Cara Melakukan Defragment Harddisk Komputer dan Laptop di Windows

PENGERTIAN apa itu defrag atau defragment adalah merapikan. Jika dikaitkan dengan harddisk, maka artinya merapikan file dan data yang ada di dalam harddisk agar lebih teratur.

Cara Melakukan Defragment Harddisk Komputer dan Laptop di Windows

Yang dimaksud merapikan disini adalah bukan menyusun file atau data di dalam folder tertentu, melainkan memindahkan dan merapikan kembali lokasi file yang ada di dalam sektor yang terdapat di dalam harddisk, sehingga nantinya alokasi file & data tadi tidak berantakan (terstruktur dengan rapi).

CARA KERJA HARDDISK

Mungkin Anda tidak tahu bagaimana cara kerja dari harddisk ini yang berhubungan langsung dengan tindakan defrag.

Disaat Anda menginstall sebuah program aplikasi, maka file-file yang berasal dari program tersebut akan tersimpan di harddisk.

Jika suatu saat nanti Anda menghapus program tersebut, maka berdampak tersedianya ruang kosong yang dulunya dijadikan sebagai tempat penyimpanan file-file dari program tadi.

Ruang kosong inilah yang menghambat kinerja harddisk sehingga komputer atau laptop Anda mengalami lelet, lemot atau lambat. Maka dari itu, Anda harus melakukan defrag terhadap harddisk ini.

Nah, itulah pengertian defragmen harddisk, manfaat dan tujuan serta fungsi melakukan defragmenter. Jadi, apa pengaruh, dampak dan efek pada harddisk yang telah di defrag?

Jawabannya tentu akan meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja dari harddisk tersebut karena Anda sudah menghapus ruang kosong tadi sehingga file-file terstruktur dengan rapi dan proses kinerja harddisk jauh lebih cepat.

Cara Melakukan Defragment Harddisk Komputer dan Laptop di Windows


Cukup mudah sekali. Tutorial ini dilakukan tanpa bantuan software atau program aplikasi (pihak ketiga). Bisa dilakukan oleh pengguna komputer dan laptop yang masih pemula. Yang pasti, tutorial ini berlaku untuk pengguna Windows, seperti Windows XP, Vista, Windows 7 dan sejenisnya.

  1. Masuk ke My Computer > All programs
  2. Accessories > System tools > Disk Defragmenter
  3. Klik salah satu partisi, baik itu Local Disk:D, Local Disk:C atau pun Local Disk:E
  4. Pilih Analyze terlebih dahulu, tunggu proses analisa selesai
  5. Jika muncul informasi dalam bentuk halaman kecil (page), silahkan tekan tombol Defragment
  6. Tunggu hingga proses > restart komputer dan laptop Anda > SELESAI.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan disk defragmenter pada komputer dan laptop? Tergantung karena pada dasarnya semua itu terkait seberapa banyak ruang kosong yang terdapat di ruang harddisk.

Jika banyak, tentu prosesnya memakan waktu selama 1 jam lamanya. Jika ruang kosong tersebut tidak banyak, mungkin cukup 15 menit.

Bagaimana dengan laptop saya? Laptop saya sendiri tidak dipasangkan banyak software, melainkan hanya beberapa software penting saja. Bahkan, software tersebut pun tidak pernah saya hapus sehingga ruang kosong di harddisk laptop saya pun tidak ada. Hanya 5 menit, selesai. Good luck!

0 Response to "Cara Melakukan Defragment Harddisk Komputer dan Laptop di Windows"

Post a Comment

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.