Cara Membuat Artikel Pilar di Blog untuk Meningkatkan Trafik Organik

PENGERTIAN trafik organik adalah pengunjung yang berasal langsung dari hasil pencarian search engine sesuai queri atau keyword yang diketik, sedangkan artikel pilar adalah artikel yang menempati Search Engine Result Page (SERP) teratas yang tidak mudah dikalahkan oleh blog pesaing lainnya.

Cara Membuat Artikel Pilar di Blog untuk Meningkatkan Trafik Organik

Faktanya, antara trafik organik dengan artikel pilar sangat berkaitan erat. Jika disederhanakan maka artinya adalah pengunjung akan mudah menemukan konten kita di halaman pageone #1 tanpa kesulitan, tidak peduli berapa pun urutannya. Yang penting, PAGEONE.

Ciri-Ciri Artikel Pilar di Blog


Jadi, sebelum masuk ke bagian cara membuat konten pilar di blog, ada beberapa kriteria atau ciri-ciri artikel pilar, diantaranya adalah:

  1. Sudah pasti menempati ranking teratas di search engine
  2. Tidak mudah dikalahkan di halaman pertama search engine seperti Google, Bing, Yahoo maupun Yandex
  3. Konten mendapatkan banyak backlink dari situs-situs lainnya
  4. Apapun keyword yang di bidik, konten tersebut selalu menempati urutan #1 (queri harus relevan)
  5. Seringkali menggunakan Long Tail Keyword untuk memudahkan Pageone
  6. Sangat kaya akan informasi, melebihi konten berkualitas
  7. Pembahasannya sangat lengkap dan mudah di cerna oleh pikiran manusia
  8. Penyajian posting yang diberikan sangat mudah dipahami karena memiliki sub-sub judul dibagian tertentu
  9. Konten pilar ini sifatnya tidak kadaluarsa atau tidak basi karena sifatnya yang unik dan menjadi kebutuhan banyak orang bagi yang mencari informasi; dan
  10. Meski pun judul artikel menjelaskan suatu pengertian, kadangkala artikel pilar pun menyisipkan cara membuatnya, ciri-cirinya dan apapun yang berkaitan erat dengan apa yang dibahas.

Nah, itulah ciri-ciri konten pilar. Sangat banyak, loh. Untuk membuatnya pun butuh kesulitan yang amat tinggi, bahkan kesulitannya pun melebihi konten berkualitas yang sering dibahas blogger lainnya.

Dari sekian banyak ciri-ciri posting blog berkualitas, ketiga hal dibawah inilah yang perlu Anda perhatikan.

3 Hal yang Wajib Diperhatikan sebelum Membuat Artikel Pilar


#1. MEMAHAMI APA YANG AKAN DITULIS

Menulis atau mem-posting konten artikel pilar itu bukan hanya menulis semata. Kita harus memahaminya dengan segala ruang lingkup yang dibahas.

Akan sangat cocok apabila artikel pilar yang akan dibuat berdasarkan minat dan hobi (passion) kita, karena dipastikan untuk membuatnya pun penuh dengan rasa "sukarela" dan pasti mau menghabiskan banyak waktu untuk mencari informasi sedetail-detailnya.

Untuk membuatnya, kita bisa mencari beragam informasi yang berkaitan erat dengan konten yang akan kita buat. Informasinya ada dimana-mana, baik itu di buku, majalah, koran, tabloid, situs wikipedia, website lainnya baik dalam negeri maupun luar negeri, dll.

Sebagai infografis saja, cobalah buat satu artikel pilar dimana artikel pilar ini memuat suatu pembahasan dengan tingkat detail melebihi blog pesaing Anda di search engine mana pun. Bukan tidak mungkin blog Anda bisa mengalahkan website sebelumnya.

Baca Juga: Pengaruh algoritma UX Factor pada artikel di SERPs.

#2. KONTEN BERSIFAT EVERGREEN (ABADI)

Konten pilar itu seringkali dihubungkan dengan konten yang bersifat evergreen, yakni sebuah artikel yang abadi dan tidak ada matinya, meski pun waktu sudah berlalu bertahun-tahun lamanya.

Contoh sederhana yang bisa digambarkan disini adalah Blog Pengertian.

Blog pengertian itu dibutuhkan banyak orang dalam banyak waktu untuk tiap harinya. Seringkali orang tidak mengerti apa yang dikatakan orang lain, sehingga mereka pun mencari suatu definisi dari hal-hal yang dianggap tidak di mengerti.

Sebagai informasi saja, artikel pilar inilah yang paling bernilai dan bisa dikatakan pula, artikel pilar merupakan investasi terbaik yang pernah ada bagi sebuah website.

#3. MEMBANTU BANYAK ORANG (HIGH QUALITY CONTENT)

Konten pilar itu sifatnya sangat membantu. Mungkin, lebih tepatnya sangat membantu para pembaca dan pengunjung blog apabila niatnya ingin mencari tutorial, cara membuat, mengatasi solusi dari suatu permasalahan yang sedang terjadi... atau hanya sekedar membaca artikel viral (sedang trending).

Untuk artikel yang sedang trending, mungkin akan kehilangan tempat di SERP tapi akan muncul di SERP jika dibutuhkan.

Jika penempatan keyword yang di bidik sudah sangat tepat, maka konten kita pun akan menjadi konten pilar untuk selamanya.

