5 Cara Meningkatkan Penghasilan AdSense bagi Pemula

SEBAGAI seorang pemula yang mencari uang melalui Google AdSense, tentu kita akan dihadapkan pada beberapa pertanyaan seperti bagaimana cara meningkatkan penghasilan google adsense bagi pemula? Bagaimana cara perhitungan pendapatan adsense?

5 Cara Meningkatkan Penghasilan AdSense bagi Pemula

Bahkan.. Ada juga yang bertanya apa itu page impression (page view), CPC, CTR, CPM dan eCPM? Dan akan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan terkait adsense. Belum lagi terkait youtube adsense, modyaarrrr komandan! Hahaha.

Kebetulan... Artikel seperti ini sudah banyak yang membahasnya. Teman-teman blogger yang memuat artikel yang sama persis seperti artikel ini pun tidak takut membocorkan rahasia meningkatkan adsense yang mereka pahami selama ini. Hmm.. ciri-ciri blogger sejati yang mau membagikan informasi, tuh!

5 Cara Meningkatkan Penghasilan AdSense bagi Pemula

Nah, berawal dari pengalaman ngeblog saya dalam dunia blogging dan berkaitan langsung dengan google adsense, berikut tips dan trik bagaimana cara meningkatkan penghasilan google adsense bagi pemula serta mengoptimalkan pendapatan adsense blog.

5 Cara Meningkatkan Penghasilan AdSense bagi Pemula


#1. MEMENANGKAN SEARCH ENGINE RESULT PAGE (SERP)

Blogger mana pun yang ingin meningkatkan pendapatan google adsense miliknya, MUTLAK memenangkan search engine result page (SERP). Wajib memenangkan SERP, baik itu Google, Bing, Yahoo maupun Yandex sekaligus.

Saya pernah berbincang-bincang dengan salah satu blogger yang sukses di bidang website dan adsense, menjelaskan bahwa trafik blog yang baik untuk google adsense adalah trafik organik (seo onpage), dan bukan dari sosial media (seo offpage).

Sebut saja namanya bunga, blogger satu ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan penghasilan adsense yang kita terima apabila pengunjung blog bersumber dari search engine (organik) dan sosial media (offpage). Baik itu dari sisi CTR, CPM, BPK atau CPC dan lain-lain.

Jujur... Saya agak ragu disini. Saya coba, deh. Waktu itu saya menggunakan blog hiburan yang terpasang dengan iklan adsense. Sebelumnya saya sering membagikan artikel melalui jalur sosial media atau lebih dikenal dengan SEO Offpage.

Seperti yang dijelaskan oleh teman saya tadi, saya coba dengan menggunakan metode SEO onpage untuk memenangkan SERP, ternyata memang benar. Trafik organik itu merupakan faktor dan penyebab penghasilan adsense kita meningkat secara drastis.

Pengertian SERP adalah suatu daftar halaman yang ditampilkan oleh mesin pencari (search engine) terhadap query atau kata kunci (keyword) tertentu, yang diketik langsung oleh calon pengunjung bersumber dari search engine (organik).

Intinya begini. Blog yang memiliki trafik organik dengan trafik blog yang tinggi untuk tiap harinya, kemungkinan terbesar akan mendapatkan penghasilan adsense yang tinggi pula. Ini dia intinya.

#2. MEMBUAT JUDUL YANG UNIK

Ini berkaitan langsung dengan niche blog Anda. Jika niche blog Anda seperti blog hiburan atau memuat posting-posting unik, fakta dan menarik, maka cara yang terbaik adalah membuat judul yang unik. Poin kedua ini masih berkaitan erat dengan poin pertama diatas.

Di poin nomor dua ini, Anda harus meningkatkan teknik SEO offpage, yakni sebuah teknik SEO yang memfokuskan di luar situs, misalnya membagikan artikel di facebook, twitter atau pinterest. Berbeda dengan poin pertama diatas yang lebih fokus ke teknik SEO onpage - mengarah langsung mencari trafik organik untuk blog.

Teknik SEO offpage dan dukung dengan judul yang unik dan memikat calon pembaca, maka dipastikan trafik blog Anda meningkat secara drastis. Misalnya nih, judul yang saya maksud, "Astaghfirullah, anak ini memakan buaya, apa yang akan terjadi??? Sungguh dramatis!!! Baca artikel ini!".

Saya lagi mikir, nyari trafik blog kok segitunya ya hahaha. Kadang, saya juga tertipu, judul artikel A isi konten B.. Yah, namanya juga usaha dong ya. Kadang juga saya seperti itu. Hihihi.

