Cara Memasang Meta tag refresh, Dampak dan Fungsinya pada Blog

ADA beberapa alasan dan penyebab mengapa seorang blogger mengalihkan (redirect URL) alamat blognya ke blog lain menggunakan fitur redirect halaman, salah satunya adalah memasang meta tag refresh atau reload halaman otomatis pada blog.

Cara Memasang Meta tag refresh, Dampak dan Fungsinya pada Blog

Sebelum benar-benar membahas poin penting pada artikel ini, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu meta tag refresh.

Pengertian Meta tag refresh


Pengertian apa itu meta refresh adalah sebuah meta yang berfungsi me-reload atau me-refresh halaman situs, blog atau website dalam waktu yang telah ditentukan.

Jika berbicara terkait tujuan dan fungsi dari pemasangan meta ini, sudah pasti terkait trafik. Jika seorang pengunjung "terkena" efek dari meta tag ini, maka search engine (mesin pencari) akan menilai bahwa trafik akan dikalikan menjadi dua kali mengunjungi halaman web tersebut.

Efek Memasang Meta tag refresh


Jujur saya sendiri lupa dari mana sumbernya, yang pasti meta tag refresh ini sangat dilarang oleh google yang kita kenal sebagai mesin pencari terbesar di dunia saat ini.

Google akan menilai bahwa situs tersebut telah melakukan manipluasi trafik blog atau melakukan upaya kebohongan terhadap search engine.

Bahkan, google juga beranggapan bahwa itu tidak seo friendly, dengan kata lain tidak bersahabat dengan para pengunjung maupun pembaca blog Anda.

Hmm, berhati-hati ya.

Cara Membuat & Memasang Meta tag Refresh di Blog


Nah, diatas adalah dampak dan efek buruh apabila menggunakan meta refresh pada blog. Jika Anda tetap ingin membuat dan memasang meta ini di blog, silahkan saja. Jangan salahkan saya kalau suatu saat nanti blog Anda dihapus oleh google. Ngeri, loh hehehe.

  1. Buka blogger > template > HTML
  2. Cari kode ini (CTRL+F): <head>
  3. Copy kode <meta http-equiv="refresh" content="5"/>
  4. Paste diatas kode <head> yang Anda temukan tadi
  5. Simpan template blogger, selesai.

Angka 5 diatas adalah detik. Jika pengunjung sedang mengakses sebuah artikel pada blog, berselang 5 detik kemudian, pengunjung blog Anda harus merelakan waktunya yang terbuang-buang sia-sia karena menunggu lagi proses reload halaman blog. Sangat tidak User Friendly!

KESIMPULAN

Kesimpulannya sudah saya jelaskan diatas tadi. Namun, kode meta tag refresh ini bisa difungsikan sebagai redirect halaman apabila diberi URL.

Penerapannya hampir sama seperti diatas, yang membedakannya adalah penambahan link pada kode HTML tersebut.

Ini kodenya:

<meta http-equiv="refresh" content="5;URL=http://www.google.com">

Penjelasannya adalah setelah 5 detik halaman situs diakses, maka pembaca blog akan dialihkan ke halaman lainnya yang telah Anda tentukan. Good luck!

1 Response to "Cara Memasang Meta tag refresh, Dampak dan Fungsinya pada Blog"

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.