Penyebab dan Cara agar Kuota Internet tidak Cepat Habis

INTERNET sudah menjadi konsumsi pokok yang dibutuhkan banyak orang sampai detik ini. Nggak internetan seharian, rasanya itu sumpek banget. Termasuk saya sih hihi.

Penyebab dan Cara agar Kuota Internet tidak Cepat Habis

Nah, ceritanya nih, katakanlah Anda membeli kuota internet atau paket data sebesar 2GB, terserah mau provider-nya telkomsel, indosat, XL atau apa saja....

....selang beberapa hari kemudian, kuota internet tersisa menjadi 500MB. Lah, kok bisa? Padahal, jika dihitung-hitung, pemakaian atau penggunan kuota internet tidak sebanyak itu.

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis


Sebagai gambaran sederhana, ada beberapa alasan dan penyebab mengapa kuota internet menjadi cepat habis, diantaranya adalah:

  1. Aplikasi yang terhubung internet selalu aktif, tidak dimatikan padahal sedang tidak digunakan
  2. Terlalu aktif di instagram dan banyak menonton video instagram
  3. Sering melihat dan menonton video di youtube tanpa mengenal waktu
  4. Download "film yang bukan-bukan"
  5. Terlalu sering menggunakan video chat
  6. Memainkan game HD atau game-game online yang menghabiskan banyak kuota seperti Aspalt8 untuk tiap per-menitnya memakan kuota sebesar 1MB
  7. Meng-aktifkan fitur dan layanan Update Aplikasi secara Otomatis menggunakan paket data provider (tidak di setting ke mode otomatis update apabila terhubung ke WIFI); dan
  8. Kena tipu sama abang-abang yang jual kuota internet, katanya 2GB, taunya isinya 1GB atau kurang dari itu wkwk.. Sabar yaaa mas dan mbak sekalian. Hati-hati hihi.

Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa kuota internet cepat habis, langsung saja disimak beberapa tips dan trik bagaimana cara menghemat kuota internet agar tidak cepat habis.

Cara agar Kuota Internet tidak Cepat Habis


#1. MEMANFAATKAN JARINGAN WIFI

Jaringan WIFI itu bebas pakai tanpa dikenakan biaya sepeser pun. Walau pun begitu, tentu ada beberapa ketentuan yang diberlakukan oleh pihak pengelola WIFI, misalnya kecepatan internet untuk per-detiknya.

Abaikan itu. Manfaatkanlah jaringan WIFI yang ada di sekitar Anda untuk melakukan berbagai aktivitas Anda sehari-harinya.

Selain hemat, toh tidak mengeluarkan uang sepeser pun. Lain ceritanya kalau kita mempunyai WIFI di rumah, sudah pasti membayar WIFI untuk perbulannya. Itu memang wajib hehehe.

#2. MEMATIKAN PROGRAM APLIKASI ONLINE

Beberapa program aplikasi atau software dijalankan menggunakan internet. Tanpa bantuan internet, aplikasi tersebut tidak mungkin berjalan. Misalnya saja Instagram, aplikasi ini tidak dapat dimainkan tanpa kuota internet.

Nah, beberapa aplikasi yang dijalankan dengan bantuan internet itu sudah seharusnya kita matikan apabila sedang tidak digunakan.

Jika tidak, tentu akan mempengaruhi berkurangnya kuota internet tanpa kita sadari. Kuota internet akan terkuras secara perlahan-lahan mengikuti perkembangan timeline instagram tersebut.

Itu salah satu contoh aplikasi yang memakan banyak kuota internet dalam satu waktu. Aplikasi lainnya? Apa ya? Silahkan tambahkan di kolom komentar aja deh.

#3. HINDARI MEMAINKAN GAME ONLINE HD

Game online itu sifatnya mengurangi kuota internet yang kita miliki. Apalagi game-game berat (game kualitas HD) seperti Aspalt8 atau Modern Combat 5 yang memakan banyak kuota internet untuk per-menitnya, yakni sebesar 1MB!

Jadi, solusi terbaik untuk mengatasi agar kuota internet tidak cepat habis adalah memanfaatkan jaringan WIFI yang sudah disebutkan di atas tadi.

#4. SETTING UPDATE APLIKASI DI PLAYSTORE & ITUNES

Untuk ITunes sendiri, jujur saja saya kurang paham. Akan tetapi, untuk android alhamdulillah sudah paham hehe.

Tutorial menghemat kuota internet lainnya adalah mengaktifkan fitur update aplikasi secara otomatis melalui jaringan WIFI, bukan update yang dilakukan menggunakan kuota internet.

  1. Buka playstore di Android anda
  2. Masuk ke Setelan
  3. Pada bilah menu Perbarui Aplikasi secara Otomatis > Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi
  4. Simpan dan kembali, selesai.

Nah dengan cara ini pun, aplikasi-aplikasi yang sudah "basi" akan di perbaharui apabila terkoneksi ke jaringan WIFI. Jika tidak, maka pembaharuan aplikasi tidak akan berjalan. Cerdas, kan?

#5. BERHATI-HATI KETIKA MEMBELI KUOTA INTERNET

Yaahh, walau pun tingkat penipuan yang dilakukan tidak banyak, bahkan hampir tidak pernah terjadi, tapi kita wajib mewaspadai yang namanya penipuan di saat membeli kuota internet.

Kita wajib berhati-hati ketika membeli kuota internet. Jika sang penjual menjual kuota sebesar 2GB, silahkan cek apakah itu benar atau tidak. Misalnya, mengecek kuota internet di Telkomsel dengan cara menelpon: *889#.

Penyebab dan Cara agar Kuota Internet tidak Cepat Habis

Punya opini dan pendapat? Silahkan berkomentar dengan baik dan benar. Jika ada tambahan, jangan sungkan-sungkan guys! Good luck!

0 Response to "Penyebab dan Cara agar Kuota Internet tidak Cepat Habis"

Post a Comment

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).