Cara Membuat Artikel Pilar di Blog untuk Meningkatkan Trafik Organik


#1. MEMAHAMI APA YANG DI TULIS

Pahami terlebih dahulu apa yang akan Anda tulis itu sangat penting. Ingat, artikel pilar itu sifatnya kaya akan informasi dan tingkat kredibilitas atau kepercayaannya sangat tinggi.

Jika bahan artikel sudah ada dan siap dipublikasikan, perhatikan penempatan-penempatan sub judul dari yang dibahas. Misalnya, artikel ini saja. Tiap-tiap bagian memiliki sub judul untuk memudahkan para pengunjung memilah-milah bagian artikel yang ingin dibaca.

Untuk informasinya, Anda bisa mendapatkan di berbagai tempat, misalnya perpustakaan kampus, pengalaman, wawasan maupun pengetahuan Anda, sharing, membaca alquran, wikipedia, wiki dan lainnya. Intinya, informasinya harus relevan dan berkaitan erat sesuai dengan judul artikel pilar yang di tulis.

Kriteria konten pilar itu adalah:

  1. Kaya akan informasi dan informatif
  2. Bernilai dari situs lainnya
  3. Kredibilitasnya yang amat tinggi
  4. High quality content
  5. User experience (pengalaman pembaca dari informasi yang didapatkan)
  6. Menghindari penggunaan kata daerah yang tidak dikenali; dan
  7. Jangan lupa bertanya untuk tanggapan para pembaca terhadap konten yang Anda buat.

Ke - 7 poin diatas sudah saya bahas disini: Cara Menulis Artikel Berbobot.

#2. RESEARCH KEYWORD TOOLS

Ada begitu banyak loh bro dan sis sekalian yang sudah membahas artikel ini. Intinya, kita harus mencari tahu keyword apa yang paling sering di cari.

Kalau perlu, pilih dan tentukan keyword yang memiliki persaingan yang tinggi meski pun pada akhirnya artikel pilar milik kita kalah. Jangan takut, disinilah Anda menerapkan teknik seo onpage!!!

Memang... Menerapkan teknik seo onpage itu membutuhkan waktu berbulan-bulan. Tapi lihat hasilnya bagaimana, sudah pasti kita memenangkan SERP dan mengalahkan beberapa situs saingan yang membahas artikel serupa. Laksanakan!

Jangan menggunakan keyword yang terbatas dan tidak banyak di cari oleh orang lain. Itu tidak penting. Beranikan diri Anda saat ini juga untuk siap bersaing dengan blog papan atas. Manfaatkan dan gunakan teknik seo onpage semaksimal mungkin. Jika Anda mau belajar SEO tentu Anda akan tahu celah-celah atau rahasia dari SEO itu sendiri.

Baca Juga:


#3. MENINGKATKAN SEO ONPAGE ARTIKEL

Jika Anda ingin membuat artikel, maka pahamilah cara menerapkan teknik seo onpage artikel yang benar dan tepat. Kriteria dari artikel yang sudah menerapkan teknik seo onpage konten adalah:

  1. Konten panjang dan berkualitas melebihi 750 kata
  2. Kata kunci atau keyword yang di target berdasarkan LSI Keyword
  3. Mengulangi judul yang sama, baik di awal, pertengahan maupun dibagian akhir artikel (lebih baik menggunakan sub heading untuk tag H2 heading blog)
  4. Memasang deskripsi artikel, baik itu kata maupun kalimat yang relevan dengan isi artikel
  5. Mengulangi judul dibagian akhir artikel secara otomatis dan dibagian "0 reponsive judul artikel"
  6. Memasang link internal atau berkaitan langsung dengan artikel (relevan)
  7. Menambahkan gambar dan video yang berhubungan langsung
  8. Custom permalink URL artikel blog
  9. Menggunakan template blogger seo friendly, mobile friendly dan fast loading (SEO KILLER); dan
  10. Memasang judul artikel di gambar dibagian Properties Image.

Untuk lebih lengkapnya, sila baca artikel 11 cara menulis konten berkualitas agar disukai google ala algazali official (saya sendiri, loh) hihihi...

KESIMPULAN - MANFAAT ARTIKEL PILAR DI BLOG

Artikel pilar itu membantu meningkatkan trafik blog kita, baik itu dari search engine (trafik organik) maupun dari penilaian satu pengunjung yang memilah-milah banyak artikel dalam satu waktu. Bisa dikatakan artikel pilar inilah yang mendongkrak posisi & ranking blog kita di SERP.

Jika satu artikel berhasil menemus PAGEONE #1 maka artikel lainnya pun akan ikut dibaca oleh para pengunjung meski pun tidak menembus Top 10 artikel Pageone di search engine. Namun, itu pun harus mendukung konten berkualitas dengan judul yang Pas.

Cara Membuat Artikel Pilar di Blog untuk Meningkatkan Trafik Organik

Intinya, konten pilar itu membantu pageviews artikel lainnya agar ikut meningkatkan. Bagaimana? Sudah siap bersaing dengan situs-situs papan atas lainnya? Good luck & happy blogging!

» Terima kasih sudah mau membaca konten Cara Membuat Artikel Pilar di Blog untuk Meningkatkan Trafik Organik. Jika dirasa sangat berguna, mungkin bisa di share oleh para pembaca :)

2 Responses to "Cara Membuat Artikel Pilar di Blog untuk Meningkatkan Trafik Organik"

  1. mantap gan,,terima kasih atas triknya..sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya.saya bokmark biar bisa jadi patokan waktu saya mengoptimalkan blog.sukses selalu bagi agan.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar sesuai dengan topik artikel.
Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.