Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Malas Ngeblog? 6 Tips Ini Wajib Dibaca!

PERNAH merasakan yang namanya rasa malas atau bosan ngeblog? Barangkali kehabisan ide memposting artikel apa, gitu? Setidaknya, ada 6 tips yang wajib dipelajari apabila ingin mengatasi rasa malas ngeblog yang Anda rasakan saat ini.


Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Malas Ngeblog? 7 Tips Ini Wajib Dibaca!

Pada dasarnya, sebagai blogger, aktivitas ngeblog atau disebut juga dengan sebutan blogging, sering disibukkan dengan

  1. Mencari ide
  2. Niat; dan
  3. Tekad
  4. Keinginan
  5. Semangat; dan
  6. Tidak mengenal lelah.

Ke enam hal itu menjadi satu paket penting untuk disatukan, namun kebalikan dari itu semua adalah rasa malas ngeblog. Ada beberapa penyebab mengapa timbul rasa bosan ngeblog, diantaranya adalah:

  1. Kehabisan ide
  2. Tidak ada motivasi
  3. Niat dan tekad tidak ada
  4. Tidak kuat melawan situs atau website yang lebih kuat dibidang SEO, yakni halaman Search Engine Result Page (SERP) sehingga putus asa, dengan kata lain teknik seo tidak berhasil atau gagal
  5. Blog sepi atau trafik blog tidak kunjung meningkat
  6. Pendapatan google adsense hanya segitu saja, tidak ada peningkatan
  7. Akun google adsense di banned oleh pihak google
  8. Pendaftaran google adsense terus menerus di tolak, baik itu akun hosted atau non hosted
  9. Fasilitas ngeblog kurang memadai
  10. Kesibukan di dunia nyata, dengan kata lain kesibukan aktivitas sehari-hari
  11. Tidak mood atau rasa keinginan ngeblog memudar sementara waktu
  12. Ngeblog bukanlah hobi dan minat Anda; dan
  13. Masih banyak lagi penyebab rasa bosan ngeblog lainnya

Bisa dikatakan, mungkin....ada puluhan bahkan ratusan penyebab yang tidak diduga-duga lainnya, misalnya kuota internet kehabisan... eh duit simpanan untuk beli kuota malah habis. Nah, loh? Haha...

6 Tips Mengatasi Rasa Malas Ngeblog


Sebenarnya, gak masalah kalau tiba-tiba muncul rasa malas atau bosan ngeblog. Bahkan, saya juga mengalaminya. Itu alami mengingat ngeblog adalah menulis, menulis dan menulis.

Belum lagi Anda harus mencari ide untuk postingan blog, referensi, mengumpulkan data dan fakta hasil dari observasi yang dilakukan, dan berbagai alasan lainnya.

Setidaknya, ada 6 tips solusi mengatasi rasa malas ngeblog yang Anda alami. Simak baik-baik, guys!

#1. Hilangkan Niat Google Adsense untuk Sementara Waktu

Untuk diterima sebagai salah satu publisher google adsense itu sebenarnya tidak mudah. Blog ini saja, yang sudah memenangi beberapa kata kunci di SERP, tetap di tolak oleh google adsense.

Nah, solusi terbaiknya adalah hilangkan niat untuk menghasilkan uang melalui google adsense untuk sementara waktu.

Alangkah baiknya jika Anda mau meningkatkan kualitas website Anda terlebih dahulu, baru didaftarkan ke google adsense. Meningkatkan tentu saja harus menggunakan teknik seo yang terbagi menjadi dua bagian, ialah seo onpage dan seo offpage.

Perlu diketahui, untuk bermain blog, Anda harus siap sedia baik secara fisik maupun mental untuk "bertarung" melawan ratusan blog yang mempunyai topik yang sama dengan blog Anda di search engine mana pun, baik itu google, bing, yahoo maupun yandex.

Poin nomor 2 ini tidak jauh dari inti pembahasan nomor 1 diatas. Saya beberkan sedikit rahasia seo yang saya ketahui sampai saat ini:


#2. Ngeblog bukan Hobi dan Minat Anda

Blogger yang sukses adalah blogger yang mampu mengembangkan tulisan-tulisan biasa menjadi tulisan yang luar biasa, istilah ini dikenal dengan artikel berkualitas tinggi.

Orang yang mampu menulis dengan gaya penulisan berkualitas tinggi hanyalah milik orang-orang yang mempunyai hobi dan minat menulis. Kalau saja Anda malas menulis atau memposting konten di blog, bagaimana mungkin Anda bisa sukses? Iya, kan?

