, yakni memikirkan dengan apa yang telah saya lakukan sebelumnya.

Setelah saya pikir-pikir, ada apa dengan blog saya, mengapa bisa hilang.... saya baru menyadari bahwa penyebab mengapa blog saya terhapus secara mendadak adalah ketika saya menghapus akun google plus milik saya pribadi secara tidak sengaja.

Penyebab Blog Terhapus secara Tiba-tiba tanpa Ada Pemberitahuan

Waktu itu, blog sudah berumur 5 bulan, niche teknologi (komputer, laptop, software dan internet), custom domain, artikel orisinil 300 artikel, penerapan teknik SEO onpage maupun offpage sudah maksimal dan trafik organik mencapai 800 per hari.

Sangat disayangkan...seandainya saya bisa melaporkan bahwa blog saya terhapus karena ketidaksengajaan saya menghapus akun google plus yang berkaitan dengan situs algazali blog serta jawabannya mudah untuk dicerna, mungkin tidak akan seperti ini.

Semua upaya sudah saya coba untuk mengembalikan blog yang terhapus ke Google, tapi informasinya tidak jelas, bahkan terkesan "omdo".

Penyebab Blog Terhapus secara Tiba-tiba tanpa Ada Pemberitahuan


Jadi, artikel ini bukan tentang penghapusan blog yang dilakukan oleh Google karena kita melanggar TOS Google sendiri, melainkan karena kesalahan kita sendiri.

Kita memang tidak menyadarinya di awal, tapi akan ketahuan ketika kita menyadari dengan apa yang telah kita lakukan sebelumnya.

Sama persis seperti yang saya alami, yakni menghapus akun google plus tanpa membaca ketentuan dan layanan yang telah dijelaskan.

Padahal tertulis jelas bahwa ada peringatan sebelum menghapus akun google plus, yakni:

"Apabila Anda menghapus akun google milik Anda, maka seluruh layanan yang berhubungan dengan akun google juga akan ikut terhapus. Apakah Anda yakin menghapus akun google?"

Lalu, saya klik HAPUS. Amsyong hahaha.

Saya baru menyaradi bahwa akun google plus itu terhubung sebagai admin di blog Algazali Blog tersebut. Saya lupa memindahkan admin blog tersebut ke akun lainnya. Nah, ini dia penyebab kenapa blog kita terhapus secara tiba-tiba.

KESIMPULAN

Jadi intinya begini. Jadikanlah artikel ini sebagai pengalaman bersama. Jangan sampai lengah dengan apa yang akan kita lakukan di masa mendatang. Kita harus menimbang baik dan buruk, serta efek atau pengaruh apa yang akan kita alami di masa depan. Good luck & happy blogging!

0 Response to "Penyebab Blog Terhapus secara Tiba-tiba tanpa Ada Pemberitahuan"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.