Pengertian Trafik Organik dan Cara Mendapatkan Visitor Organik dari Google

TRAFIK blog bisa didapatkan dari mana saja, misalnya hasil pencarian search engine google, sosial media, komunitas, web directory dan lainnya.

Pengertian Trafik Organik dan Cara Mendapatkan Visitor Organik dari Google

Namun, dari sekian banyak sumber pengunjung, visitor blog yang bersumber langsung dari hasil pencarian google mampu meningkatkan peringkat blog kita. Istilah ini dikenal dengan pengunjung organik.

Pengertian Trafik Organik Google


Apa itu trafik organik google? Jika dijelaskan secara sederhana, pengertian trafik organik dari google adalah pengunjung yang mengunjungi blog kita melalui hasil pencarian google dengan keyword tertentu.

Bagaimana pengaruh dan efek bagi blog apabila pengunjung blog kita kebanyakan berasal dari hasil pencarian google? Jawabannya, mempengaruhi posisi blog kita di Search Engine Result Page (SERP)!

Fakta berbicara bahwa pengunjung organik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi posisi blog kita SERP.

Semakin besar nilai persentase visitor berasal dari search engine, maka semakin besar kemungkinan adanya peningkatan peringkat terhadap blog kita.

Cara Mendapatkan Trafik Organik dari Google


Untuk bagaimana cara mendapatkannya, tentu artikel-artikel blog harus mendapatkan halaman pertama (pageone). Menjelaskannya memang mudah, tapi sangat sulit untuk memenangkan pageone di google.

Ada beberapa tips dan trik yang bisa saya jelaskan. Tutorial ini sejatinya saya bahas ala kadar, tidak saya lengkapi dengan penerapannya secara detail.

  1. Buat blog > daftarkan situs ke google webmaster tools
  2. Pastikan blog menggunakan fitur seo, fas loading, mobile friendly dan responsive (sesuai algoritma mobilegeddon)
  3. Tunggu selama 1 minggu kemudian sampai website benar-benar terindeks oleh google
  4. Buat artikel berkualitas (panduannya disini: 11 cara membuat konten berkualitas) > submit artikel dibagian GWT tadi (fetch as google)
  5. Maka proses artikel menuju pageone akan berjalan sendirinya

Mudah, kan? Mudah banget, tapi prosesnya membutuhkan jangka waktu yang sangat lama. Buktinya, blog saya ini membutuhkan waktu selama 2 bulan agar benar-benar berhasil menempati halaman pertama dan urutan pertama di search engine google.

Solusi Paling Mudah Mendapatkan Trafik Organik dari Google


Nah, katakanlah blog Anda sudah memiliki umur 3 bulan dan tetap gagal menempati pageone. Solusi satu-satunya, yang saya anggap terbaik adalah memanipulasi visitor organik.

  1. Siapkan beberapa perangkat, seperti smartphone dan komputer/laptop
  2. Seperti biasa, hubungkan ke koneksi internet. Buka google, cari keyword dimana keyword (kata kunci) ini sudah pasti akan menampilkan artikel blog Anda di halaman pertama google (bisa jadi halaman kedua)
  3. Jika sudah menemukan artikel blog kita, silahkan artikel tersebut dibuka. Selesai.

Mudah, kan? Mudah sekali malah. Tapi ingat, pastikan akun google plus Anda yang terhubung ke blog sudah dalam keadaan LOG OUT. Jika tidak, maka visitor organik tidak akan dihitung oleh Google.

Bagaimana dengan IP & Address perangkat? Hmm... Mungkin saja Google sudah terlalu cerdas untuk menilai IP dan alamat komputer atau smartphone kita. Saya agak ragu disini.

Apakah cara ini aman dan bersih, mas? Menurut saya, hasil dari observasi yang saya lakukan, tidak ada masalah. Tidak ada satu pun situs maupun website yang membahas perihal ini.

KESIMPULAN

Kenapa harus pageone? Ya itu, kalau artikel sudah pageone maka kemungkinan besar artikel blog kita akan dibaca. Maka, hasilnya adalah pengunjung organik. Jelas, SEO itu sangat penting!

Baca Juga: Kumpulan Tips SEO.

Jika disimpulkan, semakin banyak artikel blog kita yang ditemukan dan dibuka melalui hasil pencarian, maka pengaruh dan efeknya akan berimbas pada peningkatan peringkat situs maupun website kita.

4 Responses to "Pengertian Trafik Organik dan Cara Mendapatkan Visitor Organik dari Google"

  1. Thanks gan atas informasinya, telah membantu yang newbi ini.. thaks before.

    ReplyDelete
  2. Saya setuju sangat apa yg kamu jelaskan...majoriti trafik blog saya dari organik trafik dari Google.

    ReplyDelete
  3. masih bingung istilah-istilah yg disampaikan.maklum pemula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah gan asalkan agan mau belajar, semua itu butuh proses. Saya juga pernah melewati masa-masa itu :)

      Delete

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.