Andai kata, Anda sudah melakukan berbagai tutorial blogging terbaik menurut pengetahuan Anda namun tetap mengalami kegagalan, ujung-ujungnya Anda akan mengalami rasa bosan ngeblog, kan?

Solusi terbaiknya adalah tinggalkan dunia blogger. Anda tidak layak bersaing dengan kami di search engine. Memang kata-kata barusan terlihat sombong.

Ada dua kesimpulan yang bisa Anda ambil, Anda menganggap saya sombong dan itu sah-sah saja... atau Anda baru saja berani meyakinkan diri Anda bahwa Anda memang mampu, minat dan hobi menulis serta bisa bersaing dengan kami. So, Just do It!

#3. Anda kurang Piknik :D

Istilah piknik seringkali diartikan sebagai jalan-jalan atau sekedar refreshing agar pikiran kembali jernih.

Kadangkala pun, saya melakukan piknik dengan teman atau keluarga saya agar pikiran saya lebih terbuka dan barangkali menemukan ide menulis.

Bosan ngeblog? Yuk, piknik hehehe...

#4. Fasilitas Aktivitas Blogging tidak Memadai

Sebagai blogger, kita dituntut untuk memiliki sebuah komputer atau laptop untuk melakukan tugas kita. Belum lagi Anda harus menyewa jasa dan layanan internet atau membeli kuota internet untuk modem.

Ngeblog itu sebenarnya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika sebelumnya Anda sudah memiliki komputer atau laptop, Alhamdulillah.... Kalau belum, Anda harus membeli perangkat tersebut.

#5. Niche Blog tidak Seusai dengan Passion Anda

Passion itu bisa diartikan sebagai minat dan hobi Anda. Rasa suka atau tidak suka pada niche blog atau topik blog Anda.

Jika blog yang Anda kelola tidak sesuai dengan passion Anda, bisa dipastikan blog itu akan terbengkalai karena pada dasarnya Anda memang tidak suka dengan topik yang Anda bahas di blog Anda.

Pastikan bahwa Anda benar-benar yakin, benar dan tepat dalam hal memilih atau menentukan niche blog apa yang akan diterapkan di website Anda. Sesuaikan dengan passion Anda. Baca indeks artikel terkait niche blog disini.

#6. Anda Harus Disiplin dengan Waktu

Waktu adalah uang, bukan berarti ngeblog itu membuang-buang waktu (baca lagi: uang). Beberapa orang terkendala dengan kedisiplinan waktu yang dimilikinya, seperti terlalu sibuk di dunia nyata.

Normal-normal saja, wajar kok...

Saya sendiri tidak bisa menjelaskan bagaimana cara solusi mengatasi terkait waktu ini. Ini semua tergantung kepada Anda bagaimana Anda me-manage atau membagi-bagi waktu Anda, seperti hari atau berapa jam untuk ngeblog dalam sehari.

Solusinya adalah cerdaslah dalam membagi waktu....

Jika Anda terlalu sibuk, carilah hari spesial dimana Anda bisa leluasa ngeblog seperti hari sabtu atau minggu, sedangkan untuk hari senin sampai hari jumat adalah tugas Anda mencari ide-ide tulisan yang akan diposting pada hari sabtu dan minggu mendatang.

Mudah, kan? (Iyaa mas, ngomong aja mah mudah.. Ngelakuin ini yang ribet wkwk)

KESIMPULAN

Jujur saja, saya membuat artikel ini berdasarkan pengalaman saya. Waktu saya di dunia nyata sangat tidak beraturan, misalnya sering begadang, makan 1 hari sekali, terlalu sering menatap layar laptop dan smartphone untuk mencari ide sehingga berimbas kepada mata yang menjadi rabun, dan berbagai kondisi negatif lainnya.

Namun, semua itu menjadikan saya lebih sadar diri, bahwa mencari uang itu sangat susah.

Dengan begitu pun, saya bisa menjadi lebih hemat untuk mengeluarkan uang baik itu hanya sekedar jajan, ngumpul, ngopi atau apa saja. Hemat tingkat dewa tapi gak pelit-pelit amat. Hehehe. ENJOY!

2 Responses to "Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Malas Ngeblog? 6 Tips Ini Wajib Dibaca!"

  1. Makasih banyak kawan buat infonya, semoga menjadi amal kebaikan bagi Anda.

    ReplyDelete

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.