8 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Tips yang Paling Mudah

KEBUTUHAN trafik blog atau pengunjung situs sangat berkaitan erat dengan yang namanya Google AdSense.


8 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Tips yang Paling Mudah

Menurut Panduanim.com, Indonesia adalah negara dengan rasio klik RTK dan CTR dengan rata-rata persentase dibawah 3%. Jika dikalkulasikan:

10.000 pengunjung per hari, hanya 300 yang meng-klik iklan. Maka, 300 x $0,04 = $12 per hari. Artinya, Anda akan mendapatkan $12 per hari dari 10.000 pengunjung.

8 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Tips yang Paling Mudah

Jangan pernah berpikir bahwa Anda akan mendapatkan penghasilan uang dari adsense hanya bermodalkan 300 pengunjung per harinya.

Faktanya, penghasilan dari blog yang berasal dari Indonesia sangat kecil, yakni memiliki nilai rata-rata $0.1 per 100 visitor per harinya. Hanya Rp 1.000,-. Muehehe...

Semakin tinggi trafik blog, semakin besar kemungkinan pendapatan google adsense. - Arief Ghozaly (SEO KILLER).

Maka dari itu, kita perlu membahas cara meningkatkan trafik blog yang akan dibahas dengan tips yang paling sederhana.

Apa yang Anda butuhkan dan apa yang dipersiapkan pertama kali akan dibahas dalam beberapa poin penting yang wajib Anda lakukan untuk meningkatkan trafik blog secara cepat.

8 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Mudah


1. SEO (Onpage & OFFpage)

Untuk meningkatkan kunjungan di blog kita, SEO sangat berperan penting terhadap sumber trafik blog apakah tinggi atau rendahnya pengunjung yang akan didapatkan sendiri. Sampai saat ini, SEO terbagi menjadi dua bagian, ialah ONPAGE dan OFFPAGE.

8 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Tips yang Paling Mudah

Perlu diketahui, jika dilihat dari sifatnya, SEO itu terbagi menjadi SEO untuk search engine dan SEO Friendly untuk para pembaca.

Pastikan bahwa Anda mengerti apa yang dimaksud dengan Search Engine Optimization sendiri, serta bagaimana cara menerapkannya dengan cara yang paling mudah, namun dengan benar dan cepat.

2. PERAN SOCIAL MEDIA & SMARTPHONE

Jangan mengira bahwa SEO adalah satu-satunya cara meningkatkan trafik pengunjung blog dengan cepat. Meski pun pengunjung organik jauh lebih berkelas, namun peran sosial media tidak kalah jauh lebih penting.

Tahukah Anda bahwa sumber traffic saat ini dikuasai oleh perangkat smartphone? 70% traffic berasal dari sosial media, sedangkan 30%-nya berasal dari search engine atau hasil penelusuran di mesin pencari.

Baca Juga: Algoritma MobileGeddon.

Media sosial saat ini sangat mudah diakses oleh calon pembaca konten yang ada di blog Anda. Hanya dengan menggunakan smartphone, menghubungkannya ke internet, maka mereka akan membaca setiap artikel-artikel yang ditemukannya tanpa harus menggunakan komputer atau laptop.

Media sosial dengan smartphone itu sangat berkaitan erat jika dibandingkan dengan penggunaan komputer atau laptop.

Terbukti, Google menyarankan kita untuk mengadakan fitur mobile friendly di situs kita melalui laman Webmaster Central Blog.

Kesimpulannya bagaimana mas? BAGIKAN ARTIKEL!

Pembagian artikel ini cukup sekali saja di halaman Facebook, Twitter, Path, Pinterest dan dimana saja, yang pasti di tempat yang memungkinkan untuk menarik pengunjung blog.

8 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Tips yang Paling Mudah

Kenapa cukup sekali? Untuk menghindari SPAM. Bagaimana dengan melakukan promosi melalui SOCIAL BOOKMARKING? Jawabannya SANGAT BERBAHAYA.

Saya pernah membaca di salah satu website, saya lupa, social bookmarking saat ini sangat berbahaya mengingat Google terus memperketat situs-situs yang membangun backlink namun menggunakan metode yang tidak wajar. Social bookmarking pada faktanya adalah cara "halus" membangun backlink yang tidak diperkenankan.

LANJUTTT....

#3. JUDUL YANG FANTASTIS, MENGGODA, UNIK & MENARIK

Siapa pun yang Anda terget, baik muda maupun tua, pasti akan membaca judul artikelnya terlebih dahulu. Disinilah peran paling penting setelah Anda membagikan artikel tersebut ke sosial media (poin nomor 2 diatas).

Judul itu sifatnya sangat memikat calon pengunjung mana pun. Meski pun artikel yang dibagikan tidak berkualitas, bisa saja Anda menipu para pembaca dengan judul yang WAH.

Namun, perlu di ingat, judul artikel harus sesuai dengan isi konten. Intinya, BERKUALITAS. Kalau tidak, website Anda akan di cap sebagai salah satu website terburuk yang pernah dikunjungi oleh pembaca.

