2 EFEK dari perubahan Http menjadi Https yang Akan Terjadi pada Blog

2 EFEK dari perubahan Http menjadi Https yang Akan Terjadi pada Blog
Apa pengaruh dan efek dari perubahan HTTP menjadi HTTPS yang akan terjadi pada blog?

Jika semestinya harus diubah, setidaknya ada 2 efek yang akan ditimbulkan, yakni SEO dan template.

Nah sebaiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu http dan https serta perbedaan diantara kedua jenis protokol internet ini.

Pengertiaan HTTP & HTTPS

HTTP atau hypertext transfer protocol adalah protokol yang berfungsi mengatur komunikasi antara client dan server.

Client yang dimaksud adalah web browser (atau device lain) yang bisa mengakses, menerima dan juga menampilkan konten dari sebuah web.

Cara kerja atau komunikasi antara Client dan Server adalah Client request (melakukan permintaan) ke Server, Server memberikan "respon" ke Client.

Respon yang dimaksud bisa berupa file HTML atau data lain yang di minta oleh Client tadi.

Semua kegiatan tersebut di atur oleh protokol, dan protokol yang dimaksud adalah HTTP.

Perbedaan HTTP & HTTPS

Ada perbedaan antara HTTP dan HTTPS yakni Security, Port dan Secure Socket Layers (SSL).

#1. Keamanan data yang dikirimkan HTTPS

Jika menggunakan protokol HTTPS, keamanan data autentikasi server, kerahasiaan data, dan integritas data sangat terjamin.

#2. Port yang berbeda

Secara default, umumnya HTTP masih menggunakan port 80, sedangkan HTTPS sudah menggunakan port 443.

#3. Secure Socket Layers (SSL)

HTTP memanfaatkan komunikasi Client-Server sebagai protokol, sedangkan untuk HTTPS harus memiliki sertifikat SSL.

SSL bersifat meng-enkripsi data yang akan ditransmisikan antara Client dan Server.

Nah, dengan adanya SSL ini memungkinkan kita untuk berbagi informasi penting seperti No. HP, No. Credit Card, dan Login Credential dengan sangat aman.

Official Blogger Blog: Bringing HTTPS to All Blogspot Domain Blogs

Pada laman Bringing HTTPS to all blogspot domain blogs, diterangkan agar bahwa HTTPS jauh lebih aman dibandingkan HTTP.

Sebabnya karena melalui HTTPS data-data akan di enkripsi terlebih dahulu sebelum terjadinya transfer antara Client dan Server, seperti di saat menerima atau mengirim data.

2 EFEK dari perubahan Http menjadi Https yang Akan Terjadi pada Blog


#1. Untuk SEO

Secara garis besar, HTTPS memiliki otoritas yang lebih baik bagi pembaca sehingga tampak lebih SEO.

Tahukah anda kalau HTTPS adalah salah satu penentu ranking artikel atau blog di SERPs nantinya? Itu sih kata Google ya, kita ya enggeh-enggeh saja...

#2. Tampilan Blog Rusak

Kalau ini berhubungan dengan template blogger, dimana apabila mengubah alamatnya menjadi "https", beberapa tampilan blog akan mengalami perubahan yang tidak sesuai, kata lainnya adalah RUSAK.

Saya kurang paham soal template blogger, tapi kalau yang ini insya Allah paham, cuma... saya kurang pinter menjelaskannya bagaimana hehe. Newbie detected ;)

Pada awalnya kita menggunakan HTTP biasa, tapi ketika di ubah ke HTTPS ada beberapa tampilan blog yang ikutan berubah.

Sebabnya ada beberapa kode beralamat URL yang tidak sesuai di dalam template.

Solusinya mudah, kita ambil salah satu contoh kasus font atau model huruf dari Google.

loadCSS("https://fonts.googleapis.com/css?family=Raleway:500");loadCSS("http://fonts.googleapis.com/css?family=Open+Sans+Condensed:700");loadCSS("//netdna.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.3.0/css/font-awesome.min.css");

Diatas adalah kode untuk font dengan jenis Open Sand Condensed.

Sewaktu saya ubah alamat URL blog menjadi "https" dan bukan lagi "http", kode font tersebut tidak terbaca.

Saya edit URL situs font yang ada di dalam template blogger tersebut menjadi mendukung "https", dan hasilnya? Cukup memuaskan! Tampilan blog seperti semula.

loadCSS("https://fonts.googleapis.com/css?family=Raleway:500");loadCSS("https://fonts.googleapis.com/css?family=Open+Sans+Condensed:700");loadCSS("//netdna.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.3.0/css/font-awesome.min.css");

Pernah membaca quote ini?

Mengedit template sehingga dapat mencampuri HTTP dan HTTPS bisa memengaruhi keamanan & pengalaman pengguna blog anda bila dilihat melalui HTTPS.

Betul kan? Betul kok, emang iya.

HTTP atau HTTPS untuk Blog?

Jika ditanyakan pilih bagus yang mana, "http" atau "https" maka jawabannya tergantung.

Kalau ingin meningkatkan kualitas SEO web blog, situs atau website, kita boleh menggunakannya.

Untuk soal tampilan, silahkan ubah seluruh alamat URL yang ada di template blogger yang awalnya "http" menjadi "https", dan Save Template! Semoga berguna.*

4 Responses to "2 EFEK dari perubahan Http menjadi Https yang Akan Terjadi pada Blog"

  1. Halo mas Algazali, ada sedikit tambahan dari saya. Kalau http dirubah jadi https membuat beberapa tamppilan icon blog diblok misalkan icon sosial media, icon menu blog dan side bar (icon jempol) terutama di mozila tapi chrome tidak, saya sendiri mengalaminya.

    Mohon bantuannya mas Al, ketika saya mengaktifkan kembali http kenapa saat browsing kita nemu url artikel kita sudah jadi http tapi saat diklik (masuk ke halaman) masih https? apa mesin telusur butuh waktu membaca kembali url laman yang pernah dirubah ke https kemudian dikembalikan lagi ke http?

    Cara mas Al sendiri bagaimana mengatasinya? saya sudah kebingungan gan, mohon penjelasannya:) terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum mencobanya mbak sehingga saya sendiri tidak bisa menjawabnya.

      Hanya saja saya mengubah HTTP menjadi HTTPS di dalam template blogger, tujuannya agar berjaga-jaga apabila pengunjung mengaksesnya melalui fitur HTTPS sehingga tampilan blog tidak rusak atau tidak acak-acakan. Sudah saya buktikan berhasil, baik melalui PC maupun smartphone (mobile).

      Delete
  2. terus pada webmaster gmn gan?
    kan berbeda pendaftaran properti http dan https
    apakah harus didaftarkan keduanya?
    kalau didaftarkan keduanya, terjadi duplikat konten tidak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut ane gak perlu gan, cukup didaftarkan sekali saja seperti biasa.

      Yang paling penting kode-kode javascript yang diawali HTTPS ditambah huruf "s" menjadi https.

      Delete

Komentar spam tidak akan ditampilkan - (moderator).