Cara Mengatasi Virus Ransomware, Virus yang Mencuri Uang melalui Internet

BITCOIN adalah mata uang virtual atau digital yang dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Seperti halnya Rupiah dan Dollar, mata uang ini pun bisa digunakan untuk membeli atau melakukan transaksi barang dan jasa secara online (via internet).

Cara Mengatasi Virus Ransomware, Virus yang Mencuri Uang melalui Internet

Nah, yang menjadi perhatian kali ini adalah virus Ransomware. Menurut beberapa informasi yang berhasil saya kumpulkan, terutama Wikipedia, virus ini bekerja dengan cara mencegah dan membatasi pengguna ketika mengakses sistem mereka sendiri.

Pada dasarnya, cara kerja dari virus Ransomware ini mampu memanipulasi keadaan dimana kita harus melakukan pembayaran "pajak" secara paksa agar transaksi online berhasil dilakukan, baik transaksi yang dilakukan melalui Bank maupun mata uang BITCOIN tadi.

Virus ransomware ini seringkali menyerang pengguna mata uang BITCOIN karena untuk menggunakan Bitcoin sendiri bisa dilakukan tanpa menggunakan nama asli, alamat dan identitasnya pun tidak tercatat sama sekali.

Cara Mengatasi Virus Ransomware, Virus yang Mencuri Uang melalui Internet


Virus ini pada dasarnya bekerja dengan cara mencuri uang melalui internet, secara online. Tidak seperti virus-virus malware lainnya, virus ransomware ini menyerang dan menginfeksi PC kita melalui jaringan online.

Menurut beberapa pakar dan ahli di bidang antivirus, virus ransomware ini menyebar dengan cara menyamar menjadi file unduhan sebuah program terkenal. Hal ini juga berlaku bagi inbox (kotak masuk) yang ada di email kita.

Maka dari itu, setidaknya ada beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi, menghilangkan dan mencegah virus ransomware, yakni:

  1. Tidak mendownload file berupa attachment di email
  2. Berhati-hati download sebuah file, alangkah baiknya jika di unduh melalui laman resmi
  3. Jangan lupa, backup data-data penting Anda; dan
  4. Silahkan tambahkan sendiri di kolom komentar bagaimana cara mencegah virus ransomware ini.

Maka dari itu, berhati-hatilah apabila kita ingin mendownload sebuah file attachment. Jangan sembarangan. Bila perlu, lakukan scanning antivirus di PC anda dimulai dari sekarang. Good luck!

0 Response to "Cara Mengatasi Virus Ransomware, Virus yang Mencuri Uang melalui Internet"

Post a Comment

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).