Cara Membuat Artikel Pilar di Blog untuk Meningkatkan Trafik Organik

Share:

FB Google+ Twitter

Cara Membuat Artikel Pilar di Blog untuk Meningkatkan Trafik Organik
Pengertian apa itu artikel pilar adalah posting atau konten blog yang mampu menempati Page-One tanpa mudah dikalahkan oleh blog pesaing.

Contohnya saja ialah artikel Cara Menambahkan Kontak WA dari Luar Negeri yang pernah saya posting.

Tertanggal 10 September 2017 saat ini, posting tersebut sudah dikunjungi lebih dari 35.000 kali sebab menempati Page-One dan urutan No. 1 - 3 dibawah situs resmi WhatsApp.

Nah karena artikel tersebutlah yang menjaring Organic Traffic di blog ini. Semakin banyak dan tinggi nilai klik trafik organik, maka ranking blog akan semakin bagus di SERPs.

Baca Juga: Bagus Mana STK atau LTK dalam SEO?

Ciri2 Posting Pilar di Blog


Membuat konten pilar tidak dibuat sembarangan karena ada banyak penerapan penulisan dan metode SEO yang kita gunakan hanya untuk satu buah posting pilar.

Beberapa kriteria sebuah artikel pilar di blog ialah:

  1. Content is still king!
  2. Menempati Page-One dan tidak mudah dikalahkan
  3. Posting mendapatkan banyak backlink
  4. Apa pun queri (kata kunci / keyword) yang diketik, posting pilar selalu muncul di halaman pertama Google
  5. Satu buah posting pilar biasanya menggunakan lebih dari 5 long tail keyword
  6. Isinya sangat lengkap, kalau perlu disertakan sumber referensi, berikan internal link, outbound link dll
  7. Posting pilar bersifat tidak kadaluarsa karena sifatnya unik dan menjadi kebutuhan banyak orang, misalkan topik posting pilar tersebut ialah pengalaman pekerjaan

Dan template blogger SEO dan User Friendly sebagai faktor dan penunjang SEO artikel agar posting pilar lebih mudah naik ke halaman pertama mesin pencari.

Membuat artikel pilar tidak boleh asal2an karena segalanya harus diperhitungkan. Toh artikel pilar inilah yang mewakili seluruh artikel yang ada di blog, atau mewakili suatu kategori / label yang ada di situs tersebut.

Logikanya, ketika sebuah posting pilar sudah benar2 rampung dan menempati Page-One, semisal di dalam artikel tersebut kita pasangkan internal link, tentu pageview akan meningkat, kan? Ini salah satu keuntungan posting pilar.

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Organic Traffic

Cara Membuat Artikel Pilar di Blog untuk Meningkatkan Trafik Organik


#1. Memahami Apa yang Akan Ditulis

Baik passion blogger-nya dibidang itu atau bukan, membuat artikel pilar itu bukan sekedar menulis langsung Ok. Nggak gan...

Kita harus mengerti dan memahami apa yang kita tulis. Kita juga harus mengorbankan banyak waktu hanya untuk membuat satu buah posting pilar ini.

Blogger2 senior di luar sana menghabiskan banyak waktu hingga berminggu2 lamanya hanya untuk membuat satu buah posting, bagaimana dengan kita yang newbie ini? :(

Kenapa lama banget, gan? Karena mereka melakukan observasi lagi yakni pengujian atau pengetesan untuk menemukan kebenaran dan kredibilitas sebuah artikel.

Intinya pahami terlebih dahulu apa yang akan ditulis itu sangat penting. Ingat, artikel pilar itu sifatnya kaya akan informasi dan tingkat kredibilitasnya cukup tinggi.

Jika bahan artikel sudah ada dan siap dipublikasikan, perhatikan penempatan-penempatan sub judul dari yang dibahas. Misalnya, artikel ini saja. Tiap-tiap bagian memiliki sub judul untuk memudahkan para pengunjung memilah-milah bagian artikel yang ingin dibaca.

Nah kalau bingung mendapatkan informasi yang dibutuhkan; perpustakaan kampus, pengalaman, wawasan, pengetahuan, sharing, sosialisasi, gathering, membaca Al-Qur'an, Wikipedia, Quora, Wiki dan lainnya mungkin bisa dijadikan sumber referensi untuk kelengkapan posting pilar.

