Apa itu Visitor, Pageview (PV), ATOS, Bounce Rate dan Unique Visitor?

Apa itu Visitor, Pageview (PV), ATOS, Bounce Rate dan Unique Visitor?
Ujian pertama yang harus dilewati oleh blogger pemula adalah mengenal istilah2 dalam dunia blogging.

Sebenarnya ada banyak banget. Namun di artikel kali ini yang akan dibahas ialah istilah yang berkaitan langsung dengan ilmu SEO, - optimasi mesin pencari.

Beberapa istilah yang akan dipelajari yakni visitor; pageview atau sering disingkat PV; average time on site (ATOS); bounce rate atau pentalan situs; dan unique visitor.

Visitor adalah pengunjung blog yang berasal dari mana saja tanpa mengenal dari mana sumbernya; apakah itu melalui backlink, outbund link yang diberikan orang, arahan atau daftar referensi artikel; sosial media Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, VK dan masih banyak lagi.

Itu hanya untuk definisi dari "Visitor" saja. Bagaimana dengan yang lain?

Apa itu Unique Visitor?

Unique Visitor adalah jumlah pengunjung berdasarkan IP masing2 dari pengunjung. Misalkan satu buah IP (saya) mengunjungi salah satu web, maka saya adalah pengunjung yang terhitung satu orang berdasarkan 1 buah IP address.

Beberapa situs atau website menggunakan User Agent, Cookie dan Registration ID untuk menunjukkan bahwa itu pengunjung unik.

Pada laman Wikipedia: Unique Visitor menjelaskan Unique Visitor adalah salah satu faktor berkualitas atau tidak sebuah blog. Semakin tinggi trafiknya maka semakin bagus di ranking hasil pencarian penelusuran (SERPs).

Faktanya Google mengatakan bahwa Unique Visitor adalah pengunjung yang sebenar-benarnya dari arti dan makna kata "pengunjung" sebuah website karena sifatnya menggunakan IP address.

Apa itu Pageview?

Pageview adalah seberapa banyak laman yang dibuka dalam sekali kunjungan oleh pembaca blog. Misalkan saya mengunjungi salah satu situs dan membuka barang 5 posting per sekali kunjungan; itu artinya satu Visitor Unique yang menghasilkan 5 Pageview.

Pageview pun merupakan faktor terlihatnya berkualitas atau tidak sebuah situs.

Semakin tinggi penilaian atau rasio Pageview maka itu jauh lebih baik dari pada sekali kunjungan namun langsung meninggalkan blog.

Cara untuk meningkatkan Pageview sendiri sangat banyak seperti memasang widget artikel terbaru, popular posts, related posts, internal link dan lainnya. Yang pasti Content is still king! Posting berkualitas selalu ramai dibaca.

Apa itu Average Time On Site?

Average Time On Site bisa disebut juga dengan Average Time, Average Site atau ATOS; ialah rata2 waktu yang dihabiskan oleh pembaca ketika "bermain-main" di blg kita.

Banyak pakar dan ahli blogger menyatakan semakin lama seorang pembaca bermain2 di blog maka efek nya bagus bagi SEO sehingga ranking SERPs semakin bagus.

Apa itu Bounce Rate?

Bounce Rate adalah pentalan situs; maksudnya perhitungan terhadap nilai dan rata2 persentase antara tingkat kunjungan ke situs dan Pageview.

Contohnya... Jumlah visitor sebanyak 500 orang. Pageview menghasilkan 3.000 kali. Maka 500 dikali 100% dan dibagi 3.000 maka hasilnya 16.66667% atau 16.6%.

Yang menjadi pertanyaan, Bounce Rate yang baik dan bagus itu berada di tingkat persentase rendah atau tinggi? Rendah.

Kenapa harus rendah? Sebab semakin kecil nilai persentase Bounce Rate menandakan bahwa blog tersebut memang berkualitas dari berbagai sisi. Itu artinya para pembaca tidak segan2 untuk membuka artikel per artikel karena konten kita berkualitas.

Selain itu pun faktor template blogger Fast-Loading dan Mobile Friendly pun menjadi acuan faktor nilai persen Bounce Rate.*

Ditulis oleh:

Blogger pemula (/Newbie-Class) - senang menulis apa pun yang saya anggap menarik. Just another your blogging inspirations :)

Labels: SEO

Thanks for reading Apa itu Visitor, Pageview (PV), ATOS, Bounce Rate dan Unique Visitor?. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

0 Comment for "Apa itu Visitor, Pageview (PV), ATOS, Bounce Rate dan Unique Visitor?"

Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.

Back To Top