3 Cara paling Mudah mengantisipasi Virus Shortcut di Flashdisk

KALAU sebelumnya saya membahas cara menghilangkan dan mengatasi virus shortcut di flashdisk, kali ini adalah kebalikannya, yakni bagaimana cara mengantisipasi virus shortcut di flashdisk dengan cara yang paling mudah.

3 Cara paling Mudah mengantisipasi Virus Shortcut di Flashdisk

Di artikel sebelumnya juga saya menjelaskan tentang cara mengatasi dan menghindari virus shortcut, yakni:

  • Update antivirus yang Anda miliki, seperti Smadav, Avast, Avira dll
  • Memasang antivirus di perangkat
  • Sebelum proses memindahkan file melalui flashdisk, pastikan kedua perangkat dalam keadaan bersih dan terbebas dari yang namanya virus apapun
  • Sebelum memindahkan data, scan perangkat dengan antivirus; dan
  • Masih banyak lagi.

Cukup banyak memang panduan yang menjelaskan mengatasi virus shortcut ini. Namun, kali ini yang masih berhubungan dengan virus tersebut dan tutorialnya pun dilakukan tanpa software (program aplikasi).

3 Cara paling Mudah mengantisipasi Virus Shortcut di Flashdisk


#1. MEMBUAT FOLDER AUTORON.INF

  1. Hubungkan flashdisk terlebih dahulu ke perangkat komputer atau laptop Anda
  2. Jika sudah terdeteksi, silahkan masuk ke partisi flashdisk
  3. Buat folder dengan nama autorun.inf
  4. Buka folder tersebut dan buat lagi sebuah folder dengan nama asal-asalan, selesai

Pastikan folder yang bernama autoron.inf ini di hidden (disembunyikan) dari tampilan layar komputer dan laptop Anda.

#2. MENGGANTI FOLDER DENGAN NAMA YANG SAMA

Mengganti folder yang sama yang dimaksud adalah apabila sebuah folder terdeteksi sebagai virus, maka hal yang harus Anda lakukan adalah menghapus folder yang terdeteksi virus tersebut, dan menggantinya dengan folder yang memiliki nama yang serupa.

Misalnya, folder yang terdeteksi virus adalah algazalimanis.exe, maka hapus folder tersebut dan menggantinya dengan folder baru dimana folder baru ini memiliki nama yang sama persis dengan algazalimanis.exe. Maka, virus tersebut pun tidak akan berjalan lagi dan akan mati untuk selamanya (secara permanen).

#3. MEMBUAT WATERMARK.EXE

Poin ketiga ini mungkin lebih tepatnya bagaimana cara menghilangkan virus shortcut di flashdisk secara permanen. Nggak masalah, ikuti saja panduannya.

Virus shortcut itu memiliki folder induk yang berada di c:program files/microsoft/WaterMark.exe. Hapus folder shortcut induk ini dan menggantinya dengan folder baru namun memiliki yang sama pula, yakni WaterMark.exe.

KESIMPULAN

Pada artikel ini, sebenarnya Anda telah memanipulasi virus shortcut atau menipu virus tersebut agar tidak menyerang lagi komputer dan laptop Anda. Seakan-akan, virus tersebut sudah terserang oleh dirinya, padahal tidak sama sekali.

Oh iya... Untuk mendeteksi virus induk dari shortcut itu sangat sulit. Jika dengan antivirus yang biasanya Anda gunakan tidak menemukan virus induk dari shortcut ini, coba menggunakan antivirus PCMAV Ramnit Killer. Good luck!

0 Response to "3 Cara paling Mudah mengantisipasi Virus Shortcut di Flashdisk"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.