Cara Memasang Meta Tag Refresh, Dampak dan Fungsinya pada Blog

Cara Memasang Meta Tag Refresh, Dampak dan Fungsinya pada Blog
Bagaimana cara pasang meta tag refresh di blog?

Apa dampak dan fungsi meta tag refresh pada blog jika telah dipasangkan?

Satu-satunya alasan dan penyebab kenapa seorang blogger menggunakan meta tag "refresh" ini adalah untuk meningkatkan page view blog.

Dengan meningkatnya page view, secara tidak langsung berpengaruh terhadap Bounce Rate dan Page Authority.

Persoalan ini sudah saya jelaskan di artikel cara meningkatkan page view blog yang berhubungan langsung dengan Bounce Rate dan Page Authority.

Pengertian Meta Tag Refresh

Sesuai namanya, meta tag refresh adalah suatu meta tag yang bertugas untuk "memutar-balik"suatu halaman ke tempat semula.

Dengan kata lain re-loading halaman web blog, situs atau website tersebut.

Cara kerjanya tergantung, setelah disematkan di dalam template blogger, kita bisa mengatur berapa detik untuk mengaktifkan meta tag ini secara otomatis.

Misalnya, tiap 30 detik atau 1 menit meta tag refresh ini akan bekerja, kita juga bisa menentukan berapa lama waktunya, entah itu 5 menit atau 10 menit.

Yang pasti, agar meta tag refresh bekerja, setidaknya si pembaca/pengunjung blog tetap berada di halaman tersebut sesuai waktu yang telah kita tentukan pada meta tag refresh yang kita buat.

Nah itu adalah pengertian dan fungsi meta tag refresh. Bagaimana cara memasangkan meta tag refresh di blog?

Cara Memasang Meta Tag Refresh, Dampak dan Fungsinya pada Blog


1. Blogger > Template > Edit HTML
2. Cari kode <head>
3. Copy dan paste kode dibawah ini diatas kode <head>

<meta http-equiv="refresh" content="5"/>

4. Simpan template, Okay!

Angka pada 5 diatas adalah detik. Jadi tiap 5 detik terjadi refresh secara otomatis.

Selanjutnya, bagaimana pengaruh meta tag refresh terhadap blog?

Dampak Meta Tag Refresh

Saya lupa sumbernya ada dimana, tapi meta tag refresh sangat tidak dianjurkan oleh SE Google.

Bagaimana dengan search engine lainnya? Saya tidak tahu, yang pasti Google mengatakan meta tag refresh sangat buruk dari segi user friendly.

Saya pun juga setuju dengan Google kalau meta tag refresh tidak user friendly.

Sedang asik-asiknya membaca, tiba-tiba halaman malah reload secara otomatis. Tentunya kan sangat tidak nyaman, iya toh?

Malahan dengan begitu, pembaca/pengunjung tidak akan lagi mengunjungi situs kita sampai kapan pun karena sudah terlanjur kesal dan benci karena kesalahan kita sendiri.

Baca Juga: Pengertian apa itu seo friendly.

Jadi kita harus memikirkan ulang apakah benar-benar ingin memasang meta tag refresh atau tidak. Jika ragu jangan gunakan. Jika mau, sah-sah saja.*

3 Responses to "Cara Memasang Meta Tag Refresh, Dampak dan Fungsinya pada Blog"

  1. Saya perhatikan situs berita ada yang memakai kode refresh itu misalnya Viva dan aman-aman saja tapi mungkin karena situs besar dan berbayar makanya Google tidak bisa apa-apa kali, ya. Terima kasih infonya, mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. VIVANews ya? Iya aman-aman saja. Kayanya Google banyak pertimbangan terkait de-index sebuah situs, tidak mungkin kan Google de-index VIVANews sedangkan trafiknya tinggi?

      Coba baca ini mas: tipsseokiller.blogspot.co.id/2015/09/fakta-aneh-forum-kaskus-adsense.html

      Delete

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).