2 Efek dari Perubahan Http menjadi Https bagi Blog

2 Efek dari Perubahan Http menjadi Https bagi Blog
Bagaimana pengaruh, dampak dan efek dari perubahan Http menjadi Https bagi blog?

Mungkin alangkah baiknya apabila kita mengenal terlebih dahulu tentang Http dan Https itu apa.

Pengertian Http dan Https

Http atau Hypertext Transfer Protocol adalah protokol yang berfungsi mengatur komunikasi antara Client dan Server. Client artinya web browser yang bertugas mengakses, menerima dan menampilkan konten (posting / artikel) dari sebuah web blog, situs atau website.

Cara kerja atau komunikasi antara Client dan Server adalah Client melakukan permintaan ke Server, lalu Server memberikan "response" ke Client.

"Response" artinya bisa berupa file yang berisi kode HTML atau data lainnya.

Semua kegiatan tersebut diatur oleh protokol, dan protokol itulah "Http".

Perbedaan Http dan Https

Setidaknya ada 3 perbedaan antara kedua jenis protokol ini yakni dari sisi Security, Port dan Secure Socket Layers (SSL).

Menggunakan protokol Https menjaminkan data yang lebih aman, data atutentikasi server yang sangat aman, dan kerahasiaan data lainnya.

Secara default pun Http masih menggunakan port 80, berbeda dengan Https yang sudah menggunakan port 443.

Untuk perbandingan dari sisi SSL, maksudnya selama ini Http memanfaatkan komunikasi Client dan Server sebagai protokol, sedangkan Https harus memiliki sertifikat SSL untuk menjalankan misi "protokol"nya.

SSL pun bersifat meng-enskripsi data yang akan ditransmisikan antara Client dan Server. SSL pun memungkinkan kita untuk berbagi informasi penting seperti No. Hp, Credit Card, Login Credential dan data2 rahasia lainnya secara aman.

Intinya protokol Https itu sangat aman dan jauh lebih aman ketimbang Http, sebab Https akan melakukan enkripsi data terlebih dahulu sebelum transfer berjalan antara Client dan Server seperti mengirim dan menerima data.

2 Efek dari Perubahan Http menjadi Https bagi Blog


SEO

Dari sisi SEO dijelaskan Https salah satu faktor penentu ranking artikel blog di SERPs karena memiliki otoritas situs yang lebih baik bagi pengunjung dan pembaca.

Itu sih kata Google yaaa. Ya kitanya cuma menerima dan menjalankan perintahnya saja apabila niatnya ingin mengejar ranking artikel di SERPs.

Tampilan Web Blog yang Rusak

Saya akui saya kurang paham yang berkaitan dengan kode2 HTML di template blogger, tapi insya Allah bisa dimengerti dengan mudah.

Misalkan sebelumnya kita menggunakan Http biasa di dalam template, namun ketika beberapa kode Http diubah menjadi Https ada beberapa bagian atau tampilan blog yang rusak setelah di "save template". Beberapa juga mengalami error template ketika di simpan.

Penyebabnya bukan lain dikarenakan kode yang beralamatkan Http tidak sesuai dengan kode yang berawalkan Https di dalam template.

Contoh studi kasus, gambaran serta solusinya cukup mudah yakni kasus font (gaya huruf) yang disediakan Google Fonts untuk kita.

loadCSS("https://fonts.googleapis.com/css?family=Raleway:500");loadCSS("http://fonts.googleapis.com/css?family=Open+Sans+Condensed:700");loadCSS("//netdna.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.3.0/css/font-awesome.min.css");

Diatas adalah kode untuk jenis huruf "Open Sans Condensed".

Sewaktu saya menyimpan settingan kode tersebut, jenis huruf "Open Sans Condensed tidak terbaca!

Alhasil saya menambahkan huruf "s" sehingga kodenya berubah menjadi Https. Save template! Ok hasilnya sangat memuaskan. Tampilan blog berubah seperti yang saya inginkan, jenis huruf tersebut terbaca dan tampil dengan sempurna di homepage dan single posts!

Pernah membaca quote seperti ini di Edit HTML Blogger?

Mengedit template sehingga dapat mencampuri HTTP dan HTTPS bisa memengaruhi keamanan & pengalaman pengguna blog anda bila dilihat melalui HTTPS.

Betul, kan? Betul dong, kan memang ada tuh...

Dari situ telah dijelaskan mencampuri Http dan Https secara bersamaan bisa mengurangi pengalaman pengguna, maksudnya kode satu dengan kode lainnya tidak berhubungan sehingga tampilan blog kadang rusak, icon2 di navigasi menu menghilang, dan lainnya.*

https://blogger.googleblog.com/2016/05/bringing-https-to-all-blogspot-domain.html

Ditulis oleh:

Blogger pemula (/Newbie-Class) - senang menulis apa pun yang saya anggap menarik. Just another your blogging inspirations :)

Labels: SEO, Template Blog SEO

Thanks for reading 2 Efek dari Perubahan Http menjadi Https bagi Blog. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

4 Comment for "2 Efek dari Perubahan Http menjadi Https bagi Blog"

Halo mas Algazali, ada sedikit tambahan dari saya. Kalau http dirubah jadi https membuat beberapa tamppilan icon blog diblok misalkan icon sosial media, icon menu blog dan side bar (icon jempol) terutama di mozila tapi chrome tidak, saya sendiri mengalaminya.

Mohon bantuannya mas Al, ketika saya mengaktifkan kembali http kenapa saat browsing kita nemu url artikel kita sudah jadi http tapi saat diklik (masuk ke halaman) masih https? apa mesin telusur butuh waktu membaca kembali url laman yang pernah dirubah ke https kemudian dikembalikan lagi ke http?

Cara mas Al sendiri bagaimana mengatasinya? saya sudah kebingungan gan, mohon penjelasannya:) terima kasih..

Saya belum mencobanya mbak sehingga saya sendiri tidak bisa menjawabnya.

Hanya saja saya mengubah HTTP menjadi HTTPS di dalam template blogger, tujuannya agar berjaga-jaga apabila pengunjung mengaksesnya melalui fitur HTTPS sehingga tampilan blog tidak rusak atau tidak acak-acakan. Sudah saya buktikan berhasil, baik melalui PC maupun smartphone (mobile).

terus pada webmaster gmn gan?
kan berbeda pendaftaran properti http dan https
apakah harus didaftarkan keduanya?
kalau didaftarkan keduanya, terjadi duplikat konten tidak ??

Cukup sekali daftar saja gan, saya daftarin blog ke webmaster search engine dengan "http". tidak ada duplikat konten kok.

Untuk duplikat konten, mungkin posting ini membantu agan: http://tipsseokiller.blogspot.co.id/2016/06/fakta-duplikat-konten.html

Nama komentator dan isi komentar yang mengandung SARA, Iklan/Promo dan menyertakan Link tidak akan dipublikasikan.

Back To Top