Baca Juga: Fakta SEO: Bold, Italic dan Underline tidak Mempengaruhi Peringkat Posting

#2. Posting Blog Evergreen

Evergreen yang dimaksud adalah abadi. Posting blog yang bersifat abadi tidak akan mati sampai kapan pun.

Nah sering menemukan tulisan2 makalah di Google, kan?

Padahal artikel itu sudah dibikin 2011 lalu tapi masih bisa menempati Page-One sedangkan blog2 berkualitas lain mulai bermunculan dengan beragam alasan seperti template blog SEO, backlink, inbound link dll tapi tetap saja kalah.

Nah itu dia kriteria posting pilar dan itulah konten yang bersifat evergreen.

Artikel pilar merupakan investasi terbaik yang pernah dibuat oleh sebuah web blog, situs atau website mana pun.

#3. Membantu Banyak Orang

Sifat konten pilar itu tidak mudah dikalahkan, posting berisi informasi yang lengkap serta sumber referensi yang sangat tinggi (observasi, kredibilitas).

Nah karena sejak awal memang diciptakan dengan penjelasan yang sangat lengkap, sebenarnya kita telah membantu banyak para pengunjung dan pembaca dalam satu waktu.

Kita juga harus menggunakan template blogger berlatarbelakang yang mudah dilihat dan enak dibaca, terutama layar belakang tampilan putih, warna huruf hitam dan font-style yang enak dibaca (Arial, Tahoma, Helvetica, Lora dll).

Baca Juga: Cara Kerja Algoritma UX Factor Pemeringkat Artikel di SERPs

#4. Kata Kunci, Keyword Target

Pada pembuatan posting pilar, kata kunci berperan penting.

Nah maksimalkan bagaimana menggunakan long tail keyword. Caranya ada beberapa disini: efek long tail keyword; pengertian head, body dan long tail keyword serta SEO blogger disini.

#5. SEO ON Page Artikel Pilar Blog

Juga harus memaksimalkan SEO artikel meski pun SE Google telah menyatakan, "Jangan buat artikel untuk mesin pencari, tapi buatlah artikel untuk pengunjung" :)

  1. Konten panjang dan berkualitas melebihi 1.500 kata
  2. Kata kunci atau keyword yang di target berdasarkan LSI Keyword
  3. Mengulangi judul yang sama, baik di awal, pertengahan maupun dibagian akhir artikel (lebih baik menggunakan sub heading untuk tag H2 heading blog)
  4. Memasang deskripsi artikel
  5. Pasang judul artikel di gambar dibagian Properties Image
  6. Memasang link internal atau berkaitan langsung dengan artikel (relevan)
  7. Menambahkan gambar dan video yang berhubungan langsung
  8. Custom permalink URL artikel blog

Artikel pilar itu membantu meningkatkan trafik blog dari sisi Organic Traffic maupun Pageviews blog. Anggaplah bahwa posting pilar ini yang mendongkrak posisi atau ranking blog di SERPs.

Jika satu artikel berhasil menemus PAGEONE #1 maka artikel lainnya pun akan ikut dibaca oleh para pengunjung.

Baca Juga: Fungsi Widget ini Meningkatkan Pageview Blog

Intinya konten pilar itu membantu pageviews sehingga artikel lainnya ikut dibaca. Nah sudah siap bersaing dengan situs2 papan atas lainnya?

Blogger pemula (/Newbie-Class) - Menulis semaunya & semampunya karena ingin berarti bagi banyak orang. Gaspol!

Labels: Tips SEO

Thanks for reading Cara Membuat Artikel Pilar di Blog untuk Meningkatkan Trafik Organik. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Share:

FB Google+ Twitter

2 Responses to "Cara Membuat Artikel Pilar di Blog untuk Meningkatkan Trafik Organik"

  1. mantap gan,,terima kasih atas triknya..sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya.saya bokmark biar bisa jadi patokan waktu saya mengoptimalkan blog.sukses selalu bagi agan.

    ReplyDelete

If you find any errors in this article, please comment.