#4. MENGGUNAKAN THEME BLOG TERBAIK

Theme blog atau template blogger terbaik adalah sebuah template yang dibuat dan di desain khusus bagi penggunanya. Untuk fiturnya sendiri telah disematkan beberapa fitur unggulan, diantaranya adalah:


  • Seo friendly
  • Fast loading
  • Responsif
  • Minimalis
  • Mobile friendly
  • Dynamic heading tag; dan
  • Masih banyak lagi


Dari sekian banyak unggulan yang diadakan, pada faktanya adalah fitur RESPONSIF bisa meningkatkan meningkatkan visitor blog secara drastis.

Bahkan, di laman Google sendiri, situs Web Mobile-Friendly, telah menyarankan kita sebagai pemilik website untuk menggunakan template blogger atau template wordpress yang telah mendukung fitur Responsif.

Hal ini pula sudah dikatakan oleh Maryam Taheri, pada laman Reasons to Use Responsive Design.

Masih ragu menggunakan template RESPONSIF? Kalau ragu, gunakan saja template default untuk mobile. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan template blog yang sudah mendukung fitur responsif otomatis.

#5. MEMBUAT KONTEN BERKUALITAS ALA LSI KEYWORD

LSI keyword jika diartikan secara sederhana adalah bagaimana cara Anda memilih dan menentukan kalimat lanjutan atau kueri lanjutan, seolah-olah Anda menebak kalimat lanjutan dengan tepat, dengan kata lain Anda menebak bagaimana cara pikir pengunjung blog ketika mencari sebuah artikel.

Pembahasan ini sudah saya jelaskan di artikel Cara Mendapatkan Long Tail Keyword yang Tepat & Berkualitas Tinggi dan EFEK Long Tail Keyword pada SEO Artikel dan SEO Website milik Anda.

#6. MEMBUAT & MEMPERBANYAK KONTEN BERKUALITAS

Membuat artikel yang berkualitas membutuhkan pemahaman, wawasan dan pengetahuan yang amat luas terkait dengan konten apa yang akan dibuat.

Semua itu membutuhkan informasi, sumber dan kutipan yang akurat dan tepat. Beberapa orang rela mencari informasi di majalah, kamus KBBI atau pun kamus slang, Wikipedia, ZINE atau dimana saja yang Anda anggap sudah menjadi sumber paling terpercaya.

Lebih dari itu, ada dua poin yang paling penting lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan, ialah foto dan video. Pembaca akan lebih senang melihat gambar maupun video dibandingkan isi artikel tersebut. Really!

#7. KONTEN VIRAL, HOT, WAH & KONTROVERSI

FAKTA menampilkan bahwa konten yang bersifat viral, hot, wah dan kontroversi (sedang hangat-hangatnya) bisa dikatakan cara jitu meningkatkan trafik blog!

Seburuk apapun gaya penulisan yang Anda buat, namun jika isi artikel mudah dimengerti oleh pembaca, apalagi jika artikel yang Anda buat adalah konten viral... Bisa dipastikan, artikel tersebut menarik banyak trafik blog secara drastis!

Konten viral ini identik dengan blog gado-gado, ialah adalah konten yang membahas segala hal yang sedang terjadi atau baru saja terjadi di dalam satu Website, sederhananya situs tersebut memuat artikel yang bersifat informasi terhangat.

8 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Tips yang Paling Mudah

#8. BLOG DENGAN NICHE GADO-GADO

Seperti yang Anda ketahui, niche blog atau blog pada satu topik pembahasan seperti Teknologi, Menghasilkan Uang melalui Internet, Afiliasi, AdSense, Investasi dan lain-lain sering disebut-sebut sebagai niche blog terbaik dan salah satu rekomendasi & tips menaikkan trafik blog kita.

Faktanya, di era 2016 ini, semua blog yang membahas satu topik itu akan kalah jika dibandingkan dengan blog yang membahas berbagai topik, istilah kerennya adalah blog gado-gado.

Untuk faktanya, kita boleh melihat salah satu website ternama saat ini, HIPWEE yang mampu mencapai 1 juta visitor hanya dalam waktu 4 bulan. Mengagetkan, bukan?

KUTIPAN

Dari berbagai sumber informasi hasil googling, saya temukan bahwa Anda disuruh untuk melakukan blogwalking dengan meninggalkan komentar yang berkualitas. Saya rasa, ini tidak penting. Hanya membuang-buang waktu.

Apalagi jika Anda men-submit artikel di Social Bookmarking. Seperti yang sudah saya jelaskan pada poin nomor 2 diatas, GOOGLE bisa saja menganggap men-submit artikel di Social Bookmarking sebagai salah satu aktivitas spam (spammer).

Baca Juga: 10 Kesalahan Blogger Pemula dalam Blogging yang Paling Dasar.

KESIMPULAN

Sumber artikel ini berdasarkan fakta yang nyata, berdasarkan pengetahuan sebagai salah satu pengguna internet yang sering berselancar di dunia maya. Apalagi facebook hehehe...

Bisa dikatakan, untuk meningkatkan traffic website, SEO tidak penting jika Anda tahu bagaimana cara menemukan solusi terbaiknya. Bagaimana menurut Anda? Sampaikan di kolom komentar, ya! :)

0 Response to "8 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Tips yang Paling Mudah"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.