2 EFEK dari perubahan Http menjadi Https yang Akan Terjadi pada Blog

SEMUA pengguna blogger (blogspot) mendapatkan informasi berupa peringatan HTTP menjadi HTTPS. Yang akan dibahas kali ini adalah efek dan dampak yang akan terjadi apabila kita mengaktifkan atau mematikan fitur ini.

2 EFEK dari perubahan Http menjadi Https yang Akan Terjadi pada Blog

Bagi orang-orang yang memahami teknologi, http:// atau https:// tidak asing bagi pengguna internet. Istilah atau pengertian apa itu HTTP dan HTTPS adalah layanan protokol yang digunakan oleh web browser seperti google chrome, mozilla firefox, internet explorer dan web browser lainnya.

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Official Blogger Blog: Bringing HTTPS to all blogspot domain blogs, fitur ini memiliki fungsi yang sama, namun jika dibandingkan dari sisi kemanan antara http dan https, tentu saja https jauh lebih aman karena data akan di enkripsi terlebih dahulu sebelum transfer data antara client dan server saling mengirim atau menerima data.

2 EFEK dari perubahan Http menjadi Https pada Blog


Setidaknya, ada dampak yang akan terjadi pada blog kita apabila kita mengaktifkan fitur ini maupun tidak. Yang akan dibahas, dari sisi kualitas seo website dan template blogger.

#1. Efek HTTP menjadi HTTPS pada SEO blog

HTTPS pada dasarnya memiliki otoritas yang lebih baik bagi pengunjung blog sehingga dampaknya akan berimbas pada seo.

Faktanya, HTTPS merupakan salah satu faktor penentu search engine result page (SERP), dengan kata lain salah satu faktor yang menentukan ranking suatu halaman situs di hasil pencarian google.

#2. Dampak HTTP menjadi HTTPS pada Template Blogger

Jujur saja, template blog itu sangat unik. Dengan gabungan antara script css, javascript, dan berbagai tag kondisional ini dan itu, terciptalah sebuah tampilan website yang sangat cantik, misalnya responsive dan mobile friendly apabila situs diakses melalui smartphone Anda.

Jika berbicara terkait efeknya, tentu akan berimbas pada website yang kita miliki. Lihat gambar dibawah ini.

2 EFEK dari perubahan Http menjadi Https yang Akan Terjadi pada Blog
GAMBAR 1

2 EFEK dari perubahan Http menjadi Https yang Akan Terjadi pada Blog
GAMBAR 2

Pada bagian navigasi menu seo blog, templates, adsense, desain blog dan wawancara blog, terlihat tampilan yang sangat berbeda.

Pada gambar pertama, saya tidak mengaktifkan fitur HTTPS tadi. Pada gambar kedua, HTTPS telah saya aktifkan.

Ternyata, jika kita mengaktifkan fitur HTTP menjadi HTTPS, maka efeknya akan berimbas pada beberapa kode css dan javascript yang terpasang di dalam template blogger.

Sebagai contoh, lihat kode HTML template blogger dibawah ini, kode html Open+Sans+Condensed tersebut saya pasangkan untuk navigasi menu blog ini.

loadCSS("https://fonts.googleapis.com/css?family=Raleway:500");loadCSS("http://fonts.googleapis.com/css?family=Open+Sans+Condensed:700");loadCSS("//netdna.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.3.0/css/font-awesome.min.css");

loadCSS("https://fonts.googleapis.com/css?family=Raleway:500");loadCSS("https://fonts.googleapis.com/css?family=Open+Sans+Condensed:700");loadCSS("//netdna.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.3.0/css/font-awesome.min.css");

Pada font awesome open sans condesed pertama, saya tidak memasang kode HTTPS, melainkan HTTP saja (lihat gambar pertama diatas).

....sedangkan pada open sans condesed kedua, saya menambahkan satu huruf "S" sehingga tampilan website menjadi tidak karuan seperti Font Awesome yang dibagikan Google (lihat gambar kedua diatas).

Bagaimana? Sudah cukup jelas, bukan? Terlihat dampak dan efek dari perubahan HTTP menjadi HTTPS pada blog ini.

Mengedit template sehingga dapat mencampur HTTP dan HTTPS bisa memengaruhi keamanan dan pengalaman pengguna blog Anda bila dilihat melalui HTTPS.

KESIMPULAN

Pada laman official blogger blog, menjelaskan bahwa layanan HTTPS untuk blog blogspot akan terpasang di akhir April 2016 lalu (saya lupa nulis informasi ini hehehe).

Nah, yang menjadi pertanyaannya adalah apakah penting mengubah HTTP menjadi HTTPS pada blog Anda nantinya? Jawabannya mudah. Mari menilik kedua poin diatas.

Pertama...

Jika untuk meningkatkan kualitas seo pada blog, maka sebaiknya diaktifkan. Untuk tampilan website sendiri nantinya, disesuaikan saja dengan template blogger Anda.

Kedua...

Ingat, seluruh kode HTML yang diawali HTTP, mau tidak mau, harus diubah menjadi HTTPS agar tampilan situs tidak rusak, tidak acak-acakan, serta beberapa penempatan widget pada blog tidak terganggu. Intinya, disesuaikan saja.

Jika pengeditan template blogger sudah dilakukan, silahkan akses blog Anda menggunakan smartphone, apakah fitur yang sudah diaktifkan akan bekerja sesuai yang Anda inginkan atau tidak sama sekali.

Jika artikel ini mengalami kesalahan dalam penulisan, mohon diberitahukan. Bukan tidak ragu, tapi ini hasil analisa yang saya lakukan. Yakali aja salah haha. Good luck!

4 Responses to "2 EFEK dari perubahan Http menjadi Https yang Akan Terjadi pada Blog"

  1. Halo mas Algazali, ada sedikit tambahan dari saya. Kalau http dirubah jadi https membuat beberapa tamppilan icon blog diblok misalkan icon sosial media, icon menu blog dan side bar (icon jempol) terutama di mozila tapi chrome tidak, saya sendiri mengalaminya.

    Mohon bantuannya mas Al, ketika saya mengaktifkan kembali http kenapa saat browsing kita nemu url artikel kita sudah jadi http tapi saat diklik (masuk ke halaman) masih https? apa mesin telusur butuh waktu membaca kembali url laman yang pernah dirubah ke https kemudian dikembalikan lagi ke http?

    Cara mas Al sendiri bagaimana mengatasinya? saya sudah kebingungan gan, mohon penjelasannya:) terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum mencobanya mbak sehingga saya sendiri tidak bisa menjawabnya.

      Hanya saja saya mengubah HTTP menjadi HTTPS di dalam template blogger, tujuannya agar berjaga-jaga apabila pengunjung mengaksesnya melalui fitur HTTPS sehingga tampilan blog tidak rusak atau tidak acak-acakan. Sudah saya buktikan berhasil, baik melalui PC maupun smartphone (mobile).

      Delete
  2. terus pada webmaster gmn gan?
    kan berbeda pendaftaran properti http dan https
    apakah harus didaftarkan keduanya?
    kalau didaftarkan keduanya, terjadi duplikat konten tidak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut ane gak perlu gan, cukup didaftarkan sekali saja seperti biasa.

      Yang paling penting kode-kode javascript yang diawali HTTPS ditambah huruf "s" menjadi https.

      Delete

Komentar spam & link aktif akan dihapus. Centang OK pada "notify me" agar komentar balasan saya masuk ke email Anda.