Intinya begini, dengan judul yang menarik dan memikat seperti diatas serta jika Anda rajin membagikan konten tersebut ke berbagai sosial media, pasti akan ramai dikunjungi oleh banyak pembaca.

Memang... Penghasilan yang Anda dapatkan tidak setinggi dari poin pertama diatas, tapi... setidaknya Anda sudah berupaya menjadi lebih baik lagi.

Jadi.. Anda juga harus tahu bahwa teknik SEO offpage ini cukup berbahaya jika dilakukan bertubi-tubi atau secara terus menerus. Google bisa menganggap bahwa blog Anda telah melakukan aktivitas spam. Jadi, santai saja. Jangan membabi-buta. Hehehe.

Solusi dan cara terbaik, dan bahkan yang paling mudah adalah meningkatkan kualitas SEO dengan internal link. Panduannya ada di poin nomor 5 dibawah.

#3. MENGHILANGKAN TOMBOL BACK TO TOP DI BLOG

Saya sering tuh main-main di forum tentang google adsense. Kebanyakan anggotanya sering mengeluh tentang penghasilan mereka dapatkan di tiap harinya.

Padahal, jika Anda mau teliti sedikit saja, tombol back to top itu salah satu faktor dan penyebab yang mempengaruhi penghasilan google adsense, looohh.

Artikelnya sudah saya buat jauh-jauh hari, sila dibaca: Fakta Adsense: Tombol Adsense Menurunkan Penghasilan Adsense.

#4. PENEMPATAN IKLAN GOOGLE ADSENSE

Pada faktanya, jenis iklan google adsense itu sangat banyak, ada yang responsive, 300x250, 336x280, 300x600, 720x90 dan panjang kali lebar kali tinggi atau apalah.

Nah, tiap-tiap ukuran unit iklan adsense itu pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti yang tertulis dilaman Support Google: Panduan ukuran iklan, berikut penjelasan detail.

  • 300x250: Berkinerja baik bila disematkan dalam konten teks atau di bagian akhir artikel.
  • 336x280: Berkinerja baik bila disematkan dalam konten teks atau di bagian akhir artikel.
  • 728x90: Berkinerja baik bila ditempatkan di atas konten utama dan pada situs forum.
  • 300x600: Merupakan salah satu ukuran yang paling cepat berkembang menurut tayangan dan menjadi indikasi tren di mana penayang menawarkan ukuran iklan yang lebih berdampak secara visual yang menjadi pilihan pengiklan merek.
  • 320x100: Iklan ini menawarkan "spanduk utama seluler" standar kami dengan tinggi dua kali lipat kepada pengiklan.

Sebagai informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjung laman Supoort Google diatas untuk lebih lengkap. Jadi, langsung ke bagaimana cara memasang dan menempatkan iklan google adsense di blog versi saya, menurut pengalaman ngeblog selama ini.

  • Halaman homepage, cukup memasang 2 unit iklan saja, yakni di sidebar (300x250) dan di samping header blog (unit iklan responsive)
  • Tempatkan iklan 300x250 (bukan responsive) di awal dan di akhir artikel blog (single post, dalam posting)

Just that, hanya itu. Jika dihalaman homepage saya memasang dua unit iklan saja, namun di dalam artikel blog berarti ada 4 dong? Betul, gak salah. Jawabannya adalah iklan di samping header blog saya sembunyikan.

Apakah ini melanggar TOS Google AdSense? Saya tidak tahu, tapi selama ini aman-aman saja.

Sebagai catatan saja, iklan yang ditempatkan di awal dan di akhir itu berpotensi tinggi untuk di klik oleh pembaca blog, baik secara tidak sengaja maupun di klik secara sengaja sesuai dengan apa yang dilakukan oleh para pengunjung blog.

#5. TEMPLATE BLOG SEO & USER FRIENDLY (INTERNAL LINK)

Jika diartikan secara lebih luas, yang dimaksud template blog seo dan user friendly disini adalah berhubungan "baik" dengan search engine mana pun, baik itu google, bing, yahoo maupun yandex (seo friendly), dan juga terhadap para pembaca nantinya (user friendly).

