3 Hal Wajib yang Dilakukan setelah Membuat Blog Baru bagi Blogger Pemula

SAYA pernah menuliskan potensi blog untuk generasi muda, seperti pengertiannya apa dan apa-apa saja manfaatnya bagi blogger pemula. Kali ini, tidak jauh berbeda dengan blogging, yakni hal yang wajib dilakukan setelah membuat blog baru.

3 Hal Wajib yang Dilakukan setelah Membuat Blog Baru bagi Blogger Pemula

Anda yang baru saja memasuki dunia blogging, blogger pemula, harus memahami betul hal-hal yang perlu dilakukan tepat setelah membuat situs atau website terbaru yang dimiliki.

Ada beberapa keuntungan yang Anda peroleh apabila telah mengetahui beberapa hal penting dibawah ini, simak secara baik-baik ya.

3 Hal Wajib yang Dilakukan setelah Membuat Blog Baru bagi Pemula


#1. BELAJAR TEKNIK SEO

SEO adalah optimasi situs atau website agar mampu bersaing dengan website lainnya di hasil pencarian mesin pencari (search engine) seperti google, bing, yahoo dan yandex.

Baca Juga: Pengertian SEO menurut para ahli dan master SEO internasional.

Tujuannya sederhana, agar Anda mendapatkan trafik pengunjung blog yang tinggi. Semakin tinggi trafik blog Anda, maka semakin tinggi pula penghasilan google adsense Anda.

Google AdSense sendiri adalah satu usaha bagaimana cara menghasilkan uang di internet. Silahkan googling sendiri apa pengertiannya. Untuk beberapa tips terkait adsense, sudah saya bahas disini: Tips Google AdSense.

#2. TAMPILAN SITUS: LOGO, PAVICON & TEMPLATE BLOGGER

Logo dan pavicon itu layaknya 2 in 1. Jika diartikan secara sederhana, 1 logo bisa dipakai untuk dua tempat. Logo adalah gambar yang ditampilkan oleh blog saya ini, sedangkan pavicon adalah logo yang tersemat dibagian tab browser Anda.

Gambar Header Blog

Gambar Pavicon Blog

Logo dan Pavicon melambangkan ciri khas dari sebuah website. Untuk membuatnya, ayo di intip artikel ini: Cara Membuat Gambar Header Blog.

...edangkan untuk template blogger, artinya adalah tampilan (theme) situs Anda. Ada tampilan blog yang mendukung web dengan tema majalah, untuk pribadi, biasa saja dan bahkan template blog dengan desain yang mewah sekali pun.

Saat ini sudah banyak blog yang membagikan template blogger secara gratis. Untuk mendapatkannya bisa dilakukan dengan cara googling, bisa di download secara gratis atau pun bisa dibeli (premium).

Baca Juga:




Lebih dari itu, Anda juga harus memahami betul terkait pengertian apa itu algoritma terbaru dimana algoritma merupakan salah satu faktor dari 200 faktor seo yang mempengaruhi ranking website di mesin pencari. Contohnya adalah algoritma mobile geddon yang pernah dibahas.

Kalau memungkinkan, Anda juga harus belajar terkait bagaimana cara mengedit template blog. Tidak perlu dipaksakan karena lambat laun Anda juga akan mengerti bagaimana cara men-desain tampilan situs. Pokoknya tenang saja hehehe.

#3. MENDAFTARKAN BLOG KE WEBMASTER MESIN PENCARI

Google, bing, yahoo dan yandex mempunyai layanan webmaster, yakni sebuah layanan yang memungkinkan kita untuk mendaftarkan situs, blog atau website yang kita miliki ke mesin pencari.

Tujuan pendaftaran ini dilakukan agar blog kita "terbaca" di search engine nantinya. Bagaimana cara mendaftarkan blog ke webmaster? Hmm, saya tidak pernah membahas itu karena sudah banyak yang membahasnya. Silahkan googling hehehe.

KESIMPULAN

Sebenarnya, ada banyak upaya yang perlu Anda lakukan setelah membuat blog. Tapi, dari hasil observasi yang saya lakukan, ketiga hal diatas tadi merupakan hal-hal paling mendasar yang wajib dipelajari oleh blogger pemula.

Untuk informasi lebih lanjut, jangan lupa bergabung dengan forum-forum dimana forum tersebut membahas topik yang sesuai dengan topik blog Anda, memahami bagaimana cara membuat konten berkualitas dan tentu saja membaca tips blogging ini. Good luck!

1 Response to "3 Hal Wajib yang Dilakukan setelah Membuat Blog Baru bagi Blogger Pemula"

Berkomentarlah dengan baik dan benar, komentar spam tidak akan dipublikasikan. Harap baca semua atau keseluruhan artikel. Gunakan anonymous jika tidak punya akun google untuk berkomentar. Centang OK pada NOTIFY ME agar komentar balasan masuk ke email Anda.