Ciri-ciri template blog seo friendly di search engine adalah:

  1. Fast loading - Alasan kenapa kecepatan loading blog itu penting
  2. Minimalis, simple dan elegan
  3. Responsive - Algoritma Mobilegeddon
  4. Mobile friendly; dan
  5. Silahkan tambahkan sendiri di kolom komentar

Untuk template blog user friendly di mesin pencari, sebenarnya sudah saya posting di artikel Tips SEO: 9 Widget untuk Meningkatkan Pageviews Blog. Ini terkait internal link. Berikut ciri-ciri template blogger user friendly:

  1. Adanya widget navigasi menu yang jelas berdasarkan label atau kategori
  2. Label
  3. Kotak pencarian untuk mencari artikel yang ingin ditemukan dan dibaca oleh pengunjung
  4. Related posts
  5. Recent posts: artikel terbaru berdasarkan label
  6. Share Button (tombol berbagi artikel untuk facebook, twitter, pinterest dll)

Intinya begini. Tutorial di poin ini adalah bagaimana cara Anda membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di blog kita. Semakin betah untuk berdiam diri di situs kita, maka perhitungan adsense pun bisa berkali-kali lipat.

Hal ini juga tidak terlepas dari yang namanya bounce rate dari suatu blog. Bounce rate blog adalah sebuah perhitungan google analytics terhadap blog kita. Semakin kecil persentase bounce rate blog kita, maka itulah gambaran bahwa website kita sudah baik di SERP.

SOLUSI TERBAIK: MENGIKUT JOIN VENTURE GOOGLE ADSENSE

Bagaimana mungkin Anda ingin meningkatkan google adsense sedangkan tidak mempunyai akunnya? Wait... Tunggu dulu, solusi terbaik apabila di tolak oleh google adsense adalah mengikut joint venture adsense atau bekerja sama adsense!

Apa itu JV adsense? Pengertian Joint Venture Adsense adalah salah satu cara atau upaya yang bisa Anda lakukan untuk bekerja sama dalam mendapatkan untung melalui google adsense. Untuk lebih jelas dan sederhana, Anda bisa membuka artikel ini: Pengertian JV Adsense.

Baca Juga: 4 tips sebelum memulai kerja sama adsense.

Nah, katakanlah Anda sudah terdaftar menjadi publisher adsense indonesian, sekarang saatnya Anda mengikuti ke - 5 tutorial diatas.

Saling menguntungkan juga loh, antara Anda sebagai pihak bantuan publisher dan pemilik utama akun adsense non hosted.

5 Cara Meningkatkan Penghasilan AdSense bagi Pemula

KESIMPULAN

Perlu diketahui, tiap-tiap penghasilan adsense yang kita peroleh berdasarkan PAGE VIEWS, CPC, CTR dan lainnya tidak akan pernah kita ketahui. Sebab, ini adalah rahasia antara Google dengan pihak pengiklan (Advertiser).

Intinya begini, perhitungan google adsense itu berdasarkan banyak analisa. Analisa perhitungan iklan adsense sudah saya sebutkan diatas tadi, yakni Page Views, CPM, CPC dan CTR. Jangan putus asa! Sikat dan gaspol!

6 Responses to "5 Cara Meningkatkan Penghasilan AdSense bagi Pemula"

  1. Keren banget pendapatannya, dengan CTR sangat rendah. :o
    terimakasih suhuku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga berguna, mas twadjahmoe. Cuma berbagi buah pikiran saja, kok. Bukan suhu hehe :)

      Delete
  2. Penjelasannya komplit banget, saya memang masih sangat pemula apalagi masalah adsense ini. Sekali lagi makasi untuk ilmu yg udah di share.
    Jangan bosan" bagi ilmu suhu

    ReplyDelete
  3. Googling dan saya nemu blog ini, karena saya merasa kenal sama pemilik nya, walaupun gak ada di urutan pertama, saya lebih dulu ngunjungi blog ini. Hmmm apa mungkin ya kekuatan search engine itu bukan soal artikel page one di urutan 1, tapi soal seberapa sering kita mengenal kan blog kita ke orang lain (SEO offpage).

    Kembali ke topik, saya menggunakan semua jenis iklan yang responsive, apakah akan memiliki perbedaan penghasilan atau sama saja dengan yang tidak responsive?.. Tengkiyu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matt Cutts bilang sih gini, Media Sosial tidak mempengaruhi ranking artikel kita di SERPs. Kalau menurut sih mungkin iya, tapi artikel yang dibagikan di SosMed itu memberikan banyak pengunjung, apalagi artikel viral. Pasti rame.

      Menurut saya pribadi, pasti memiliki perbedaan penghasilan mas. Saya pernah tuh lihat sebuah blog, ketika diakses di PC, iklannya besar. Namun, ketika diakses di smartphone, iklannya berukuran kecil (Responsive). Menurut saya, ada mas :)

      Btw, thanks berat buat mas Nino sudah mau berkunjung ke blog ini... :)

      Delete

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.